Sebutkan dua keuntungan dari sekolah yang memiliki lahan yang luas

bisa dipakai untuk membudidayakan tanaman yg bermanfaat seperti sayuran

jawabannya = 1) banyaknya lahan untuk tumbuhan                       2) adanya tempat rekreasi                       3) lapangan yang ada di sekolah bisa lebih lebar

Sekolah merupakan suatu lembaga yang dirancang untuk pengajaran bagi peserta didik di bawah pengawasan guru. Melalui lembaga sekolah siswa diharapkan memiliki bekal ilmu pengetahuan, sikap yang baik, keterampilan yang mendukung serta pengalaman yang banyak guna bekal melanjutkan kehidupannya kelak. Selain itu siswa juga diharapkan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan alam. Kebutuhan akan lahan sangatlah penting bagi setiap makhluk hidup karena lahan merupakan bagian dari permukaan bumi yang mempunyai karakter dan fungsi yang luas dengan berbagai macam kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Kegiatan penanaman tanaman dilakukan di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan lahan – lahan kosong yang masih ada. Lahan tersebut digunakan untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi peserta didik Lahan sekolah merupakan pekarangan yang berada disekitar sekolah yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup warga sekolah. Jadi lahan sekolah sangat efesien apabila dapat dilakukan untuk bahan pemebelajaran dan nilai ekonomi dan lain – lain. Kegiatan penanaman tanaman dilakukan di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan lahan – lahan kosong yang masih ada. Lahan tersebut digunakan untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi peserta didik.

Di SMK Al Hidayah Wonorejo lahan kosong dimanfaatkan untuk ditanami pohon pepaya. Pepaya yang ditanam ada dua jenis yaitu Pepaya Thailand dan Pepaya California. Selain berguna untuk kerindang dan menghambat pertumbuhan rumput, pepaya juga memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:

  1. Mengandung Banyak Nutrisi
  2. Mengandung Antioksidan
  3. Mencegah Kanker
  4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
  5. Mencegah Peradangan
  6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
  7. Melindungi Kulit dari Kerusakan
  8. Menjaga Kesehatan Rambut
  9. Mencegah Penyakit Asma
  10. dll

Lahan kosong yang ada di sekolah kerap menjadi tempat yang kurang terurus. Mungkin karena kesibukan warga sekolah sehingga kurang jeli dalam melirik serta memanfaatkannya sebagai lahan yang produktif dan menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Lahan kosong di sekolah biasanya paling banyak dijumpai di belakang kelas. Kebanyakan lahan ini memang tidak terlalu luas. Sehingga lebih sering hanya digunakan menjadi tempat yang bermain oleh siswa.

Sekolah sudah sepatutnya melakukan inovasi dalam setiap langkahnya. Kalau lahan kosong seperti itu dibiarkan nganggur begitu saja sangat disayangkan sekali. Sebenarnya lahan tersebut bisa kita manfaatin untuk menjadi sesuatu yang memberikan keuntungan bagi sekolah.

Lahan yang produktif merupakan sebuah lahan yang mampu memberikan manfaat bagi pemiliknya. Nah, lahan kosong di sekolah tersebut, sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk hal-hal berikut ini

1. Kebun sekolah

Membuat kebun? Ya... kita sebenarnya bisa juga berkebun di sekolah, mengapa tidak. Semua itu bisa kita wujudkan asalkan ada lahan kosong yang bisa kita jadikan kebun sekolah. Tanaman yang bisa kita jadikan komuditi tentunya tanaman yang mudah dan murah. Misalnya jagung, singkong, ubi rambat, pisang dan yang lainnya. Selain akan menambah suasana sejuk di sekolah juga akan memberikan hasil paling tidak ubi, singkong kalau pun akan dijual pastinya akan mendatangkan rupiah. Menjadikan lahan kosong sebagai kebun sekolah juga akan melatih siswa belajar agrobisnis. Siswa dibelajarkan untuk menanam jenis tanaman kemudian merawatnya hingga nantinya memasarkan hasilnya di warung dekat sekolah.

Nah... Bukankah hal ini akan melatih siswa belajar berwirausaha sejak dini.

2. Taman baca

Kegiatan membaca tidak hanya dilakukan di perpustakaan. Sekolah yang memiliki lahan kosong dengan luas yang tidak begitu besar bisa memanfaatkannya menjadi taman baca. Hanya dengan melengkapi dengan meja dan kursi maka siswa pun bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk membaca.

3. Arena olahraga

Lahan kosong di belakang kelas bisa dimanfaatkan oleh sekolah untuk membuat prasarana olahraga. Misalnya prasarana lompat jauh, lompat tinggi, dan jenis olahraga lainnya yang memungkinkan bagi sekolah untuk membuat. Demikian sahabat yang bisa saya bagikan kali ini tentang pemanfaatan lahan kosong sekolah menjadi lahan produktif. Semoga apa yang saya tulis disini memberikan manfaat bagi sahabat semua.

wasalam !

3 Manfaat pemberdayaan lahan kosong di sekolah – Pada artikel postingan terdahulu telah dikemukakan tentang lahan kosong di sekitar areal sekolah. Lahan yang berada di belakang unit gedung belajar dapat diolah menjadi lahan produktif. Misalnya dijadikan untuk menanam tanaman herbal dan holtikultura.

Pemanfaatan lahan yang masih kosong sehingga menjadi produktif akan memberi nilai tambah pada hasil pendidikan di sekolah. Ada 3 manfaat penting pemberdayaan lahan kosong di sekolah:

Sebenarnya tempat siswa melaksanakan praktik tidak hanya di dalam gedung laboratorium. Praktikum juga dapat dilaksanakan di alam terbuka. Misalnya pada lahan kosong yang tersedia di sekitar sekolah.

Lahan kosong di areal sekolah dapat dimanfaatkan menjadi tempat praktik bagi siswa. Misalnya untuk mata pelajaran muatan lokal keterampilan pertanian dan ilmu pengetahuan alam (IPA).

Pengelolaan tanaman herbal dan holtikultura di areal sekolah dilakukan oleh siswa di bawah bimbingan guru kedua mata pelajaran tersebut.

Tanaman jeruk nipis sebagai media untuk praktikum cara mencangkok pada mata pelajaran keterampilan pertanian maupun IPA. Selain itu, budidaya tanaman herbal dan holtikultura menjadi objek kajian mata pelajaran IPA tentang tumbuhan.

Pemanfaatan lahan kosong di sekitar lokal belajar siswa juga menguntungkan dalam gerakan K-3 di sekolah. Lingkungan sekolah menjadi terlihat indah, bersih dan nyaman.

Areal sekolah tidak hanya dipenuhi oleh tumbuhan jenis bunga tetapi juga diselingi oleh tanaman produktif yang dikembangkan di sekolah.

Tanaman yang dibudidayakan melalui pemanfaatan lahan kosong sekitar lokasi sekolah bisa juga bernilai ekonomi. Jeruk nipis dapat dipanen menjadi tambahan uang kas bagi kelas maupun sekolah.

Sedangkan tanaman cabai, tomat, terung dan lain sebagainya dapat memenuhi kebutuhan bahan dapur bagi warga sekolah. 

Dalam skala besar, hasil panenan tanaman ini bisa memenuhi kebutuhan pasar tradisional di daerah tempat sekolah berada.***