Sebutkan hasil olahan pangan setengah jadi dari daging

Merdeka.com - Makanan setengah jadi dapat dijadikan sebagai alternatif makanan jika kamu memiliki kesibukan yang sangat padat. Tingginya aktivitas terkadang membuat sebagian orang menyukai beberapa kepraktisan, seperti mengolah makanan setengah jadi.

Ada beberapa alasan bagi orang untuk gemar mengonsumsi makanan setengah jadi yang dianggap praktis seperti kornet, sarden, dan lainnya. Biasanya, orang beranggapan makanan ini lebih higienis dan tidak kotor karena dikemas rapi dan menarik.

Video Pilihan

Beragam jenis makanan setengah jadi dapat kamu jadikan sebagai alternatif dalam sehari-hari. Mulai dari makanan kaleng hasil olahan, bahan-bahan mentah, olahan makanan resep lokal, hingga internasional. Masing-masing jenis makanan setengah jadi yang siap saji tersebut memiliki cita rasa dan kelezatannya tersendiri.

Walaupun praktis, namun kamu juga perlu membatasi jumlah dari konsumsi makanan setengah jadi. Pasalnya, makanan setengah jadi yang biasanya dikemas dalam kaleng yang sudah diawetkan dan dikemas sedemikian rupa menggunakan pengawet.

Untuk itu, penting untuk memperhatikan beberapa merk dari makanan setengah jadi dan juga kualitas terbaik dari makanan tersebut. Dilansir dari Liputan6, berikut ini kami telah rangkum 8 makanan setengah jadi yang aman dikonsumsi.

2 dari 5 halaman

Sarden dan Tuna

ilustrasi sarden
©Creative Commons/ProjectManhattan

1. Sarden Kaleng

Makanan setengah jadi yang pertama adalah sarden kaleng. Sarden merupakan jenis ikan yang ukurannya kecil dan banyak dikonsumsi.

Alasan orang memilih sarden sebagai makanan kaleng favorit karena ikan dalam kaleng ini memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang tinggi. Sarden kaleng diolah dengan cara khusus menggunakan minyak panas dan diracik dengan aneka bumbu khusus, sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat.

Selain itu, karena makanan ini telah diolah setengah jadi, menjadikannya mudah untuk dimasak kembali dan juga pastinya lezat.

2. Tuna Kaleng

Makanan setengah jadi berikutnya adalah tuna kaleng. Ikan tuna menjadi bahan utama untuk membuat makanan kaleng terfavorit ini.

Tuna merupakan jenis ikan favorit yang memiliki banyak penggemar. Terdapat banyak produk atau merek tuna kaleng yang beredar di pasaran. Untuk menjadikan tuna kaleng sebagai sajian lezat dan menyehatkan, pastikan memilih merek terbaik dan berkualitas.

3 dari 5 halaman

Daging Ayam dan Kornet

kentang kornet
© DapurKobe

3. Daging Ayam Kaleng

Selain terkenal dengan masakan berbahan daging atau ikan, makanan setengah jadi yang banyak telah dikenal adalah daging ayam kaleng yang telah diawetkan.

Daging ayam kaleng biasanya menggunakan bagian dada yang dipotong dadu yang sebelumnya sudah dimasak lalu dikemas dengan air.

Jadi, kamu dapat mengonsumsi daging ayam kaleng langsung. Selain itu, kamu juga dapat mengolah daging ayam kaleng menjadi olahan masakan lainnya yang lezat.

4. Kornet

Makanan setengah jadi yang berikutnya adalah kornet. Kornet merupakan olahan daging yang miliki bahan dasar daging sapi. Kornet sendiri merupakan suatu alternatif pengawetan dan pengolahan daging sapi yang telah dikemas secara modern.

Berbagai olahan yang dapat dibuat dari bahan dasar kornet ada begitu banyak macamnya. Selain praktis dan lezat, kornet juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita.

4 dari 5 halaman

Jagung dan Kentang Goreng

8 cara membuat kentang goreng ala rumahan
craftlog.com ©2020 Merdeka.com

5. Jagung Kaleng

Makanan setengah jadi yang berikutnya adalah jagung kaleng. Jagung merupakan bahan makanan terbaik yang bisa kamu simpan dalam jangka waktu lama. Kamu bisa menyiapkan jagung kaleng yang kini sudah banyak tersedia di pasar swalayan.

Kamu bisa mengolah beragam olahan masakan dengan menggunakan jagung kaleng ini. Namun, perlu diketahui bahwa jagung kaleng tinggi kalori.

6. Kentang Goreng

Makanan setengah jadi yang keenam adalah kentang goreng. Kentang yang telah diawetkan dan dibekukan dalam es merupakan salah satu cemilan alternatif dan juga mudah untuk dibuat.

Berbagai pilihan kentang setengah jadi atau kentang yang telah dibekukan dapat begitu mudah ditemukan di berbagai supermarket. Selain praktis karena hanya tinggal menggoreng saja, kentang juga umumnya miliki harga terjangkau.

5 dari 5 halaman

Sosis dan Nugget

ilustrasi sosis bakar
©Pixabay/jarmoluk

7. Sosis Daging Sapi

Sosis biasanya tak hanya terbuat dari daging ayam dan ikan. Tetapi juga bisa dibuat dari daging sapi. Cara membuatnya juga tidak sesulit yang dibayangkan. Mulai dari proses pencampuran daging sapi giling, garam dan es serut ke dalam blender, hingga memasukkan sosis ke wadah tertutup rapat ke dalam freezer.

Ada banyak varian sosis yang ada di pasaran. Tentunya pilihlah varian terbaik dan juga sesuai dengan selera rasa yang Anda harapkan.

8. Nugget

Nugget merupakan makanan setengah jadi yang praktis dan juga cocok untuk dijadikan lauk atau camilan. Ada banyak varian nugget yang ada di pasaran. Mulai dari yang berbahan baku daging ayam, sapi, ataupun ikan.

Cita rasa dari nugget sendiri juga banyak digemari oleh semua kalangan, dari orang dewasa hingga anak-anak. Selain itu, nugget juga bisa dibuat sendiri di rumah. Bahan bakunya juga mudah dibeli seperti daging ayam atau sapi ataupun ikan, bumbu rempah serta tepung.

(mdk/raf)

Video