Sebutkan peran Indonesia di bidang politik dalam organisasi ASEAN

Peran Indonesia Dalam Asean : pengertian asean, peran indonesia dalam asean di bidang politik, peran indonesia dalam asean di bidang budaya :

Pengertian ASEAN

ASEAN yaitu singkatan dari Association of Souteast Asian Nations merupakan Perhimpunan Negara-negara yang Berada dikawasan Asia Tenggara. Negara yang tergabung di dalam ASEAN awal mulanya berjumlah lima negara saja dan saat ini sudah tumbuh berkembang menjadi 10 negara yaitu antara lain, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja dimana lima negara pertama adalah pendirinya.

Pengertian ASEAN ialah sebuah organisasi internasional atau antar bangsa di wilayah Asia Tenggara dan memiliki wilayah yang begitu besar, jika dijumlahkan secara keseluruhan luas wilayahnya mencapai 1,7 juta mil persegi atau sekitar 4,5 juta kilometer persegi dengan jumlah penduduk yang ada didalamnya sekitar setengah milyar orang. Dibentuknya ASEAN memiliki maksud serta tujuan untuk kepentingan negara-negara didalamnya seperti ekonomi, sosial, budaya, dll. Baca juga : Makna Sumpah Pemuda

Tujuan ASEAN

 Adapun tujuan didalam pembentukan organisasi ASEAN, yaitu diantaranya :

  1. Untuk memajukan bertumbuhnya ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan budaya negara-negara anggotanya.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas di tingkat teritorial.
  3. Memajukan kesempatan untuk membahas perbandingan antara anggota ASEAN secara damai.

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Adapun peran yang dilakukan Indonesia dalam ASEAN di bidang politik, yaitu diantaranya :

  • Indonesia berperan dalam meningkatkan Demokrasi sebagai panduan kehidupan bernegara di lingkungan ASEAN.
  • Berperan untuk melaksanakan secara bertahap Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA).
  • Bekerja sama menanggulangi narkotika dan obat terlarang.
  • Berperan untuk mengadakan perjanjian ekstradisi, yaitu penyerahan pelarian penjahat yang tertangkap di antara anggota ASEAN.
  • Indonesia berperan dalam ASEAN dan mitra Wicara melalui ASEAN Convention on Counter Terrorism (ACCT) serta APSC (ASEAN Political and Security Community Blueprint) 2027  sebagai landasan penting dalam membangun Masyarakat ASEAN yang lebih aman dan stabil untuk menanggulangi penyebaran paham ekstrim kekerasan dan aksi tterorism atau violent extrimism. Baca juga : Peran Indonesia Dalam Hubungan Internasional
  • Meningkatkan UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam penyerapan tenaga kerja, pengembangan SDM, jiwa kewirausahaan, dan pengembangan perusahaan dan produk yang di luar negeri.
  • Negara Indonesia berperan dalam pembentukan pasar tunggal yang sering disebut dengan Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA yang nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara.
  • Berperan untuk mendorong peningkatan kerja sama ekonomi ASEAN dengan negara mitra strategis seperti kanada, Amerika Serikat, Rusia, Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan dan Selandia Baru.
  • Membangun daya saing Indonesia di ASEAN melalui pemberdayaan badan usaha milik desa.
  • Mengajak anggota ASEAN untuk berperan penting dalam menghadapi revolusi Industri 4.0 World Economic Forum on ASEAN di Hanoi supaya generasi muda bersiap mengambil kesempatan dan menjawab tantangan menghadapi tantangan perkembangan teknologi.
  • Memiliki peran didalam Committee for the ASEAN Socio-Cultural Community (SOCA) ke 25 di Negara tetangga Singapura dalam membahas  budaya perdamaian dan tolerasi, target pilar penjaminan hak-hak penyandang disabilitas.
  • Memiliki peran untuk membuka akses yang seluas-luasnya bagi seluruh penduduk di negara-negara anggotanya dengan memperhatikan kesetaraan gender.
  • Memiliki peran di bidang kebudayaan berkembang sejak dibentuknya subsidiary body dengan nama ASEAN Committee on Culture and Information (ASEAN-COCI) yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama yang efektif di bidang kebudayaan serta dalam rangka meningkatkan saling pengertian (mutual understanding) dan kesetiakawanan di antara masyarakat ASEAN.
  • Memiliki peran dalam berbagai kegiatan kerja sama sektor kebudayaan dilakukan melalui penyelenggaraan workshop dan symposium di bidang seni dan budaya, ASEAN Culture Week, ASEAN Youth Camp, ASEAN Quiz, serta pertukaran kunjungan antar seniman ASEAN.
  • Berperan aktif untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan polusi asap lintas batas di kawasan. Baca juga : Pengertian Filsafat Pancasila : Fungsi, Tujuan, Contoh

Peran Indonesia Dalam ASEAN dan PBB

  1. Indonesia menjadi salah satu negara pendiri ASEAN.
  2. Sebagai salah satu pemimpin ASEAN.
  3. Menjadi tuan rumah KTT ASEAN.
  4. Menyelesaikan berbagai konflik yang dialami oleh negara-negara ASEAN.
  1. Negara ndonesia pernah ditunjuk menjadi pemimpin serta anggota tetap dibeberapa organisasi PBB.
  2. Membantu menyelesaikan konflik diberbagai negara.
  3. Melakukan upaya-upaya dalam rangka menjaga perdamaian dunia.
  4. Memberikan bantuan kemanusiaan diberbagai negara. Baca juga : Manfaat Hubungan Internasional

Prinsip Utama ASEAN

Ada beberapa prinsip utama dalam kerjasama ASEAN yang terdapat dalam Treaty of Amity and Cooperation of South East Asian (TAC) pada tahun 1976, yaitu diantaranya :

  1. Saling menghormati.
  2. Kedaulatan dan kebebasan domestik tanpa adanya campur tangan dari luar.
  3. Non inteference.
  4. Penyelesaian perbedaan atau sengketa dengan cara damai.
  5. Menghindari ancaman dan penggunaan kekuatan/senjata.
  6. Kerjasama efektif antara anggota.

Baca juga :

Demikianlah ulasan dari ppkn.co.id mengenai Peran Indonesia Dalam Asean : pengertian asean, peran indonesia dalam asean di bidang politik, peran indonesia dalam asean di bidang budaya semoga bisa bermanfaat.

Jakarta -

Indonesia merupakan salah satu negara yang tergabung dalam organisasi internasional Perhimpunan Bangsa-Bangsa di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN (Association of Southeast Asian Nation). Tak heran jika peran Indonesia dalam ASEAN terbilang cukup penting.

Bersama 4 negara lain yakni Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, Indonesia turut mendirikan ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Hal itu ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok yang dilakukan masing-masing Menteri Luar Negeri.

Hingga saat ini total sudah ada 10 negara yang turut menjadi bagian dari kawasan Asia Tenggara selain 5 negara pendiri, yaitu Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Namun, dari banyaknya negara anggota, apa saja sebenarnya peran indonesia dalam ASEAN? Berikut ulasannya:

Peran Indonesia dalam ASEAN

  • 1. Penggagas Lahirnya ASEAN

Peran Indonesia dalam ASEAN yang paling penting adalah menjadi salah satu penggagas lahirnya organisasi ini.

Dengan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Adam Malik, visi Indonesia adalah membentuk ASEAN yang mampu membuat kawasan Asia Tenggara berdiri di atas kaki sendiri dan mempertahankan diri dari pengaruh negatif di luar kawasan.

  • 2. Penyelenggara KTT ASEAN pertama di Bali

Melansir situs resmi ASEAN, pada 23-24 Februari 1976, Indonesia telah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama yang berlangsung di Bali.

  • 3. Penggagas Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN

Dalam buku 'PKN Pend Kewarganegaraan' terbitan Grasindo, tertulis bahwa Indonesia juga turut meluncurkan gagasan untuk membentuk komunitas keamanan ASEAN.

Komunitas yang juga disebut ASC (Asean Security Community) ini akhirnya ditandatangani di Senggigi, Lombok pada 12 September 2003.

Sementara peran Indonesia di bidang politik disebut dalam buku 'PKn Harmoni Berkebangsaan' karya Rani R Moediarta, yakni menjadi penengah dalam konflik dan perang sipil di Kamboja.

Kala itu, Indonesia mengundang empat fraksi Kamboja yang bertikai untuk melakukan pertemuan di Jakarta. Mereka membahas perdamaian dan pemulihan hubungan. Setelah itu, pertemuan berlanjut ke Konferensi Paris untuk Kamboja yang diikuti oleh 19 negara.

Menariknya, Indonesia dan Prancis menjadi pemimpin konferensi tersebut. Dari pertemuan itulah dihasilkan keputusan pembentukan Dewan Nasional Kamboja demi mengakhiri konflik.

  • 5. Mewakili ASEAN dalam Perdamaian Dunia

Selain menjadi penengah konflik di negara kawasan ASEAN, Indonesia juga turut berperan dalam perdamaian dunia yakni melalui hubungan internasional.

Beberapa perannya di antara lain mendukung gerakan zona bebas nuklir di kawasan negara-negara anggota Association of South East Asian Nations (ASEAN) serta mendukung terselenggaranya ASEAN Free Trade Area (AFTA) di kawasan negara anggota ASEAN.

Kerja sama Makanan Halal hingga Seni. Klik selanjutnya>>

Simak Video "Momen Jokowi dan Iriana Tiba di Washington DC"


[Gambas:Video 20detik]