Sebutkan perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi

Apa sih yang dimaksud dengan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi itu? Jadi,

Pertumbuhan ekonomi merupakan terjadinya kenaikan pada Produk Domestik Bruto (PDB), tanpa memperkirakan apakah berdampak pada pertumbuhan atau pertambahan jumlah penduduk.

Sedangkan, kalo

Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses multi dimensional terhadap perubahan sosial.

Nah, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi itu ada beberapa perbedaannya lho! Ingin tahu apa aja? Yuk simak pada ulasan dibawah ini!

Perbedaan kuantitas dan kualitas ekonomi merupakan fakta yang saling mendukung buat menyeimbangkan perkembangan diantara keduanya.

Kuantitas menunjukkan pertumbuhan ekonomi, sedangkan kualitas menunjukkan pembangunan ekonomi.

Salah satu tujuan suatu bangsa dalam aspek perekonomian yaitu adanya pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Nah, dibawah ini ada beberapa perbedaan dari pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, yaitu:

1. Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yaitu kenaikan pendapatan nasional yaitu wujud dari sebuah proses peningkatan kapasitas produksi.

Nah, buat lebih detail proses pertumbuhan ekonomi bisa kamu lihat dari perbedaan ciri – ciri dibawah ini:

  • Economic growth atau pertumbuhan ekonomi yaitu suatu kondisi dimana kegiatan atau aktivitas perekonomian yang menyebabkan meningkat dan bertambahnya barang atau jasa yang diproduksi oleh masyarakat.
  • Pertumbuhan ekonomi di tandai dengan adanya kenaikan out put perkapita, dan dalam waktu jangka panjang.
  • Pertumbuhan ekonomi yaitu sebuah proses dan bukan tentang gambaran keadaan ekonomi dalam waktu tertentu.
  • Dalam Pertumbuhan Ekonomi ada 2 sisi yang harus jadi perhatian yaitu out put total (GNP) dan sisi kedua adalah jumlah pendudukan.
  • Pertumbuhan ekonomi merupakan satu indikator adanya keberhasilan pembangunan.

2. Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi selalu diidentifikasi dengan peningkatan perkapitas masyarakat, hal tersebut juga disebut dengan perubahan mendasar atau perubahan pundamental .

  • Economic of Development) yaitu upaya peningkatan taraf hidup keadaan suatu bangsa berdasarkan pendapatan per kapita yang riil.
  • Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses atau keadaan dimana terjadinya transisi dari yang sederhana menuju ke tingkat yang lebih maju (advance) .
  • Buat pembangunan ekonomi perubahan yang tampak yaitu proses multidimensional dimana harus melingkupi sikap masyarakat, struktur sosial, bahkan institusi nasional.
  • Pembangunan ekonomi menstimulasi atau merangsang peningkatan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita sebagai bentuk pertumbuhan ekonomi.
  • Pembangunan ekonomi selalu prosesnya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Perbedaan Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

1. Faktor Pertumbuhan Ekonomi

  • Ketersediaan tanah dan kekayaan alam

Tanah dan kekayaan Alam yaitu faktor utama ketersediaan tanah dan kekayaan dalam faktor yang paling mempengaruhi kalo tanah dan kekayaan alam gak bisa di manfaatkan atau gak tersedia, maka produksi gak akan berkembang.

  • Kualitas dan kuantitas mutu tenaga kerja dan penduduk

Kompetensi dan mutu kerja dan penduduk juga sangat mempengaruhi masyarakat yang lebih produktif, dan berkualitas akan meningkatkan hasil produksi.

  • Tingkat teknologi dan barang modal

Tingginya cost buat suatu modal dan tingkat penguasaan teknologi juga mempengaruhi. Faktanya, kalo barang modal bertambah maka produksi juga akan semakin tinggi.

  • Gejala sosial atau sistem sosial dan sikap masyarakat

Kondisi atau keadaan masyarakat juga jadi pengaruh, makanya keadaan ini harus diketahui keadaannya ada sebagian masyarakat yang masih memakai tradisional ada juga yang udah advance atau lebih maju.

2. Faktor Pembangunan Ekonomi

Sumber daya alam yang dimaksud adalah seperti tanah, air, udara beserta segala hal yang ada didalamnya. Dalam pengertian seluruh sumber daya yang tersedia dan bisa dimanfaatkan.

  • Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Manusia yaitu Sumber Daya Manusia yang berkualitas, kompetitif, dan punya soft skill dalam mengembangkan kreatifitas.

Pemberdayaan sumber daya manusia kalo pembangunan itu menjadikan manusia sebagai objek juga subjek jadi dilakukan oleh manusia dan buat kesejahteraan manusia itu sendiri.

Jadi, manusia sebagai objek harus produktif menghasilkan produk yang kreatif dan mempunyai daya saing dan jual yang tinggi.

Besar dan kecilnya modal juga jadi faktor yang akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, itu biasanya adanya peningkatan penambahan pada kegiatan produksi.

Pertumbuhan ekonomi biasanya di topang oleh beberapa aspek seperti peningkatan aspek produksi, perkembangan teknologi dan pendidikan, peningkatan investasi, peningkatan pendapatan nasional, pertumbuhan kuantitas penduduk, serta kualitas manajemen.

Keterkaitan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi adanya infrastruktur yang tepat buat dan sasaran jadi bisa mempermudah pertumbuhan ekonomi.

Kondisi ini yang mengakibatkan berkembangan ekonomi sebagai alternatif penyerataan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi aktivitas perekonomian yang berorientasi kepada pertumbuhan dan pembangunan yang berazaskan bersifat luhur, mempunyai unsur materi spIritual, unsur dunia bahkan sampai pada unsur akhirat.

Pembangunan mandiri yang namanya mandiri tujuannya yaitu supaya terhindar dari ketergantungan.

Misalnya aja kamu gak bisa mengandalkan suatu negara buat pasokan senjata, maka harus mandiri jadi bisa membutuhi kebutuhannya secara mandiri.

Pembangunan kelanjutan tentunya punya perencanaan dan ukuran jadi pembangunan gak mubajir atau kurang tentunya berkelanjutan setahap demi tahap.

Gak bersifat besar di satu sisi dan sedikit disisi yngg satunya.

Peningkatan dan pertumbuhan maupun pembangunan ekonomi juga dapat meningkatkan kepercayaan dunia akan keberadaan suatu bangsa.

Sebaiknya, kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan jadi indikator yang paling di soroti dalam suatu bangsa.

Pengembangan dan pemberdayaan manusia yaitu jadi subjek dalam aktivitas peningkatan ekonomi.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang perbedaan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi yang sangat perlu kalian semua ketahui.

Semoga pembahasan diatas mudah dipahami, dan bisa membantu kalian dalam belajar mengajar 😀

Pagi itu, Rogu dan temannya sedang melintas di lahan kosong yang akan dibangun sebuah rumah sakit umum daerah (RSUD).

“Rogu, ini lahan kosong mau dibangun RSUD ya?”

“Iya. Hebat kan?”

“Kok bisa ya? Tadinya sih seingetku lahan ini, dulunya bekas minimarket yang sudah nggak kepake lagi”

“Itulah bukti adanya pembangunan ekonomi yang berjalan”

“Pembangunan ekonomi? Bukannya pertumbuhan ekonomi ya?”

Nah Squad, kamu tahu nggak perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi?

Perlu kamu ingat dulu nih Squad, konsep dari pembangunan ekonomi itu pada nilai normatif yang berlaku pada diri seseorang. Artinya, pembangunan ekonomi pasti berpengaruh pada kehidupan seseorang sehari-hari dan ada sangkut-pautnya dengan nilai-nilai dalam diri orang tersebut.

Kalau pertumbuhan ekonomi itu, memiliki konsep yang tidak seluas pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi hanya memfokuskan pada nilai-nilai yang berhubungan dengan keuangan, seperti inflasi, saham, harga, dan lain-lain.

Pembangunan ekonomi merupakan proses meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Kalau pertumbuhan ekonomi ialah kenaikan nilai pasar barang dan jasa yang disesuaikan dengan inflasi yang dihasilkan oleh ekonomi dari waktu ke waktu.

Secara mendasar yang paling mudah diingat perbedaan antara pembangunan dan pertumbuhan ekonomi itu ialah PDB (Produk Domestik Bruto).

Ada 4 poin yang bisa kita jadikan indikator perbedaan antara pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi. Tentunya keempat perbedaan ini mengacu pada PDB ya, Squad. Apa saja keempat poin tersebut? Keep scroll ya!

1. Kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB)

Pembangunan ekonomi itu hanya fokus pada kenaikan PDB. Berbeda dengan pertumbuhan ekonomi yang tidak menekankan pada PDB. Supaya lebih jelas, 3 poin berikutnya akan membahas hubungan PDB dengan faktor yang memengaruhi perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi.

2. PDB dan Jumlah Penduduk

Berhubung pembangunan ekonomi itu sangat erat kaitannya dengan inflasi, maka pembangunan ekonomi selalu memerhatikan persentase kenaikan PDB dengan kenaikan jumlah penduduk. Nah, kalau pertumbuhan ekonomi kebalikan dari hal di atas. Pertumbuhan ekonomi tidak memerhatikan persentase tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Pertumbuhan Ekonomi dan Teori-Teori Pendukungnya

3. PDB dan Kemajuan IPTEK

Kalau kamu yang tinggal di daerah Jakarta, kamu pernah melintasi daerah yang sedang ada proyek pembangunan seperti ini nggak?

Pembangunan proyek LRT di Jakarta

(sumber:validnews.id)

Yups, ada pembangunan transportasi baru yakni LRT (Light Rail Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit) yang sedang dibangun di Jabodebek (Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi). Kira-kira, pembangunan LRT dan MRT masuk ke dalam pembangunan ekonomi atau pertumbuhan ekonomi ya?

Pembangunan LRT dan MRT itu termasuk ke dalam pembangunan ekonomi. Kenapa? Pembangunan ekonomi itu selalu memerhatikan perubahan dan kemajuan IPTEK, kalau pertumbuhan ekonomi tidak memerhatikan hubungannya dengan IPTEK.

Lain halnya, jika yang dijadikan contohnya ialah harga tiket dari LRT dan MRT. Kita akan bahas di poin terakhir ya.

4. PDB dan Kesejahteraan Rakyat

Kalau untuk masalah kesejahteraan rakyat, pembangunan ekonomi selalu memerhatikan apakah PDB yang naik juga diikuti dengan kesejahtaraan rakyat atau tidaknya. Nah, kalau pertumbuhan ekonomi tidak memerhatikan hubungan PDB dengan kesejahteraan rakyat.

Kita ambil contoh dari harga tiket LRT dan MRT ya. Untuk penentuan sebuah harga barang dan jasa, tentunya harus diperhitungkan juga inflasi yang terjadi supaya unit produksi tidak merugi. Oleh karena itu, penentuan harga tiket LRT dan MRT masuk ke dalam pertumbuhan ekonomi.

Itu tadi Squad penjelasan singkat tentang perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi. Masih bingung dengan penjelasan artikel di atas? Diskusi bareng yuk sama kakak tutor dan teman-teman di seluruh Indonesia. Emangnya bisa? Bisa dong! Semua bisa kamu dapetin keseruan belajarnya hanya di ruangbelajar Plus. Daftar sekarang yuk.

Referensi

Alam S. 2014. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: ErlanggaFadly F. Rachman. Investasi LRT Jabodebek Rp29,9 T, Ini Rinciannya. detikfinance (daring). Tautan: https://finance.detik.com/infrastruktur/d-3761736/investasi-lrt-jabodebek-rp-299-t-ini-rinciannya (diakses 10 Desember 2020)

Sumber Foto


Proyek LRT. Tautan: https://www.validnews.id/Label-Korupsi-Pada-Korporasi-Ganggu-Iklim-Investasi-V0000363