Sebutkan sungai-sungai terpanjang di asia tenggara

Jakarta -

Sungai Mekong terkenal dengan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai ini mengalir sepanjang 4.350 kilometer melintasi beberapa negara.

Dilansir dari WorldAtlas, sebelum melintasi 5 negara, Sungai Mekong terdapat di negara China tepatnya di Provinsi Qinghai. Kelima negara yang dilintasi aliran sungai ini adalah Burma (Myanmar), Republik Demokratik Rakyat Laos (Laos), Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Setelah melewati beberapa negara tersebut, sungai ini bermuara di Laut Cina Selatan.

Sungai terpanjang ke-12 dunia ini mengalir sejauh 4.350 kilometer dan mengaliri area seluas 810.000 kilometer persegi. Berdasarkan perbedaan geografis sistem sungai, aliran Sungai Mekong dibagi menjadi dua wilayah, Cekungan Mekong Atas dan Bawah.

Cekungan Mekong Atas meliputi sungai dari titik asalnya dari Za Qu di Dataran Tinggi Tibet hingga mencapai dataran tinggi Yunan di China. Daerah aliran sungai lainnya sampai ke Sungai Mekong mengalir menuju Laut Cina Selatan di Vietnam. Lokasi aliran ini ditetapkan sebagai Cekungan Bawah Mekong.

Selama berabad-abad, Sungai Mekong memainkan peran penting dalam kehidupan orang yang tinggal di sekitar alirannya. Dari jejak situs arkeologi Ban Chiang di Thailand, diperkirakan manusia bermukim di aliran ini sudah sejak 210 SM.

Contoh paling menonjol arsitektur yang ada di sepanjang tepi sungai ini adalah Angkor Wat Kamboja. Bangunan ini didirikan pada abad ke-12 oleh penguasa Kekaisaran Khmer. Menurut catatan sejarah, beberapa ekspedisi Eropa pada abad ke-16 dan ke-19 diarahkan ke Mekong. Ekspedisi pertama berasal dari Prancis.

Sungai Mekong memiliki banyak nama. Di Kamboja, sungai ini bernama Mékôngk. Orang Laos dan Thailang menyebutnya Mènam Khong atau Mae Nam Khong dan di Vietnam Sông Tiên Giang. Sementara itu, orang China (Pinyin) menyebutnya dengan Lancang Jiang atau (Wade-Giles) Lan-ts'ang Chiang, seperti dikutip dari Britania.

Water Land and Ecosystems (WLE) Greater Mekong mencatat, dalam hal debit, Sungai Mekong adalah yang terbesar ke-14 dunia. Setiap tahun, sungai ini mengalirkan 475 kilometer kubik air atau setara 25 miliar kolam renang ke Laut Cina Selatan. Laos menyumbang sekitar 35% dari air ini, diikuti Thailand dan Kamboja masing-masing 18% dan 16%, lalu Vietnam 11%, dan Myanmar 2%.

Cekungan Mekong juga disebut sebagai daerah paling beragam kedua di bumi, setelah Amazon. Kawasan ini menjadi habitat beragam spesies tumbuhan, mamalia, burung, reptil dan amfibi, serta ikan.

Simak Video "Heboh Penampakan Sungai Berbusa di Gowa, Apa Pemicunya?"



(row/row)



KONTAN.CO.ID - Sungai Mekong, merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara, dan ke-7 terpanjang di Asia. Dikutip dari Britannica, sungai ini juga menempati posisi sebagai sungai terpanjang ke-12 terpanjang di dunia. Sungai Mekong mengalir dari China melalui Asia Tenggara sebelum bermuara di laut dari delta Vietnam. Mekong memiliki panjang sekitar 4.350 km (2.700 mil) dan mengalir dari sebelah Tenggara Provinsi Qinghai, China, melalui bagian timur Daerah Otonomi Tibet dan Provinsi Yunnan. Kemudian melintasi perbatasan internasional antara Myanmar (Burma) dan Laos, serta antara Laos dan Thailand. Sungai tersebut lalu mengalir melalui Laos, Kamboja, dan Vietnam sebelum mengalir ke Laut China Selatan di selatan Kota Ho Chi Minh (sebelumnya Saigon). Sekitar tiga perempat dari daerah drainase Sungai Mekong terletak di empat negara. Sementara, Sungai Mekong terletak di negara China, Laos, Thailand, Myanmar, Kamboja, dan Vietnam. Baca Juga: Amerika Serikat umumkan pembatasan baru bagi diplomat China di AS Karakteristik penduduk di sepanjang Sungai Mekong Sebagian besar penduduk yang tinggal di sepanjang Sungai Mekong bekerja di bidang pertanian, dan padi adalah tanaman utama. Sungai Mekong mengaliri pertanian di negara yang dilaluinya seperti Laos, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan China. Sementara karakteristik penduduk di lembah Sungai Mekong itu beragam. Sebagian besar penduduk Lembah Mekong paling atas adalah orang Tibet. Di Selatan Dataran Tinggi Tibet, masyarakat di lembah sungai terbagi dalam dua kelompok budaya. Masyarakat pegunungan hidup terutama melalui sistem ladang berpindah, dan secara tradisional membentuk unit-unit sosial kecil berbasis kerabat. Orang-orang pegunungan berbicara bahasa yang termasuk dalam lima rumpun bahasa yang berbeda: Tibeto-Burman (termasuk Yi, Hani, dan Lisu dari Yunnan), Tai (termasuk Shan di Myanmar dan yang disebut Tai Hitam dan Tai Merah Laos dan Yunnan) , Hmong-Mien (termasuk Hmong Laos dan Yunnan), Austronesia, dan Mon-Khmer (termasuk beragam suku Montagnard di Vietnam). Sedangkan masyarakat dataran rendah, yang mempraktikkan pertanian menetap, telah membentuk masyarakat yang kompleks. Akan tetapi, masyarakat dataran rendah merupakan mayoritas dari populasi, dan sebagian besar termasuk salah satu kelompok etnis dominan di negara-negara di kawasan itu. Baca Juga: Setelah Laut China Selatan, AS kini berkonflik dengan China di Sungai Mekong


Berikut ini adalah daftar sungai terpanjang untuk masing - masing negara di kawasan Asia Tenggara.  



1. Indonesia


Sungai terpanjang di Indonesia terletak di pulau Kalimantan dengan panjang 1143 km yaitu sungai Kapuas. Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Kapuas mulai dari Kapuas Hulu dan berakhir di Laut Jawa.


Nama sungai Kapuas diambil dari nama daerahnya yaitu Kapuas. Namun demikian, Kesultanan Banjar menyebut sungai ini dengan Batang Lawai yang mengacu pada daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi).

Terdapat lebih dari 700 spesies ikan di Sungai Kapuas dengan 12 diantaranya termasuk ikan langka serta 40 spesies terancam punah.  Namun keberadaan ikan - ikan tersebut terancam akibat pencemaran logam berat dan bahan kimia dari aktivitas penambangan emas dan perak.



2. Mynamar


Terdapat beberapa sungai panjang yang melewati Myanmar antara lain Mekong, Salwen, Irrawaddy, Chindwin dan lain-lain. Namun sungai paling panjang sepenuhnya berada di Myanmar adalah sungai Irrawady.

Sungai Irrawaddy memiliki panjang 2.170 km. Sungai ini membentang dari ujung utara dan berakhir di Laut Andaman. Sungai ini adalah hasil pertemuan sungai N'Mai dan sungai Mali. Sungai Irrawaddy memiliki peran penting bagi perekonomian Myanmar.

3. Malaysia

Sungai terpanjang di Malaysia adalah sungai Rajang dengan panjang 563 km. Sungai ini membentang dari Pegunungan Iran sampai ke Laut Cina Selatan. Secara historis, sungai ini sangat penting bagi Suku Iban yang hidup ditepian sungai. Sungai ini juga digunakan sebagai sarana transportasi yang biasanya dilewati perahu - perahu dan kapal motor.

Sungai terpanjang lain yang terdapat di Malaysia antara lain sungai Kinabatangan, Pahang dan Perak.

4. Filipina

Sungai terpanjang di Filipina adalah sungai Cagayan dengan panjang 314 mil atau 505 km. Dalam bahasa lokal, sungai ini disebut Rio Grande de Cagayan. Sungai ini mengalir dari pegunungan Caraballo ke Selat Babuyan atau Laut Filipina.

5. Brunei Darusalam

Sungai terpanjang di Brunei Darussalam adalah sungai Brunei dengan panjang 41 km yang mengalir melalui Brunei hingga teluk Brunei dengan arah aliran timur laut. Sungai terpanjang kedua yaitu sungai Belait dengan panjang 32 km.

6. Laos

Sungai terpanjang di Laos adalah sungai Mekong. Sungai ini adalah sungai terpanjang di Asia Tenggara dengan panjang mencapai 4350 km dengan luas keseluruhan 795.000 kilometer persegi. Sungai Mekong juga dikenal sebagai sungai terpanjang ke-12 di dunia.

Selain Laos, negara yang dilintasi sungai Mekong antara lain Provinsi Yunnan di China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Sungai ini merupakan jalur bagi tranportasi penting dalam perdagangan masyarakat di sekitarnya.

7. Kamboja

Sungai terpanjang di Kamboja adalah Sungai Mekong seperti halnya beberapa negara lain di Asia Tenggara. Sungai ini melintas dari Laos menuju Kota Phnom Penh dan tembus ke negara Vietnam. Sungai Mekong di Kamboja ini juga terhubung dengan danau terbesar di Kamboja yaitu Tonle Sap.

8. Thailand

Sungai terpanjang di Thailand seperti halnya Laos adalah Mekong dan kedua Sungai Salween. Namun jika sungai yang hanya melintasi Thailand saja, yang paling panjang adalah sungai Chi dengan panjang 475 mil atau 765 km. Sungai ini bersumber dipegunungan Phetchabun dan bermuara di sungai Mun.

9. Vietnam

Sungai terpanjang di Vietnam adalah sungai Mekong. Namun jika sungai yang hanya melintasi Vietnam saja, sungai terpanjang di negara ini adalah sungai Doi Nai dengan panjang 364 mil atau 586 km. 

10. Singapura

Sungai terpanjang di Singapura adalah sungai Kallang dengan panjang hanya 10 km. Sungai ini menjadi sungai terpanjang karena memang wilayah Singapura tidaklah terlalu luas.

11. Timor Leste

Sungai terpanjang di Timor Leste adalah Benanain atau yang biasanya juga disebut Sungai Benain. Sungai ini memiliki panjang hingga 135 km. Sungai ini membentang dari kawasan Gunung Mutis di Kabupaten Timor Tengah Utara. 

Demikian informasi tentang sungai - sungai terpanjang di negara - negara Asia Tenggara. Semoga bermanfaat ...*

*diolah dari berbagai sumber