Sebutkan tata cara melakukan permainan menjala ikan


Permainan menjala ikan ini adalah sebuah permainan berkelompok yang terdiri dari kurang lebih 4 anak,. Permainan ini dapat kerja sama, kelincahan, jiwa sportifitas, kecepatan, saling berinteraksi satu sama lain dan kemampuan untuk merancang strategi agar dapat menjala ikan sebanyak-banyaknya dengan cepat.

a.Cara Bermain
  1. Dengan undian atau suit dengan beberapa anak untuk menentukan yang mana yang menjadi ikan dan yang mana yang menjadi jala.
  2. Seorang guru menentukan batasan atau kolam untuk permainan ini agar siswa yang menjadi jala tidak kesulitan dalam menjala ikan.
  3. Siswa yang menjadi ikan bebas memilih tempat untuk berdiri,berlari disekitar area yang telah di tentukan oleh guru dan tidak boleh keluar dari kolam yang ditentukan.
  4. Apabila siswa atau ikan keluar dari kolam maka dinyatakan mati dan harus bergabung bersama siswa yang telah menjadi jala.
  5. Sedangkan siswa yang menjadi jala harus saling bergandengan tangan dan jangan sampai lepas bergandengan tangan tersebut.
  6. Jika salah satu ikan atau siswa yang terjala maka siswa tersebut harus bergabung dengan siswa yang telah menjadi jala, sampai semua ikan habis terjala.

b.Peraturan Permainan
  1. Siswa yang menjadi jala tidak boleh lepas gandengan tanganya, apabila pada saat menjala ikan gandengan tangan lepas maka ikan yang terjala tidak sah di tangkap.
  2. Untuk yang menjadi ikan tidak boleh lari keluar dari area kolam yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya, apabila berlari melewati area yang telah ditentukan maka ikan tersebut dinyatakan mati dan harus bergabung bersama siswa yang menjadi jala.

Gambar permainan kecil menjala ikan.