Sebutkan teknik menerima bola dalam permainan sepak bola

You're Reading a Free Preview
Pages 5 to 7 are not shown in this preview.


Dalam permainan sepak bola tidak hanya menggiring dan menendang bola saja, sering kali kita menerima bola dari rekan tim dan harus menahan bola dengan baik agar tidak direbut oleh tim lawan. Teknik menahan bola wajib dimiliki semua pemain sepak bola baik level pemula ataupun profesional. Tujuan dari menahan bola adalah agar bola tetap dalam pengawasan kita, sehingga ketika mendapat operan dari rekan dengan mudah menahan dan kembali mengoper ataupun menendang ke arah gawang.
Baca juga : Teknik Dasar Permainan Sepakbola

Teknik menahan bola dengan paha merupakan elemen penting. Teknik ini digunakan ketika menerima bole lebih rendah dari paha dan diatas kaki.

Teknik menahan bola dengan dada sangat efektif ketika mendapat bola atas. Dengan menggunakan dada, bola akan stabil dan meluncur ke tanah yang akan selanjutnya diolah, entah itu diumpan ataupun di tendang ke mulut gawang.


Menahan bola dengan kepala merupakan teknik untuk memenangkan bola di udara. Jika kondisi menyerang, bola atas disundul dengan kepala sesuai arah yang dimau dan digiring untuk menyerang ke daerah lawan. Dalam kondisi bertahan, sangat efektik ketika menahan bola atas. Teknik menahan bola dengan kaki paling umum digunakan dalam sepak bola. Bola-bola bawah dengan akurasi tinggi menggunakan teknik ini. Bagian kaki yang digunakan adalah kaki bagian dalam, telapak kaki, ujung kaki dan tempurung kaki

Dengan mempelajari teknik menahan bola pada permainan sepak bola, pemain dapat bekerjasama dalam menerima dan mengoper bola. Dengan teknik ini, pemain juga tidak musah kehilangan bola karena ketidak sempurnaan dalam penerimaan bola.

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Tenis Meja? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara [Baca Selengkapnya]

Jawaban:

A.Menahan bola

B.Kick-off

C.Teknik non visual

D.Lompat

E.-menggiring bola

-menendang bola

F.menggiring bola adalah gerakan lari dengan menggunakan kaki mendorong bola agar tergulir terus- menerus di atas tanah.

G.Jalan cepat adalah gerakan melangkah ke depan tanpa adanya putus kontak antara tanah dengan kedua telapak kaki

Penjelasan:

ya kalo salah maafkan saya,saya cuma google aj

,kalo ada yang kurang bilang aja nanti saya benerin

Menurut Abdul Rohim 2008:14 operan ini dilaksanakan bila penjaga berdiri agak renggang dari si pelempar, digunakan untuk operan terobosan kepala pemain pivot dan penembak mahir dengan melangkah putar. Jadi Bounce pass atau operan pantulan adalah operan yang dilakukan dengan memantulkan bola ketanah kesamping kiri atau samping kanan lawan dan teman satu tim sudah siap menerimanya. Operan ini digunakan untuk menghindari lawan yang bertubuh tinggi agar bola bisa melewati hadangan lawan. Cara melakukannya: a. Sikap permulaan sama dengan operan dada. b. Bola dilepaskan atau didorong dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan dengan jarak kira- kira 13 dari penerima. c. Pandangan mata ke arah bola yang dipantulkan ke penerima. d. Bila beradaban dengan lawan, maka sasaran pantulan bola berada di samping kanan atau kiri kaki lawan.

3.3.3.2 Teknik Menerima Bola

Untuk dapat menerima bola dengan baik dalam berbagai posisi dan situasi, pemain harus menguasai teknik dasar menerima bola dengan baik Nuril Ahmadi, 2007:16. Menurut Abdul Rohim 2008:17, menangkap bola catching dapat dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan, baik dalam kadaan berhenti, berjalan maupun dalam keadaan berlari. Jadi Catching teknik menangkap bola dapat dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan, baik dalam keadaan berhenti, berjalan maupun dalam keadaan berlari. Bola ditangkap dengan sedikit menarik kearah dalam atau bola diredam, posisi tangan lemas agar saat menerima bola tidak terasa sakit. Teknik menerima bola: a. Berdiri dengan sikap kaki melangkah menghadap arah datangnya bola. b. Ke dua lengan dijulurkan ke depan menyongsong arah datangnya bola dengan sikap telapak tangan menghadap arah datangnya bola. c. Berat badan bertumpu pada kaki depan. d. Setelah bola menyentuh telapak tangan, tariklah kaki depan ke belakang, siku kedua lengan ditekuk hingga ditarik mendekati dadabadan. e. Badan agak condong ke depan. f. Berat badan bertumpu pada kaki belakang. g. Posisi bola dipegang di depan badan.

3.3.3.3 Teknik Menggiring Bola Dribbling

Menggiring bola adalah membawa bola kesegala arah, menggunakan satu tangan dengan cara dipantulkan ke lantai, baik dengan berjalan maupun berlari. Fungsi menggiring bola untuk mencari peluang serangan, menerobos pertahanan lawan, ataupun memperlambat tempo permainan. Bentuk-bentuk menggiring bola yang sering dilakukan: a. Menggiring bola tinggi Menggiring bola dengan pantulan tinggi dilakukan bila menginginkan gerakan atau langkah dengan cepat kecepatan. b. Menggiring bola rendah Menggiring bola dengan pantulan rendah dilakukan untuk mengontrol atau menguasai bola, terutama dalam melakukan terobosan ke dalam pertahanan lawan Nuril Ahmadi, 2007:17. Menurut Abdul Rohim 2008:18 dribble atau memantul-mantulkan bola dilakukan bila ingin lebih dekat kekeranjang, atau menunggu teman sampai pada posisi yang tepat untuk menerima operan. Dribble dapat dilakukan dengan sikap berhenti, berjalan, atau berlari. Pelaksanaannya dapat dilakukan dengan tangan kanan atau tangan kiri. Kesimpulannya Dribble atau menggiring bola atau memantul-mantulkan bola dengan menggunakan tangan kanan atau tangan kiri. Dengan tujuan untuk mencari peluang menyerang, menerobos daerah lawan, memperlambat tempo permainan. Dribble dapat dilakukan dalam kaeadaan berhenti, berjalan, atau berlari dengan menggiring bola tinggi atau rendah sesuai kebutuhan pemain. Cara menggiring bola: a. Pegang bola dengan kedua tangan. Lakukan secara rileks dengan posisi tangan kanan di atas bola dan tangan kiri di bawah bola. b. Salah satu kaki melangkah ke depan berlawanan dengan tangan yang melakukan giringan, dan lutut sedikit di tekuk. c. Condongkan badan ke depan, berat badan di antara dua kaki. d. Bola dipantul-pantulkan, dengan pandangan mata ke depan.

3.3.3.4 Teknik Menembak Shooting


Selain Passing, kemampuan menerima bola juga sangat penting. Dengan kemampuan tersebut sebuah Tim dapat menguasai bola dan mempunyai kesempatan mencetak gol. Untuk itu semua pemain harus bisa menguasai teknik menerima bola dengan baik.

Ada beberapa teknik dalam menerima bola, yaitu:

1. Menerima bola dengan bagian samping dalam kaki

Teknik ini berguna untuk menerima bola dan untuk mendapatkan bola dengan posisi yang mudah di kontrol dengan nyaman. Cara melakukannya, yaitu: - Sejajarkan tubuh dengan bola yang akan datang. - Bergerak kedepan untuk menerima bola. - Julurkan kaki yang akan menerima bola. - Tarik kaki saat bola menyentuh bagian samping dalam kaki agar mengurangi efek benturan pada bola.

2. Menerima bola dengan bagian samping luar kaki

Teknik ini biasanya digunakan saat pemain yang menerima bola akan melanjutkannya dengan Sprint. Cara melakukannya, yaitu: - Miringkan tubuh saat bola datang. - Saat bola datang sentuh dengan bagian samping luar kaki dan arahkan bola pada posisi yg nyaman.

3. Menerima bola dengan kura-kura kaki

Teknik ini sering digunakan saat posisi bola diatas udara. Cara melakukannya, yaitu: - Angkat kaki sampai paha sejajar lulus permukaan perut. - Saat bola menyentuh kura-kura kaki, lanjutkan dengan menurunkan posisi kaki agar mengurangi efek benturan pada bola sehingga mudah di kontrol.

4. Menerima bola dengan paha

Teknik ini digunakan saat posisi bola berada diatas udara. Cara melakukannya, yaitu: - Angkat kaki sampai paha sejajar lulus permukaan perut. - Saat bola menyentuh paha kaki, lanjutkan dengan menurunkan posisi kaki agar mengurangi efek benturan pada bola sehingga mudah di kontrol.

5. Menerima bola dengan dada

Sama seperti diatas, teknik ini biasanya digunakan saat bola berada diatas udara. Cara melakukannya, yaitu: - Sejajarkan tubuh lurus kearah bola yang akan datang. - Saat bola menyentuh dada, tarik dada kebelakang untuk mengurangi efek benturan pada bola sehingga mudah di kontrol.

6. Menerima bola dengan kepala

Teknik ini tergolong sulit dilakukan, karena permukaan kepala kita yang bulat atau tidak rata sehingga pantulan bola susah ditebak. Untuk melakukan teknik ini biasanya menggunakan kepala bagian depan atau kening. Cara melakukannya, yaitu: - Sejajarkan tubuh lurus kearah bola yang akan datang. - Saat bola menyentuh kening, arakan bola kedepan sehingga mudah di kontrol. Itulah beberapa jenis teknik dalam melakukan penerimaan bola dalam sepak bola. Semua atlet profesional akan selalu melakukan latihan tersebut untuk tetap menjaga kemampuan mereka dalam melakukan penerimaan bola. Jangan mudah menyerah dalam latihan, karena dengan latihan yang rajin kita akan mendapatkan kemampuan yang maksimal.

Teknik Menerima Dalam Sepak Bola

Diulas oleh User pada 28 Januari 2014
Rating: 5


Page 2