Sebutkan tiga contoh cinta tanah air sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI

Tak terasa, tahun ini negara kita tercinta telah berusia 75 tahun. Kalau disamakan dengan umur manusia, usia negara kita sudah mapan. Kenikmatan yang bisa kita rasakan saat ini tidak lepas dari kegigihan para pejuang yang melawan penjajah sampai akhirnya negara kita bisa merdeka.

Sudah 75 tahun berlalu, Indonesia terus berusaha menunjukan eksistensinya di mata dunia. Apalagi negara kita memiliki angkatan muda terbesar, sehingga diperkirakan kalau di masa depan, Indonesia bisa jadi salah satu negara maju yang patut diperhitungkan.

Kita patut bersyukur karena tak harus angkat senjata untuk menjaga perdamaian seperti para pejuang di masa lalu. Dengan cara yang lebih mudah, kita juga bisa menunjukan rasa cinta kepada tanah air. Sebagai generasi muda, kita memegang peranan penting untuk menjaga negara ini, apalagi disaat pandemi Covid-19 yang masih mewabah di negeri kita, karena di tangan para anak mudalah masa depan Indonesia akan di emban.

Nah, berikut ini 7 cara lebih mencintai tanah air untuk generasi milenial, simak yuk.

1. Bangga memakai produk asli buatan Indonesia

Bangga memakai produk buatan dalam negeri adalah salah satu cara yang bisa dilakukan generasi milenial untuk menunjukan rasa cintanya kepada tanah air.

Jangan salah, produk asli Indonesia tidak kalah keren dengan buatan luar negeri lho. Beberapa produk seperti tas, sepatu atau baju bahkan berhasil dipasarkan ke luar negeri.

Dengan bangga memakai produk buatan Indonesia, kita ikut serta memajukan perekonomian dan lebih menghargai produk buatan negara sendiri.

2. Menjaga dan merawat kebersihan lingkungan bersama

Walau sepele, nyatanya menjaga kebersihan lingkungan masih susah-susah gampang untuk dilakukan. Mulai sekarang, coba yuk bentuk kesadaran diri sendiri untuk menjaga kebersihan. Sederhananya, jangan buang sampah sembarangan.

Menjaga dan merawat lingkungan bukan tanggung jawab pemerintah saja. Tapi masyarakat juga ikut berperan untuk menjaganya bersama-sama.

3. Tidak menyebarkan ujaran kebencian atau berita hoaks

Sebagai generasi muda yang lahir di era teknologi, kita pasti akrab dengan internet. Namun internet layaknya pedang bermata dua. Di satu sisi bisa memberikan dampak yang positif, namun di sisi lainnya bisa jadi bencana jika dipakai dengan cara yang salah.

Nah, internet bisa jadi sarana untuk menyalurkan rasa cinta kepada Indonesia lho. Contohnya dengan tidak melakukan ujaran kebencian atau menyebarkan berita hoaks.

Kamu harus cek dulu sumber beritanya sebelum posting ke akun sosial media, atau tidak menyebarkan ujaran kebencian yang menyinggung hal sensitif.

Dengan meminimalisir berita hoaks dan ujaran kebencian, kamu akan lebih nyaman saat berselancar di dunia maya. Yuk jadi generasi muda yang cerdas saat menggunakan internet, supaya tidak hanya smartphone kamu yang pintar, tapi pemakainya juga.

4. Menghargai para seniman dengan tidak membeli kaset bajakan

Kebiasaan kita mengunduh lagu atau film dengan gratisan kayaknya berlangsung sejak dulu kala. Kita lebih suka cara yang instan dan gratis daripada harus bayar.

Mulai sekarang, mari sama-sama belajar menghargai karya para seniman yuk. Mudah kok, misalnya dengan tidak membeli kaset bajakan.

Membuat musik yang bagus tidak mudah lho. Begitu juga dengan para sineas yang sudah bekerja keras demi menghasilkan film yang keren. Walau lebih mahal, seengtidaknya sedikit demi sedikit kita bisa menghentikan pembajakan ilegal yang merugikan negara.

5. Taat lalu lintas saat berkendara di jalanan

Kesadaran para pengendara untuk taat lalu lintas di jalanan masih sangat rendah. Demi sampai lebih cepat, banyak dari kita yang bersikap egois dan seenaknya melanggar peraturan. Walau begitu, belum terlambat untuk berubah jadi lebih baik kok.

Masih ada waktu bagi para anak muda untuk mulai belajar menaati peraturan lalu lintas. Seperti tidak menerobos lampu merah, tidak menggunakan jalur busway, atau tidak naik ke trotoar bagi para pemotor.

Ayo disiplin saat berkendara demi keselamatan bersama. Gimana, gampang kan?

6. Menikmati indahnya Indonesia dengan traveling ke pelosok negeri

Indonesia terkenal dengan keindahan alam dan budayanya yang luar biasa. Keindahan Indonesia begitu istimewa karena "dilukis" langsung oleh Yang Maha Kuasa. Tentu akan sayang sekali kalau kamu melewatkan keindahannya begitu saja.

Kalau biasanya destinasi liburanmu ke luar negeri, sesekali coba traveling ke pelosok Indonesia. Nikmati pesona alam dan budaya negara kita yang begitu keren.

Dengan menikmati pesona Indonesia, rasa cinta dan sayang akan negeri akan tumbuh dengan sendirinya.

7. Tetap menjaga persatuan dan kesatuan negeri tercinta

Yang terakhir dan paling penting, yaitu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan pernah lupakan semboyan negara kita yang begitu indah yaitu Bhinneka Tinggal Ika.

Masa depan bangsa Indonesia ada di tangan generasi muda. Sebagai anak muda, kita harus menghargai setiap perbedaan yang ada. Jangan biarkan perbedaan tersebut membuat kita terpecah belah, tapi harus semakin kuat, karena itulah yang membuat negara kita istimewa.

Nah itu beberapa cara mudah untuk kita para generasi milenial agar lebih mencintai tanah air. Rasa nyaman yang kita rasakan di rumah bersama keluarga adalah hasil jerih payah para pendahulu memerdekakan dari penjajah lho!

Yuk persiapkan resiko apabila terjadi kemalangan terhadap rumahmu dengan Aswata Griya A+. Aswata Griya A+ punya banyak sekali manfaat buat back up rencana-rencana besarmu di masa yang akan datang supaya jangan ada kerugian financial bila ada musibah.

Selain aman, kamu juga berpeluang mendapatkan Giveaway dengan total hadiah sampai sebesar Rp. 1 juta dengan Aswata Griya A+ lho! Informasi lebih lanjut hubungi kantor Sales Office Aswata terdekat.

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi lebih lanjut hubungi Kantor Sales Office Aswata terdekat

https://www.aswata.co.id/id/jaringan-kantor

Produk Asuransi Aswata:

Informasi produk Asuransi Kecelakaan Diri Keluarga

https://www.aswata.co.id/id/kecelakaan-diri-keluarga

Informasi produk Asuransi Griya A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/aswata-griya-a

Informasi produk Asuransi Usaha A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-property/asuransi-usaha-a

Informasi produk Aswata Oto A+

https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor/aswata-otoa

Ilustrasi sikap cinta Tanah Air. Foto: Zabur Karuru/Antara Foto

Sudah sepatutnya setiap masyarakat Indonesia menerapkan sikap cinta Tanah Air dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang dimaksud dengan cinta Tanah Air?

Cinta Tanah Air adalah mencintai bangsa sendiri. Cinta Tanah Air ditandai dengan munculnya perasaan mencintai oleh warga negaranya dengan sedia mengabdi, berkorban, melindungi bangsa dari segala ancaman dan gangguan, serta memelihara persatuan dan kesatuan.

Mengutip jurnal Analisis Cinta Tanah Air dalam Pembelajaran PPKN Siswa Kelas IV SDN Perumnas Suradita oleh Irma Rahmawati, cinta Tanah Air mencakup sikap dan perilaku yang mencerminkan rasa bangga, setia, peduli terhadap bangsa.

Cinta Tanah Air dapat diwujudkan dengan menjaga nama baik bangsa, berjiwa dan berkepribadian bangga memiliki bangsa dengan beragam suku dan budaya.

Sayangnya, tak sedikit warga negara Indonesia yang kurang menunjukkan sikap cinta Tanah Air. Hal itu terbukti dari produk-produk luar negeri yang lebih banyak digunakan daripada produk dalam negeri.

Tak sedikit dari mereka yang menyukai dan mengikuti budaya negara lain, bahkan lebih mengagumi budaya itu daripada negara Indonesia sendiri.

Ya, seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, gaya hidup masyarakat Indonesia cenderung semakin kebarat-baratan. Mulai dari gaya berpakaian, gaya bicara, bahasa, hingga makanan yang dikonsumsi kerap mengikuti budaya barat maupun budaya bangsa lain.

Oleh sebab itu, sikap cinta Tanah Air sebaiknya ditanamkan sejak dini. Tujuannya agar perasaan cinta Tanah Air terus tumbuh seiring dengan perkembangan diri sehingga terus berada di dalam hati.

Contoh Sikap Cinta Tanah Air

Ilustrasi produk dalam negeri. Foto: iStock

Sejatinya, sikap cinta Tanah Air tidak sulit untuk diwujudkan, tetapi memang perlu dibiasakan. Berikut beberapa contoh sikap cinta Tanah Air yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Bangga Menggunakan Produk Dalam Negeri

Sampai saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang memilih menggunakan produk luar negeri. Banyak dari mereka yang beralasan bahwa barang-barang produksi luar negeri itu memiliki kualitas lebih baik dibanding produk Indonesia.

Padahal, banyak produk dalam negeri sekarang yang sangat berkualitas dan memiliki keunikan sendiri. Masyarakat Indonesia seharusnya bisa menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa memiliki produk-produk berkualitas tinggi yang tak kalah saing dengan produk asing.

Sikap tersebut tentu saja dapat membantu para produsen untuk bisa memperkenalkan produk-produknya ke luar sehingga bisa dibeli dan dipakai oleh warga negara lain. Dengan demikian, perekonomian Indonesia pun semakin baik dan warga semakin sejahtera.

2. Mengikuti Upacara Bendera

Meski terdengar sepele, mengikuti upacara bendera juga merupakan salah satu bentuk sikap cinta Tanah Air. Ini membuktikan bahwa masyarakat menghargai jasa para pahlawan yang rela berkorban demi meraih kemerdekaan.

Para siswa bisa mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan di sekolah setiap Senin pagi. Masyarakat dapat pula menunjukkan sikap cinta Tanah Air dengan mengibarkan bendera Merah Putih menjelang kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

3. Mampu Menjaga Nama Baik Indonesia

Misalnya, ketika berada di luar negeri, patuhilah peraturan yang berlaku di sana. Jangan bawa kebiasaan buruk ke luar karena bisa mempermalukan bangsa Indonesia.

Hal ini juga berlaku di dunia internet. Bijaklah dalam bermedia sosial, jangan meninggalkan komentar-komentar yang tidak mencerminkan budaya bangsa di akun media sosial orang luar.

Beberapa contoh sikap cinta Tanah Air lainnya, yaitu:

  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  • Melestarikan kebudayaan Indonesia.

  • Menggunakan hak pilih dalam pemilihan umum.

  • Menaati segala peraturan yang berlaku di Indonesia.

  • Mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi.

  • Menciptakan kehidupan yang rukun dan harmonis antarumat beragama.