Sejarah PERKEMBANGAN Sistem periodik unsur PDF

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM PERIODIK

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM PERIODIK Kita akan membahas sejarah pengelompokkan unsur unsur, mulai dari pengelompokkan secara sederhana sampai pengelompokkan yang lebih kompleks. Para ilmuan dari jaman dahulu mulai mencoba untuk melakukkan pengelompokkan unsur unsur, berikut adalah upaya awal para ilmuan dalam mengelompokkan unsur unsur :

Ahli kimia dari Arab dan Persia Ahli kimia Arab dan Persia mengelompokkan zat zat berdasarkan sifat logam dan non logam. Antoine Lavoisier ( 1789 ) Pada 1789, Antoine Lavoiser mengelompokan 33 unsur kimia. Pengelompokan unsur tersebut berdasarka sifat kimianya. Unsur-unsur kimia di bagi menjadi empat kelompok. Yaitu gas, tanah, logam dan non logam. Kelemahan dari teori Lavoisior : Penglompokan masih terlalu umum kelebihan dari teori Lavoisior : Sudah mengelompokan 33 unsur yang ada berdasarka sifat kimia sehingga bisa di jadikan referensi bagi ilmuan-ilmuan setelahnya.

John Dalton ( 1808 ) Dalton mengemukakan bahwa unsur dari atom yang berbeda mempunyai sifat dan massa yang berbeda. Massa atom diperoleh dari perbandingan massa atom unsur terhadap massa atom unsur hidrogen. Berangkat dari teorinya itu Dalton mengelompokkan zat-zat yang berupa unsur-unsur (sebanyak 36 unsur) berdasarkan kenaikan massa atomnya. Daftar Unsur yang disusun oleh Dalton:

John Jacobs Berzellius (1828) Johann Dőbereiner (1829) Dalam daftar massa unsur yang dibuat oleh Dalton terdapat kesalahan dalam penentuan massa atom unsur. Pada tahun 1828 Barzellius berhasil membuat dan mempublikasikan daftar massa atom unsurunsur yang lebih akurat. Pada tahun 1829, Johann Dőbereiner mengklasifikasikan unsur berdasarkan kemiripan sifatsifatnya Pada tahun 1829, Johann Dőbereiner mengklasifikasikan unsur berdasarkan kemiripan sifatsifatnya yang disebut sebagai triad Dobereiner. Setiap tiga unsur yang sifatnya mirip massa atom ( A r ) unsur yang kedua (tengah) merupakan massa atom rata-rata dari massa atom unsur pertama dan ketiga.

Triade Ar Rata-rata Ar unsur 1 dan ke 3 Kalsium Stornsium Bariuim 40 88 137 (40 + 137) = 88, 2 Kelemahan dari teori ini adalah pengelompokan unsur ini kurang efisian dengan adanya beberapa unsur lain dan tidak termasuk dalam kelompok triad padahal sifatnya sama dengan unsur dalam kelompok triefd tersebut. Kelebihan dari teori ini adalah adanya keteraturan setiap unsure yang sifatnya mirip massa Atom (Ar) unsure yang kedua (tengah) merupakan massa atom rata-rata di massa atom unsure pertama dan ketiga.

John Newlands ( 1865 ) J. Newlands merupakan orang pertama yang mengelompokan unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatif. Newlands mengumumkan penemuanya yang di sebut hukum oktaf. Ia menyatakan bahwa sifat-sifat unsur berubah secara teratur.. Unsur pertama mirip dengan unsur kedelapan, unsur kedua mirip dengan unsur kesembilan, dan seterusnya

ringan. Hukum oktaf newlands ternyata hanya berlaku untuk unsur-unsur Kelemahan dari tabel yang dibuat Newlands ini adalah, masih ada beberapa kotak yang diisi lebih dari satu unsur, hal ini terjadi karena sifatnya yang sangat mirip. Lothar Meyer ( 1869 ) Pada tahun 1969, Lothar Meyer mengamati hubungan antara kenaikan massa atom dengan sifat unsur. Hal ini dilakukan antara lain dengan membuat Kurva volume atom versus fungsi massa atom. Gambar Sistem periodik Meyer. Unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atom secara vertikal. Pengulangan sifat unsur membentuk kolom. Sedangkan unsur-unsur dengan sifat yang mirip terletak pada baris yang sama.

Dmitri Mendeleev (1869) Pada tahun 1869 seorang sarjana asal rusia Dmitri mendeleev, berdasarkan pengamatan terhadap 63 unsur yang sudah dikenal ketika itu, menyimpulkan bahwa sifat-sifat unsur adalah fungsi periodik dari massa atom relatifnya. Mendeleev menempatkan unsurunsur yang mempunyai kemiripan sifat dalam satu lajur vertikal yang disebut golongan. Lajurlajur horizontal, yaitu lajur unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya, disebut priode daftar periodik Mendeleev.

Keunggulan Sistem Periodik Mendeleev 1. Sistem Periodik Mendeleev menyediakan beberapa tempat kosong untuk unsur-unsur yang belum ditemukan. Sifat unsur-unsur tersebut dapat diramalkan berdasarkan kemiripan sifat unsur-unsur dalam golongan yang sama. 2. Sistem Periodik Mendeleev meramalkan sifat-sifat unsur yang belum diketahui. Pada perkembangan selanjutnya, beberapa unsur yang ditemukan ternyata cocok dengan prediksi Mendeleev.

3. Sistem Periodik Mendeleev menyediakan satu kolom yang kosong pada group VIII. Kolom ini yang pada perkembangannya berisi unsur-unsur gas mulia. Unsur-unsur ini sangat tidak reaktif, dalam bentuk gas yang tidak berwarna dan tidak berbau dan dalam jumlah yang sangat sedikit di atmosfir. Karena unsur ini tidak dikenal senyawanya,maka para ilmuan di masa Mendeleev tidak tahu adanya unsur ini. Kelemahan dari teori ini adalah masih terdapat unsur-unsur yang massanya lebih besar letaknya di depan unsur yang massanya lebih kecil. Henry G. Moseley ( 1913 ) Setelah Rutherford menemukan muatan positif dalam inti atom, pada tahun 1913 ilmuan Henry Moseley menemukan nomor atom suatu unsur dengan bantuan sinar X. dari hasil penelitiannya tersebut ia menemukan bahwa kenaikan nomor atom sejalan dengan kenaikan massa atom.

Atas dasar penemuan tersebut Henry Moseley menyusun tabel Periodik Berdasarkan kenaikan nomor atom. Sistem Periodik Henry Moseley (sistem periodik modern)

THANK YOU FOR YOUR ATTENTION

Thank you for interesting in our services. We are a non-profit group that run this website to share documents. We need your help to maintenance this website.

To keep our site running, we need your help to cover our server cost (about $400/m), a small donation will help us a lot.

Please help us to share our service with your friends.

You're Reading a Free Preview
Pages 5 to 8 are not shown in this preview.

You're Reading a Free Preview
Page 3 is not shown in this preview.

PERKEMBANGAN SISTEM PERIODIK UNSUR

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI

Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi

5 Sistem Periodik. 5.1 Tabel Periodik

Sejarah Perkembangan Sistem Pertanian Desa Bajadolok

SISTEM OPERASI DOS SEJARAH DAN PERKEMBANGAN DOS

Sejarah dan Perkembangan Sistem Komunikasi Serat Optik

LKS PRAKTIKUM SISTEM PERIODIK UNSUR

Struktur Atom dan Sistem Periodik

Struktur Atom dan Sistem Periodik

ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

BAB II LANDASAN TEORI Sejarah dan Perkembangan Sistem Pendukung Keputusan

STRUKTUR ATOM, SISTEM PERIODIK, DAN IKATAN KIMIA

PEMBELAJARAN SISTEM PERIODIK UNSUR KIMIA BERBASIS MULTIMEDIA

Sejarah Perkembangan Bioteknologi

SEJARAH PERKEMBANGAN HADITS MAKALAH

PERKEMBANGAN SEJARAH HUKUM INTERNASIONAL