Senjata obat-obatan termasuk jenis iklan yang

Jenis-jenis Iklan yang dilarang Facebook Ads Facebook Ads merupakan salah satu media periklanan yang membantu mendorong dan meningkatkan penjualan bagi pebisnis online, karena Facebook Ads dapat menjangkau pembeli yang lebih banyak. Namun, tidak semua jenis produk atau layanan dapat diperbolehkan di Facebook Ads.

Hal ini karena Facebook Ads memiliki peraturan yang cukup ketat terkait kebijakan produk yang boleh dan tidak boleh diiklankan. Oleh karena itu, iklan yang diterbitkan tidak langsung bisa ditayangkan, tetapi iklan akan ditinjau terlebih dahulu oleh Facebook. Proses waktu peninjauan iklan ini bisa 30 menit bahkan bisa lebih dari 1 hari, tergantung jenis iklan itu sendiri.

Apakah kamu pernah beriklan tapi iklanmu ditolak oleh Facebook? bahkan kamu masih bingung mengapa hal itu terjadi, padahal kamu sudah mematuhi kebijakan beriklan. Nah, pada artikel kali ini komerce akan membahas mengenai apa saja yang menjadi faktor iklan ditolak dan dianggap melanggar peraturan Facebook Ads.

Daftar Isi

  • 25 Jenis Iklan yang dilarang Facebook Ads
    • 1. Melanggar Standar Komunitas
    • 2. Produk atau Layanan Ilegal
    • 3. Praktik Diskriminasi
    • 4. Tembakau dan sejenisnya
    • 5. Obat-obatan dan sejenisnya
    • 6. Suplemen yang Tidak Aman
    • 7. Senjata, Amunisi dan Bahan Peledak.
    • 8. Produk dan Layanan Dewasa
    • 9. Pelanggaran Hak Cipta
    • 10. Konten Sensasional
    • 11. Atribut Pribadi
    • 12. Konten Kontroversial
    • 13. Halaman Tidak Aktif
    • 14. Kata-kata Tidak Senonoh
    • 15. Kecurangan atau Penipuan
    • 16. Alkohol
    • 17. Biro Jodoh
    • 18. Perjudian dan Game Online
    • 19. Apotik Online
    • 20. Konten Bermerek
    • 21. Produk Layanan Keuangan dan Asuransi
    • 22. Isu Sosial, Pemilu dan Politik
    • 23. Produk Layanan Cryptocurrency
    • 24. Penurun Berat Badan
    • 25. Video yang Mengganggu
      • Rekomendasi Artikel:

25 Jenis Iklan yang dilarang Facebook Ads

Sumber gambar: pixabay

Banyak iklan ditolak karena melanggar kebijakan Facebook Ads, kebijakan ini menjadi peringatan untuk para pengiklan agar mematuhi peraturan yang berlaku dan tidak mempromosikan produk atau layanan yang dapat mengganggu kenyamanan atau dapat menyesatkan pengguna Facebook. Berikut adalah beberapa jenis iklan yang dilarang di Facebook Ads sebagai berikut:

1. Melanggar Standar Komunitas

Pada dasarnya beriklan di Facebook dan Instagram memiliki standar kebijakan yang tidak boleh dilanggar. Untuk memahami kebijakan secara lengkap kamu dapat mengunjungi kebijakan periklanan facebook di link berikut; https://www.facebook.com/policies/ads/.

2. Produk atau Layanan Ilegal

Iklan tidak boleh mengandung layanan atau aktivitas ilegal. Iklan yang menargetkan kepada anak dibawah umur tidak boleh mempromosikan produk layanan atau konten yang tidak pantas, melanggar hukum, tidak aman, eksploitasi, menyesatkan dan memaksa dengan tekanan yang tidak semestinya.

3. Praktik Diskriminasi

Iklan yang dianggap berisi diskriminasi atau ujaran kebencian yang bersifat menyinggung terhadap kelompok suatu etnis, agama, ras, warna kulit, dan lainnya.

4. Tembakau dan sejenisnya

Jenis iklan yang dilarang di Facebook Ads selanjutnya adalah produk berbahan tembakau yang berkaitan dengan paraphernalia, selain itu dilarang mempromosikan rokok elektrik atau vape dan sejenisnya yang digunakan untuk merokok.

5. Obat-obatan dan sejenisnya

Produk kesehatan saat ini sudah banyak diproduksi oleh beberapa industri, diperkirakan tahun 2024 dapat meraup banyak keuntungan, Namun produk yang berisi kesehatan tentu memiliki peraturan terutama untuk dipromosikan.

Oleh karena itu jenis obat-obatan yang tidak diperbolehkan di Facebook Ads seperti obat keras, obat ilegal, narkotika dan sejenisnya. Selain itu obat-obatan yang tidak memiliki sertifikat juga dilarang keras oleh Facebook.

Jika kamu ingin tetap berusaha mempromosikannya produk tersebut, maka bersiaplah untuk menyiapkan banyak akun iklan untuk mengatasi akun disable karena ditolak dan terkena AME Facebook.

6. Suplemen yang Tidak Aman

Saat ini produk kesehatan atau suplemen sedang berkembang di pasaran, tak heran banyak brand-brand baru mulai bermunculan. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya produk yang laris di Facebook Ads, namun jika produk tersebut belum memiliki sertifikat dan belum terdaftar BPOM, maka sulit untuk diiklankan.

Tetapi jika kamu ingin berencana mempromosikan produk kesehatan, maka ada beberapa hal yang harus kamu ingat, seperti iklan tidak boleh menyiratkan sesuatu yang memberikan efek negatif tentang gambaran tubuh mereka, seperti menggunakan gambar sebelum dan sesudah.

7. Senjata, Amunisi dan Bahan Peledak.

Setiap iklan Facebook yang mengandung konten seperti panah, pedang, senjata api, petasan, dan termasuk amunisi bahan peledak. Semua produk yang dianggap membahayakan seperti amunisi dan bahan peledak tidak diperbolehkan untuk diiklankan karena produk tersebut termasuk pelanggaran hukum dan undang-undangan yang berlaku. Walaupun pada dasarnya kamu tidak bermaksud menjual produk untuk menyakiti orang lain

8. Produk dan Layanan Dewasa

Produk yang tidak diperbolehkan untuk dipromosikan selanjutnya adalah produk yang berisi tentang produk dewasa seperti obat kuat, obat perangsang dan mainan seks, kecuali iklan untuk keluarga berencana seperti alat kontrasepsi. Karena hal tersebut sangat tabu untuk di iklankan terutama di Indonesia.

Iklan kontrasepsi harus berisi tentang manfaat yang berfokus pada keluarga berencana dan bukan untuk menambah kenikmatan seksual, iklan juga harus menargetkan kepada audiens yang berusia 18 tahun keatas.

Baca juga: Biaya Iklan Facebook Ads (FB Ads)

9. Pelanggaran Hak Cipta

Setiap iklan yang dianggap melanggar hak pihak ketiga akan ditolak dan tidak boleh dipromosikan seperti brand produk, hak kepemilikan, privasi dll.

Pelanggaran ini bisa menyeret ke jalur hukum, kecuali jika kamu telah melakukan kesepakatan dengan pihak terkait dan menandai brand mereka pada postingan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Konten Sensasional

Iklan yang tidak diperbolehkan untuk dipromosikan yaitu berisi konten hasutan, sindiran, tindakan kekerasan dan mengejutkan. Segala jenis produk yang bisa membuat sensitif subjek pada masyarakat dengan kontroversi otomatis akan ditolak Facebook.

11. Atribut Pribadi

Konten iklan yang tidak boleh dipromosikan yang memuat atribut pribadi seperti ormas, suku, agama, ras, usia, gender, kondisi medis dan lainnya.

12. Konten Kontroversial

Konten iklan yang berisi peristiwa kontroversial seperti mengekspos keadaan masalah sosial, krisis yang bersumber dari politik dan kegiatan sosial yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

13. Halaman Tidak Aktif

Tidak boleh mempromosikan iklan dengan menggunakan halaman website yang tidak bisa diakses. Selain itu tidak boleh menggunakan website yang menyusahkan orang-orang yang hendak keluar dari halaman iklan tersebut.

14. Kata-kata Tidak Senonoh

Iklan tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak senonoh seperti, kata kasar, kata jorok atau yang tidak pantas untuk dipromosikan dan menggunakan simbol yang menyulitkan saat proses peninjauan.

15. Kecurangan atau Penipuan

Dilarang mempromosikan iklan dengan tujuan melakukan kecurangan atau penipuan yang dapat merugikan pengguna facebook.

16. Alkohol

Semua produk yang mengandung alkohol yang dapat memabukan tidak boleh dipromosikan di Facebook Ads seperti bir dan tuak.

Baca juga: Tips Split Test Facebook Ads yang Efektif

17. Biro Jodoh

Mempromosikan biro jodoh juga tidak diperbolehkan Facebook Ads, kecuali harus melalui proses perizinan terlebih dahulu. Selain itu penargetan juga harus sesuai dengan kebijakan Facebook dan melarang segala jenis produk yang mengarah ke ajakan seks.

18. Perjudian dan Game Online

Produk atau layanan hiburan yang berisi perjudian yang mengharuskan pelanggan untuk mengirimkan sejumlah uang seperti bertaruh dan lainnya.

19. Apotik Online

Tidak diperbolehkan mempromosikan obat-obatan yang membutuhkan resep dari dokter, kecuali obat-obatan yang memiliki izin edar sesuai ketentuan yang berlaku di wilayah produk yang di targetkan.

20. Konten Bermerek

Konten yang berisi merek dengan menandai produk harus menggunakan merek yang legal.

21. Produk Layanan Keuangan dan Asuransi

Iklan berisi jasa layanan keuangan seperti pinjaman online dilarang Facebook Ads, mengapa? karena jenis pembayaran ini dianggap mengambil keuntungan bagi orang-orang yang berpendapatan rendah.

Produk jasa keuangan hanya bisa dipromosikan oleh institusi legal dan terdaftar serta menyertakan informasi jelas terkait biaya, bunga, & alamat fisik yang menawarkan produk tersebut. Sebab itu iklan layanan ini harus memberikan informasi yang jelas dan juga harus dalam pengawasan ojk.

22. Isu Sosial, Pemilu dan Politik

Iklan yang berisi isu sosial, politik dan politik harus memenuhi ketentuan yang berlaku dan juga kebijakan dari Facebook.

23. Produk Layanan Cryptocurrency

Iklan yang mengandung produk layanan Cryptocurrency tidak diperbolehkan di Facebook Ads pada tahun 2019. Facebook menyatakan bahwa cryptocurrency sering dianggap sebagai promosi yang menyesatkan dan menipu audiens.

24. Penurun Berat Badan

Facebook dan Instagram saat ini membatasi iklan segala jenis iklan produk penurun berat badan dan diet pada 2019. Iklan dilarang memuat konten gambar penurun berat badan seperti sebelum dan sesudah, prosedur penurun berat badan dan pil penafsu makan. Sedangkan iklan yang mempromosikan gaya hidup sehat dan layanan kesehatan akan tetap diperbolehkan.

25. Video yang Mengganggu

Konten iklan yang berisi video tidak diperbolehkan menggunakan teknik yang mengganggu pengguna seperti layar kedip dan lainnya.

Baca juga: 10 Pilihan Targeting Facebook Ads Tahun 2021

Setelah membaca pembahasan diatas, segeralah untuk mengevaluasi produk atau layanan yang kamu miliki apakah termasuk dalam kategori jenis produk yang dilarang atau tidak.

Jika kamu merasa produk tidak termasuk jenis yang dilarang, maka periksalah konten, copywriting, dan tujuan halaman iklan. Kemudian kamu dapat memperbaiki sesuai standar kebijakan Facebook sebelum mengajukan banding. Selain itu jika iklan selalu ditolak atau sering melakukan pelanggaran, maka akun iklan bisa di banned atau dinonaktifkan oleh Facebook.

Demikian mengenai beberapa faktor iklan yang ditolak dan jenis-jenis iklan yang dilarang pada Facebook Ads, diharapkan kamu lebih mematuhi kebijakan Facebook agar lebih berhati-hati sebelum mempublish iklan.

Rekomendasi Artikel:

  1. AME Facebook: Definisi, Penyebab dan Cara Mengatasinya
  2. 15 Cara Jualan Online di Facebook agar Laris dan Untung
  3. Split Test Facebook Ads: Definisi, Jenis, Tips & Cara Melakukannya
  4. 10 Jenis Iklan dan Ukuran Banner Iklan Facebook Ads
  5. 5 Tempat Belajar Facebook Ads Gratis & Tips Cepat Belajar FB Ads