Sepak bola merupakan permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim setiap tim berjumlah

KOMPAS.com - Permainan bola dalam kegiatan olahraga dibagi menjadi dua yaitu, permainan bola besar dan kecil. Pada artikel ini akan membahas mengenai permainan bola besar.

Mengutip buku Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar (2019), karya Sendang Sri Widiastuti, S.Pd, permainan bola besar adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok dengan bantuan alat utama berupa bola berdiameter lebih dari 50 cm.

Tujuan dari permainan bola besar adalah menjaga stamina tubuh agar tetap sehat serta membangun kepribadian diri menjadi lebih baik, mental yang kuat dan kedisiplinan.

Macam-macam Permainan Bola Besar

Baca juga: Mengenal Peran Gelandang Box-to-Box

Berikut adalah beberapa contoh permainan bola besar:

Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga menggunakan bola besar terpopuler di dunia.

Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang digemari banyak orang di sejumlah negara di dunia termasuk Indonesia.

Ukuran bola yang digunakan oleh pertandingan sepak bola kategori dewasa atau berusia 12 tahun ke atas memiliki lingkar 68 hingga 70 cm (sentimeter).

Lingkar bola untuk permainan sepak bola usia dini atau anak-anak di bawah 12 tahun bisa berukuran lebih kecil.

Berat bola untuk permainan sepak bola sesuai standar FIFA adalah 410 hingga 450 gram, yang bisa diukur pada awal pertandingan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Treble Winner?

Adapun, tekanan udara pada sebuah bola sepak sesuai ketentuan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), harus mencapai 1 satuan atmosfer (atm) atau sekitar 14,7 psi.

Bola Basket

Bola basket adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim atau regu berlawanan. Masing-masing tim berisikan lima pemain.

Tujuan dari masing-masing tim adalah berusaha mencetak angka atau memasukkan bola ke dalam keranjang lawan dan berusaha mencegah lawan mencetak angka.

Menlansir laman DBL Indonesia, terdapat perbedaan soal ukuran bola menurut aturan FIBA dan NBA.

Sesuai aturan FIBA yang juga diterapkan di Indonesia, ukuran bola basket adalah berat 576 gram dengan keliling sekitar 74,9 sentimeter.

Komentar Lihat Foto
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

Baca juga: Golden Goal, Peraturan yang Pernah Hadir di Sepak Bola

Sementara itu di NBA, bola yang digunakan memiliki ukuran berat 650 gram dengan keliling bola 76 sentimeter.

Bola Voli

Mengapa bola voli termasuk ke dalam permainan bola besar? Hal ini berkaitan dengan bola yang digunakan sesuai dengan pengertian bola besar.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alat utama permainan bola besar berupa bola berdiameter lebih dari 50 cm.

Adapun ukuran bola voli yaitu berdiameter bola voli adalah 180 mm 200 mm. Sementara keliling lingkaran bola voli adalah 650 mm 670 mm.

Permainan olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua regu saling berhadapan, masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain, disebut permainan bola voli.

Bola voli adalah suatu cabang olahraga melambungkan bola melewati di atas jaring atau net.

Bola voli terbuat dari bahan kulit dengan keliling 65-67 sentimeter. Serta memiliki berat 200-280 gram dan tekanan 294,3 sampai 318,82 hpa.

Komentar Lihat Foto
Dok. Liga Mahasiswa
Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta menjadi jawara alias pemuncak kejuaraan bola voli Liga Mahasiswa bertajuk LIMA Volleyball: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference (GJC) Season 7.

Futsal

Baca juga: Mengapa Messi, Ronaldo, hingga Neymar Tidak Punya Bulu Kaki?

Futsal juga dikategorikan dalam permainan bola besar. Futsal sering disebut sebagai bentuk lain dari permainan sepak bola karena memiliki persamaan dalam cara bermain.

Meski mirip dengan sepak bola, bola sepak yang digunakan untuk bermain futsal memiliki ukuran lebih kecil (lingkar 63,5-66 cm dan berat maksimal 390 gram) dibandingkan sepak bola (lingkar 68-70 cm dan berat maksimal 450 gram).

Komentar Lihat Foto
Dok Federasi Futsal Indonesia
Timnas futsal memastikan diri lolos setelah mengalahkan Australia dengan skor 8-3 dalam matchday ketiga Grup B di Phu Tho Stadium, Rabu (23/10/2019).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video

Advertising