Skala dari suatu gambar menunjukkan 1 250 bila sesungguhnya 1 5 m maka pada gambar adalah

Pernah gak saat elo pergi ke suatu tempat, kemudian elo merasa kurang mengetahui jalan dan kemudian membuka peta (biasanya peta elektronik) supaya bisa mencapai tujuan tanpa tersesat?

Nah, setelah elo membuka dan membaca peta itu, pernah gak terpikirkan bahwa apa yang tertulis di peta, mulai dari jalan, bangunan hingga segala petunjuk arah adalah sesuai dengan keadaan sebenarnya tapi dalam ukuran yang lebih kecil?

Pada dasarnya peta adalah representasi visual dari seluruh area atau bagian dari suatu area pada permukaan yang datar. 

Oh ya, karena adanya sistem skala yang akurat ini, orang yang membuat peta juga gak boleh orang sembarangan lho. Orang yang ahli membuat peta disebut ahli pemetaan atau kartografer. 

Untuk menjadi seorang kartografer, mereka harus memiliki beberapa keahlian khusus misalnya keahlian meneliti, mengumpulkan, menyusun, dan menyajikan informasi tentang bentuk geografis dalam representasi visual seperti peta, grafik, bagan, rencana, dan gambar. 

Mereka juga harus bisa menganalisis survei lapangan, penggunaan lahan dan data pengelolaan lahan, foto udara dan informasi geografis lainnya untuk mempersiapkan representasi dalam sebuah peta.

Lembaga-lembaga yang memakai jasa mereka dapat berasal dari lembaga pemerintah dalam lingkup lokal maupun nasional, perusahaan utilitas, konsultan swasta hingga penerbit peta komersial.

Saat membaca peta, elo perlu mengacu pada serangkaian instruksi untuk memahami perbedaan jarak di peta dengan kehidupan nyata. Maka, di sinilah skala peta diperlukan.

Tapi, pertanyaannya apa itu skala?

Skala peta adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Untuk menghitung skala peta, elo bisa mengacu pada rasio yang tertulis pada peta tersebut.

Misalnya nih, elo sedang melihat peta atau globe, terus ada tulisan skala perbandingan skala 1:500.000. Itu maksudnya apa sih? Bagaimana cara menghitung skala peta?

Atau dengan skala 1:500.000 elo mau mencari jarak sebenarnya di kehidupan nyata, gimana ya caranya?

Nah, pertanyaan-pertanyaan ini bisa dijawab kalo elo udah memahami rumus cara membaca skala peta.

Penasaran bagaimana rumus skala dan pengertiannya? Yuk, simak terus penjelasan di bawah ini. Keep reading ya!

Apa Itu Skala?

Sebelum masuk ke rumus dan cara menghitung skala, kita harus paham dulu pengertiannya. 

Pengertian skala adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara jarak sebenarnya dengan jarak pada peta.

Kan gak mungkin tuh kartografer menggambar peta wilayah tapi pakai ukuran jarak yang sebenarnya. Jadi, untuk merepresentasikan hal tersebut dibuatlah skala.

Dengan begitu, pembaca peta bisa mengetahui jarak yang sebenarnya di lapangan.

Skala peta adalah representasi penentu jarak sebenarnya di lapangan.
(Dok. unsplash.com by Adolfo Felix)

Rumus Skala

Contoh skala yang bisa dihitung dengan rumus (Dok. Manajemen Sekolah)

Contoh skala di atas adalah contoh skala yang ditulis dalam bentuk Skala Angka atau Skala Numerik. 

Misalnya 1:100.000, 1:500.000. 1:1.000.000 dan seterusnya. 

Terus kalau dalam sebuah peta skalanya ditulis 1:400.000 bagaimana cara mencari jarak sebenarnya?

Angka 1 pada 1:400.000 artinya, 1 cm pada peta mewakili 400.000 cm pada jarak sebenarnya. 

Misalnya jarak antara kecamatan A dan kecamatan B di suatu peta dengan skala 1:400.000 adalah 2 cm maka jarak sebenarnya adalah 2 cm  X 400.000 cm = 800.000 cm atau 8 km.

Supaya elo bisa menghitung jarak sebenarnya di lapangan hanya dengan melihat peta, maka gunakan rumus skala dengan sistem piramida berikut ini:

Piramida Rumus Skala Peta (Arsip Zenius)

Dari ketiga rumus di atas, elo bisa sesuaikan lagi dengan kebutuhan. Apa yang mau elo cari. Kalau elo mau mencari jarak sebenarnya, elo bisa membagi ukuran pada peta dengan skala yang tertera di peta tersebut.

Contoh Soal Skala Peta dan Pembahasan

Contoh Peta Dunia (Dok. Pexels by Lara Jameson)

Nah, sekarang udah tau rumus-rumusnya kan. Kita mulai latihan soalnya supaya elo lebih paham lagi, yuk!

Kalian bisa menerapkan rumus skala peta lewat soal di bawah ini.

Cara Menghitung Skala Peta

Jarak antara kota A dan B pada suatu peta adalah 6 cm. Jarak sebenarnya antara kota A dan B tersebut adalah 120 km. Berapakah skala peta tersebut?

Jawab:

Skala =  Ukuran pada peta : Ukuran sebenarnya

Skala = 6 cm : 120 km = 6 cm : 12.000.000 = 1 : 2.000.000

Jadi, skala pada peta tersebut adalah 1 : 2.000.000.

Cara Mencari Jarak Sebenarnya

arak antara kota C dan D pada peta adalah 6 cm. Jika skala pada peta yang digunakan adalah 1:500.000, bagaimana cara mencari jarak sebenarnya kedua kota tersebut?

Jawab:

Jarak sebenarnya= Ukuran pada peta : Skala

Jarak sebenarnya= 6 : (1:500.000) = 6 x 500.000 = 3.000.000 cm

Jadi, jarak sebenarnya antara kota A dan B adalah 3.000.000 cm atau 30 km.

Cara Mencari Jarak Pada Peta

Diketahui jarak sebenarnya dari kota A ke kota B adalah 120 km, jika terdapat sebuah peta dengan skala 1: 400.000, maka jarak pada peta dari kota A ke kota B adalah?

Jawab:

Jarak pada peta = Skala x Jarak Sebenarnya 

Jarak pada peta = 1 banding 400.000 x 120 km

Jarak pada peta = 1/400.000 x 12.000.000 cm 

Jarak pada peta = 30 cm

Itu dia penjelasan mengenai cara membaca skala peta plus rumus-rumus yang digunakan untuk menghitungnya. Sekarang udah paham dan bisa menghitung jarak sebenarnya pada peta, kan? Semoga penjelasan di atas bermanfaat ya buat elo. Have a nice day, guys! 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Rumus Keliling dan Luas Layang-layang

Rumus Luas Permukaan dan Volume Kerucut

Rumus Limas dan Pengertiannya

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

Ngomong-ngomong gue punya informasi yang pastinya akan sangat berguna terutama buat elo yang sering nemu soal tentang rumus dan matematika yang sulit dijawab. Jangan panik, santai aja, karena ada fitur terbaru Zenius namanya ZenBot!

Fitur ini adalah temen 24 jam yang akan selalu siap bantu elo cari solusi dari segala masalah matematika.

Untuk menjawab soal-soal tentang akar polinomial misalnya, elo bisa banget manfaatkan fitur ZenBot!

Caranya gampang banget, elo tinggal download aplikasi Zenius untuk iOS dan Android terus login untuk merasakan berbagai fitur menarik lainnya!

Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty
Date: April 13, 2021