Smash spike merupakan teknik dasar dalam bola voli yang dilakukan dengan

Salah satu olahraga yang membutuhkan kekompakan dalam bertanding adalah voli. Dalam praktiknya, olahraga ini empat teknik dasar, yaitu servis, passing, spike, dan block. Keempat teknik dasar tersebut harus dikuasai oleh pemain sehingga bisa melakukan serangan maupun pola bertahan dengan baik dan memenangkan pertandingan.

Setiap laga tanding bola voli, tim yang menjuarai tiga dari lima set akan keluar sebagai pemenang. Set 1-4 akan dimainkan hingga salah satu tim mendapatkan 25 angka, sementara itu set kelima akan dimainkan hingga skor 15. Sehingga nilai kompetisi akan dihitung dari jumlah skor tersebut.

Olahraga bola voli juga merupakan salah satu jenis permainan yang sangat fleksibel karena bisa dimainkan di berbagai lokasi, mulai dari lapangan aspal, rumput, maupun pasir di pinggir pantai.

Kegiatan ini juga bisa diikuti oleh semua kalangan, tua, muda, dengan beragam usia. Anda pun bisa melakukannya bersama satu teman lainnya, atau mengajak seluruh anggota keluarga untuk terlibat dalam kegiatan kompetitif ini.

Mengenal Teknik Dasar Bola Voli

Agar bisa menciptakan permainan yang seru dan gemilang, ada teknik dasar bola voli yang harus dikuasai. Selain itu penggemar bola voli di Indonesia juga cukup banyak dan dimanjakan oleh siaran langsung kompetisi profesional klub voli se-Indonesia, yaitu Proliga. Di sana, para atlet mempertontonkan berbagai teknik tinggi yang membuat permainan ini kian menarik untuk diikuti.

Jangan khawatir merasa kesulitan saat melakukan olahraga bola voli. Ada sejumlah teknik dasar bola voli yang bisa dikuasai oleh pemula. Teknik dasar bola voli ini akan membuat Anda para pemain pemula menjadi tidak minder saat di lapangan.

Advertising

Advertising

Modal awal dalam membentuk serangan kepada lawan adalah servis. Apabila servis dilakukan secara tepat dan akurat dapat mengacaukan pertahanan lawan dan menyulitkan mereka untuk melakukan serangan kepada Anda. Ada dua jenis servis yang bisa dilakukan saat di lapangan:

Servis Atas

Teknik dasar bola voli ini dilakukan dengan melambungkan bola ke atas kepala pemain sebelum dipukul hingga melewati net. Teknik ini bertujuan membuat bola menukik tajam ke bidang permainan lawan. Teknik ini membutuhkan skill yang lebih tinggi dibanding servis bawah.

Servis Bawah

Selain ada servis atas juga ada servis bawah, caranya adalah pemain melakukan pukulan dengan satu tangan di bawah atau sejajar pinggang agar bola melambung melewati net. Servis bawah sering digunakan oleh pemain pemula dan pemain wanita, karena dinilai sebagai cara servis yang paling mudah.

Baca Juga

Selain servis, teknik dasar bola voli yang kedua adalah passing. Dalam olahraga bola voli, passing bisa berarti mengumpan atau mengoper bola ke rekan sendiri. Ada dua jenis passing yaitu:

Passing Atas

Ini adalah teknik operan bola dengan menggunakan ujung jari-jemari saat bola datang setinggi bahu atau lebih. Tujuannya adalah membangun serangan sehingga rekan satu tim bisa melakukan spike atau smash.

Passing Bawah

Teknik ini dilakukan jika bola yang datang jatuh di depan atau samping badan, setinggi perut ke bawah.

3. Spike atau Smash

Bagi para pemain bola voli baik pemula maupun profesional, teknik dasar bola voli satu ini dapat dikatan paling menantang. Karena Anda diharuskan memaksimalkan kekuatan tangan untuk menghasilkan pukulan yang keras. Spike atau smash dilakukan untuk menghasilkan poin dengan cara menjatuhkan bola lewat pukulan yang tajam dan menukik.

Apabila Anda ingin mendapatkan pukulan smash yang sempurna berikut cara yang bisa dilakukan:

  • Berdiri dengan salah satu kaki berada lebih ke belakang dari kaki lainnya
  • Ambil 2-4 langkah ke depan sebagai ancang-ancang
  • Saat mengambil ancang-ancang, tangan sedikit diayunkan ke belakang, dan posisi badan semakin lama semakin menunduk untuk memepersiapkan lompatan
  • Saat sudah sampai di depan net dan bola sudah berada di depan tubuh, hentakkan kedua kaki secara bersusulan, lalu melompatlah setinggi bola.
  • Posisikan tangan yang akan digunakan untuk memukul untuk mulai terayun ke depan
  • Posisi punggung sedikit menekuk ke belakang
  • Pada titik tertinggi lompatan, mulai pukul bola dengan arah pukulan yang bisa disesuaikan menggunakan gerakan pergelangan tangan.
  • Saat memukul, lengan terjulur sedangkan tangan terbuka.

4. Blocking

Dalam permainan, tidak hanya segi penyerangan yang harus diperhatikan. Para pemain juga harus pandai bertahan lewat teknik block di depan net. Blocking dilakukan dengan mengangkat lengan setinggi mungkin di atas jaring, demi menghalangi datangnya bola yang dipukul musuh ketika sedang melakukan serangan di depan net.

Apabila Anda ingin menguasai seluruh teknik dasar bola voli ini, maka harus dilatih secara berulang kali, sehingga Anda mahir melakukannya.

Bola voli merupakan olahraga yang sangat mengasikan, karena dimainkan oleh dua tim yang dimana masing-masing timnnya terdiri dari enam orang. Dalam permainan bola voli ada beberapa tugas dan tanggung jawab masing-masing pemain, diantaranya ada seorang tosser/setter, libero dan spike yang sering kita sebut seorang pemukul/penyemes. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan cara melakukan smash juga macam-macam smas dalam bola voli.

Spike adalah suatu pukulan yang kuat dimana tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas, sehingga jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi, apabila pukulan bola lebih tinggi berada diatas net, maka bola dapat dipukul ke bawah (M. Mariyanto, 2006 : 128)”. Biasanya pukulan ini mematikan karena bola sulit diterima atau dikembalikan. Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada di atas jaring untuk dimasukkan ke daerah lawan.

Untuk melakukan smash dengan baik harusnya memperhatikan faktor-faktor berikut : 

1. Awalan

Berdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuai dengan kebiasaan individu (tergantung smasher normal atau kidal).Langkahkan kaki satu langkah ke depan (pemain yang baik dapat mengambil ancang-ancang sebanyak 2-4 langkah). Kedua lengan mulai bergerak ke belakang. Berat badan berangsur-angsur merendah untuk membantu tolakan. 

2. Tolakan

Langkahkan kaki selanjutnya hingga kedua telapak kaki hampir sejajar dan salah satu kaki agar kedepan sedikit untuk mengerem gerak ke depan dan sebagai persiapan melompat ke arah vertikal. Ayunkan kedua lengan ke belakang atas sebatas kemampuan kaki ditekuk sehingga lutut membuat sudut ±110°, badan siap untuk melompat dengan berat badan lebih banyak bertumpu pada kaki yang di depan.

3. Meloncat

Mulailah melompat dengan tumit dan jari kaki terhentak lantai dan mengayunkan kedua lengan ke depan atas, saat kedua kaki mendorong naik ke atas, telapak kaki, pergelangan tangan, pinggul dan batang tubuh digerakkan serasi merupakan rangkaian gerak yang sempurna, gerakan eksplosif dan loncatan vertikal.

4. Memukul Bola 

Jarak antara di depan atas sejangkauan lengan memukul, segera lecutkan lengan ke belakang kepala dan dengan cepat lecutkan ke depan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola.

5. Mendarat

Mendarat dengan kedua kaki mengeper, lutut lentur saat mendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendarat dengan jari-jari kaki (telapak kaki bagian depan) dan sikap badan condong ke depan.

Spesialisasi Smash dalam Bola voli

Bola voli modern saat ini yang sering kita lihat, sudah menerapkan spesialisasi atau suatu posisi yang ditentukan berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Bola voli beberapa waktu yang lampau sebenarnya sudah menerapkan spesialisasi ini hanya saja spesialisasi hanya terbataspada tosser/setter, spiker, dan libero. Spiker pada saat itu bertugas sesuai dengan posisi yang di tempati sesuai perputaran rotasi, sehingga seorang spiker dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menyerang dengan berbagai variasi bola dan bertahan di semua daerah bertahan dibelakang. Sebenarnya pola seperti itu tidak buruk dilihat bahwa seorang pemain harus menguasai semua kemampuan teknik dalam bola voli (semua variasi serangan dan bertahan), tetapi dengan peraturan yang berubah saat ini maka dibutuhkan penguasaan maksimal dari pemain dengan hanya menugaskan seorang pemain untuk menguasai satu jenis serangan (Open Spike/Ace Spiker, Quicker, All  round  dll). Dengan adanya spesialisasi tersebut makan diharapkan permainan bola voli bisa lebih menarik untuk ditonton dan tercipta suatu permainan yang sangat dinantikan oleh para penggemarnya.

Macam-macam Smash Dalam Bola Voli yaitu :

1. Open

Pemukul melakukan gerak awalan setelah bola lepas dari tangan pengumpan, bola dipukul dipuncak loncatan dan jangkauan lengan yang tinggi. Pemukul menyerang dengan bola-bola open(membuka) dan tinggi diatas net ( 4 – 7 meter diatas net ). 

2. Semi All Round

Setelah bola lepas di passing ke arah pengumpan, pemukul harus mulai bergerak perlahan ke depan dengan langkah tetap menuju ke arah pengumpan. Pemukul ini memiliki kemampuan lebih lengkap dalam menyerang maupun bertahan, memiliki kemampuan tinggi mengolah bola semi ( tanggung ). Seorang all round biasanya menyerang diposisi 2 (kanan-depan) tetapi pemain ini menyerang diberbagai posisi.

3. Quick 

Begitu melihat bola passing ke pengumpan, maka pemukul melakukan awalan secepat mungkin dengan langkah yang panjang. Timing meloncat sebelum bola diumpan dengan jarak satu jangkauan lengan memukul dengan bola yang akan diumpan. Quicker menyerang dengan bola-bola cepat dan tidak tinggi (0 – 0,5 meter diatas net ). Biasanya seorang quicker adalah orang yang paling tinggi di tim tersebut karena bertugas sebagai center block juga.

4. Straight 

Smasher sebelum melakukan gerakan awalan, terlebih dahulu bergerak ke luar lapangan mendekati tiang net, smasher melakukan awalan bergerak arah paralel dengan jaring. Begitu bola sampai dibatas tepi jaring dengan ketinggian optimal bola, segeralah melompat dan langsung memukul secepatnya.

5. Drive

Smash ini biasanya digunakan oleh pemain untuk bola jauh dari net, saat melompat smasher agak dekat di bawah bola, berbeda dengan saat melompat pada smash normal.

6. Dummy / Tip

Pemain melakukan gerakan sama dengan pada waktu hendak melakukan smash, tetapi pada waktu kontak dengan bola, bola tidak dipukul melainkan disentuh saja dengan jari tangan.

7. Bola 3 meter / Pipe

Smash ini adalah serangan yang dilakukan dari belakang garis serang, pemukulnya seorang pemain garis belakang.

8. Kijang

Biasanya umpan bola back, pemukul melakukan langkah panjang dan naik dengan tolakan loncatan menggunakan satu kaki, pemukul tangan kanan menolak dengan tangan kiri.

9. Double Step

Smash dengan menggunakan gerak tepi, disini pemukul melakukan dua kali gerakan untuk melakukan tolakan loncatan.

10. Step L

Smash ini hampir sama dengan smash normal, tetapi gerakan awal berbeda. Pemukul seakan-akan bergerak memukul Straight, tetapi kemudian pemukul bergerak ke tengah karena pengumpan mengumpan bola di tengah depan.


Read More