Menguasai Storyboard Aplikasi Multimedia
1. Adobe Photoshop adalah salah satu software pendukung ultimedia yang di gunakan untuk mengolah
a. Video
b. Image
c. Animasi
d. Vektor
e. Teks
b. Image
c. Animasi
d. Vektor
e. Teks
2. Software pendukung multimedia yang di gunakan utuk mengolah/membuat animasi adalah
a. corel draw
b. Microsoft Word
c. Photoshop
d. Paint
e. Macromedia Flash
b. Microsoft Word
c. Photoshop
d. Paint
e. Macromedia Flash
3. Pada tahap pembuatan animmasi terdapat 2 tahapan yaitu
a. Konvensional, dan Digital
b. Tradisional, dan Modern
c. Kovensional, dan Modern
d. radisional, dan Digial
e. Konvensional, dan Manual
b. Tradisional, dan Modern
c. Kovensional, dan Modern
d. radisional, dan Digial
e. Konvensional, dan Manual
4. Teknologii yang menghasilkan film animasi yang gambarnya benar-benar hidup dan bernuansa 3D tak sekedar datar adalah definisi dari
a. C D I
b. G C I
c. C G I
d. I D G
e. CDR
b. G C I
c. C G I
d. I D G
e. CDR
5 Suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, yang mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan di sebut
a.. Ilmu Estetik
b. Ilmu Estetika
c. Ilmu Etika
d. Ilmu Tetika
e. Ilmu Estatika
b. Ilmu Estetika
c. Ilmu Etika
d. Ilmu Tetika
e. Ilmu Estatika
6. Ini merupakan film animasi panjang pertama yang menggunakan 100% animasi computer yakni
a. Toy Story
b. A Bugs Life
c. Monster Inc
d. Super Hero
e. Spiderman
b. A Bugs Life
c. Monster Inc
d. Super Hero
e. Spiderman
7. Berikut ini industri yang menggunakan storyboard dalam proses produksinya kecuali...
a.Animasi
b.Advertising
c.Buku pelajaran
d. Teater
e.Komik
a.Animasi
b.Advertising
c.Buku pelajaran
d. Teater
e.Komik
8. Pengertian storyboard secara global adalah...
a. Merevisi ide-ide awal
b. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera
c. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum
d. Memberikan tata letak kartun film dari adegan
e. Mempelajari skrip dengan baik
9.Storyboard menjadi populer dalam produksi film live action sejak awal tahun
a.1940
b.1950
c.1960
d.1998
e. 1945
10. Pada umumnya nilai aspect ratio yang digunakan para pembuat film dalam pembuatan film yang bersifat pribadi,komedi,drama film animasi adalah...
a. 2,35:1
b. 1,85:1
c. 1,78:1
d. 1,66:1
e. 1,33:1
11. Estetika berasal dari kata Yunani yakni aesthesis yang artinya
a. Perasaan, selera, perasaan atau taste
b. Perasaan berseni
c. Keindahan
d. Keyakinan
e. Berperasaan
12. Yang merupakan pengertian dari story board adalah
a. Penjabaran tentang kebutuhan yang di perliukan dalam produksi
b. Daftar gambar dari setiap adegan yang dihasilkan dalam bentuk sketsa atau gambar
c. Pementukan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan
d. Hal-hal yang berhubungan dengan data dn informasi keseluruhan produksi dari awal hingga akhir produksi
e. Datar table yang di tandai dengan warna pada setiap keiatan yang dilakukan
13. Yang tidak termasuk software animasi adalah
a. Forge 3D
b. 3Ds Max
c. Frame
d. Maya
e. Word
14. Proes akhir dari keseluruhn prses animasi computer di sebut
a. Composite
b. Editing
c. Rendering
d. Camera Shooting
e. Layout
15. Animasi 2D atau biasa di sebut
a. Sinetron
b. Kartun
c. Teater
d. Komedi
e. Horor
16. sebuah gerakan objek maupun teks yang di atur sedemikian rupa sehingga kelihatan hidup adalah
a. Properties
b. Action Script
c. Frame
d. Timeline
e. Animation
17. Unntuk membuat animasi pergerakan objek, Biasanya dengan tahapan
a. Klik kanan > Tween > Create Motion
b. Klik kanan > Motion tween > Create animation
c. Klik kanan > Inset frame > Create animation
d. Klik kanan > Create motion tween
e. Klik kanan > Create animation tween
18. Gerakan animasi yang dapat diterapkan dalam motio tween adalah sbb
A. Skala
b. Posisi
c. Rotasi
d. Warna
e. Transparasi
19. Simbol yang berfungsi sebagai dasar untuk membuat objek dapet beranimasi di sebut
A.Button
b. Movie clip
c. Graphic
d. Library
e. Frame
20. File Flash yang dapat langsung di jalankan tanpa harus membuka program flash adlaha file yang berekstensi
a. .exe
b. .fl
c. .swf
d. .gif
e. .html
21. Merupakan teknik animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap adlah
A. Animasi Pasir
b. Hand draw Animation
c. Animasi Gambar
d. ANimasi Cut out
e. Animasi clay
22. Bagian judul adalah komponen penysusun
a. Movie maker
b. Animasi
c. Storyboard
d. Frame
e. Audio
23. Prinsip dalam penyusunan storyboard adalah, kecuali
a. Pesan visual harus kreatif
b. Editing
c. Komunikatif
d. Efisien dan efektif
e. Indah dan estetik
24. Aplikasi yang digunakan untuk membuat stop motion, kecualiadalah
a. Movie Maker
b. Video pad
c. Flash Player
d. Photo Story
e. Format Factory
25. Di bawah ini adalah yang bukan komponen komponen storyboard adalah
a. Bentuk adegan potongan potongan gmbar sketsa
b Bentuk alur untuk memperjelas gambar sketsa
c. Bentuk dramatisasi
d. bentuk Visualisasi
e. bentuk isi cerita
26. Penggunaan storyboard dalam pembuatan stop motion adalah
a. Membingungkan pembuat
b. Mempercepat proses produksi
c. Memperlambat proses produksi
d. Mempermudah proses produksi
e. Mempersulit Proses produksi
27. Ide Cerita dalam pembuatan stop motion berguna untuk
A. Mengethui cara pembuatan stop motion
b. Mengetahui peasn yang disampaikan
c. mengethui ekspresi pembuat
d. mengetahui biaya produksi
e. Mengetahui proses produksi
28. Berikut contoh di bawah ini yng merupakan animasi 2D adalah
a. Final fantasy
b. Scoobydoo, Doraemon, Brother Bear
c. Pink Panther, Final Fantasy, Tom and Jerry
d. Scoobydoo, Monster Inc, Finding Nemo
e. Brother bear, Tom and Jerry
29. Animasi yang di hasilkan dari pengambilan gambar berupa obyekyang di gerakkan setahap demi setahap adalaha pengertian dari animasi
A. Animasi tradisional
b. Animasi computer
c. Stop motion
d. Wayang
e. Puppet
30. Teknik animasi stopmotion pertama kali di temukan oleh start Blakton pada tahun 1906. Teknik animasi stop motion ini paling sering di gunakn dlam visual effect untuk film di era
a. Tahun 40-50an
b. Tahun 50-60an
c. Tahun 60-70an
d. tahun 70-80an
e. Tahun 90an sampai sekkarang
31. Teknik pengambilan gambar dengan mengambil sebagian object tertentu adalah teknik
a. ECU
b. Close Up
c. Medium long Shoot
d. Long Shoot
e. Over Shoulder
32. Salah satu software animasi 2D yang merupakann keluaran Adobe adalah
A. Dreamweaver
b. Flash
c. Photoshop
d. premiere
e. Illustrator
33. Dua macam format yang di gunakan dalam membuat storyboard adalah
a. gambar tangan dan digital Image
b. Gambar hidup dan mati
c. Nyata dan Rekayasa
d. Bercerita dan Bersuara
e. Kotak dan Persegi panjang
34. FFAI adalah singkatan dari
a. Festival Film Anime Indonesia
b. Festival Film Animasi Inggris
c. Festival Font Animasi Indonesia
d. Festival Film Animasi Indonesia
e. Film Festival Animasi Indonesia
35.Pengertian storyboard secara global adalah...
a. Merevisi ide-ide awal
b. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera
c. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum
d. Memberikan tata letak kartun film dari adegan
e. Mempelajari skrip dengan baik
36. Dua macam format yang di gunakan dalam membuat storyboard adalah
a. gambar tangan dan digital Image
b. Gambar hidup dan mati
c. Nyata dan Rekayasa
d. Bercerita dan Bersuara
e. Kotak dan Persegi panjang
37. Pada umumnya nilai aspect ratio yang digunakan para pembuat film dalam pembuatan film yang bersifat pribadi,komedi,drama film animasi adalah...
a. 2,35:1
b. 1,85:1
c. 1,78:1
d. 1,66:1
e. 1,33:1
38. Animasi dulunya sangat sederhana namun sekarang telah berkembangmenjadi beberapa jenis yaitu
a. Animasi 2D, animasi 3D,animasi 4D
b. Animasi 2D, animasi 3D, animasi klay
c. Animasi 2D, animasi 3D, animasi clay
d. Animasi 2D, Animasi 3D, animasi kartun
e. Animasi 2D, animasi 3D, animasi murni
39. Contoh film animasi yang di sebut animasi 3D adalah
a. Finding Nemo
b. Lonely Tunes
c. Doraemon
d. The Lion King
e. Brother bear
40. Teknik pengolahan animasi menggunakan computer dengan tool untuk membuat visual effect di sebut
a. Computer Based Animation
b. Computer Base Animation
c. Computer Book Animation
d. Computer Bold Animation
e. Computer Back Animation
41. Animasi ringan dapat juga ditambahkan kedalam halaman web dalam bentuk animasi
a. .jpg
b. .gif
c. .swf
d. .3gp
e. .mts
42. Adapun format yang paling popular untuk animasi web dengan pemutar flash player adalah
a. .jpg
b. .gif
c. .swf
d. .3gp
e. .mts
43. Storyboard menjadi popular dalam produksi film live action sejak awal tahun
a. 1940
b. 1950
c. 1960
d. 1998
e. 1945
44. Yang merupakan pengertian dari story board adalah
a. Penjabaran tentang kebutuhan yang di perliukan dalam produksi
b. Daftar gambar dari setiap adegan yang dihasilkan dalam bentuk sketsa atau gambar
c. Pementukan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan
d. Hal-hal yang berhubungan dengan data dn informasi keseluruhan produksi dari awal hingga akhir produksi
e. Datar table yang di tandai dengan warna pada setiap keiatan yang dilakukan
1. Adobe Photoshop adalah salah satu software pendukung ultimedia yang di gunakan untuk mengolah
a. Video
b. Image
c. Animasi
d. Vektor
e. Teks
b. Image
c. Animasi
d. Vektor
e. Teks
2. Software pendukung multimedia yang di gunakan utuk mengolah/membuat animasi adalah
a. corel draw
b. Microsoft Word
c. Photoshop
d. Paint
e. Macromedia Flash
b. Microsoft Word
c. Photoshop
d. Paint
e. Macromedia Flash
3. Pada tahap pembuatan animmasi terdapat 2 tahapan yaitu
a. Konvensional, dan Digital
b. Tradisional, dan Modern
c. Kovensional, dan Modern
d. radisional, dan Digial
e. Konvensional, dan Manual
b. Tradisional, dan Modern
c. Kovensional, dan Modern
d. radisional, dan Digial
e. Konvensional, dan Manual
4. Teknologii yang menghasilkan film animasi yang gambarnya benar-benar hidup dan bernuansa 3D tak sekedar datar adalah definisi dari
a. C D I
b. G C I
c. C G I
d. I D G
e. CDR
b. G C I
c. C G I
d. I D G
e. CDR
5 Suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, yang mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan di sebut
a.. Ilmu Estetik
b. Ilmu Estetika
c. Ilmu Etika
d. Ilmu Tetika
e. Ilmu Estatika
b. Ilmu Estetika
c. Ilmu Etika
d. Ilmu Tetika
e. Ilmu Estatika
6. Ini merupakan film animasi panjang pertama yang menggunakan 100% animasi computer yakni
a. Toy Story
b. A Bugs Life
c. Monster Inc
d. Super Hero
e. Spiderman
b. A Bugs Life
c. Monster Inc
d. Super Hero
e. Spiderman
7. Berikut ini industri yang menggunakan storyboard dalam proses produksinya kecuali...
a.Animasi
b.Advertising
c.Buku pelajaran
d. Teater
e.Komik
a.Animasi
b.Advertising
c.Buku pelajaran
d. Teater
e.Komik
8. Pengertian storyboard secara global adalah...
a. Merevisi ide-ide awal
b. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera
c. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum
d. Memberikan tata letak kartun film dari adegan
e. Mempelajari skrip dengan baik
9.Storyboard menjadi populer dalam produksi film live action sejak awal tahun
a.1940
b.1950
c.1960
d.1998
e. 1945
10. Pada umumnya nilai aspect ratio yang digunakan para pembuat film dalam pembuatan film yang bersifat pribadi,komedi,drama film animasi adalah...
a. 2,35:1
b. 1,85:1
c. 1,78:1
d. 1,66:1
e. 1,33:1
11. Estetika berasal dari kata Yunani yakni aesthesis yang artinya
a. Perasaan, selera, perasaan atau taste
b. Perasaan berseni
c. Keindahan
d. Keyakinan
e. Berperasaan
12. Yang merupakan pengertian dari story board adalah
a. Penjabaran tentang kebutuhan yang di perliukan dalam produksi
b. Daftar gambar dari setiap adegan yang dihasilkan dalam bentuk sketsa atau gambar
c. Pementukan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan
d. Hal-hal yang berhubungan dengan data dn informasi keseluruhan produksi dari awal hingga akhir produksi
e. Datar table yang di tandai dengan warna pada setiap keiatan yang dilakukan
13. Yang tidak termasuk software animasi adalah
a. Forge 3D
b. 3Ds Max
c. Frame
d. Maya
e. Word
14. Proes akhir dari keseluruhn prses animasi computer di sebut
a. Composite
b. Editing
c. Rendering
d. Camera Shooting
e. Layout
15. Animasi 2D atau biasa di sebut
a. Sinetron
b. Kartun
c. Teater
d. Komedi
e. Horor
16. sebuah gerakan objek maupun teks yang di atur sedemikian rupa sehingga kelihatan hidup adalah
a. Properties
b. Action Script
c. Frame
d. Timeline
e. Animation
17. Unntuk membuat animasi pergerakan objek, Biasanya dengan tahapan
a. Klik kanan > Tween > Create Motion
b. Klik kanan > Motion tween > Create animation
c. Klik kanan > Inset frame > Create animation
d. Klik kanan > Create motion tween
e. Klik kanan > Create animation tween
18. Gerakan animasi yang dapat diterapkan dalam motio tween adalah sbb
A. Skala
b. Posisi
c. Rotasi
d. Warna
e. Transparasi
19. Simbol yang berfungsi sebagai dasar untuk membuat objek dapet beranimasi di sebut
A.Button
b. Movie clip
c. Graphic
d. Library
e. Frame
20. File Flash yang dapat langsung di jalankan tanpa harus membuka program flash adlaha file yang berekstensi
a. .exe
b. .fl
c. .swf
d. .gif
e. .html
21. Merupakan teknik animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap adlah
A. Animasi Pasir
b. Hand draw Animation
c. Animasi Gambar
d. ANimasi Cut out
e. Animasi clay
22. Bagian judul adalah komponen penysusun
a. Movie maker
b. Animasi
c. Storyboard
d. Frame
e. Audio
23. Prinsip dalam penyusunan storyboard adalah, kecuali
a. Pesan visual harus kreatif
b. Editing
c. Komunikatif
d. Efisien dan efektif
e. Indah dan estetik
24. Aplikasi yang digunakan untuk membuat stop motion, kecualiadalah
a. Movie Maker
b. Video pad
c. Flash Player
d. Photo Story
e. Format Factory
25. Di bawah ini adalah yang bukan komponen komponen storyboard adalah
a. Bentuk adegan potongan potongan gmbar sketsa
b Bentuk alur untuk memperjelas gambar sketsa
c. Bentuk dramatisasi
d. bentuk Visualisasi
e. bentuk isi cerita
26. Penggunaan storyboard dalam pembuatan stop motion adalah
a. Membingungkan pembuat
b. Mempercepat proses produksi
c. Memperlambat proses produksi
d. Mempermudah proses produksi
e. Mempersulit Proses produksi
27. Ide Cerita dalam pembuatan stop motion berguna untuk
A. Mengethui cara pembuatan stop motion
b. Mengetahui peasn yang disampaikan
c. mengethui ekspresi pembuat
d. mengetahui biaya produksi
e. Mengetahui proses produksi
28. Berikut contoh di bawah ini yng merupakan animasi 2D adalah
a. Final fantasy
b. Scoobydoo, Doraemon, Brother Bear
c. Pink Panther, Final Fantasy, Tom and Jerry
d. Scoobydoo, Monster Inc, Finding Nemo
e. Brother bear, Tom and Jerry
29. Animasi yang di hasilkan dari pengambilan gambar berupa obyekyang di gerakkan setahap demi setahap adalaha pengertian dari animasi
A. Animasi tradisional
b. Animasi computer
c. Stop motion
d. Wayang
e. Puppet
30. Teknik animasi stopmotion pertama kali di temukan oleh start Blakton pada tahun 1906. Teknik animasi stop motion ini paling sering di gunakn dlam visual effect untuk film di era
a. Tahun 40-50an
b. Tahun 50-60an
c. Tahun 60-70an
d. tahun 70-80an
e. Tahun 90an sampai sekkarang
31. Teknik pengambilan gambar dengan mengambil sebagian object tertentu adalah teknik
a. ECU
b. Close Up
c. Medium long Shoot
d. Long Shoot
e. Over Shoulder
32. Salah satu software animasi 2D yang merupakann keluaran Adobe adalah
A. Dreamweaver
b. Flash
c. Photoshop
d. premiere
e. Illustrator
33. Dua macam format yang di gunakan dalam membuat storyboard adalah
a. gambar tangan dan digital Image
b. Gambar hidup dan mati
c. Nyata dan Rekayasa
d. Bercerita dan Bersuara
e. Kotak dan Persegi panjang
34. FFAI adalah singkatan dari
a. Festival Film Anime Indonesia
b. Festival Film Animasi Inggris
c. Festival Font Animasi Indonesia
d. Festival Film Animasi Indonesia
e. Film Festival Animasi Indonesia
35.Pengertian storyboard secara global adalah...
a. Merevisi ide-ide awal
b. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera
c. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum
d. Memberikan tata letak kartun film dari adegan
e. Mempelajari skrip dengan baik