Supaya perangkat keras komputer dapat bekerja dengan baik maka diperlukan

tirto.id - Jaringan komputer adalah adalah keterkaitan komunikasi antara satu komputer satu dengan yang lain untuk melakukan berbagai pekerjaan.

Jaringan komputer telah memudahkan pekerjaan yang berkaitan dengan sistem informasi dan komunikasi. Salah satu contoh, beberapa perangkat komputer yang bergabung dalam sebuah jaringan dapat saling berbagi data, hingga bisa memakai perangkat tambahan seperti printer bersama-sama. Proses transfer perintah data dilakukan melalui kabel atau nirkabel.

Dilansir dari Sumber Belajar Kemdikbud, pengertian jaringan komputer adalah kumpulan komputer, printer, dan piranti lainnya yang saling terhubung sebagai satu kesatuan. Data dan informasi akan bergerak melalui kabel atau nirkabel yang bisa diakses pada masing-masing komputer. Selama berada dalam jaringan, setiap komputer dapat menggunakan hardware (perangkat keras) atau software (perangkat lunak) secara serentak.

Setiap komputer, printer, atau perifal yang terhubung di jaringan dinamakan node. Jumlah node yang bisa ditambahkan mulai dari beberapa saja sampai jutaan node.

Jaringan komputer memiliki dua tipe yaitu jaringan client server dan jaringan peer to peer. Jaringan client server yaitu komputer yang terdiri dari server dan client. Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas untuk komputer-komputer lain dalam jaringan, lalu client adalah komputer-komputer yang menerima dan memakai fasilitas dari server.

Sementara peer to peer adalah jaringan komputer dengan server yang bisa sekaligus berperan menjadi worstation. Server dalam jaringan ini tidak murni seperti pada tipe client server.

Perangkat Lunak dan Perangkat Keras Jaringan Komputer

Sebuah jaringan komputer memiliki dua komponen perangkat yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras dalam komputer adalah segala jenis piranti yang dapat dilihat secara fisik. Contohnya seperti hardisk, motherboard, RAM, CPU. Sedangkan perangkat lunak adalah sistem kode yang digunakan untuk memberikan instruksi kepada perangkat lunak untuk bekerja.

Perangkat lunak dan perangkat keras mutlak disediakan agar tiap komputer dapat saling dihubungkan. Ragam jenis dari masing-masing perangkat yang diperlukan dalam jaringan komputer yaitu:

1. Perangkat keras

a. Server

Server adalah komputer yang disediakan sebagai jantung jaringan yang bertugas mengontrol komunikasi dan informasi di antara node yang ada.

b. Client

Client merupakan komputer-komputer yang nantinya akan menerima atau menggunakan fitur dari komputer server.

c. Network Interface Cards (NIC) atau kartu jaringan.

NIC adalah perangkat yang menyediakan sarana penghubung di antara komputer pada sebuah jaringan. Dengan NIC, komputer-komputer dalam jaringan memungkinkan untuk saling melakukan komunikasi.

d. Kabel dan konektor.

Fungsi kabel dan konektor sebagai penghubung. Kabel atau konektor ini bisa berupa BNC connector, twisted pair ethernet, konektor RJ-11 atau RJ-45, dan router,

2. Perangkat lunak

Dalam jaringan komputer, perangkat lunak yang diperlukan minimal ada dua yaitu:

a. Sistem operasi

Perangkat lunak ini menjadi syarat wajib agar sebuah komputer dapat beroperasi. Hampir semua jenis sistem operasi masa kini telah mampu dipakai untuk untuk membangun jaringan komputer. Contoh sistem operasi adalah Microsoft, Linux, dan Novell.

b. Driver

Driver merupakan program komputer kecil yang dipakai sebagai jembatan antara hardware yang dipasang pada komputer dengan sistem operasi yang dipakai. Misalnya saat komputer dipasang NIC dan komputer tidak mengenalinya, maka diperlukan software driver dengan menginstalnya.

Baca juga:
  • Apa Saja Macam-Macam Jaringan Komputer dan Topologinya?
  • Apa Saja Jenis Virus Komputer, Cara Deteksi dan Membasminya?
  • Pengertian Sistem Jaringan Komputer, Perangkat, dan Manfaatnya

Baca juga artikel terkait KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - ica/agu)


Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Agung DH
Kontributor: Ilham Choirul Anwar

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang saling terhubung.

Video

Advertising