Surah apa dalam Alquran yang menjelaskan bahwa Allah itu Maha Esa atau Ahad?

Al Ahad artinya adalah Allah Yang Maha Esa, tak memiliki bandingan, tidak tertandingi, dan tak terbagi. Al Ahad adalah Zat yang dulu, sekarang, dan nanti akan tetap sendirian. Tidak ada seorang pun yang dapat menyamai Dirinya dan semua sifat-Nya yang indah.

Al Ahad menjadi penegasan bahwa Allah adalah tunggal dan tidak ada Tuhan selain diri-Nya yang pantas disembah. Selain itu, sifat tersebut dapat diartikan bahwa Allah SWT melakukan penciptaan makhluknya tanpa bantuan dan hanya seorang diri. 

Al Ahad merupakan salah satu dari Asmaul Husna, yakni nama-nama Allah yang baik lagi indah dan berjumlah 99. Al Hamid juga menjadi salah satu Asmaul Husna yang wajib diketahui oleh umat muslim.

Disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa orang yang hafal Asmaul Husna akan dijamin masuk surga. Allah juga akan memberikan balasan yang baik bagi tiap hamba-Nya yang menyertakan asmaul husna dalam setiap doanya.

Untuk memahami asmaul husna Al Ahad lebih dalam, berikut ini penjelasan arti, makna, dalil beserta keutamaan dalam mengamalkannya.

Artikel terkait: Memaknai dan Meneladani Asmaul Husna Al Karim Artinya Yang Maha Mulia

Asmaul Husna Al Ahad Artinya Yang Esa dan Tak Tertandingi

Akar kata a-h-d dalam bahasa Arab Klasik diartikan sebagai yang satu menjadi satu-satunya, satu saja, satu-satunya untuk bersatu, menyatukan.

Al Ahad artinya memiliki makna bahwa Allah SWT Maha Esa dalam berbagai hal. Artinya, tidak ada makhluk yang memiliki sifat seperti Allah SWT karena ia Maha Esa atau disebut pula Yang Maha Tunggal.

Tidak hanya pada Asmaul Husna, Al Ahad juga disebut dalam firman Allah SWT yakni surat Al Ikhlas. Surat tersebut menjadi bagian firman yang mulia karena di dalamnya terdapat penjelasan khusus mengenai keesaan Allah SWT.

Al Ahad dalam surat Al-Ikhlas menjelaskan bahwa Allah SWT tidak beranak dan diperanakkan, seperti yang berbunyi sebagai berikut: 

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ

يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

“Katakanlah, “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allâh adalah Rabb yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.” (QS. Al-Ikhlash: 1-4)

Al Ahad juga menerangkan bahwa tidak ada yang setara dengan Allah. Salah satu bagian dari Asmaul Husna tersebut dapat menjadi refleksi umat Islam untuk melihat kembali makna Allah Yang Maha Esa.

Artikel terkait: Cara Mengimani Asmaul Husna Al Mughni Artinya Yang Maha Pemberi Kekayaan

Keutamaan Membaca Asmaul Husna Al Ahad

Mengutip buku Khasiat dan Fadilah Asmaul Husna, siapa saja yang mau memperbanyak dzikir kepada Allah dengan kalimat Ya Ahad, niscaya ia menjadi orang yang qona’ah tidak akan jadi orang yang serakah terhadap dunia. 

Adapun, keutamaan Asmaul Husna lainya dalam dzikir, di antaranya:

Terhindar dari Kesusahan

Dalam hidup, manusia terkadang mengalami kesusahan dan ada orang yang hidupnya dipenuhi masalah dari merasa ketenangan dan kebahagiaan. Dianjurkan untuk membaca Ya Ahad Ya Wahid 1,000 kali ketika dalam kesusahan, niscaya mereka akan mendapat jalan keluar.

Artikel Terkait: Mengupas Dalil dan Keutamaan Al Barr Artinya Yang Maha Berderma

Mendapat Anak

Ada anjuran, jika ingin dikaruniai anak, maka bacalah Ya Wahid ul Ahad sebanyak 190 kali selepas salat fardu selama sebulan. Hendaklah juga berpuasa hari Senin dan Kamis dalam bulan itu.

Menghindari Kekeliruan

Baca Ya Wahid ul Ahad di tempat asing dan sunyi, niscaya Anda akan bebas dari kebingungan dan ketakutan.

Mengetahui Rahasia yang Tersimpan

Bacalah kalimat Ya Wahid ul Ahad sebanyak 1.000 kali sehari di tempat sunyi, niscaya pintu perkara-perkara gaib akan dibukakan untuk anda.

Artikel Terkait: Asmaul Husna Al Hamid Artinya Satu-Satunya yang Maha Terpuji, Inilah Dalil dan Kisah Teladannya

Doa Dikabulkan

Jika membaca Ya Wahid ul Ahad sebanyak 11 kali sebelum keluar rumah, maka Allah SWT akan mengabulkan permintaan Anda

Melawan Racun

Bacalah kalimat Ya Wahid ul Ahad sebanyak  101 kali dan hembus kepada orang yang terkena gigitan binatang berbisa, niscaya ia akan selamat.

Dalil Tentang Asmaul Husna Al Ahad

Nama Allah Al Ahad atau Al Wahid memiliki arti yang sama, yaitu Yang Maha Esa dan Tak Tertandingi. Nama Allah ini banyak disebutkan dalam ayat al-Qur-an, di antaranya dalam ayat-ayat berikut ini:

Surah Al-Baqarah Ayat 163

وَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ

“Dan ilahmu adalah ilah Yang Maha Esa; tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi melainkan Dia Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 163)

Artikel terkait: Ketahui Makna An Nafi dalam Asma’ul Husna, Teladani dengan Cara Ini

Surah Yusuh Ayat 39

 أَأَرْبَابٌ مُتَفَرِّقُونَ خَيْرٌ أَمِ اللَّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ

“Manakah yang baik, tuhan-tuhan yang bermacam-macam itu ataukah Allâh Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa?” (QS. Yusuf: 39)

Surah Shad Ayat 65

 قُلْ إِنَّمَا أَنَا مُنْذِرٌ ۖ وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّا اللَّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ

Dan sekali-kali tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi selain Allâh Yang Maha Esa dan Maha Mengalahkan.” (QS. Shad: 65)

Surah Ar-Ra’d Ayat 16

 قُلِ اللَّهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَهُوَ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ

“Katakanlah, “Allâh adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Rabb Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa.” (QS. Ar-Ra’d: 16)

Surah Ash-Shaffat Ayat 4-5

إِنَّ إِلَٰهَكُمْ لَوَاحِدٌ﴿٤﴾رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَرَبُّ الْمَشَارِقِ

“Sesungguhnya ilahmu benar-benar Esa, Rabbnya langit dan bumi serta apa yang ada di antara keduanya dan Rabbnya tempat-tempat terbit matahari (QS. Ash-Shaffat: 4-5)

Allah SWT juga menggunakan nama Al Wahid ketika menjelaskan bahwa ke-Maha-Esaan-Nya adalah inti dakwah dan inti risalah semua Rasul. Berikut ini adalah dalil-dalil yang mengandung kalimat Al Wahid:

Artikel Terkait: Al Bashir Artinya Yang Maha Melihat, Ini Contohnya di Kehidupan

Surah Al-Anbiya Ayat 108

 قُلْ إِنَّمَا يُوحَىٰ إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

“Katakanlah, “Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku adalah, ‘Bahwasanya ilahmu adalah Ilah Yang Esa, maka hendaklah kamu berserah diri (kepada-Nya).” (QS. Al-Anbiya: 108)

Surah Fushshilat Ayat 6

 قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَىٰ إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَاسْتَقِيمُوا إِلَيْهِ وَاسْتَغْفِرُوهُ ۗ وَوَيْلٌ لِلْمُشْرِكِينَ

“Katakanlah, “Bahwasanya aku hanyalah seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Ilah kamu adalah Ilah yang Maha Esa, maka tetaplah pada jalan yang lurus menuju kepada-Nya dan mohonlah ampun kepada-Nya. Dan kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya.” (QS. Fushshilat: 6)

Surah Al-Hajj Ayat 34

 فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

“Maka Sesembahanmu ialah Sesembahan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al-Hajj: 34)

Artikel Terkait: Asmaul Husna Al Hayyu Artinya Yang Maha Hidup, Ini Dalil dan Keutamaannya

Surah Al-Anbiya Ayat 108

 قُلْ إِنَّمَا يُوحَىٰ إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

“Katakanlah, “Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku adalah, “Bahwasanya Ilahmu adalah Ilah Yang Esa, maka hendaklah kamu berserah diri (kepada-Nya). (QS. Al-Anbiya: 108)

Surah Al-Ankabu Ayat 46

 وَإِلَٰهُنَا وَإِلَٰهُكُمْ وَاحِدٌ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ

“Dan Ilah kami dan Ilahmu adalah satu; dan kami hanya berserah diri kepada-Nya.” (QS. Al-Ankabut: 46).

Itulah penjelasan tentang asmaul husna Al Ahad yang artinya Yang Maha Esa, beserta dalil dan keutamaan dalam mengamalkannya. Semoga penjelasan tersebut menjadi manfaat bagi siapa pun yang membacanya ya, Parents!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Al Hasib Artinya Yang Maha Mencukupi, Ini Dalil dan Cara Memaknainya

Dalil dan Cara Meneladani Al Qayyum yang Artinya Maha Berdiri Sendiri

Al Jabbar Artinya Yang Maha Perkasa, Ini Cara Meneladaninya

Cara Mengimani Salah Satu Nama Allah Al Mumit yang Artinya Maha Mematikan

Asmaul Husna Al Baqi Artinya Yang Maha Kekal Abadi: Inilah Dalil dan Kisah Teladannya

Al Muhaimin Artinya Maha Memelihara dan Mengawasi: Ini Dalil Serta Keutamaan Mengimaninya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.