Tanggung jawab sebagai warga negara dapat dilakukan dengan melakukan titik-titik dan titik-titik

Kunci jawaban tema 6 kelas 6 SD MI halaman 87. Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. /Tangkapan Layar buku.kemdikbud.go.id./Buku kelas 6 SD MI Tema 6

KabarLumajang.com - Simak referensi kunci jawaban tema 6 kelas 6 SD MI halaman 87.

Ayo berdiskusi. Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memahami apa saja contoh tanggung jawab tersebut, adik-adik dapat membaca pada halaman sebelumnya yakni bacaan "Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara".

Baca Juga: Gagasan Utama dan Informasi Penting Paragraf 3 'Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab' Tema 6 Kelas 6 SD MI

Adik-adik dapat menandai bacaan dan menuliskannya pada kolom yang tersedia mulai dari 1 hingga 6.

>

Materi kunci jawaban kali ini pada buku tematik "Menuju Masyarakat Sejahtera" edisi revisi 2018, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.

Subtema 3 berjudul "Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat" pembelajaran 1.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD MI Halaman 84, 86, 87, 88 dan 89 Subtema 3 Pembelajaran 1

Artikel kunci jawaban ini kiranya menjadi salah satu referensi dalam membantu adik-adik untuk mengerjakan tugas.

Ilustrasi kunci Jawaban kelas 6 SD dan MI Tema 6 subtema 2 halaman 101 dan 102. /Buku Tematik kelas 6 SD dan MI tema 6/buku.kemendikbud.go.id

PortalJember.com - Menuju Masyarakat Sejahtera adalah judul dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 kelas 6 SD dan MI Tema 6. Dalam artikel ini, kita akan membahas kunci jawaban halaman 102 Tema 6 Subtema 3 "Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat".

Sebelum membaca kunci jawaban, sebaiknya adik-adik berusaha untuk menjawabnya sendiri terlebih dahulu. Karena, kunci jawaban ini hanyalah sebagai alternatif adik-adik untuk bisa menjawab dan mengisi soal-soal yang ada di buku. Selain itu, kunci jawaban ini dapat dijadikan panduan dan pembanding bagi orang tua untuk memeriksa jawaban anaknya.

Dikutip PortalJember.com dari alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember, Anismoro Nalendri Lesthianingrum S.Pd, berikut adalah kunci jawaban Buku Tematik kelas 6 SD dan MI Tema 6 Subtema 3 halaman 102.

Baca Juga: Apakah Tujuan Pembuatan dan Pemasangan Reklame? Kunci Jawban Tema 6 Kelas 6 SD dan MI Halaman 93

Kunci Jawaban Kelas 6 SD dan MI Tema 6 halaman 102
Ayo Berdiskusi

>

Diskusikan bersama kelompokmu tentang dampak pelaksanaan tanggungjawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan secara rinci tentang pelaksanaan tanggung jawab dan dampak yang ditimbulkan pada tabel berikut!

1. Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara: Melaksanakan kewajiban membayar pajak
Dampak yang ditimbulkan: Berlangsungnya pembangunan bangsa.

2. Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara: Saling membina kerukunan antar warga, pemeluk agama, suku, ras dan budaya.
Dampak yang ditimbulkan: Terciptanya kehifupan masyarakat yang aman, daman dan tentram sehingga negara semakin sejahtera.

Baca Juga: Tuliskan Gagasan Utama pada Setiap Paragraf! Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD MI Halaman 60, 61 Subtema 2

Sumber: buku.kemendikbud.go.id

Mengenal Tanggung Jawab, Hak, dan Kewajiban Warga Negara Indonesia, Simak Selengkapnya dalam Artikel ini.

TRIBUNNEWS.COM - Tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain.

Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Dikutip dari Buku Tematik Siswa SD/MI Kelas V Tema 6 Berjudul Panas dan Perpindahannya Halaman 60 (2017) oleh Diana Puspa, pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara harus sesuai dengan Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Baca juga: Mengenal 5 Hierarki Kebutuhan Menurut Abraham Maslow, Kebutuhan Fisiologis hingga Aktualisasi Diri

Baca juga: Mengenal Apa Itu Siklon Tropis: Syarat Terbentuk hingga Musim Siklon di Sekitar Indonesia

Semarang Ontel Community (SOC) menggelar upacara kemerdekaan RI ke 74 di Bundaran Tugu Muda Kota Semarang, Sabtu (17/08). Dalam upacara ini semua peserta wajib mengenakan pakaian pejuang. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Lalu, apa saja tanggung jawab warga negara Indonesia?

Tanggung Jawab Warga Negara Indonesia

1. Warga Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila pancasila.

2. Warga Indonesia bertanggung jawan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.

Sementara itu, sebagai seorang siswa juga memiliki tanggung jawab.

Salah satunya dengan menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh negara sesuai peran sebagai seorang siswa.

Siswa belajar dari rumah didampingi orangtua, Selasa (31/3/2020). Mengerjakan tugas sekolah adalah contoh kewajiban atau tanggung jawab sebagai siswa.

TRIBUNNEWS.COM - Simak penjelasan mengenai pengertian tanggung jawab sebagai warga negara dan contohnya di artikel ini.

Setiap warga negara memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

Misalnya, sebagai warga negara kita harus memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab memiliki arti keadaan wajib menanggung segala sesuatu.

Termasuk, setiap warga negara yang mempunyai tanggung jawab.

Baca juga: Sejarah dan Makna Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, Lengkap dengan Isi Teks Proklamasi

Berdasarkan Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD, tanggung jawab warga terhadap negaranya dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

Pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara harus sesuai Undang-Undang dasar Negara Repulik Indonesia Tahun 1945.

Lantas, apa itu tanggung jawab sebagai warga masyarakat?

Christabel, siswa SDK Penabur, Duren Sawit, mengerjakan tugas sekolah di rumahnya di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (27/3/2020). Mengerjakan tugas sekolah adalah contoh tanggung jawab sebagai siswa. (Warta Kota/Alex Suban)

Pengertian dan Contoh Tanggung Jawab sebagai Warga Negara

Dikutip dari Kids.grid.id, tanggung jawab sebagai warga masyarakat adalah sadar akan tingkah laku dalam kehidupan bermasyakarat.

ilustrasi melakukan kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara. Foto: dok. https://unsplash.com/

Kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara merupakan dua hal penting yang perlu diperhatikan dan perlu dijalankan setiap warga negara. Untuk dapat menjalankannya berikut ini adalah contoh kewajiban dan tanggung jawab yang perlu dilakukan setiap warga negara terhadap negara.

Contoh Kewajiban dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara tentu memiliki hak, kewajiban dan tanggung jawab yang perlu dipenuhi oleh setiap warga negara. Menjalankan kewajiban dan tanggung jawab sebagai negara perlu dilakukan agar kehidupan berwarga negara dapat berjalan dengan semestinya.

Hal tersebut seperti yang dituliskan dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan yang disusun oleh Drs. Abdul Latief, S.Pd., M.Pd., Dr. Ahmad Al Yakin, S.Ag., M.Pd., Herlina Ahmad, S.Pd., M.Pd. (2019:63) yang menyebutkan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban terhadap negaranya dan begitu pula sebaliknya, negara memiliki kewajiban untuk melindungi warga negaranya.

Tentunya terdapat beragam kewajiban dan tanggung jawab yang perlu dijalankan setiap warga negara. Misalnya saja tanggung jawab sebagai warga negara. Sebagaimana yang dipaparkan dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan yang ditulis oleh Aim Abdulkarim (2007: 38) yang menjelaskan setiap warga negara dan organisasi politik memiliki tanggung jawab menciptakan kelancaran pelaksanaan demokrasi.

ilustrasi menjalankan kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara. Foto: dok. https://unsplash.com/

Lebih jelas lagi, dalam buku tersebut juga dipaparkan bahwa hal tersebut menjadi tanggung jawab warga negara Indonesia untuk menjaga kelancaran pelaksanaan demokrasi dalam negara. Selain itu terdapat beberapa tanggung jawab sebagai warga negara dalam pelaksanaan demokrasi pancasila antara lain:

  • Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab terhadap pelaksanaan sistem Demokrasi Pancasila

  • Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pemilihan umum secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

  • Setiap warga negara Indonesia bertanggung jawab atas usaha pembelaan negara

  • Bertanggung jawab atas pelaksanaan hak-hak asasi manusia, mempertahankan, dan mengisi Kemerdekaan Indonesia.

Selain menjalankan tanggung jawab, setiap warga negara juga perlu menjalankan kewajiban. Contoh kewajiban warga negara tertulis dalam buku Ilmu Hukum Tata Negara yang ditulis oleh Dr. Bambang Suparno, SH., M.Hum (2018:50) yang menyebutkan terdapat beberapa contoh kewajiban warga negara terhadap negara antara lain:

  • Setiap warga negara berkewajiban membela dan mempertahankan kedaulatan negara

  • Setiap warga negara berkewajiban membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah

  • Setiap warga negara berkewajiban menaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum, dan pemerintahan tanpa terkecuali

  • Setiap warga negara berkewajiban menaati semua hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia

  • Setiap warga negara berkewajiban turut serta dalam pembangunan bangsa agar negara dapat maju dan berkembanh dengan lebih baik

Dengan mengetahui betapa pentingnya menjalankan kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara, dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap perilaku dan sikap yang perlu kita ambil dalam keseharian kita. Semoga bermanfaat. (DAP)