Teknik dasar pengolahan pangan dibedakan menjadi 2 yaitu teknik pengolahan makanan

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

Sabtu, 18 September 2021 10:31

lihat foto

bukalapak.com

Ilustrasi Teknik Dasar Pengolahan Bahan Pangan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pengolahan makanan adalah kumpulan metode dan teknik yang digunakan untuk mengubah bahan mentah menjadi makanan atau mengubah makanan menjadi bentuk lain untuk konsumsi oleh manusia atau hewan di rumah atau oleh industri pengolahan makanan.

Dilansir dari wikipedia pengolahan makanan membutuhkan hasil pertanian yang bersih dan telah panen atau produk hewan yang disembelih dan menggunakannya untuk memproduksi produk makanan menarik, dapat dipasarkan, dan tahan lama.

Proses yang sama digunakan untuk membuat pakan hewan. Contoh ekstrem pengolahan makanan meliputi penyiapan daging ikan fugu dan produksi makanan untuk konsumsi dalam kondisi gravitasi mikro.

Pengolahan makanan mencakup banyak bentuk pemrosesan makanan, mulai dari menggiling biji-bijian hingga membuat tepung mentah hingga masakan rumah hingga metode industri kompleks yang digunakan untuk membuat makanan praktis.

• PENGERTIAN Buah Segar dan Buah Klimaterik, Ini Contoh Buah Subtropis

Beberapa metode pengolahan makanan memainkan peran penting dalam mengurangi limbah makanan dan meningkatkan pengawetan makanan, sehingga mengurangi dampak lingkungan total dari pertanian dan meningkatkan ketahanan pangan.

Metode Pengolahan Makanan yaitu:

  • Menghilangkan lapisan luar yang tidak diinginkan, seperti mengupas kentang atau peach.
  • Memotong atau mengupas, contohnya wortel.
  • Pembagian dan pelunakan
  • Pemerasan, seperti untuk membuat jus buah
  • Fermentasi contohnya di pembuatan bir
  • Emulsifikasi
  • Pemasakan, seperti perebusan, pendidihan, penggorengan, pengukusan atau pemanggangan
  • Penggorengan lama
  • Pemanggangan
  • Pencampuran
  • Menambah gas seperti pengembang untuk roti atau gasifikasi minuman ringan
  • Peragian
  • Pengeringan semprot
  • Pasteurisasi
  • Pengepakan

Teknik Pengolahan Makanan

Teknik dasar pengolahan makanan adalah mengolah bahan makanan dengan berbagai macam teknik atau cara.

Adapun teknik dasar pengolahan makanan dibedakan menjadi 2 yaitu, teknik pengolahan makanan panas basah ( moist heat ) dan teknik pengolahan panas kering ( dry heat cooking ).

 1. Teknik Pengolahan Makanan Panas Basah ( Moist Heat )

Jawaban:

Teknik pengolahan makanan adalah teknik mengubah suatu bahan setengah jadi menjadi bahan jadi. Teknik pengolahan makanan bertujuan agar bahan setengah jadi dapat dikonsumsi. Terdapat dua teknik yaitu, teknik pengolahan makanan panas basah (moist heat) dan teknik pengolahan panas kering (dry heat cooking).

penjelasan :

1. Teknik Pengolahan makanan panas basah (moist heat)

Teknik pengolahan panas basah adalah pengolahan bahan makanan dengan berbahan cairan sebagai pematang.

-Teknik Merebus (Boiling)

Merebus adalah mengolah bahan makanan dengan cairan yang sudah mendidih. Cairan yang dapat digunakan yaitu air, kaldu, dan susu.

Teknik merebus menutup bahan pangan (poaching)

Poaching adalah teknik memasak makanan dalam bahan cair sebatas menutupi bahan pangan dengan api dibawah titik didih 92°-96°C. Makanan yang diolah berupa makanan lunak dan dapat lebih cepat pengolahannya yaitu buah, sayuran, telur dan ikan.

Teknik merebus dengan sedikit cairan (braising)

Merebus dengan sedikit cairan adalah merebus dengan cakupan cairan yang digunakan setengah dari bahan makanan, dalam sebuah panci tertutp dan api dikecilkan. Berfungsi agar aroma makanan keluar lebih menyatu dan lebih lunak.

-Teknik menyetup/menggulai (stewing)

Menyetup merupakan mengolah bahan makan dengan terlebih dahulu ditumis, dan dilajutkan direbus dengan sedikit cairan ertujuan agar aroma yang keluar bersatu padu dengan makanan.

Teknik mengukus (steaming)

Mengukus adalah memasak makanan dengan uap air mendidih. Sebelum mengukus, alat pengukus yang sudah berisi air harus dipanaskan terlebih dahulu hingga mengeluarkan uap. Makanan akan menjadi lebih lembut, serta tetap menjaga nilai gizi bahan makanan.

Teknik mendidihkan (simmering)

Mendidihkan merupakan memasak bahan makanan dengan saus atau bahan cair yang terlebih dahulu didihkan dengan api dikecilkan di bawah titik didih serta direbus dalam waktu lama. Biasanya untuk membuat kaldu untuk mengeluarkan ekstrak daging yang direbus.

Teknik mengetim

Mengetim adalah memasak bahan makanan pada dua panci berbeda, satu besar dan satu kecil. Biasanya untuk membuat cokelat.

2. Teknik Pengolahan makanan panas basah (dry heat cooking)

Teknik pengolahan panas kering adalah pengolahan bahan makanan tanpa penggunaan cairan.

Teknik menggoreng dengan minyak basah (deep frying)

Menggoreng dengan minyak basah berarti memasak bahan makanan dengan minyak banyak dan suhu yang tinggi, supaya makanan terasa crispy. Teknik ini digunakan pada buah, sayuran, daging dan unggas, juga ikan,

Teknik menggoreng dengan minyak sedikit (shallow frying)

Menggoreng dengan minyak sedikit merupakan proses menggoreng cepat dengan sedikit minyak dan hanya satu kali dibalik. Bahan makanan menjadi tidak terlalu matang, asam amino pada bahan makanan tetap, protein dan beberapa vitamin B sedikit menyusut.

Teknik menumis (sauteing)

Menumis adalah teknik mengolah bahan makanan dengan sedikit minyak dan diaduk cepat dalam waktu singkat. Cairan yang digunakan adalah saus, krim, dan lainnya. Biasanya bahan makanan diiris terlebih dahulu, sebelum ditumis.

Teknik memanggang (baking)

Memanggang merupakan teknik pengolahan melalui oven dengan panas dari segala arah dibantu minyak atau air.

Teknik membakar (grilling)

Membakar adalah teknik mengolah bahan makanan di atas lempengan besi panas secara langsung. Suhu yang digunakan sekitar 92°C. Biasanya diberikan sedikit minyak dalam pengolahan jenis ini..

2 teknik pengolahan pangan adalah

1. Teknik Pengolahan Makanan Panas Basah ( Moist Heat )

a. Teknik Boiling

b. Teknik Poaching

c. Teknik Braising

d. Teknik Stewing

e. Steaming

2. Teknik Pengolahan Panas Kering ( Dry Heat Cooking )

a. Deep frying

b. Shallow Frying

c. Roasting

d. Baking

e. Grilling

Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers...!!! Sekarang kita akan membahas teknik pengolahan pangan.  

Selamat belajar...!!!  

1. Pengertian Pengolahan Makanan

Pengolahan makanan adalah kumpulan dari teknik dan metode yang digunakan untuk merubah bahan mentah menjadi bentuk makanan.

2. Teknik Pengolahan Pagan

• Teknik atau Metode Pengolahan Makanan Panas Basah atau Moist Heat

a. Teknik Boiling

Boiling adalah mengolah bahan makanan di dalam cairan yang mendidih. Contoh bahan yang dapat diolah dengan teknik boiling : daging segar, daging awet, telur, pasta, sayuran, dan tulang.

b. Teknik Poaching

Poaching adalah teknik merebus bahan makanan dibawah titik didih dan dengan cairan yang terbatas jumlahnya. Contoh bahan yang dapat diolah dengan teknik poaching : daging, unggas, otak atau pankreas binatang, ikan, buah-buahan, dan sayur.

c. Teknik Braising

Teknik braising adalah teknik merebus bahan makanan dengan jumlah cairan setengah dari bahan yang akan direbus dalam panci tertutup dan dengan api kecil. Contoh bahan yang dapat diolah dengan teknik braising : Daging.

d. Teknik Stewing

Stewing atau menggulai adalah teknik mengolah bahan makanan dengan menumis bumbu terlebih dahulu, dan kemudian direbus dengan cairan bersama berbumbu dengan api sedang.

e. Steaming

Steaming atau teknik mengukus adalah memasak bahan makanan dengan uap air mendidih.

3. Teknik Pengolahan Panas Kering ( Dry Heat Cooking )

a. Deep frying

Deep frying adalah teknik mengolah makanan dengan proses menggoreng menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak.

b. Shallow Frying

Shallow frying adalah proses mengoreng yang dilakukan dengan cepat dalam minyak goreng yang sedikit. Makanan yang dimasak dengan cara ini, antara lain telur mata sapi, daging, ommelet scrambled eggs, serta unggas yang lunak dan dipotong tipis, onion chopped (bawang bombay cincang),daging, sayuran, dan bumbu.

c. Roasting

Roasting adalah teknik mengolah bahan makanan didalam oven untuk memanggang bahan makanan tersebut.

d. Baking

Baking adalah teknik pengolahan bahan makanan didalam oven dengan suhu panas dari semua arah. Penerapan teknik dasar baking dajpat dilakukan pada berbagai bahan makanan, diaantaranya kentang, roti, sponge, cake, biskuit, ikan, sayuran.

e. Grilling

Grilling adalah teknik mengolah makanan diatas lempengan besi panas (gridle) atau diatas pan dadar (teflon) yang diletakkan diatas perapian. Penerapan teknik dasar grilling dilakukan pada bahan : daging, daging cincang,ikan, dan ayam.

Pelajari Lebih Lanjut

1. Kajian tentang 10 macam buah yang dapat diolah menjadi makanan olahan bisa coba cek brainly.co.id/tugas/9238128

2. Kajian tentang ketersediaan pangan dan ketahanan pangan bisa coba cek brainly.co.id/tugas/13062489

3. Kajian tentang 5 contoh satwa harapan bisa coba cek brainly.co.id/tugas/22552890

Detail Jawaban

Kelas : 11

Mapel : Geografi

Bab 4 : Ketahan Pangan Nasional

Kode : 11.8.2004

Kata Kunci : Makanan, Bahan Makanan, Teknik Pengolahan.