Terdiri dari apa sajakah organ pernapasan manusia?



SEPUTARLAMPUNG.COM- Tuliskan pertanyaan dan jawaban sistem pernapasan manusia, serta organ apa saja yang terdapat di sistem pernapasan manusia. Berikut materi dan kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Tema 2 tentang sistem pernapasan pada manusia.

Selamat belajar kembali adik-adik, materi kali ini akan mempelajari cara kerja organ pernapasan pada setiap hewan yang sudah ada di Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Tema 2 halaman 16, 17, dan 18.

Materi yang dibahas yaitu mengenal organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan Paru-paru (alveolus).

Baca Juga:Mengenal Pakaian Adat Pepadun dari Lampung yang Dikenakan Presiden Jokowi Saat Upacara Kemerdekaan ke-76 RI

Sebelum mengerjakan soal yang terdapat pada halaman 16, 17, dan 18 Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Tema 2 tentang membuat sebuah pertanyaan dan jawaban mengenai Sistem Pernapasan pada Manusia, ada baiknya untuk memahami materi yang sudah diberikan pada artikel ini, sehingga saat mengerjakan soal yang sama adik-adik bisa dengan mudah dan tepat.

Apa Saja Sistem Organ Pernapasan Pada Manusia?

Manusia bernapas untuk memasukkan udara ke dalam tubuh. Udara mengandung oksigen. Oksigen dibutuhkan untuk mendapatkan energi dari makanan. Energi itu menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat penting pada tubuh.

Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru (alveolus).

1. Hidung

Udara masuk melalui lubang hidung ke dalam rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara. Selain disaring udara yang masuk dilembabkan oleh selaput hidung.

2. Faring

Faring merupakan persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang.

Baca Juga:Cair Sejak 13 Agustus 2021 untuk Siswa SD/Sederajat, Segera Cek Saldo Rekening KJP Plus! Ini Besaran Dananya

3. Laring

Laring atau tekak (jakun) terdapat di bagian belakang faring. Laring terdiri atas sembilan susunan tulang rawan berbentuk kotak.

4. Trakea (batang tenggorokan)

Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia yang akan bergerak dan mendorong keluar debu-debu dan bakteri yang masuk.

5. Bronkus

Bronkus merupakan percabangan dari trakea serta terdiri atas bronkus kiri dan bronkus kanan.

6. Bronkiolus

Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus.

Baca Juga:Sejarah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI Halaman 2 dan 3

7. Alveolus

Alveolus terdapat di dalam paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Alveolus dikelilingi kapiler-kapiler darah. Alveolus berbentuk seperti buah anggur.

Udara masuk ke dalam tubuh melalui lubang hidung, lalu masuk ke dalam batang tenggorokan. Batang tenggorokan adalah sebuah pipa mulai dari belakang hidung dan mulut, lalu turun ke paru-paru. Dari batang tenggorokan udara masuk ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru, oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus. Sebaliknya, gas karbon dioksida dari pembuluh darah masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya dibuang saat kita menghembuskan napas.

Pembahasan dari artikel ini dapat adik-adik jadikan referensi saat mengerjakan soal di halaman 16, 17, dan 18 Tema 2 kelas 5 SD dan MI tentang mengenal Sistem Organ Pernapasan Pada Manusia.

*) Disclaimer : Pembahasan dan kunci jawaban dalam artikel ini hanya merupakan panduan bagi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah. Untukpertanyaan yang bersifat terbuka, jawaban di atas tidak bersifat baku. Orang tua dan siswa bisa mengembangkan jawaban lain yang dirasa lebih relevan.***

Video