Tiga bentuk animasi yang terdapat pada adobe flash adalah

Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi ini flash menyimpan setiap objek pada masing-masing frame. Tweened animasi (membuat gerakan dan mengatur waktu sambil mengecilkan ukuran file)

Sejarah Macromedia Flash Macromedia Flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan para animator untuk menghasilkan animasi yang profesional. Diantara program-program animasi yang ada, M. Flash merupakan program yang paling fleksibel dalam pembuatan animasi, seperti : animasi interaktif, game, company profil, presentasi, Movie dan tampilan animasi lainnya.

Perusahaan Pengembang Flash Macromedia Corp (1996) perusahaan software yang berkonsentrasi di bidang animasi dan web. Adobe (akhir 2005)

Versi Perkembangan Flash Macromedia flash 1 Macromedia flash 2 Macromedia flash 3 Macromedia flash 4 Macromedia flash 5 Macromedia flash 6 (Flash MX, 15 maret 2002) Macromedia flash mx 2004 Macromedia flash 8 (adobe flash 8) Macromedia flash cs3

Kelebihan Flash Format Grafis Kapasitas File Interaktif Kemampuan Disain Keaneragaman (bentuk aplikasi yang dapat dibuat flash : game, kartun, halaman situs web, aplikasi mutimedia, web database, presentasi, banner, media promosi, Iklan, Video, Media pembelajaran) Integritas dengan aplikasi lain (flash dapat berkomunikasi dengan server melalui bahsa pemrograman web sperti ASP, PHP, JAVA SCRIPT, XML, CGI Script dll..Software berbasis datbase : MS. ACCess, MySQL, SQL Server, dll...

Interface Macromedia Flash

Istialah-istilah Dalam Macromedia Flash Stage = lembar kerja flash Tool-tool = Alat bantu untuk membuat objek pada lembar kerja Flash. Time Line = bagian lembar kerja untuk menampung layer Scene = layar yang digunakan untuk menyusun objek-objek, baik berupa teks atau gambar (slide dalam Power Point) Layer = tempat untuk menampung satu gerakan objek Frame = suatu bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pembuatan animasi Keyframe = suatu tanda yang digunakan untuk membatasi suatu gerakan animasi

Keunggulan M. Flash Dapat membuat tombol interaktif dengan sebuah movie atau objek yang lain Dapat membuat perubahan transparansi warna dalam movie Membuat perubahan animasi dari bentuk ke bentuk lain Dapat membuat animasi guide Dapat dikonversi beberapa tipe file swf, html, gif, jpg, png, exe, mov.

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Adobe manganPengembangAdobe Systems, sebelumnya MacromediaJenisRich Internet applicationSitus webwww.adobe.com/flashplatform/

Tiga bentuk animasi yang terdapat pada adobe flash adalah

Adobe Flash Player logo

Tiga bentuk animasi yang terdapat pada adobe flash adalah

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh suryadi cah besuki. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya

Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Untuk memahami keamanan Adobe Flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, berdasarkan beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan menyolok antara HTML dan JavaScript di mana di dalamnya terdapat banyak tools yang dapat diambil dari SWF termasuk ActionScript. Sehingga kode data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, semua kebutuhan data yang terdapat dalam SWF dapat diambil kembali melalui server. Keuntungan menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web yang standar adalah akan menjamin dan mengamankanpenyimpanan dan perpindahan data.

  • Flash/SWF Downloader
  • SWF Converter

Diperoleh dari "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Adobe_Flash&oldid=19363425"

Animasi dapat diartikan sebagai sekumpulan gambar berbentuk objek yang dapat bergerak disusun secara beraturan mengikuti arah alur pergerakan yang telah ditentukan. Animasi tersebut berupa gambar ataupun tulisan. Terdapat tiga jenis animasi yang bisa dibuat menggunakan Adobe Flash, yaitu : Frame by Frame, Motion tween, dan Shapes tween.

Tiga bentuk animasi yang terdapat pada adobe flash adalah


Adapun perbedaan dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut :
 

  • Animasi Frame by Frame : adalah animasi yang disusun berdasarkan perubahan objek pada tiap-tiap frame. Pada panel timeline ditandai dengan dot-dot hitam. Contoh pembuatan animasi perubahan abjad :
  1. Klik frame 1 layer1 -> buat objek pertama “A”.
  2. Klik kanan frame 2 layer1 -> Insert Keyframe.
  3. Hapus objek pertama “A” -> buat objek ke-2 “B”.
  4. Klik kanan frame 3 layer1 -> Insert Keyframe.
  5. Hapus objek ke-2 “B” -> buat objek ke-3 “C”.
  6. Lakukan hingga frame ke-10.
  7. Untuk menjalankan animasi tekan “Ctrl+Enter”.
  8. Selesai.
  • Animasi motion tween : adalah animasi yang digunakan untuk menggerakan sebuah objek dari satu posisi ke posisi yang lain, dengan batas-batas keyframe tertentu. Pada jendela timeline ditandai dua buah keyframe, sebuah anak panah, dan background berwarna biru. Contoh pembuatan animasi gerakan objek dari kiri kekanan sebagai berikut :
  1. Klik frame1 layer1 -> buat objek lingkaran dengan oval tool.
  2. Klik kanan frame 1 layer1 -> Create Motion Tween.
  3. Klik kanan frame 20 layer1 -> Insert Keyframe.
  4. Pindahkan objek lingkaran ke posisi lain (sebelah kanan).
  5. Untuk menjalankan animasi tekan “Ctrl+Enter”.
  6. Selesai.
  • Animasi Shape Tween : adalah animasi yang digunakan untuk mengubah objek dari satu bentuk ke bentuk lain atau merubah perwarnaan objek dari satu warna ke warna lain. Pada jendela timeline ditandai dua buah keyframe, sebuah anak panah, serta background berwarna hijau. Contoh pembuatan animasi perubahan objek lingkaran menjadi segiempat sebagai berikut :
  1. Klik frame 1 layer1 -> buat objek pertama.
  2. Klik kanan frame 20 layer1 -> Insert Keyframe.
  3. Klik frame antara 1-20 (misalnya frame 10).
  4. Buka panel property, lalu tentukan jenis animasi “Shape” pada bagian Tween.
  5. Terdapat perubahan pada panel timeline.
  6. Hapus objek lingkaran pada frame 20, lalu buat objek segiempat disebelah kanan.