Tuliskan 5 hal penting yang perlu diperhatikan selama melakukan transaksi online melalu internet!

Perkembangan teknologi kini sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dunia. Salah satu contoh positif yang sangat terlihat yakni traffic belanja online yang setiap hari tidak pernah sepi pembeli. Hal ini terlihat jelas dari semakin banyaknya bermunculan market place dan online shop setiap harinya. Mulai dari yang menjual jasa hingga jual barang semua dapat diakses melalu smartphone saja. Bahkan apa yang kita inginkan bisa dengan sekejap ada dihadapan tanpa harus pergi jauh untuk mendapatkannya. Hemat waktu, hemat tenaga sehingga lebih efektif dan efisien.

Namun kemudian masalah baru bermunculan yaitu perihal kepuasan pelanggan. Tidak sedikit oknum-oknum tidak bertanggung jawab ikut meramaikan kancah perbelanjaan online ini. Alih-alih menyediakan barang kualitas bagus dengan harga miring, ternyata konsumen malah dibuat kecewa, seperti barang yang sampai tidak sesuai ekspektasi, tidak sesuai gambar, barang rusak, selisih jumlah bahkan ada yang menghilang setelah konsumen melakukan pembayaran.

Saya pun termasuk salah satu pecinta belanja online, mulai dari beli buah-sayur hingga home appliances pun saya lakukan secara online. Hal-hal yang tidak mengenakan pun pernah saya alami, seperti respon yang lambat, admin tidak ramah, hingga barang tidak sesuai dengan pesanan.

Nah, untuk menghindari kerugian saat melakukan belanja online, berikut ini adalah 5 hal yang biasanya saya lakukan, yaitu:

 

1. PILIH SELLER TERPERCAYA, LIHAT RATING DAN TESTIMONI

Ada ribuan seller online shop yang menawarkan satu barang atau produk yang sama. Disini lah kita harus jeli dan teliti. Umumnya konsumen melakukan pencarian barang terlebih dahulu saat akan belanja online, lalu melakukan filter berdasarkan harga termurah untuk mendapatkan penawaran yang paling menarik. Kita perlu berhati-hati saat menentukan pilihan, jangan sampai terkecoh dengan perbandingan harga yang terlalu jauh antara seller satu dengan lainnya.

Agar lebih aman, setelah melakukan pencarian barang yang hendak dibeli, sebaiknya kita mencari seller yang credible dengan melihat review dan rating seller tersebut. Semakin tinggi rating, semakin banyak penjualan dan review semakin baik maka seller tersebut dapat kita pilih. Jika kita sudah mendapatkan beberapa seller terpercaya, barulah kita membandingkan harganya untuk mendapatkan harga paling miring.

Baca Juga : Macam-Macam Investasi Yang Menjanjikan

 

2. BACA DESKRIPSI PRODUK DENGAN TELITI

Saya pernah beberapa kali melakukan kesalahan saat belanja online yakni hanya melihat gambarnya saja tanpa membaca deskripsi produk, padahal banyak seller yang menggunakan gambar orang lain atau mengunduhnya di internet. Alhasil, barang yang sampai berbeda ukuran dengan yang saya cari. Totally, ini pure kesalahan saya dan tidak bisa komplen apalagi melakukan retur barang, mau gak mau harus order lagi.

Membaca deskripsi produk ini penting sekali, contohnya saat akan membeli produk elektronik, kita harus tau perlengkapan apa saja dalam box yang akan kita terima, fitur produk, juga  keunggulan produk elektronik tersebut. Contoh lainnya yaitu pada saat akan membeli tas, jam tangan, sepatu dan pakaian dan barang lain yang berkaitan dengan ukuran, pastikan ukurannya pas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membaca deskripsi produk yaitu bahan dan material, ukuran (berat dan panjang), cara pemakaian, bentuk dan warna, dan fitur lain sesuai dengan produk yang dicari.

Baca Juga : 5 Hal Ini Membuatmu Lebih Aktif Dan Produktif Bersama Casio My Style Colorful Calculator

 

3. PILIH METODE PEMBAYARAN YANG AMAN

Setelah mendapatkan seller yang terpercaya dan barang yang sesuai, saatnya melakukan pembayaran. Saat ini pembayaran online shop sudah banyak menyediakan fitur pembayaran yang bervareatif, seperti COD, transfer by teller, Mobile Banking, Internet Banking, Kartu Kredit, Cicilan 0%, dan lainnya. Kita bisa pilih metode mana yang menurutmu paling aman dan gak ribet.


Setelah kita melakukan transaksi pembayaran, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksinya ya dear, seperti slip transfer atau sreenshoot untuk pembayaran digital. Beberapa online shop dan market place mengharuskan konsumen untuk melakukan konfirmasi pembayaran melalui websitenya dengan memasukan beberapa informasi seperti jumlah nominal yang ditransfer dan nama rekening yang menstranfer. Namun ada juga online shop dan market place yang mendeteksi otomatis pembayaran by system, biasanya memakan waktu maksimal 2 X 24 jam. oleh karena itu, menyimpan bukti transaksi ini penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

4. PILIH MARKET PLACE TERPERCAYA

The last but not least is memilih market place terpercaya. Caranya hampir sama dengan memilih seller, pastinya kita harus mau meluangkan waktu membaca review dan rating market place tersebut. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk saya saat memilih market place, diantaranya:

Mudah dihubungi dan tanggap. Saya pernah mendapat pengalaman buruk saat belanja online dengan seller yang kabur dan market place sulit ditemukan kontaknya, tidak ada nomor telepon atau Customer Service online yang bisa dihubungi saat mengunjungi websitenya, yang ada hanya email itu pun tidak mereka tanggapi dengan cepat. Cukup sekali dan hingga saat ini saya tidak pernah melakukan belanja online disana lagi bahkan saat mereka menawarkan banyak promo sekalipun. Karena saat melakukan transaksi jual-beli, keduanya harus bisa menjaga kepercayaan.

Aman, terpercaya dan transparan. Mulai dari rating market placenya bagus, sellernya juga bagus, pembayaran dilakukan dalam rekening bersama bukan pada perseorangan atau seller langsung, serta proses transparan sehingga konsumen dapat melihat sudah sampai mana proses pengiriman barang (tracking) apakah masih proses pengemasan atau sudah sampai pada proses pengiriman barang. Apalagi untuk pembayaran dengan metode COD by ojek online, fitur tracking ini sangat membantu sehingga kita dapat mengestimasi waktu sampai barang.

Metode pembayaran lengkap. Ini juga menjadi salah satu pertimbangan saya saat melakukan belanja online, semakin banyak pilihan bank dan cara pembayarannya, semakin nyaman.

Refund dan retur. Seperti yang saya sebutkan diatas, saat belanja online ada banyak kemungkinan konsumen merasa dirugikan sehingga fitur refund dan retur ini wajib dimiliki oleh online shop dan market place, tentu dengan term and conditions masing-masing.

Baca Juga : Ingin Hemat ? Hitung Anggaran Belanja Dengan Rumus Ini

Saat ini banyak orang yang lebih memilih berbelanja online dibandingkan dengan berbelanja di toko-toko pada umumnya. Hal ini dapat terlihat dari data yang ada, jika konsumen yang memilih transaksi via online meningkat setiap tahunnya.

Banyak keunggulan dari berbelanja online, salah satunya yaitu mudah dan nyaman. Sehingga orang-orang kini tak perlu lagi bersusah-susah mengunjungi tempat perbelanjaan, cukup dari rumah saja semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan berbelanja online. Sehingga tak heran jika banyak orang yang mulai beralih ke transaksi online untuk membeli barang-barang yang dibutuhkannya.

Namun meskipun mudah dan nyaman, masih banyak orang yang mempertanyakan tentang keamanan melakukan transaksi online. Padahal banyak cara yang dapat anda lakukan agar bisa bertransaksi dengan aman dan mudah saat berbeanja online, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Cara Menghindari Penipuan Kartu Debit dan Kartu Kredit

1. Kenali Reputasi Toko Online


Ilustrasi Melihat Reputasi Toko Online

Saat ini sudah banyak situs atau toko-toko online yang beredar di masyarakat, sehingga terkadang membuat konsumen bingung untuk memilih tempat mana yang lebih murah. Namun berbelanja online tidak hanya melihat harga yang serba murah saja, penting untuk mengetahui reputasi dari toko online tersebut.

Pastikan jika tempat yang anda pilih tersebut memiliki reputasi yang baik. Anda bisa mencari tahu dari latar belakang toko online tersebut hingga testimoni dari konsumen sebelumnya. Hal ini merupakan poin dasar ketika anda ingin aman dan nyaman saat berbelanja online.

2. Bayar Lewat Rekening Penampungan Sementara


Ilustrasi Membayar Lewat Rekening Penampungan Sementara

Cara aman lainnya yang dapat anda lakukan saat bertransaksi online adalah dengan menggunakan rekening bersama atau rekening penampungan sementara. Saat ini situs-situs belanja online memberlakukan hal ini dalam sistem pembayarannya, yang mana anda akan mentransfer uang kepada pihak penengah dan kemudian penjual akan mengirimkan barang anda.

Jika barang tersebut sudah sampai ke tangan anda, barulah pihak penengah ini akan mentransferkan uangnya kepada pihak penjual. Namun bila barang yang anda beli tidak terkirim, maka uang tersebut akan dikembalikan lagi pada anda. Cara ini memang terbilang nyaman dan aman dalam bertransaksi online.

3. Pilih Metode COD


Cash on Delivery

Bagi yang ingin transaksi aman, nyaman, bahkan dapat melihat langsung kualitas barang yang anda beli, sepertinya metode ini akan sangat cocok untuk dicoba. Sistem pembayaran COD atau Cash On Delivery merupakan sistem dimana pembayaran akan dilakukan ketika telah menerima barang dari kurir pengiriman. Sehingga saat barang sampai, maka Anda akan membayarnya di tempat. Cara ini terbilang aman, sehingga anda baru benar benar membayarkan barang ketika barang sudah sampai dengan aman di tangan.

4. Gunakan Layanan Internet Banking Di Rumah


Melakukan Transaksi dengan Internet Banking di Rumah

Saat ini berbelanja via online memang menjadi pilihan bagi kebanyakan orang, mudah dan nyaman menjadi salah satu keunggulan dari berbelanja online. Anda cukup mentransferkan sejumlah uang dan kemudian mendapatkan barang yang Anda inginkan.

Apalagi dengan adanya fitur internet banking, membuat anda bahkan hanya perlu melakukannya dari rumah. Namun sebaiknya lakukan transaksi internet banking dengan menggunakan komputer pribadi atau komputer rumah. Jika melakukannya dari komputer kantor atau komputer umum lainnya, maka bisa menimbulkan risiko penyalahgunaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan pula jika komputer ataupun gadget yang anda gunakan sudah dilengkapi antivirus, sehingga risiko pencurian password dapat terhindar

5. Waspada Penipuan


Ilustrasi Penipuan Transaksi Online

Sebagai konsumen tentunya anda harus pintar pintar memilah saat mendapatkan informasi dari toko online yang ada. Saat ini banyak sekali toko-toko online yang melakukan hal-hal nakal, mulai dari meminta informasi rekening dengan alasan yang beragam. Jangan mudah tergoda dengan promo-promo harga murah yang tidak masuk akal. Jika memang kurang meyakinkan, akan lebih baik jika anda tidak membeli barang tersebut.

Baca Juga: Waspada Penipuan ‘Money Game’: Kenali Ciri-Cirinya!

Jadilah Pembeli yang Cerdas

Semakin berkembangnya teknologi menuntut seseorang untuk semakin pintar memilah dan memilih informasi mana yang memang tepat dan benar. Sebagai konsumen yang senang bertransaksi online, pastikan juga mewaspadai segala tindakan yang sekiranya mencurigakan. Meskipun menguntungkan, berbelanja online juga merupakan hal yang juga perlu diperhatikan dengan teliti.

Baca Juga: Penasaran, Kapan Sebenarnya Waktu yang Tepat untuk Kartu Kredit Pertamamu?