Tuliskan dalam tabel berikut pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat

Kunci Jawaban kelas 6 SD dan MI Tema 3 halaman 45

1. Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?
Jawaban: Penerangan malam hari hanya bersumber dari cahaya api seperti lampu minyak, lilin hingga obor. Namun, saat ini penerangan di dunia sudah berkembang sejak bola lampu pijar ditemukan. Hal ini membuat segala kegiatan masyarakat bisa dilakukan dengan mudah walaupun malam hari.

2. Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?
Jawaban: Segala kegiatan manusia dapat dilakukan kapan saja meski ketika malama hari seperti mengemudikan kendaran, berbelanja ke toko, belajar dan aktivitas lainnya.

Kunci Jawaban kelas 6 SD dan MI Tema 3 halaman 46

Tuliskan dalam tabel berikut!

Pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat1. Menerangi rumah saat malam hari2. Membantu pengendara saat menaiki motor di malam hari3. Membantu kegiatan belajar saat malam hari4. Sebagai rambu lalu lintas

5. Sebagai tanda bahaya

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD MI Halaman 54, 55, 56, 57, 58, 59, 60, Hak yang Dimiliki Oleh Para Penemu

Selain bola lampu, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat. Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukan alat-alat berikut?

• Setrika arang → Setrika listrik
Sebelum ditemukannya setrika listrik, masyarakan kebanyakan masih menggunakan arang atau bara api untuk merapikan atau menyetrika pakaian, kendala yang dialami pada setrika arang ini adalah asap yang terus keluar sehingga sangat mengganggu. Setelah ditemukannya listrik, hal ini tentunya akan mempermudah menyetrika pakaian.

Baca Juga: Nama Komponen pada Senter Serta Fungsinya, Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD MI Halaman 3 dan 4

Sumber: buku.kemendikbud.go.id


Page 2

• Kompor minyak → Kompor gas
Sebelum adanya kompor gas, masyarakat kebanyakan menggunakan kompor minyak untuk memasak yang menggunakan minyak tanah. Selain kurang efisen, penggunaan minyak tanah juga lebih mahal dibandingkan gas. Dengan adanya kompor gas, dapat mempermudah untuk memasak serta lebih murah daripada penggunaan kompor minyak.

Baca Juga: Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Sederhana, Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD MI Halaman 5 dan 6

• Mesin ketik → Komputer
Sebbelum adanya komputer, semua orang menggunakan mesin tik sebagai alat kerja. Namun, dengan penggunaan mesit tik terdapat kendala yang menyebabkan orang susah untuk menggunakannya seperti tinta habis, tidak dapat menyimpan data, tidak dapat menghapus tulisan jika salah dan lainnya. Dengan adanya komputer, setiap orang menjadi lebih muda dalam pekerjaannya dan dapat menyimpan data melalui komputer.

Disclaimer:
1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.***

Sumber: buku.kemendikbud.go.id

PortalJember.com - Tokoh dan Penemuan merupakan judul dari tema 3 Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 untuk kelas 6 SD/MI.

Dalam artikel ini, kita akan membahas kunci jawaban halaman 46 Tema 3 Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Kelas 6 SD/MI.

Adapun pertanyaan ataupun perintah yang akan dijawab melalui artikel ini adalah "5 contoh pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat."

Baca Juga: Bagaimana Perkembangan dari Penerangan di Dunia? Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD MI Halaman 45

Sebelum membaca kunci jawaban ini, ada baiknya adik-adik berusaha untuk menjawabnya sendiri terlebih dahulu.

Sebab, sejatinya kunci jawaban ini hanyalah sebagai pemandu adik-adik untuk bisa mengeksplor lebih dalam pertanyaan-pertanyaan yang ada, dan menjawabnya dengan jawaban sendiri.

Selain itu, kunci jawaban ini juga bisa dijadikan panduan dan pembanding bagi orang tua untuk memeriksa jawaban anaknya.

Baca Juga: Tulislah Manfaat Lampu dalam Kehidupan Sehari-hari! Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD MI Halaman 43

Dikutip PortalJember.com dari alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi, Evi Sulistia Wati, S.Pd., berikut adalah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD/MI Tema 3 subtema 1 halaman 46.


Page 2

Ilustrasi kunci jawaban tema 3 kelas 6 SD MI halaman 46. /Pexels.com/RF Studio


Page 3

2. Lingkungan akan menjadi lebih terjamin keamanannya karena berkurangnya tempat-tempat gelap di malam hari

3. Kegiatan pertemuan warga dapat dilakukan pada malam hari

4. Kegiatan ekonomi masyarakat lebih berkembang, karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan pada malam hari.

5. Rute transportasi akan menjadi lancar karena adanya penerangan dari lampu

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 SD MI Halaman 54, 55, 56, 57, 58, 59, 60 Subtema 1, Penemu yang Mengubah Dunia

Itulah pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 6 SD dan MI halaman 46 Subtema 1, Penemu yang Mengubah Dunia.

Jangan lupa belajar ya adik-adik. Semoga bermanfaat.***

Disclaimer:

1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.


Page 4

Ilustrasi kunci jawaban tema 3 kelas 6 SD MI halaman 46. /Pexels.com/RF Studio

Bicanski/pixnio

Kunci jawaban kelas 6 SD tema 3, pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat.

Bobo.id - Materi selanjutnya adalah pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat.

Sebelum mengetahui kunci jawaban pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat, teman-teman bisa membaca dahulu teks berikut ini.

Baca Juga: Contoh Hak dan Kewajiban dalam Penggunaan Listrik, Materi Kelas 4 SD Tema 2

Terang yang Membawa Kemudahan

Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.

Dulu, minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Toko-toko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.

Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.

Baca Juga: Sumber Daya Alam yang Bisa Diperjualbelikan, Materi Kelas 4 SD Tema 2

Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?

Jawaban: sebelum ada penerangan, aktivitas masyarakat akan terhambat saat malam hari. Tapi, seiring adanya penemuan bola lampu pijar, bisa membantu penerangan dan aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan kapan saja.

Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?

Jawaban: kenyamanan dan keselamatan saat di jalan terjaga, kegiatan bisa berlangsung sepanjang hari, mobilitas masyarakat semakin cepat, aktivitas masyarakat tidak terhambat, dan bisa belajar dengan nyaman di malam hari.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 3, Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Sekarang amati lingkungan sekitarmu! Temukan sebanyak mungkin pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat di tempat tinggalmu.

Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya wawancara kepada guru, staf, dan petugas sekolah lain. Kamu juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber.

Buku Siswa Kelas 6 SD Tema 3, Edisi Revisi 2018

Pengaruh bola lampu.

Nah, itulah jawabannya pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat. Jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.

(Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD Tema 3, Tokoh dan Penemuan Edisi Revisi 2018)

----

Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News