Tuliskan tiga contoh persatuan dan kesatuan di sekolah


10 Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat_ Negara Republik Indonesia kaya akan berbagai suku bangsa, budaya, dan beragam agama. Keberagaman masyarakat Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang patut dijaga dari segala bentuk intoleransi dan sikap primordialisme.

Dalam lingkungan sekolah sudah pasti terdapat banyak siswa-siswi yang memiliki latar belakang yang berbeda baik dari segi budaya, agama, Bahasa, etnis, dll.

Walaupun demikian perbedaan latar belakang siswa bukan menjadi penghalang bagi terwujudnya kerjasama yang menjdai cikal bakal tertanamnya sikap persatuan dan kesatuan dalam diri siswa. Ada beberapa perilaku atau kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah. Berikut 10 Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat

5 Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Sekolah

1. Kerja Bakti Membersihkan Kelas
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah melakukan kerja bakti membersihkan kelas bersama dengan teman-teman. Dengan begitu perilaku bergotong royong dan kerja sama yang dilakukan siswa akan menumbuhkan sikap persatuan dan kesatuan dalam diri siswa.

2. Piket Menjaga Keamanan Sekolah Bersama-Sama
Selanjutnya contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah melakukan piket menjaga keamanan sekolah bersama-sama. Dengan begitu siswa akan belajar tentang tanggung jawab dalam menjalankan tugas.

3. Menjenguk Teman Kelas yang Sakit
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah menjenguk teman kelas yang sakit sehingga memunculkan karakter kepedulian dalam diri siswa meskipun siswa yang sakit memiliki budaya dan keyakinan yang berbeda dengannya.

4. Menghormati Teman yang Berbeda Agama (Keyakinan)
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah menghormati teman yang berbeda agama (keyakinan). Dengan begitu siswa akan belajar tentang toleransi terhadap sesama. Sikap toleransi sangat penting untuk dimiliki siswa karena hal tersebut akan menjadi bekal ketika hidup bermasyarakat dengan berbagai suku, ras, dan agama.

5. Membantu Teman yang Kesulitan
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah membantu teman yang kesulitan. Dengan begitu siswa akan menumbuhkan rasa empati terhadap sesama.

5 Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Masyarakat

1. Gotong Royong Membersihkan Lingkungan Bersama-Sama
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat adalah Gotong Royong Membersihkan Lingkungan Bersama-Sama

2. Mentaati Peraturan yang Berlaku di Masyarakat
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat adalah Mentaati Peraturan yang Berlaku di Masyarakat

3. Berperilaku dengan Penuh Tenggang Rasa dan Toleransi
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat adalah Berperilaku dengan Penuh Tenggang Rasa dan Toleransi

4. Menyumbangkan Harta kepada Warga yang Membutuhkan
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat adalah Menyumbangkan Harta kepada Warga yang Membutuhkan

5. Saling Menghormati Orang yang Berbeda Agama dan Tidak Membeda-Bedakan Suku
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat adalah Saling Menghormati Orang yang Berbeda Agama dan Tidak Membeda-Bedakan Suku.

Demikianlah artikel 10 Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.