Tuliskan tiga macam taktik atau sistem permainan ganda dalam permainan bulutangkis

Bulu Tangkis merupakan olahraga paling popular di Indonesia. Selain diminati banyak kalangan permainan olahraga bulu tangkis juga sering di perlombakan di berbagai kontes kejuaran nasional maupun internasional. Olahraga satu ini dimainkan dengan menggunakan raket dan kok.

Pada mulanya permainan bulu tangkis berkembang di Negara Mesir kuno sekitar 2000 tahun silam. Meski konon dikabarkan juga berasal dari Republik Rakyat Tiongkok dan India. Lain halnya di Negara Inggris permainan bulu tangkis sering di sebut Shuttlecocks dan Battledores. Anak anak pada masa itu sering menggunakan sebuah dayung / tongkat ( Battledores ) dan memiliki siasat dalam menjaga kok agar tetap berada di udara dan berusaha mencegahnya agar tidak menyentuh lapisan tanah. Kegiatan ini cukup terkenal dan menjadikan nuansa harian di sepanjang jalan London . Permainan ini semakin popular dengan adanya majalah Punch yang mempublikasikan sebuah kartun dalam permainan bulu tangkis. Perkembangannya begitu pesat setelah penduduk Inggris membawakan permainan bulu tangkis ke Negara Jepang, Siam dan Republik Rakyat Tiongkok.

Teknik dan beberapa tips dalam permainan Bulu Tangkis Tunggal dan Ganda

Permainan Tunggal dalam olahraga bulu tangkis merupakan suatu jenis dari permainan bulu tangkis yang harus membutuhkan kesabaran, kondisi tubuh yang prima , ketangkasan dan teknik penguasaan posisi di lapangan.

Inti dari teknik dan strategi yang diguanakan pada tingkat dasar adalah usaha untuk mengocok lawan yang berada di muka dan kebelakang lapangan dengan beberapa pukulan drop dan clear. Sehingga pada akhirnya sang lawan akan melakukan pukulan lemah atau sebuah kesalahan. Ketika lawan melakukan pukulan lemah disitulah strategi yang tepat bagi anda untuk melakukan pukulan smes ( smash ) tepat pada sasaran yang di inginkan. Ingat bahwa sebuah pukulan smes hanya digunakan untuk mengkahiri rally ( sebuah rangkaian pukulan pada permainan bulu tangkis diantar kedua pemain ) dan bukan sebuah cara untuk membuka sebuah kelemahan.

Usahakan tenaga anda tersimpan dengan baik. Karena jika anda sering mengeluarkan pukulan smes energi anda akan cepat letih. Apalagi jika anda melakukan pukulan smes dari arah belakang lapangan , hal ini akan memudahkan sang lawan melakukan serangan balik berupa pukulan drop yang dapat menyebrangi lapangan permainan secara diagonal. Dalam sebuah permainan tunggal dalam bulu tangkis anda harus menggunakan lapangan ngan lebar 5,4 m dan panjang lapangan dari jaring sebuah lapangan ke garis yang berada paling belakang sekitar 6.6 meter .

Anda dapat membuat lawan berlari dengan jarak yang jauh apabila anda berhasil membuat sebuah serangan dengan gerakan secara diagonal dalam sebuah lapangan. Dengan Demikian jarak pergerakan yang harus dilakukan lawan menjadi lebih jauh yaitu 8,4 m. Dalam segala permainan apapun hal yang paling penting adalah latihan . Begitu pula dalam permainan bulutangkis juga membutuhkan latihan yang rutin dalam melakukan penyerangan dan posisi bertahan. Nantinya posisi anda akan berubah dari mulai penyerangan hingga melakukan pertahanan. Pukulan Menyerang merupakan beberapa pukulan yang memaksa pada pembukaan dalam pertahanan serangan lawan, atau sebuah pukulan yang diarahkan ke hadapan lawan seperti melakukan pukulan setengah smes, pukulan smes , pukulan drop , pukulan servis rendah dan beberapa pukulan clear rendah untuk melakukan penyerangan. Biasanya anda juga bisa melakukan shuttle yang diarahkan ke atas seperti melakukan sebuah pukulan clear yang tinggi , pukulan servis yang cukup tinggi dan beberapa pukulan underhand drop shot. Pukulan drive bisa berupa pukulan serangan dan bertahan. Hal ini tergantung dari tujuan seorang pemain mau diarahkan kemana serangan yang dilakukan. Apakah nantinya merasa perlu untuk membuka sebuah pertahanan lawan atau melakukan sebuah pukulan ke arah atas ketika menyeberangi jaring. Pada permulaaan permainan Bulu Tangkis langkah yang harus anda ambil dengan menguasai beberapa tipe seperti cara menentukan tipe penyerangan atau mempertahankan diri dan bahkan anda juga bisa melakukan kombinasi dari kedua tipe tersebut. Setelah anda berhasil mengambil sebuah keputusan , anda bisa meminta sebuah pertolongan dari seorang pemain atau bisa berlatih dengan seorang pelatih yang handal dalam melakukan pergerakan ini. Sebagai contoh jika ada seorang pemain yang memiliki tipe mempertahankan diri ( tipe bertahan ) akan melakukan beberapa langkah seperti melatih diri dengan servis tinggi , clear tinggi ( baik melakukan overhead maupun dengan teknik underhand) , pergerakan drop lambat atau gabungan dari kedua pergerakan tersebut. Sedangkan untuk pemain yang memiliki tipe penyerangan akan melakukan lebih banyak latihan seperti melakukan latihan pukulan pada servis tinggi dan rendah , clear yang datar dan cepat , melakukan drop cepat dan beberapa smes pendek yang cukup keras dengan melakukan beberapa kombinasi dari pukulan tersebut .

Teknik Servis (Service)

Pukulan servis dalam permainan tunggal Bulu Tangkis merupakan sebuah pukulan tinggi yang dilakukan jauh ke belakang. Meskipun hal ini harus diakui bahwa ada sebuah kecendurangan dari para pemain tunggal yang lebih sering memilih servis pendek untuk menghindari penyerangan dari serangan lawan.

Saat anda ingin melakukan sebuah service cobalah untuk melakukan sebuah pukulan servis tinggi yang pergerakannya jauh kebelakang sehingga pergerakan shuttle akan jatuh lurus tepat ke bawah yang mendekati garis belakang lapangan seorang lawan. Hal ini nantinya akan memaksa beberapa lawan untuk mundur dalam lapangan. Karena jika melakukan pergerakan shuttle yang tegak lurus akan berpengaruh pada waktu ( timing ) yang akan sukar dilakukan. Banyak sekali pemain yang akan melakukan kesalahan pemukulan dengan alasan tersebut. Apabila lawan ternyata bisa mengembalikan servis anda dengan beberapa pukulannya yang baik, yang sukar untuk diantisipasi akan sangat bermanfaat apabila anda mencoba untuk melakukan servis pendek yang rendak hanya untuk mengejutkan sang lawan.

Dalam melakukan sebuah pukulan dengan teknik servis tinggi , coblah untuk mengarahkan shuttle dengan sedekat mungkin melalui garis tengah lapangan ( dengan sumbu yang memanjang ) lawan. Nantinya serangan ini akan mengurngi terjadinya kemungkinan pengembalian pukulan dengan menggunakan sudut yang besar. Posisi yang paling tepat untuk anda saat melakukan sebuah pukulan servis harus berada pada jarak 90-120 cm tepat di belakang garis servis pendek dan berada di samping garis tengah di lapangan. Setelah melakukan pukulan tersebut, anda hanya membutuhkan satu langkah saja untuk menduduki sebuah posisi tepat di tengah lapangan. Nantinya anda harus merentangkan kedua kaki terbuka lebih lebar tepat di bahu dan sejajar dengan jaring.

Pengembalian Teknik Servis (Service Return)

Jika anda ingin mengembalikan teknik servis, posisi yang paling tepat harus berada 1,8 meter berada di belakang garis servis pendek. Jika anda berada diposisi belakang kanan lapangan , Anda harus berada diposisi dekat dengan sebuah garis tengah yang berada di lapangan . Sedangkan jika anda ingin mengambil posisi dibagian kiri lapangan , anda harus berada diantara jarak 90-120 cm dengan garis tengah lapangan. Anda bisa memulai pergerakan dengan berdiri diagonal. Kaki kiri tepat berada di muka. Pada posisi ini nantinya akan lebih memudahkan anda dalam melakukan pergerakan maju atau mundur. Apabila servis lawan tinggi dan sekiranya jatuh tepat di bagian belakang lapangan , maka pukulan balasan yang bisa anda lakukan berupa pukulan clear yang pergerakannua langsung lurus untuk menuju tepat disisi garis belakang lawan.

Meskipun terkadang anda bisa membuat berbagai variasi dengan melakukan pukulan drop dengan cara langsung atau lurus.Disarankan jangan menggunakan sebuah pukulan pengembalian yang akan menyeberangi lapangan ( secara diagonal ) , kecuali jika lawan anda tidak memiliki banyak pukulan secara backhand yang kuat. Apabila memang ternyata sanga lawan tidak memiliki pukulan backhand yang kuat , anda bisa melakukan beberapa pukualn clear yang menyilang lapangan yang kemudian diarahkan kebagian sisi kiri ( backhand ) dari lawan .

Jika servis yang dilakukan seorang lawan ternyata sangat tinggi namun dekat , sekitar 76 cm dari sebuah garis servis pada bagian belakang, Anda bisa melakukan beberapa serangan balasan dengan menggunakan variasi pukulan seperti :

  • Smes
  • Drop ( teknik drop lurus atau drop menyilang )
  • Clear serangan yang cepat

Namun apabila sanga lawan memberikan servis yang rendah ada 2 kemungkinan yang nantinya bisa anda lakukan untuk mengembalikan serangan lawan tersebut seperti

  • Drop lururs yang jatuh tepat dekat dengan jaring
  • Melakukan Clear lurus yang menjentik bisa dilakukan apabila lawan mulai melakukan pergerakan mendekat sebuah jaring.

Pengembalian Pukulan Smes (Teknik Smash Return)

Teknik kali ini yang harus dilakukan untuk mengembalikan sebuah pukulan smes yang terbaik dalam permainan tunggal dengan menggunakan teknik pukulan drop ( sering dinamakan dengan block ) menuju arah jaring.

Jika seorang lawan melakukan sebuah pukulan smes dari tempat yang jangkauannya jauh ke belakang , Segera mainkan drop anda sehingga nantinya shuttle akan melayang sejauh 15-20 cm tepat diatas jaring dengan arah shuttle yang berbentuk melengkung. Hal ini akan memaksa seorang lawan untuk berlari hingga mencapai jaring dan membuat beberapa pukulan menyerangnya berubah menjadi sebuah senjata menyerang sang tuan.

Jika masih ada sedikit waktu anda bisa melakukan pukulan drop secara menyilang, akan tetapi hal ini bisa anda lakukan jika sang lawan telah melakukan smes yang lurus. Apabila ada sebuah pukulan smes yang menyilang lapangan , anda bisa memainkan pukulan drop secara lurus. Berikut dua alasan kesulitan lawan saat anda melakukan pukulan drop kearah lawan :

  • Nantinya sang lawan mempunyai waktu yang lebih sedikit hanya untuk melancarkan sebuah pukulan selanjutnya
  • Sang lawan harus menjangkau jarak yang cukup jauh agar membuat pukulan selanjutnya.

Strategi dan Taktik dalam Permainan Ganda

Dalam permainan Ganda ada 3 formasi yang bisa anda gunakan :

  • Anda bisa berdiri bersisian
  • Berdiri satu tepat di muka dan satu tepat disisi belakang
  • Melakukan kombinasi dari kedua formasi yang sudah di sebutkan

1. Mengambil Posisi Bersisian

Formasi satu ini bisa terbilang termudah diantara formasi yang lain sehingga bisa diajarkan kepada para pemain pemula. Lapangan nantinya dibagi menjadi dua dengan garis tengah di lapangan dan tiap pemainnya harus berdiri pada bidangnya masing masing yang sudah di batasi beberapa garis belakang dan sebuah jaring.

Manfaat melakukan posisi ini adalah :

  • Daerah kekuasaan untuk setiap pemain yang telah terlihat dan dibatasi beberapa garis yang terlihat nyata sehingga akan menghindarkan sebuah kesalahpahaman dan bisa mengakibatkan kesalahan dalm memukul atau mematahkan raket.
  • Posisi ini sangat mudah untuk dipahami dan dipelajari
  • Sebuah formasi yang baik dan memiliki pertahanan yang cukup kuat sehingga sanga lwan akan sukar untuk menembus dengan taktik smes.

2. Posisi berada di Muka dan di Belakang

Formasi ini bisa anda lakukan dengan 2 cara :

  • Apabila seorang pasangan pemain memiliki kekuatan lebih daripada pemain yang lain , sebaiknya pemain yang lemah berada pada posisi dekat dengan jaring. Sedangkan bagi pemain yang memiliki kekuatan lebih harus mampu menguasai seluruh isi lapangan bagian belakang.
  • Dilakukan jika suatu tim memiliki keinginan untuk melakukan pukulan serangan secara terus menerus.

Kerugian yang mendasar dalam taktik ini adalah sang lawan nantinya bisa mengocok para pemain belakang dari sebelah sisi kiri maupun kanan atau bahkan sebaliknya. Hal ini bisa dikatakan hampir tidak mungkin pemain belakang nantinya mampu menguasai semua pukulan smes yang sengaja dilancarkan garis pada bagian samping kiri atau sebelah kanan lapangan. Hal ini menjadi salah satu kelemahan dalam sebuah sistem pertahanan .

3. Teknik Servis (Service)

Anda bisa menggunakan teknik ini untuk memenangkan banyak angka . Namun hal ini nantinya akan memaksa beberapa lawan untuk melakukan pukulan ke atas dan dari sinilah nantinya anda bisa memulai sebuah serangan. Menggunakan teknik servis rendah adalah sebuah servis dasar dalam melakukan sebuah permainan ganda. Salah satu sasaran yang paling baik dalam teknik ini yaitu dengan melakukan sedekat mungkin hingga mendekati garis tengah lapangan.

4.Cara Melakukan Pengembalian Servis (Servis Return)

Bagi para pemain yang menerima servis harus berdiri satu hingga tiga langkah dari belakang garis dalam servis pendek . Shuttle nantinya harus di terima secepat mungkin ketika melayang melewati jaring. dan posisi kepala raket harus menghadap ke atas. Dengan cara inilah nantinya anda bisa menekan untuk melakukan servis.

5. Teknik Smes

Gerakan sebuah pukulan yang dilakukan pada teknik ini dan sebuah sasaran yang dituju oleh shuttle adalah hal yang sangat pentig dalam permainan Bulu Tangkis. Disini anda jangan pernah melakukan pukulan smes dengan menyilang lapangan pada permainan ganda. Karena, shuttle sangat cepat dalam kehilangan kecepatannya sendiri. Terutama jika jarak yang ditempuh shuttle cukup jauh , sehingga kemungkinan sang lawan dapat mengembalikan pukulan yang cukup menyulitkan anda.

6. Drop

Dalam melakukan gerakan drop pada teknik permainan ganda , tidak boleh dilakukan dengan menggunakan keceptatan rendah karena nantinya akan memberikan peluang lawan dalam mengembalikan dan mematikan pukulan tersebut.

Ada 3 alasan yang nantinya bisa anda pilih ketika melancarkan sebuah pukulan drop cepat :

  • Anda bisa mulai mengecilkan sudut datangnya sebuah pukulan balasan .
  • Hal ini akan lebih memudahkan pasangan anda dalam menjaga jaring apabila shuttle mampu dilayangkan ke bagian tengah lapangan.
  • Anda bisa menggunakan drop untuk membingungkan lawan karena nantinya sang lawan akan ragu ragu , siapa nantinya yang akan menerima serangan.

hingga nantinya bisa memahami kemampuan anda dan pasangan. Untuk orang yang memiliki gerakan netting yang cukup baik di ikuti pukulan drive yang cukup kencang dan mampu memastikan sangat tepat untuk berada di depan. Sedangkan orang yang mempunyai pukulan smes yang sangat keras dan sebuah dropshoot yang cukup tajam sangat tepat berada di area belakang.

Namun anda harus tetap memegang sebuah prinsip dan jangan selalu mengandalkan orang lain. Meskipun kemampuan smes anda tidak terlalu keras, tapu anda harus lebih siap agar mampu berotasi dan berganti posisi dengan pasangan anda. Bila kawan anda merasa lelah untuk melakukan smes ke lawan.

Macam Macam Lari dalam Olah Raga Atletik »
« Macam Macam Gaya Renang dan Sejarahnya

Video

Advertising