2.6 Microsoft Visual Basic 6.0
Microsoft Visual Basic merupakan salah satu aplikasi pemrograman visual yang memiliki bahasa pemrograman yang cukup populer dan mudah untuk dipelajari.Basis
bahasa pemrograman yang digunakan dalam visual basic adalah bahasa BASIC Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code yang merupakan salah satu bahasa
pemrograman tingkat tinggi yang sederhana dan mudah dipelajari. Dengan visual basic, kita bisa membuat program dengan aplikasi GUI Graphical User Interface
atau program yang memungkinkan pengguna computer berkomunikasi dengan computer tersebut menggunakan grafik atau gambar.
Microsoft Visual Basic 6.0 menyediakan berbagai perangkat kontrol yang dapat digunakan untuk membuat program aplikasi dalam sebuah form baik aplikasi kecil,
sederhana hingga ke aplikasi pengolahan database.
2.6.1 Layar Utama Visual Basic 6.
Untuk mengaktifkan layar utama caranya adalah dengan menginstal Microsoft Visual
Basic 6.0, setelah itu pilih menu atau kli tombol Start
Programs
Microsoft Visual Studio 6.0
Microsoft Visual Basic 6.0, maka akan muncul tampilan berikut ini:
Universitas Sumatera Utara
Gambar 2.2. Kotak Dialog New Project
Pada kotak dialog tersebut terdapat tiga pilihan tabulasi sebagai berikut:
Tabulasi Keterangan
New Untuk membuat proyek baru dengan berbagai macam
pilihan. Existing
Pilihan untuk membuka daftar nama proyek yang pernah dibuat sebelumnya.
Recent Pilihan untuk membuka daftar nama proyek yang telah
dibuat dan terakhir kali dibuka
Untuk menampilkan layar utama Microsoft Visual Basic 6.0, kita pilih Standard EXE dan klik tombol Open maka akan muncul tampilan layar utama Microsoft Visual Basic
6.0 berikut:
Universitas Sumatera Utara
Gambar 2.3. Layar Visual Basic 6.0
2.6.2 Komponen - Komponen Microsoft Visual Basic 6.0
Berikut ini komponen-komponen yang terdapat pada jendela Microsoft Visual Basic
6.0: Title Bar
Merupakan batang judul yang terletak pada bagian atas jendela program Visual Basic yang berfungsi untuk menunjukkan nama proyek yang sedang
aktif.
Universitas Sumatera Utara
Menu Bar Merupakan batang menu yang berisi menu - menu utama, seperti File, Edit,
View, Project, Format, Dubug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Window, dan Help.
Gambar 2.4. Menu Bar
Main Toolbar Digunakan untuk mengakses perintah-perintah dalam menu yang sering
dipakai secara cepat.
Gambar 2.5. Main Toolbar
Berikut penjelasan masing-masing tombol pada Main Toolbar :
Tabel 2.1. Main Toolbar Nama
Digunakan untuk
Add Standard EXE Project
Menambahkan proyek baru tipe standar. Add Form
Menambahkan form baru ke dalam proyek yang sedang aktif.
Menu Editor Menampilkan Menu Editor yang digunakan sebagai
pembuat menu.
Open Project Membuka proyek yang sudah pernah dibuat.
Universitas Sumatera Utara
Save Project Menyimpan proyek yang sedang aktif.
Cut Memotong objek yang sedang dipilih.
Copy Menyalin objek yang sedang dipilih.
Paste Menampilkan objek yang sudah dipotong dengan
perintah Cut atau disalin dengan perintah Copy.
Find Mencari teks pada jendela code.
Undo Membatalkan
suatu perintah
yang dijalankan
sebelumnya. Redo
Mengulangi suatu perintah yang pernah dibatalkan. Start
Menjalankan program. Break
Menghentikan sementara program yang sedang dijalankan.
End Menghentikan program yang sedang dijalankan.
Project Explorer Menampilkan jendela Project Explorer.
Properties Window
Menampilkan jendela Properties, Form Layout
Window Menampilkan jendela Form Layout.
Object Browser Menampilkan jendela Object Browser.
Toolbox Menampilkan jendela Toolbox.
Toolbox Merupakan kotak perangkat yang terdiri atas beberapa classobjek yang
digunakan dalam proses pembuatan aplikasi.
Universitas Sumatera Utara
Gambar 2.6. Toolbox
Berikut ini penjelasan masing-masing kontrol yang terdapat pada Toolbox:
Tabel 2.2. Toolbox Tombol
Nama Digunakan untuk
Pointer Memilih, mengatur ukuran, dan memindah
posisi kontrol yang terpasang pada bagian form.
Picture Box Menampilkan gambar dari sebuah file.
Label Menampilkan
teks, dimana
pengguna program tidak bisa mengubah teks tersebut.
Textbox Membuat objek teks, dimana teks tersebut
dapat diubah oleh pengguna program.
Frame Mengelompokkan beberapa kontrol. Frame
harus dibuat terlebih dahulu sebelum diisi dengan
kontrol-kontrol yang
akan dikelompokkan.
Command Button
Membuat tombol perintah. CheckBox
Membuat kotak periksa, dimana pengguna program dapat memilih beberapa pilihan
sekaligus.
Option Button Membuat tombol pilihan, dimana pengguna
program hanya dapat memilih satu dari
Universitas Sumatera Utara
beberapa pilihan yang disediakan. ComboBox
Menambahkan kontrol kotak combo yang merupakan
kontrol gabungan
antara TextBox dan ListBox.
ListBox Membuat daftar pilihan.
HScrollBar Membuat kontrol penggulung horizontal.
VScrollBar Membuat kontrol penggulung vertical.
Timer Membuat kontrol waktu dengan interval
yang ditentukan. Drive ListBox
Menampilkan disk drive yang dimiliki oleh computer.
DirListBox Menampilkan direktori dan path yang
dimiliki oleh driver aktif. FileListBox
Menampilkan daftar file dari direktori aktif. Shape
Menambahkan kontrol gambar berupa lingkaran, oval, persegi panjang, bujur
sangkar, dan lain-lain.
Line Membuat garis lurus.
Image Menampilkan gambar pada form dalam
format bitmap, icon, atau metafile.
Data Menghubungkan program dengan database
dan menampilkan informasinya pada form. OLE
Membuat link antar program aplikasi.
Universitas Sumatera Utara
Project Explorer Merupakan jendela yang digunakan untuk menampilkan proyek-proyek,
form-form, atau modul-modul yang terlibat dalam proses pembuatan aplikasi.
Gambar 2.7. Jendela Project Explorer
Berikut penjelasan dari beberapa tombol yang terdapat didalam jendela Project:
Tabel 2.3. Jendela Project Explorer Tombol
Nama Digunakan untuk
View Code Menampilkan jendela Code yang merupakan
tempat untuk menuliskan kode program dari objek yang terpilih pada jendela form.
View Object Menampilkan jendela form yang merupakan
tempat untuk mendesain aplikasi program.
Toggle Folders Menampilkan atau menyembunyikan folder yang
menampung nama form dari suatu proyek.
Universitas Sumatera Utara
Form Designer Merupakan jendela yang digunakan untuk melakukan perancangan tampilan
dari aplikasi yang akan dibuat.
Gambar 2.8. Form Designer
Properties Window Merupakan jendela yang digunakan untuk menampilkan dan mengubah
properti-properti yang dimiliki sebuah objek.Pada jendela Properties terdapat dua pilihan tabulasi, yaitu Alphabetic urut berdasarkan abjad dan
Caregorized urut berdasarkan kelompok.
Gambar 2.9. Tab Alphabetic Gambar 2.10. Tab Categorize
Universitas Sumatera Utara
Form Layout Window Merupakan jendela yang digunakan untuk mengatur posisi form pada layar
monitor saat program dijalankan.
Gambar 2.11. Form Layout Window
Immediate Window Merupakan jendela yang digunakan untuk melihat dan memeriksa hasil
suatu ekspresi secara langsung. Hal ini sangat bermanfaat untuk proses pengujian suatu perintah sebelum dipasang di dalam program.
Gambar 2.12. Immediate Window
Universitas Sumatera Utara
Code Window Merupakan jendela yang akan digunakan untuk menuliskan atau
menamplikan kode program.
Gambar 2.13. Code Window
Modul
Merupakan kumpulan dan prosedur umum deklarasi variabel dan definisi konstanta yang digunakan oleh aplikasi.Modul disejajarkan
dengan form, tetapi tidak mengandung objek.Modul dapat berisi kode- kode program atau prosedur dapat digunakan dalam program aplikasi.
Didalam jendela kode program terdapat:
2.6.3 Operator
Video