Untuk teknik menahan bola dapat dilakukan dengan menggunakan bagian tubuh kecuali

Teknik Mengontrol dan Teknik Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola - Dalam permainan sepak bola teknik dasar mengontrol bola sangat penting. Dengan teknik menghentikan bola lalu mengatur arah serangan akan membuat performa tim anda semakin bagus sehingga terciptalah goal. Oleh karenanya setiap pemain wajib menguasai teknik dasar dalam permainan sepak bola. Karena masing-masing teknik saling berhubungan satu sama lain maka membuat kita harus ekstra sabar dalam belajar.

Apabila salah satu teknik dasar tersebut tidak anda kuasai maka pertandingan tidak akan berjalan lancar. Seperti halnya teknik dasar menghentikan dan mengontrol bola dalam sepak bola. Secara garis besar pemain memerlukan penguasaan untuk menjaga bola secara penuh agar tidak dapat direbut oleh lawan. Kali ini saya akan membahas mengenai teknik mengontrol bola dan teknik menghentikan bola dalam permainan sepak bola.

Baik teknik mengontrol bola dan teknik menghentikan bola dalam sepak bola akan lebih mudah kita pelajari dengan cara mempraktekkannya. Pada dasarnya kedua teknik tersebut tergolong dalam teknik dasar permainan sepak bola yang juga dapat kita pelajari di hampir semua jenjang sekolah. Lalu bagaimana cara mengontrol bola dan cara menghentikan bola yang benar?

Teknik Mengontrol dan Teknik Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola

Cara mengontrol bola dan cara menghentikan bola dapat kalian kuasai lewat serangkaian latihan serius. Membekali diri dengan informasi serta pengetahuan berbentuk teori juga tak kalah penting karena bisa memunculkan konsep ketika melakukan praktek. Teknik mengontrol bola dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu mengontrol bola dengan kaki bagian luar,  mengontrol bola dengan kaki bagian punggung, maupun  mengontrol bola dengan kaki bagian dalam.

Sedangkan teknik menghentikan bola juga dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu menghentikan bola dengan telapak kaki, menghentikan bola dengan dada, menghentikan bola dengan perut, menghentikan bola dengan paha, menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, menghentikan bola dengan kaki bagian punggung, dan menghentikan bola dengan kaki bagian luar.

Sebenarnya teknik mengontrol bola sudah diajarkan secara teori pada kita bahkan semenjak SD. Cara menghentikan bola pun juga sudah banyak dibahas dalam buku pembelajaran penjas SMP atau SMA. Nah, apakah sampai disini kalian sudah memiliki pandangan seperti apa cara mengontrol bola? jika belum maka simaklah pembahasan di bawah.

Tak semua orang tau cara mengontrol bola yang baik dan benar ketika berada di lapangan. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan serta kesiapan siswa sebelum pertandingan. Sehingga saat menerima bola atau saat hendak menendang pemain cenderung melakukannya secara asal-asalan. Dampak yang dihasilkan pun sangat buruk untuk tim karena tendangan atau operan menjadi kurang akurat.

Teknik mengontrol bola dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian punggung, maupun kaki bagian luar. Setiap teknik tersebut dilakukan dengan cara yang berbeda beda. Yang membedakannya ialah penggunaan kakinya, namun caranya hampir sama. Berikut penjelasannya:

Mengontrol Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Mampu mengontrol menggunakan kaki dalam memang memberikan banyak dampak positif untuk kita. Pemain bisa lebih leluasa menjaga bola dari tim lawan yang hendak merebutnya. Menurut saya pribadi kelebihan saat kalian memilih memakai kaki dalam adalah efektifitas dalam bertahan sangat tinggi. Musuh akan kesulitan merebut bola karena kita bisa sangat fleksibel dalam mempertahankan posisi.

Cara mengontrol bola dengan kaki dalam

Teknik mengontrol bola yang pertama ialah menggunakan kaki bagian dalam. Dibawah ini terdapat cara mengontrol bola dengan kaki bagian dalam:

  1. Posisikan tubuh menuju arah datangnya bola.
  2. Posisikan kaki yang digunakan untuk mengontrol bola menuju kearah bagian luar.
  3. Kaki yang digunakan untuk menumpu usahakan sedikit ditekuk.
  4. Posisikan kedua tangan rileks saat bergerak agar keseimbangan badan dapat terjaga.
  5. Angkat kaki yang digunakan untuk mengontrol bola kearah datangnya bola.
  6. Usahakan saat mengontrol bola, kaki bagian dalam dapat menyentuh bola kemudian lakukan gerakan lanjutan dengan menarik kaki kebelakang dan bola dapat dikuasai.

Secara garis besar, cara mengontrol bola menggunakan kaki luar memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Butuh latihan serta konsentrasi untuk melakukan hal tersebut. Tapi semua usaha itu akan terbayar saat kalian benar-benar bisa menguasai teknik dasar ini. Selain bisa menjaga bola agar tidak direbut, kita juga dapat mengecoh lawan sehingga mampu menemukan celah untuk menggiring/menembak.

Cara mengontrol bola dengan kaki bagian luar

Teknik mengontrol bola menggunakan kaki bagian luar sangat jarang diajarkan guru ketika di bangku sekolah. Oleh karenanya siswa harus mempelajarinya secara mandiri lewat berbagai sumber. Misalnya membaca buku LKS, melihat video pembelajaran di youtube, hingga melakukan praktikum sendiri.  Berikut langkah langkahnya:

  1. Posisikan tubuh berdiri dan sedikit dicondongkan kedepan.
  2. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  3. Tekuk kaki yang digunakan untuk menumpu, kemudian silangkan dengan kaki yang digunakan untuk mengontrol bola.
  4. Posisikan kedua tangan rileks saat bergerak agar keseimbangan badan dapat terjaga.
  5. Usahakan saat mengontrol bola, kaki bagian luar dapat menyentuh bola.

Cara mengontrol bola yang terakhir bisa kalian lakukan mengunakan punggung kaki. Biasanya, pemain memakai teknik dasar ini saat hendak menggiring cepat melewati pemain lawan. Meski terkesan efektif, tapi nyatanya teknik tersebut juga sangat sulit untuk dilakukan. Alih-alih bisa melewati musuh, penerapan yang salah justru bisa menyebabkan blunder dan berpotensi bola direbut.

Cara mengontrol bola dengan punggung kaki

Teknik mengontrol bola dalam sepak bola memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Butuh pemahaman serta latihan rutin untuk menguasainya. Jika kebetulan kalian sedang ingin belajar maka simaklah langkah-langkah di bawah:

  1. Posisikan tubuh berdiri dan sedikit dicondongkan kedepan.
  2. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  3. Tekuk kaki yang digunakan untuk menumpu.
  4. Namun kaki yang digunakan untuk mengontrol bola ditekuk kedepan dan tekuk pergelangan kaki kebawah.
  5. Usahakan saat mengontrol bola, kaki bagian punggung dapat menyentuh bola.

Setelah membahas mengenai teknik mengontrol bola, selanjutnya saya juga akan membahas mengenai teknik menghentikan bola. Teknik menghentikan bola (stopping) merupakan teknik dasar yang tidak kalah penting dalam permainan sepak bola. Teknik menghentikan bola merupakan sebuah teknik yang digunakan secara bersamaan dengan teknik dasar menendang bola Teknik ini juga bisa kalian pakai untuk mengontrol bola, memberi kemudahan dalam melakukan passing, mengatur tempo permainan maupun mengalihkan laju permainan.

Teknik stopping dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu teknik menghentikan bola dengan telapak kaki, menghentikan bola dengan dada, menghentikan bola dengan perut, menghentikan bola dengan paha, menghentikan bola dengan kaki bagian dalam, menghentikan bola dengan kaki bagian punggung, dan menghentikan bola dengan kaki bagian luar. Berikut penjelasan masing masing caranya:

Lazimnya kaki dalam identik dengan cara menendang untuk menciptakan bola lambung ke depan. Tapi ternyata kaki dalam juga mampu menjadi teknik mengontrol bola yang baik. Pada berbagai kesempatan khususnya saat praktek guru biasanya akan mengajarkannya.

Di lain sisi, kita juga dapat mempelajari tekni menghentikan bola satu ini dari berbagai sumber valid. Misalnya buku pedoman penjas, internet, atau bahkan menyimak penjelasan di kanal youtube. Tapi untuk mempersingkat waktu simaklah cara menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam berikut:

  1. Posisikan tubuh dan pandangan anda menuju datangnya bola.
  2. Pergelangan kaki sedikit diputar dan gunakan untuk menahan bola menuju luar, kemudian tahan dan kunci.
  3. Posisikan kaki yang digunakan untuk menahan bola dengan lurus.
  4. Saat bola telah menyentuh kaki bagian belakang kemudian tarik kaki kebelakang sehingga bola dapat berhenti didepan badan.
  5. Lakukan gerakan lanjutan untuk membawa badan dan kaki kearah depan sehingga berat badan yang digunakan untuk menumpu dapat tertahan.
  6. Posisikan pandangan anda kedepan.

Teknik menghentikan bola dapat dilakukan menggunakan kaki bagian luar. Berikut langkah langkahnya:

  1. Posisikan tubuh menghadap datangnya bola
  2. Posisikan kaki disamping bola yang akan dihentikan.
  3. Letakkan kedua tangan disamping badan.
  4. Putar pergelangan kaki yang digunakan untuk menahan bola kearah dalam kemudian tahan dan kunci.
  5. Arahkan pandangan anda kebola yang akan dihentikan.
  6. Tarik kaki kebelakang ketika bola telah menyentuh kaki bagian luar.
  7. Pastikan bola menyentuh bagian tengah kaki agar bola dapat dihentikan.
  8. Lakukan gerakan lanjutan untuk membawa badan dan kaki kearah depan sehingga berat badan yang digunakan untuk menumpu dapat tertahan.
  9. Posisikan pandangan anda kedepan.

Punggung kaki menjadi salah satu bagian yang menurut saya cukup efektif untuk mengontrol bola rendah yang sedikit mengarah ke atas. Kalau kalian masih bingun simaklah gambar di bawah untuk melihat konsepnya.

Punggung kaki juga dapat digunakan untuk melakukan teknik menghentikan bola. Teknik ini biasanya digunakan saat bola datang dari arah udara. Dibawah ini terdapat cara menghentikan bola dengan punggung kaki:

  1. Gerakkan kaki menuju datangnya bola.
  2. Saat bola sedang melambung kemudian hentikan menggunakan punggung kaki bagian depan atas.
  3. Kunci bola dengan memberikan sedikit tarikan maupun sentuhan menggunakan punggung kaki.
  4. Kemudian anda dapat menjatuhkan bola diantara dua kaki.

Teknik menghentikan bola juga dapat dilakukan menggunakan telapak kaki. Berikut langkah langkahnya:

  1. Teknik ini berlaku ketika pemain menyongsong kearah datangnya bola. 
  2. Buka telapak kaki agar dapat menghentikan bola yang datang.
  3. Tarik telapak kaki kebelakang ketika bola datang. 

Selanjutnya anda dapat melakukan teknik menghentikan bola menggunakan paha. Teknik ini digunakan ketika bola melayang kearah pemain maupun datang dari depan. Dibawah ini terdapat cara menghentikan bola dengan paha:

  1. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  2. Lakukan gerakan tubuh kedepan maupun kebelakang tergantung arah datangnya bola.
  3. Posisikan tubuh bagian bawah yang digunakan untuk menghentikan bola secara seimbang.
  4. Angkat salah satu kaki untuk menghentikan bola kemudian tekuk sedikit.
  5. Hentikan bola menggunakan paha, kemudian jatuhkan bola diantara kedua kaki.

Teknik menghentikan bola dalam permainan sepak bola tidak hanya dilakukan dengan menggunakan kaki saja melainkan dapat dilakukan menggunakan dada. Berikut langkah langkahnya:

  1. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  2. Lakukan gerakan tubuh kedepan maupun kebelakang tergantung arah datangnya bola.
  3. Posisikan badan seimbang dengan bagian dada maupun kedua tangan melebar.
  4. Ketika bola menyentuh dada kemudian tariklah badan kebelakang untuk menahannya.
  5. Kemudian jatuhkan bola diantara dua kaki.

Teknik menghentikan bola yang terakhir ialah menggunakan perut. Gerakan ini digunakan ketika bola sedang melayang dari tanah. Berikut langkah langkahnya:

  1. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  2. Lakukan gerakan menuju arah datangnya bola.
  3. Jaga keseimbangan badan agar bola dapat dikunci menggunakan perut.
  4. Ketika bola menyentuh perut kemudian tariklah badan kebelakang untuk menahannya.
  5. Kemudian jatuhkan bola diantara dua kaki.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik mengontrol bola dan teknik menghentikan bola dalam permainan sepak bola. Lakukan latihan secara runtin agar anda dapat menguasai kedua teknik tersebut. Karena menjadi pemain yang baik memerlukan latihan yang disiplin dan ulet untuk menguasai setiap teknik dasar dalam sepak bola. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.