Uraikan apa yang kamu ketahui tentang administrasi perkantoran?

[et_pb_section admin_label=”section”][et_pb_row admin_label=”row”][et_pb_column type=”2_3″][et_pb_text admin_label=”Text” background_layout=”light” text_orientation=”justified” use_border_color=”off” border_color=”#ffffff” border_style=”solid”]

Administrasi Perkantoran Bukan Pekerjaan Mudah
Tunggu dulu, jangan minder dulu. Sejatinya pekerjaan ini memang memiliki tugas yang cukup komplek, mengenai tata kelola administrasi perkantoran. Ya iyalah namanya juga Administrasi Perkantoran. Tidak hanya mengurusi dokumen-dokumen saja, tapi juga melayani masalah kebutuhan atau sumber daya yang dibutuhkan karyawan untuk bekerja.

Tugas utama Administrasi Perkantoran adalah melakukan perekapan data, mengelola dokumen dan tentunya menyimpannya secara terstruktur. Admin kantor juga perlu membangun hubungan baik dengan setiap karyawan. Karena lagi-lagi bidang yang dikerjakannya ini akan berhubungan dengan karyawan dan manejemen perusahaan.

Ada beberapa tugas yang perlu dilakukan oleh Administrasi Perkantoran, yaitu :

1. Menerima Panggilan Telepon
Seorang admin kantor biasanya yang paling bertugas untuk urusan komunikasi melalui telepon, menerima dan melakukan panggilan melalui telepon dari pihak luar. Di sini perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Untuk perkantoran skala kecil menengah, biasanya ya memang harus bertugas untuk menjawab telepon. Beda jika untuk perusahaan skala besar, biasanya sudah ada divisi lain semisal Customer Service.

Di sini tugas administrasi perkantoran sebagai penghubung juga. Kadang harus berhubungan dengan relasi dari kantor lain untuk urusan kerjasama bisnis dan lain sebagainya.

2. Membuat Agenda Kantor
Dari komunikasi melalui telepon, kadang ada relasi yang ingin bertemu dengan pimpinan perusahaan atau divisi lain. Nah, tugas Administrasi Perkantoran juga harus menyiapkan agenda untuk kegiatan-kegiatan semacam ini. Tapi untuk mengagendakan jadwal pertemuan, perlu adanya komunikasi dengan bagian lain agar jadwal bisa tersusun dengan tepat dan tidak bertabrakan.

3. Entri Data Perusahaan
Nah yang menjadi tugas utama di setiap kantor untuk pekerjaan ini biasanya adalah masalah entri data (rekap data). Data transaksi dari klien, data informasi konsumen dan lainnya harus direkap. Tenang, tidak semuanya di rekap sendiri. Jika perusahaan sudah ada divisi lain, misal divisi gudang, biasanya tugas admin kantor hanya merekap kesimpulan yang telah dilakukan dari divisi lain.

Administrasi perkantoran harus punya ketelitian yang mendalam. Data-data seperti alamat, nomor telepon, dan lainnya harus direkap dengan terstruktur agar mudah untuk dicarinya.

4. Melakukan Arsip Data
Agar data-data mudah dikelola, maka perlu dilakukan pengarsipan. Ini juga yang menjadi tugas Administrasi Perkantoran. Sehingga data dokumen dan apapun itu bisa terorganisir dengan baik.

Sekilas memang terlihat banyak sekali tugas dari Administrasi Perkantoran. Tapi yakinlah, jika Anda sudah tahu dan senang dengan pekerjaan ini, tugas-tugas tersebut tidaklah menjadi beban.

Semua pekerjaan itu ada resiko dan tanggung jawab yang harus diemban. Semua tinggal terserah diri kita masing-masing. Jika Anda memang sudah mantap dengan pekerjaan ini ya lakukan saja.

Saya yakin jika menjalani pekerjaan dengan hati senang dan kita nyaman dengan pekerjaan itu, maka semuanya akan berjalan lancar. Tidak perlu merisaukan apa saja pekerjaannya, yang penting lakukan sesuai tanggung jawab yang diberikan.

Tugas Administrasi Perkantoran ini sangat penting, itu artinya keberadaan Anda di kantor juga sangat vital. Kemampuan Anda sangat dibutuhkan untuk urusan Administrasi ini.

Sumber : ruangpegawai.com

[/et_pb_text][/et_pb_column][et_pb_column type=”1_3″][et_pb_image admin_label=”Image” src=”http://smkn2buduran.sch.id/wp-content/uploads/2019/02/tugas-sekretaris.jpg” show_in_lightbox=”off” url_new_window=”off” use_overlay=”off” animation=”left” sticky=”off” align=”center” force_fullwidth=”on” always_center_on_mobile=”on” use_border_color=”off” border_color=”#ffffff” border_style=”solid”] [/et_pb_image][et_pb_image admin_label=”Image” src=”http://smkn2buduran.sch.id/wp-content/uploads/2019/02/startup-photos.jpg” show_in_lightbox=”off” url_new_window=”off” use_overlay=”off” animation=”left” sticky=”off” align=”left” force_fullwidth=”on” always_center_on_mobile=”on” use_border_color=”off” border_color=”#ffffff” border_style=”solid” /][et_pb_image admin_label=”Image” src=”http://smkn2buduran.sch.id/wp-content/uploads/2019/02/tugas-sekretaris-2.jpg” show_in_lightbox=”off” url_new_window=”off” use_overlay=”off” animation=”left” sticky=”off” align=”left” force_fullwidth=”on” always_center_on_mobile=”on” use_border_color=”off” border_color=”#ffffff” border_style=”solid” /][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

© Shutterstock.com/pobpra Story

Pengertian administrasi perkantoran merupakan kegiatan yang terkait langsung dengan sistem administrasi dalam suatu kantor.

Pengertian administrasi perkantoran ialah serangkaian aktivitas rutin di dalam organisasi yang berhubungan dengan pengelolaan data maupun informasi guna mencapai tujuan tersebut.

Singkatnya, administrasi kantor merupakan serangkaian kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan keuangan, penagian, pencatatan, ataupun distribusi barang serta logistik dalam sebuah organisasi.

Tugas dari administrasi perkantoran adalah menangani keluhan pelanggan tentang kebijakan dan prosedur, serta merekrut atau memilih karyawan. Sehingga seseorang yang melakukan tugas ini biasanya disebut sebagai manajer kantor atau administrator kantor.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian administrasi perkantoran, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Pengertian Administrasi Perkantoran © shutterstock.com/Dragon Images

Selain dari penjelasan di atas, adapula pengelolaan administrasi perkantoran menurut para ahli untuk menambah wawasanmu semakin luas, diantaranya:

1. George Terry

Pengertian administrasi perkantoran adalah perencanaan, dan pengorganisasian suatu pekerjaan perkantoran untuk menjadi penggerak bagi mereka yang menjalankannya tujuan yang telah ditetapkan bisa tercapai.

2. William Leffingwell dan Edwin Robinson

Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, pengertian administrasi perkantoran ialah ilmu manajemen yang membahas pada pelaksanaan pekerjaan dalam perkantoran secara efisien.

2 dari 5 halaman

3. Arthur Granger

Arthur Granger berpendapat bahwa pengertian administrasi perkantoran berfungsi untuk melaksanakan komunikasi pekerjaan kantor dengan tepat.

4. Suparjati

Pengertian administrasi perkantoran adalah proses kerja sama dalam lingkup kantor guna mencapai tujuan yang telah disepakati bersama dengan melakukan fungsi manajemennya.

5. William Spriegel dan Ernest Daview

Sedangkan menurut William Spriegel dan Ernest Daview, bahwa pengertian administrasi perkantoran merupakan pemberian yang tertuju pada semua kegiatan operasional seperti transportasi, produksi, pengelolaan gudang, dan marketing.

3 dari 5 halaman

Pengertian Kantor dan Administrasi Perkantoran

Pengertian Administrasi Perkantoran © shutterstock.com/Dragon Images

Pengertian kantor merupakan organisasi yang menjadi pusat dari kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.

Sehingga ciri-ciri dari kantor adalah alat penyambung pancaidera dan ingatan pemimpin, serta untuk membantu pemimpin merumuskan pekerjaan, metode kerja, guna mencapai efisiensi dalam pekerjaan tata usaha.

Sedangkan pengertian administrasi perkantoran adalah semua kegiatan yang bersifat teknis dalam melaksanakan pekerjaan operatif, untuk memberikan informasi kepada pimpinan, serta membantu kelancaran pengembangan organisasi.

4 dari 5 halaman

Pengertian Karakteristik Administrasi Perkantoran

Pengertian Administrasi Perkantoran © shutterstock.com/DavideAngelini

Seperti yang telah diketahui, pengertian administrasi perkantoran adalah fungsi yang berkaitan dengan manajemen, untuk memberikan informasi, memori, dan komunikasi organisasi.

Sehingga dalam administrasi perkantoran terdapat karakteristik yang harus dipahami sebagai karyawan, diantaranya:

- Terdapat sekelompok orang
- Adanya proses/usaha yang berkesinambungan
- Terdapat Pembagian tugas
- Adanya Bimbingan, kepemimpingan dan pengawasan
- Terdapat Kerja sama
- Memiliki Tujuan

Pada umumnya tujuan administrasi perkantoran ialah untuk mencapai tujuan secara efisien, dimana mereka bisa memenuhi persyaratan dalam hal teknis, ekonomi dan psikologis.

5 dari 5 halaman

Selain itu, menurut Quible (2001), ada lima jenis fungsi pendukung administratif di perkantoran, diantaranya:

1. Fungsi Rutin, yaitu fungsi yang memerlukan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan.

2. Fungsi Teknis, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan pendapat, keputusan, dan keterampilan perkantoran yang mumpuni.

3. Fungsi Analis, yaitu fungsi yang memerlukan cara berpikir kritis dan kreatif guna memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat.

4. Fungsi Interpersonal, yaitu fungsi administrasi yang penilaian analisis sebagai dasar dalam memutuskan sesuatu dan berkomunikasi dengan orang lain.

5. Fungsi Manajerial, yaitu fungsi yang memerlukan perencanaan, pengukuran, serta memberikan motivasi.

Itulah pengertian administrasi perkantoran yang meliputi tujuan, tugas, dan fungsinya menurut para ahli. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

  1. Pengertian Arsip dan Kearsipan Menurut Para Ahli yang Harus Dipahami Seorang Karyawan
  2. Pengertian UMKM Menurut Para Ahli dan Undang-Undang yang Harus Dipahami sebagai Pebisnis
  3. Mengenal Franchise dan Sistemnya yang Bermanfaat Bagi Seorang Pebisnis

  • Pengertian Administrasi Perkantoran
  • Karir
  • Tips Karir
  • Ratu Organic

Daftarkan email anda untuk berlangganan berita terbaru kami

Terkait

Jangan Lewatkan

Editor's Pick

  • Kisah Rul Tanjung, Tukang Setrika Arang di Padang yang Sukses Kuliahkan 3 Anaknya Hingga Sarjana

  • Pengantin Ini Rias Sendiri Wajahnya saat Resepsi Pernikahan, Hasilnya Dibilang Mirip Cut Meyriska

  • Lirik Lagu Let It Die - Ellie Goulding

  • Meski Hanya Digaji Rp200 Ribu Per Bulan, Guru Honorer SD Ini Tetap Bantu Muridnya Belikan Dasi Baru

  • Perbedaan Paling Menonjol dari Money Heist Korea dengan Versi Aslinya, Apa Aja?

Trending

  • Cantiknya Bagai Malam Seribu Bintang, Ini Deretan Potret Margin Wieheerm Tampil Seperti Putri Kerajaan Timur Tengah

  • Mayangsari Bagikan Tips Agar Suami Tak Direbut Pelakor, Netizen: Lupa Ngaca dan Amnesia Ya?

  • Jokes Warganet soal Jalan Rumah Erina Gudono Diaspal: 'Semoga Kaesang Menikahi Wanita dari Tiap Kecamatan Indonesia'

  • Putri LIDA Dihujat Habis-habisan oleh Fans Leslar Karena Ngakak saat Kiky Saputri Roasting Lesty Kejora, Ini Pembelaannya

  • 15 Potret Alif Dilan Cepmek 'Kamu Nanyea?', Perjuangannya Live di Kondisi Ini Bikin Salut Warganet

Apa yang kamu ketahui tentang administrasi perkantoran?

Administrasi Perkantoran adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan kantor agar tujuan kantor dapat tercapai dan pegawai-pegawai merasa puas.

Apa itu jurusan administrasi perkantoran di SMK?

Jurusan Administrasi Perkantoran Jurusan Administrasi Pekantoran mempelajari hal-hal administratif seperti surat-menyurat, pengarsipan, hingga tata cara dan etika kerja di kantor.

Jelaskan apa yang dimaksud tujuan dari administrasi perkantoran?

Adapun tujuan administrasi perkantoran, diantaranya: Administrasi bertujuan untuk memonitoring kegiatan atau data yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi. Agar pengelola usaha bisa mengevaluasi suatu kegiatan-kegiatan dalam pengorganisasian perusahaan.

Administrasi perkantoran tugasnya apa saja?

Biasanya tugas administrasi perkantoran yang lainnya adalah menyiapkan beberapa hal yang pastinya berhubungan dengan penjadwalan serta organisasi dengan baik. Contohnya adalah seperti menyiapkan tiket perjalanan dinas, penjadwalan kegiatan dan meeting.