Yang bukan merupakan perdagangan internasional

Perdagangan Internasional merupakan kegiatan jual beli antara dua negara yang berbeda. Kegiatan tersebut menjadi satu di antara sektor yang mampu meningkatkan perekonomian negara. Pihak yang melakukan perdagangan ini dapat berupa individu, perusahaan atau pemerintah. Ekspor impor menjadi komponen penting dalam perdagangan internasional.

Inflasi

Pada suatu negara dengan tingkat inflasi meningkat dibanding negara-negara tujuan perdagangannya, transaksi diperkirakan akan menurun. Namun, hal ini dianggap wajar. Konsumen dan perusahaan di negara tersebut kemungkinan besar akan membeli lebih banyak barang di luar negeri (karena inflasi lokal yang tinggi), sementara ekspor negara tersebut ke negara lainnya akan menurun.

Adanya pasar bebas

Kebebasan ekonomi atau liberalisme sudah mulai ditanamkan dalam perdagangan internasional. Hal ini membuat siapa saja berhak meningkatkan dan memperluas pasarnya untuk melakukan jual beli produk lintas negara. Pasar bebas dibutuhkan untuk meningkatkan kerja sama antarnegara yang berpeluang menambah pendapatan negara. Kebebasan ekonomi menjadi pemicu individu maupun kelompok untuk berlomba-lomba menambah pasar dan meningkatkan produksi.

Perbedaan kondisi geografis

Setiap negara mempunyai situasi geografis yang berbeda dengan negara lain, yang akan menyebabkan perbedaan pada sumber daya yang dihasilkan. Kondisi tersebut membuat setiap negara tidak dapat memenuhi semua sumber daya yang dibutuhkan sehingga perlu melakukan pertukaran dengan negara lain.

Perbedaan teknologi

Tidak hanya perbedaan sumber daya alamnya saja, perbedaan sumber daya manusianya juga bisa menyebabkan perbedaan kemampuan dalam hal teknologi. Perbedaan teknologi ini menyebabkan suatu negara, yang hanya bisa menghasilkan barang mentah, harus mengekspor ke negara lain untuk diolah dan diimpor kembali ke negaranya dengan harga lebih mahal. Begitu juga sebaliknya, apabila suatu negara hanya maju dalam teknologi saja tanpa adanya pasokan sumber daya alam, mereka membutuhkan bantuan dari negara lain. Inilah peran suatu bentuk perdagangan internasional yang saling menguntungkan.

Kebijakan pemerintah

Pemerintahan suatu negara dapat memiliki pengaruh besar terhadap neraca perdagangannya, mulai kebijakan mengenai subsidi eksportir, pembatasan impor, hingga kurangnya penegakan hukum terhadap pembajakan. Hal ini jelas akan berpengaruh terhadap perdagangan internasional.

Manfaat Perdagangan Internasional

Peluang kerja yang terbuka luas

Manfaat perdagangan internasional pertama adalah terbukanya peluang kerja yang sangat luas. Hal ini dikarenakan perdagangan internasional membantu menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan melalui pembangunan industri-industri baru guna memenuhi permintaan produk di berbagai negara.

Kondisi tersebut tentu akan membantu negara-negara menurunkan tingkat pengangguran. Dengan begitu, buat seseorang yang belum mendapatkan pekerjaan, akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan

Manfaat perdagaangan internasional berikutnya adalah menambah pasar bagi perusahaan. Hal ini dilakukan dengan memproduksi secara optimal, tanpa takut kelebihan produksi dan harga jual yang turun. Dengan adanya perdangan internasional, pengusaha bisa menjalankan mesin-mesin produksinya secara maksimal dan menjual kelebihan produk yang dihasilkan ke luar negeri. Dengan begitu, tingginya produktivitas akan meningkatkan pendapatan.

Membuat hubungan baik antar negara

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari perdagangan internasional adalah terjalinnya hubungan baik antar negara. Hubungan baik tentu akan dibuat oleh negara-negara yang berpartisipasi. Setelah itu, kerja sama-kerja sama lainnya juga bisa dijalankan oleh negara tersebut.

Meningkatka kemakmuran suatu negara

Perdagangan internasional juga memiliki peran penting dalam meningkatkan pendapatan dari masing-masing negara yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan negara yang kelebihan dan kekurangan akan suatu barang dapat menjual dan memperoleh barang yang dibutuhkan. Adanya kegiatan perdagangan internasional akan membuat kebutuhan terpenuhi dan membuat pendapatan menjadi meningkat. Dengan begitu, peningkatan pendapatan negara akan meningkatkan kemakmuran suatu negara yang bersangkutan.

Kebutuhan hidup makin mudah terpenuhi

Adanya perdagangan internasiona juga akan memudahkan setiap negara dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak diproduksi oleh negara tersebut. Hal ini dikarenakan di setiap negara pasti memiliki kekayaan sumber dayanya masing-masing. Mulai kondisi geografis, iklim, tingkat penguasaan iptek, dan lain sebagainya. Hal tersebut yang nantinya bisa dikembangkan dengan memproduksi produk-produk di setiap negaranya.

Sumber : https://www.bola.com/ragam/read/4340829/pengertian-dan-manfaat-perdagangan-internasional-bisa-memperluas-pasar