Yang termasuk komputer generasi ketiga adalah

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga from Frendyka Junaedi

Di zaman yang serba canggih ini, ada banyak alat teknologi yang sudah berkembang pesat dan salah satunya adalah komputer. Dapat kita lihat sekarang komputer sudah bukan merupakan kebutuhan sekunder ataupun tersier untuk sekarang ini karena setiap orang membutuhkan komputer untuk dapat mengetahui segala bentuk pergerakan melalui media-media masa dan elektronik dunia. Namun, siapa sangka bahwa perkembangan yang pesat dari komputer tidaklah di dapatkan dalam waktu yang instan karena terdapat beberapa proses yang di jalani sehingga computer yang kita pakai sekarang ini bisa menjadi canggih dan handal. Maka dari itu, di dalam artikel ini akan dijelaskan tentang salah satu sejarah komputer, yaitu sejarah komputer generasi ketiga.

Komputer generasi ketiga ini berlangsung sekitar tahun 1964 sampai 1970 yang mana pada generasi ketiga komputer ini di tandai dengan ditemukannya IC atau intergrated circuit yang sampai sekarang masih diterapkan pada komputer-komputer modern. IC itu sendiri merupakan sebuah komponen yang di buat dalam bentuk solid (SLT) atau hybrid atau SLT, dan juga monolithic MST. SLT itu sendiri merupakan sebuah transistor yang di letakkan pada satu tempat dengan diode. Dengan adanya penemuan ini tentunya membuat para ilmuwan menjadi giat dalam mengembangkan komputer generasi ketiga menjadi lebih canggih dan modern. Hal ini dapat di lihat dengan ditemukannya temuan seperti MST.

Sedangkan MST itu sendiri merupakan elemen-elemen yang terdiri dari transistor, diode, dan resistor yang diletakkan dalam sebuah chip. MST walaupun lebih kecil namun kemampuan yang di hasilkan tentunya dapat mengungguli SLT. Dengan di temukannya IC pada komputer generasi ketiga oleh Texas Instrument dan Faichild Semiconductor tepatnya pada tahun 1959 yang pada saat itu hanya terdiri dari enam resistor namun dapat kita lihat perkembangan pesat komputer generasi ketiga yang kita lihat sekarang dimana sebuah komputer dapat memiliki jutaan bahkan puluhan dan ratusan juta transistor. Hal ini tentunya merupakan sebuah perkembangan yang sangat luar biasa.

Kelahiran komputer ketiga di tandai dengan berkembangnya teknologi pembuatan untai Terpadu (IC = Integrated Circuit). Komputer generasi ketiga menggunakan sistem sirkuit terpadu ( IC ). Jack Kilby mengembangkan konsep sirkuit terpadu pada tahun 1958 dan Ini adalah penemuan penting dalam bidang komputer. IC pertama kali ditemukan dan digunakan pada tahun 1961 dengan ukuran sebuah IC sama dengan ¼ inci persegi.

Transistor tetap digunakan pada komputer generasi ketiga karena sebuah chip IC dapat berisi ribuan transistor. Beberapa hal yang ditonjolkan melalui pengembangan komputer generasi ketiga ini adalah komputer yang menjadi lebih kecil ukurannya, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih murah. Sekitar tahun 1970 komputer generasi ini sudah dapat dibeli di pasaran. Contoh-contoh komputer generasi ketiga adalah IBM 370, IBM System/360, UNIVAC 1108, dan UNIVAC AC 9000.

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.

Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Pada saat itu mulai juga dikembangkan alat bantu magnetis yang berupa cakram magnetis yang dapat dipakai sebagai alat akses langsung, demikian juga sistem pemakaian komputer secara online dengan menggunakan terminal jarak jauh mulai dikembangkan. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan fasilitas komputer secara online, antara lain perusahaan penerbangan.

Beberapa komputer dari generasi ketiga antara lain sebagai berikut:

1. IBM S/360

ibm.jpg

KomputerIBM S/360 adalah sebuahmainframeyang dibuat pada tahun 1964 dengan menggunakan IC sebagai teknologi dasar rangkaiannya.IBM S/360 merupakan awal komputer modern. NamaIBM S/360 digunakan karena kemampuannya melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yaitu dapat digunakan untuk berbagi aplikasi bisnis maupun teknik. Sistem operasi yang digunakanIBM S/360 adalah :

  • DOS/360 untuk mesin kecil sepertiIBM S/360 model 30 dan 40.
  • OS/360 untuk sistemMultiprogramming.
  • TSS/360 untuk sistemTime-Sharing Multi-user.

2. DG-Nova (Data General Corp. Nova)

dg.jpg

Nova adalah komputer mini 16 bit pertama dirancang oleh Edson de Castro dari DG (Data General). IC yang digunakan berjenis MSI (Medium Scale Integrated Circuits). DG sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan DEC yang tidak puas dengan kebijakan perusahaan. DG membuat Nova pada tahun 1969. Rancangannya mirip dengan PDP-8 dengan kemampuan yang lebih baik. Kesuksesan Nova diikuti oleh penurusnya yaitu Supernova.Sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan Nova adalah DOS dan RDOS. Perangkat lunak yang jalan pada Nova adalah Algol 60 compiler, Fortran IV, dan Basic.

CIRI CIRI KOMPUTER GENERASI KETIGA

Perkembangan komputer generasi ketiga memiliki beberapa ciri-ciri yang perlu anda ketahui diantaranya adalah yang pertama adalah adanya penggunaan IC. Dengan di temukannya IC pada masa komputer generasi ketiga, maka kinerja computer dapat di tingkatkan dengan kecepatan yang lebih cepat dan tepat yaitu hampir 10000 kali lebih cepat apabila di bandingkan dengan komputer generasi pertama. Yang kedua, pada komputer generasi ketiga terdapat peningkatan pada software, kemudian kapasitas memori penyimpanan yang lebih besar jika di bandingkan dengan masa sebelumnya.

Selain itu, pada masa generasi ketiga komputer, komputer sudah mulai menggunakan media menyimpanan luar atau yang lebih di kenal dengan sebutan external disk yang memiliki sifat dalam pengaksesannya dilakukan secara acak. Hal ini merupakan hal yang baik karena dengan berkembangnya berbagai kemajuan membuat penggunaan komputer menjadi lebih hemat daya listrik. Dengan penemuan daya listrik ini tentunya dapat memberikan kemudahan kepada manusia untuk menggunakan komputer karena lebih hemat dan mudah untuk di operasikan.

Adapun Ciri-ciri lain komputer generasi ketiga, yakni :

  1. Komponen yang dipergunakan adalah IC dan Menggunakan MIC (Monolotic Itered Circuit)
  2. Peningkatan dari Softwarenya
  3. Memiliki memori lebih besar dari generasi kedua
  4. Memiliki kecepatan yang lebih besar dan lebih tepat
  5. Memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dari generasi kedua
  6. Menggunakan penyimpanan luar yang sifatnya random access
  7. Penggunaan listrik lebih hemat
  8. Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pendapat pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
  9. Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta megnetik yaitu MICR reader.
  10. Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan komputer generasi ketiga, yakni :

  • Kelebihan :
  1. Lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya
  2. Lebih handal
  3. Energi yang diperlukan lebih sedikit
  4. Menghasilkan sedikit panas dan jauh lebih seidkit dibandingkan dengan komputer sebelumnya
  5. Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam nanodetik
  6. Kipas sudah digunakan untuk pembuangan panas untuk mencegah kerusakan
  7. Biaya pemeliharaan rendah karena kegagalan hardware yang jarang sekali terjadi
  8. Bertujuan untuk penggunaan secara umum
  9. Dapat digunakan untuk bahasa tingkat tinggi
  10. Kapasitas dan sistem penyimpanan yang baik
  11. Serbaguna
  12. Lebih murah
  13. Akurasi yang lebih baik
  14. Produksi komersial meningkat
  15. Mouse dan keyboard sudah mulai digunakan
  • Kekurangan :
  1. Memerlukan AC
  2. Membutuhkan Teknologi yang sangat canggih untuk pembuatan chip IC

BAHASA PEMROGRAMAN GENERASI KETIGA

Bahasa pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan prosedural. Sebagai bahasa prosedural, pemrogram perlu menuliskan instruksi-instruksi yang rinci agar komputer melaksanakan tugasnya. Program ditulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa dipakai manusia, seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu di layar dan READ untuk membaca data dari keyboard.

Bahasa generasi ketiga seringkali disebut sebagai high level language disebabkan bahasa ini menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C, BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.

1. Bahasa Pemrograman ADA

Bahasa pemrograman ADA adalah sebuah bahasa pemrograman prosedural yang didesain di bawah arahan Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada akhir tahun 1970-an dan awalnya ditujukan sebagai bahasa utama dalam membangun perangkat lunak Departemen Pertahanan. Nama ADA sendiri diambil dari Augusta Ada Byron, seorang istri bangsawan (countess) Lovelace yang dianggap sebagai seorang pemrogram komputer (programmer) yang pertama. Bahasa ini diturunkan dari bahasa Pascal tapi memiliki beberapa tambahan semantik dan sintaksis, seperti halnya eksekusi tugas secara serentak, operator overloading, dan juga module.

2. Bahasa Pemrograman FORTRAN

Bahasa FORTRAN yang dipakai pada dasarnya adalah yang mengikuti standar FORTRAN 77. Bahasa pemrogram FORTRAN (singkatan dari FORmula TRANslation) merupakan bahasa pemrograman yang paling lama populer yaitu sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1953 oleh John Bachus dan diproduksi pertama kali sebagai compiler (kompilator) pada tahun 1957. Fitur utama dari bahasa FORTRAN, terutama yang disuse sejak tahun 1977, adalah bahasa yang lebih mengutamakan penulisan program yang tepat, efisien, dan dapat berulang dalam suatu sub-program tertentu (structured-oriented language).

Sampai saat ini, bahasa FROTRAN telah mengalami berbagai kemajuan dan perkembangan dalam standar international, yang dapat disebutkan secara kronologis sebagai berikut :

  • FORTRAN 66 dikenal juga sebagai FORTRAN IV, sebagai standar yang pertama kali diperkenalkan oleh American National Standards Institute atau ANSI,dan diterima secara international pada tahun 1972.
  • FORTRAN 77 ANSI X3.9-1978 sebagai standar bahasa pemrograman FORTRAN terstruktur (structured programming) yang pertama diperkenalkan.
  • FORTRAN 90 ISO/ IEC 1539:1991 mengalami berbagai revisi untuk menjadikan bahasa FORTRAN sebagai bahasa pemrograman komputer yang modern.
  • FORTRAN 95 ISO/IEC 1539-1:1997 merupakan perbaikan minor dari versi FORTRAN 90
  • FORTRAN 2003 ISO/IEC 1539-1:2004(E) mengalami beberapa penambahan object-oriented support dan interoperabilitas dengan bahasa C (sebagai natifnya).

3. Bahasa Pemrograman COBOL

COBOL (Common Business Oriented Language) yaitu bahasa komputer tingkat tinggi / high level language. COBOL diciptakan tahun 1959. CODASYL (Conference on Data System Language) adalah group yang mengembangkan bahasa COBOL. Bulan Januari 1960 bahasa COBOL pertama kali diperkenalkan secara formal, versi yang dikenalkan adalah COBOL-60. Tahun 1965 pembaharuan versi COBOL, dan pada tahun 1968 & 1974 bahasa COBOL dikembangkan dan distandarisasi dengan nama ANSI COBOL ( American National Standards Institute). COBOL 80 atau MS-COBOL dikembangkan oleh Microsoft.

Program bahasa COBOL merupakan program terstruktur yang terdiri dari 4 divisi yaitu :

  1. IDENTIFICATION DIVISION : untuk pengidentifikasian pembuat program, tanggal pembuatan, dll.
  2. ENVIRONMENT DIVISION : untuk informasi keadaan komputer yang dipakai.
  3. DATA DIVISION : untuk informasi mengenai bentuk dan jenis data yang digunakan.
  4. PROCEDURE DIVISION : untuk memuat procedure pemrosesan data.

4. Bahasa Pemrograman ALGOL

ALGOL (Algorithmic Language) dikembangkan oleh sebuah komite international pada akhir tahun limapuluhan. Tujuannya untuk merancang fungsi algoritma baik menggunakan komputer maupun tanpa komputer. Jika dibandingkan belakangan, Algol memperkenalkan beberapa konsep penting. Beberapa cirri yang menonjol dari Algol ini antara lain adalah kemampuannya melaksanakan operasi proses informasi yang umum secara lebih mudah. Peralatan untuk melaksanakan kontrol loop, pada Algol ini lebih luwes dan luas daripada Fortran.

Didalam Algol, variabel global dibedakan dari variabel lokal. Variabel global dikenal oleh semua bagian pada sebuah program, sedangkan variabel lokal hanya dikenal oleh program-blok, disini variabel lokal itu didefinisikan.

Ada satu fasilitas di dalam Algol yang mampu mengelompokkan satu himpunan statement menjadi satu, yang disebut statement majemuk. Statement majemuk ini bisa diperlakukan sebagai keseluruhan statement oleh elemen program yang lain.

Bahasa Algol yang disebut sebagai salah satu bahasa yang diorientasikan kepada penggunaan prosedur, menyediakan suatu lokasi tempat yang dinamis.

Algol lebih banyak dipakai di Eropa daripada di Amerika Serikat. Keturunan Algol yang paling dekat adalah Pascal yang telah mendapatkan popularitas, dan tetap memegang teguh kelebihan Algol sambil terus menambah kemampuannya.

5. Bahasa Pemrograman PASCAL

PASCAL adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.

Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah :

  • Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string, User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
  • Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
  • Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
  • Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
  • Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).

Dalam bahasa Pascal terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk sebuah variabel atau konstanta pada program. Tipe Data tersebut antara lain adalah

Tipe Data Deskripsi (range variabel)

Byte angka dari 0 sampai 255

Integer angka dari -32768 to 32767

Real semua nilai pecahan dari 1E-38 to 1E+38

Boolean nilai TRUE atau FALSE

Char semua karakter dari tabel ASCII

String semua huruf, spasi, frase

Contoh program Hello World menggunakan bahasa pascal adalah sebagai berikut:
Program HelloWorld;

begin

writeln(Hello world);

end.

6. Bahasa Pemrograman C

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.

7. Bahasa Pemrograman BASIC

BASIC adalah singkatan dari Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi. Secara harfiah, BASIC memiliki arti kode instruksi simbolis semua tujuan yang dapat digunakan oleh para pemula. Memang, istilah Bahasa BASIC di sini juga bisa diartikan menjadi bahasa untuk pemula, atau dengan kata lain, disebut sebagai bahasa dasar, tapi hal tersebut dirasa kurang tepat, mengingat BASIC dapat juga digunakan oleh para pemrogram ahli.
BASIC pertama kali dikembangkan pada tahun 1963 oleh John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz yang berasal dari Dartmouth College, untuk mengizinkan akses terhadap komputer bagi para mahasiswa jurusan selain jurusan ilmu eksakta. Pada waktu itu, hampir semua komputer membutuhkan perangkat lunak, dan waktu itu belum ada perangkat lunak yang dijual secara bebas, sehingga hanya orang-orang tertentulah yang dapat menggunakan komputer, yakni para matematikawan dan ilmuwan, karena mereka dapat membangun perangkat lunak sendiri. Bahasa BASIC, setelah diciptakan menjadi menjamur dan banyak dimodifikasi. Bahasa BASIC menjadi bahasa yang paling populer digunakan pada komputer mikro pada akhir tahun 1970-an dan komputer rumahan pada tahun 1980-an. Dan hingga saat ini, menjadi bahasa yang dialeknya beberapa kali berevolusi.

Sejarah adanya Bahasa pemrograman ini yaitu sebelum pertengahan tahun 1960-an, komputer merupakan barang yang sangat mahal dan hanya digunakan untuk tugas-tugas tujuan khusus. Pada saat itu, jenis pemrosesan yang dapat dilakukan adalah batch processing, yang artinya komputer hanya dapat melakukan pemrosesan satu pekerjaan pada satu waktu, dan pekerjaan lainnya akan dilakukan setelah pekerjaan lainnya selesai. Akan tetapi, selama tahun 1960-an, muncullah komputer yang lebih cepat dan lebih terjangkau. Dengan kemampuan pemrosesan yang lebih kuat ini, komputer pun kadang-kadang menganggur, tanpa ada pekerjaan yang ia lakukan sama sekali. Bahasa pemrograman di dalam era batch programming pun didesain untuk tujuan-tujuan khusus, seperti halnya mesin di mana mereka berjalan, seperti halnya kalkulasi formula ilmiah atau pemrosesan data bisnis atau hanya untuk penyuntingan teks.

Seiring dengan turunnya harga komputer, penggunaan komputer pun tidak lagi terbatas pada riset-riset ilmiah dan militer, tetapi merambah kepada penggunaan komersial. Sistem-sitem komputer yang lebih baru mendukung konsep time-sharing, sebuah cara di mana sebuah sistem mengizinkan beberapa pengguna atau proses untuk menggunakan CPU dan memori. Dalam sistem tersebut, sistem operasi akan menggilir proses-proses yang sedang berjalan, dan mengizinkan setiap proses untuk dijalankan oleh CPU (serta disimpan di dalam memori), sebelum pindah ke proses selanjutnya. Mesin-mesin tersebut telah menjadi cukup cepat sehingga kebanyakan pengguna saat itu dapat merasakan seolah-olah mereka menggunakan mesin tersebut hanya untuk sendiri. Secara teori, time-sharing mampu mengurangi biaya komputasi secara signifikan, mengingat sebuah mesin dapat digunakan oleh beberapa pengguna, bahkan ada yang mencapai angka ratusan pengguna.

Contoh Program :

Berikut ini adalah contoh program yang ditulis dalam bahasa Visual BASIC

Private Sub Command1_Click()

Dim a, b As Integer

a = txt1.Text

b = txt2.Text

txt3.Text = a + b

txt4.Text = a / b

txt5.Text = a b

txt6.Text = a * b

txt7.Text = a ^ b

End Sub

Private Sub Command2_Click()

txt1.Text =

txt2.Text =

txt3.Text =

txt4.Text =

txt5.Text =

txt6.Text =

txt7.Text =

End Sub

Private Sub Command3_Click()

End

End Sub

Berikut ini adalah beberapa implementasi BASIC:

  1. Dartmouth BASICadi
  2. Tiny BASIC
  3. GW-BASIC
  4. Microsoft BASIC (MBasic)
  5. Microsoft Visual Basic (VB)
  6. Microsoft Visual Basic.NET (VB.NET)
  7. Microsoft QuickBasic (QBasic)
  8. DarkBasic
  9. Gambas
  10. Borland Turbo Basic

Share this:

  • Twitter
  • Facebook

Like this:

Like Loading...

Related

Video

Advertising