Pengalaman menyenangkan belajar sambil bermain di Kidzania

Alhamdulillah.. Agustus 2016 ini lagi full rezeki banget ke Kidzania. Tanggal 13 Agustus dapat harga diskon bisa main ke Kidzania rame – rame bareng teman sekolah Faeyza, karena perginya hari sabtu jadi Aya bisa ikut, gak perlu bolos sekolah. hmmm… *Ayatersenyumbahagia.

Ini antri mau naik lift dan antri mau masuk Kidzania
Ini antri mau naik lift dan antri mau masuk Kidzania
Aya tanggal 13 Agustus bisa ikut main karena libur.
Aya tanggal 13 Agustus bisa ikut main karena libur.

Bermain sambil belajar melalui establishment yang berada di Kidzania ini bener – bener bikin anak betah berlama – lama main karena anak merasakan langsung bagaimana menjadi peran profesi tertentu. Unsur edutainment-nya terasa banget, yaitu belajar yang menghibur. Jadi sejak Kidzania yang udah tersebar di 18 negara ini, salah satunya berdiri tegak di di Pacific Place, lantai 6 Jl. Jendral Sudirman, Jakarta, tentunya aku dukung banget Aya dan Fa ikutan main di Kidzania. Bayangkan aja sangking semangatnya aku udah pernah ajak Aya main di Kidzania waktu Aya masih umur 3,5 tahun hehehe.. dan hasilnya adalah Aya memilih main masak – masakkan, merawat tanaman, dan disko. Memang banyak permainan yang masih belum bisa dimainkan seusia Aya waktu itu, masih sangat terbatas karena belum cukup umur jadi main tiga permainan aja, setelah itu pulang hahaha.. Makanya nih.. pas tau Aya main di Kidzania lagi dia pengen puas – puasin main apa aja, ya maklum aja siapa sih yang gak suka main di Kidzania ini?, bahkan pertama kali aku melihat Kidzania, rasanya ingin kembali pada masa anak – anak. Seperti mimpi yang menjadi nyata!. Semua anak pasti gak menolak bermain peran menjadi dokter, juru masak, banker, pembuat donat, pembuat mie, jadi pemetik teh, menjadi pemadam kebakaran, pilot, ilmuwan, presenter TV, polisi, dan masih banyak lagi. Wow! Bagi anak – anak ini adalah bermain yang asyik didukung suasana yang menyerupai ‘kota’nya anak – anak, benar – benar pengalaman yang luar biasa kan?.

Faeyza belum punya sim, jadi gak bisa naik mobil dulu, ya udah.. jadi pengisi bensin dulu deh.. hehe..
Faeyza belum punya sim, jadi gak bisa naik mobil dulu, ya udah.. jadi pengisi bensin dulu deh.. hehe..
(sok) Sibuk melayani customer yang datang..
(sok) Sibuk melayani customer yang datang..
Me and Fa
Me and Fa

Dunia anak adalah dunia bermain, dan anak akan mendapatkan kepuasan bermain tanpa beban adalah dimasa kecilnya, masa yang gak akan bisa terulang lagi ketika anak telah beranjak dewasa. Faeyza mendapatkan dua kali pengalaman dalam satu bulan menginjakkan kaki di Kidzania. Pada waktu tanggal 13 Agustus, Fa dan Aya bermain menjadi pekerja di pabrik coklat, pabrik teh, dan menjadi kasir di Ind*mart. Tanggal 25 Agustus, Faeyza ( Aya gak ikut karena harus sekolah) ketiban rezeki lagi dapat undangan dari KEB main sepuasnya di Kidzania.

Tanggal 25 tersebut juga merupakan acara peluncuran Establishment Police Station Cap Kaki Tiga anak Kidzania. Nah.. semua pasti udah tau ya, bahkan mungkin udah berpengalaman bagi anak atau adiknya yang berusia minimal 6 tahun tahun berperan jadi polisi. Sayangnya Faeyza belum bisa main di Police Station karena usianya masih 4 tahun. Padahal aku sendiri udah semangat membayangkan Faeyza jadi polisi baik, berani beraksi nangkap penjahat yang mencuri ramuan formula rahasia larutan Cap Kaki Tiga Anak. Gak apa – apa ya dek… kita tunggu 2 tahun lagi, dan puas – puasin ya main peran jadi Polisi hehe..

Establishment Police Station sebenarnya udah di resmikan Juni 2015, tapi hadir kembali dalam rangka re-launching Police Station Cap Kaki Tiga Anak. Pada waktu acara re- launching ini Faeyza liat banyak kaleng bekas yang dilukis cantik sampai – sampai dia mau ambil salah satu kaleng lukis tersebut tanpa perasaaan bersalah hahaha… Tentunya aku jelaskan kalau kaleng – kaleng cantik itu adalah hasil karya teman -temannya yang sedang mengikuti lomba mewarnai diatas kaleng dan Faeyza gak bisa bebas ambil kaleng – kaleng tersebut begitu aja, harus izin dulu. Wah.. Faeyza sempat terpana sesaat melihat kaleng – kaleng lukis tersebut, tapi namanya anak kecil abis ngomong pengen sesuatu (baca : kaleng lukis dalam hal ini) malah lari lagi kesana sini, Fa gak bisa diam hahaaha.. Tapi semua pengalaman yang mengesankan untuk Faeyza, dan khususnya untuk anak – anak yang ikut lomba mewarnai. Ini menandakan bahwa pengalaman baru bisa bikin semangat, ini juga yang dijadikan salah satu alasan kenapa kemasan baru minuman larutan Cap Kaki Tiga Anak ini perlu diperkenalkan.

Ini dia hasil kaleng - kaleng yang udah diwarnai, bagus - bagus ya..
Ini dia hasil kaleng – kaleng yang udah diwarnai, bagus – bagus ya..
Begini deh suasana lombanya, Faeyza gak bisa diam selama acara berlangsung, lari kesana sini pengen main.
Begini deh suasana lombanya, Faeyza gak bisa diam selama acara berlangsung, lari kesana sini pengen main.

Acara re-launching Police Station Cap Kaki Tiga Anak ini dibuka dengan sambutan drama komedi Peter Pan di gedung Theatre Kidzania. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Kerry Riza, President Director Kidzania Jakarta, ibu Merlyana – GM Marketing Beverages PT. Kino Indonesia, dan Ibu Efnie sebagai pakar Psikolog anak. Menurut ibu Efnie masa kecil adalah masa yang ideal membentuk ikatan kasih sayang antara antara anak dan orang tua, dan ini akan menjadi dasar emotional attachment orang tua dan anak ketika dewasa. Disinilah biasanya peran ibu sangat besar, walaupun tidak mudah tetapi menyenangkan karena menjadi ibu itu adalah seni.

Faeyza menikmati drama komedi Peter Pan ini.. para pemain theater berhasil bikin para penonton ketawa ngakak :)
Faeyza menikmati drama komedi Peter Pan ini.. para pemain theater berhasil bikin para penonton ketawa ngakak 🙂
Bapak Kerry Riza, President Director Kidzania Jakarta
Bapak Kerry Riza, President Director Kidzania Jakarta
Peluncuran kemasan baru minuman larutan Cap Kaki Tiga Anak
Peluncuran kemasan baru minuman larutan Cap Kaki Tiga Anak

kidzania18

Pembukaan Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak. Bapak Kerry Riza, Ibu Merliana, dan Ibu Efnie.
Pembukaan Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak. Bapak Kerry Riza, Ibu Merliana, dan Ibu Efnie.
Minuman Cap Kaki Tiga Anak raksasa, kita foto yuk dek.. ehehehe...
Minuman Cap Kaki Tiga Anak raksasa, kita foto yuk dek.. ehehehe…

Salah satu kedekatan aku, Aya, dan Fa adalah saling bercerita termasuk kalau lagi ga enak badan/sakit. Sakitnya seperti kejedot pelan aja Aya juga cerita lhoo.. Kadang walau aku mikir itu sepele, tetap aja aku tanggapi, minimal aku tanya penyebabnya apa, perasaannya bagaimana, termasuk juga kalau ngerasa tenggorokan ga enak karena panas.

“Ma, tenggorokan Aya panas”. atau sekedar nanya
“ma, Aya anget gak?”.

Hal kecil pertanyaan begini kan kadang bikin ibunya panik, ya kan?. Ini pernah aku alami kira – kira dua atau tiga tahun yang lalu tahun yang lalu, jadi gak konsen karena waktu itu lagi di jalan tiba – tiba Aya ngeluh sakit atau tenggorokannya ga enak karena panas dalam. Aku saranin cari minuman anak dulu, buat jaga – jaga aja supaya gak jadi flu. Agak lama waktu itu cari minuman yang cocok diantara minuman kemasan kaleng di rak – rak terbuka di supermarket. karena aku cari yang memang khusus untuk anak. Menurut aku kalau produk khusus anak bahan – bahan yang digunakan pasti lebih aman. Akhirnya malah Aya yang nemuin larutan Cap Kaki Tiga Anak. Lega juga deh ternyata minuman larutan Cap Kaki Tiga menyediakan minuman untuk panas dalam anak. Yang lebih menggemaskan adalah kemasannya yang friendly banget untuk anak, warnanya cerah tapi lembut, gambarnya juga lucu – lucu. Gambar tokoh kartun Disney, yaitu Mickey Mouse, dan Donald Duck. Dengan 3 varian rasa yaitu rasa Jeruk, Leci, dan strawberry.

Setelah acara re-launching dengan senang hati dong aku pamer ke Aya kalau dia juga dapat minuman Cap Kaki Tiga Anak, eh dia malah ngingetin aku kalau dulu pernah minum Cap Kaki Tiga Anak ini, oyakah?? aku sendiri lupa hahaha… Jadi terbukti ya kalau melalui pengalaman justru lebih gampang diingat oleh anak. Ibu Lani, GM Marketing Komunikasi dari PT. Kino Indonesia, mengatakan bahwa PT. Kino Indonesia perduli terhadap tumbuh kembang anak melalui campaign masa kecil cuma sekali #masakecilcumasekali, yang bermaksud supaya para orang tua lebih memperhatikan buah hatinya untuk mengikuti aktifitas baru anak. Memberikan wawasan pada anak untuk menciptakan pengalaman baru yang dapat memberikan warna baru pada anak. Dari pengalaman tersebut pada akhirnya anak dapat belajar mengambil keputusan terbaik untuk dirinya sendiri.

Salam,
Ristin

Petualangan Hidup Yang Membahagiakan

Kain Batik Penuh Pesona

Sudah beberapa tahun kain – kain batik menumpuk di sudut lemariku, tidak pernah aku lihat lagi apalagi menyentuhnya, hingga suatu saat aku ingin tampil sedikit berbeda, sederhana, modis, dan sedikit etnik. Kain – kain batik yang menumpuk itupun aku lihat lagi satu persatu, menyesal setelah melihat lagi kain batik yang sudah lama teronggok di sudut lemariku itu. Kain Batik dengan motif sederhana, berwarna hitam legam, sangat elegan. Siapa yang tak terpesona melihat Batik Madura ini pikirku? Belum tentu semua orang memilikinya, aku suka motif dan bahannya. Ada batik lain yang masih tersimpan rapi, berwarna ungu lembut dengan motif kekinian. Aku harus menjadikan kain – kain ini menjadi sesuatu yang bisa digunakan dan dibanggakan.
Keputusan untuk menjahit kain – kain batik itu ternyata memakan waktu yang cukup lama untukku, siapa yang tega jika dijahit pada penjahit yang hasil pekerjaannya tidak rapi?. Akhirnya aku malah memutuskan menjahitkan batik hitam dan ungu tersebut pada penjahit keliling, itupun tidak mudah mempercayai mereka, hanya saja kebetulan beberapa kali pernah mengecilkan dress, baju, atau celana pada salah satu penjahit keliling langganan. Hasilnya tidak mengecewakan, dan sangat terbantu dengan kehadiran mereka. Banyak pakaian seperti gamis, dress, celana yang harus di perbaiki dulu sebelum aku pakai, penjahit keliling dengan mengayuh sepeda tanpa lelah berkeliling menawarkan jasa untuk menyelamatkan koleksi pakaian supaya dapat digunakan menjadi lebih nyaman, tak kalah cantik dengan pakaian yang dijual di toko atau mal.

Dibalik kisah Cin – Cin Idaman

Sebenarnya keinginanku ingin punya cin – cin ala India sudah lama terpendam, tapi karena selama berpergian kemana saja tidak pernah terlihat cin – cin idaman itu, sampai suatu ketika aku mengikuti salah satu seminar Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah yang diselenggarakan Organisasi Women for The World, diprakarsai oleh ibu Rosa Rai Djalal. Seminar yang diadakan berkesinambungan itu bekerja sama dengan Universitas Indonesia. Pada acara tersebut banyak aku temui wanita Indonesia hebat yang sukses dengan karir wirausaha mereka. Salah satunya adalah Mbak Ajeng Diah Kusumawardhani dan Ibu Rahmi. Mbak Ajeng seorang ibu yang telah memiliki usaha penginapan Villa Rumah Lembah Bunder, Bogor, selain itu beliau juga melakukan usaha kuliner rumahan yaitu tahu homemade tanpa bahan pengawet, tanpa formalin. Usaha tahunya tersebut diberi nama Tahu Koboy. Sedangkan Ibu Rahmi mempunyai usaha pembuatan aksesoris yaitu cin – cin dan gelang cin-cin bergaya India. Ibu Rahmi memamerkan hasil karyanya ketika pertama kali aku bertemu dengannya. Hampir tidak percaya, cin-cin ala India ini adalah cin – cin yang selama ini aku inginkan, siapa duga ternyata ibu Rahmi membuatnya sendiri, tanpa bantuan siapapun. Ibu Rahmi perantau dari Sumatera Barat ini menderita lupus, ia terpaksa harus ke Jakarta karena ingin berobat, dan baru saja menjalani operasi tulang panggul, tetapi semangat dan perjuangannya begitu hebat. Ia tidak ingin kalah dengan keadaannya, di tengah sakitnya ia masih bisa berkreasi membuat cin – cin dan cin – cin gelang khas India. Hasil karya Ibu Rahmi sangat indah, bahkan aku membeli satu cin – cin, sebenarnya aku ingin membeli dua, yang satunya lagi gelang cin-cin, tapi sayang gelang cin-cin sudah habis terjual. Ketika aku tanyakan kapan gelang cin-cin akan ada? Ia menjawab tergantung kondisi kesehatannya. Ibu Rahmi membuat semua hasil karyanya itu disesuaikan dengan kesehatan beliau dan akupun memakluminya. Ibu Rahmi berjalan dibantu dengan tongkat, bahkan kursi roda, bisa bayangkan bagaimana ia membeli bahan – bahan untuk pembuatan cin-cin tersebut? Ternyata ia membeli secara online, dunia digital telah memudahkan Ibu Rahmi membeli bahan – bahan, sehingga ia tetap berkarya dengan segala keterbatasannya.

cincinindia1Cin-Cin Bergaya India yang aku beli dari hasil karya Ibu Rahmi.

cincinindia2

gelang-cincin-india-gold-mix-colourcontoh gelang india. Sumber foto :dari sini

Selama mengagumi hasil karyanya, dia bercerita bagaimana ia dapat menyelesaikan satu cin-cin yang terkadang memakan waktu dalam hitungan bulan, karena jari – jemarinyapun terkadang tak mampu memegang bahan – bahan cin-cin terlalu lama. Selain itu ia juga bercerita bagaimana perjuangannya ke rumah sakit, berjalan dari satu ruang ke ruang lainnya dari menemui dokter dan mengurus obat – obatan tanpa bantuan siapapun. Ibu Rahmi benar – benar sebatang kara di Jakarta. Ada perasaan kasihan padanya, tapi aku salah menilai dirinya, ia wanita kuat dan optimis, bahkan ia mengatakan bahwa semua yang ia hadapi adalah petualangan hidup bukan cobaan hidup. Aku terenyuh mendengarnya di usianya yang sudah tidak muda lagi dan menderita Lupus, ia mampu berjuang, berkarya, serta optimis menghadapi hidupnya. Semoga saja Ibu Rahmi selalu dilindungi Allah, sehat selalu, hasil karyanya semakin dikenal khalayak ramai.
foto wftwAku, Mbak Ajeng, dan Ibu Rahmi.

Tulisan ini disertakan dalam kompetisi penulisan blog BTPN, dan mengikuti simulasi menabung untuk memberdayakan dari BTPN yang berfokus pada kesehatan, kesejahteraan serta pelatihan praktis keterampilan wirausaha.

hasilsimulasi2Simulasi I : estimasi tabungan awal Rp. 500.000, jangka waktu menabung yang diambil sebanyak 8 tahun.

hasilsimulasi1Hasil Simulasi

Bermain Yuk..

unnamedSumber : dari blog tetangga (klik ini)

Siapa yang gak kenal permainan seperti gambar diatas? Yup… permainan lompat tali adalah salah satu permainan tradisional yang sempat dimainkan saat aku kecil bersama teman – teman. Masih banyak lagi permainan lain yang gak kalah seru, seperti petak umpet ( kalau aku masih kecil nyebutnya alip berondo’, istilah orang Medan, karena memang dulu tinggal di Medan), benteng, kelereng, kasti, ular naga, sapu tangan, bola bekel, engklek, tak jongkok dan masih banyak lagi. Permainan yang bisa mengangkat kebersamaan antar anak, keakraban serta sportivitas itu bisa dikatakan hampir punah, sayang banget yaa… Aku ingat ketika aku masa SD dulu hampir gak pernah bingung mencari permainan bersama teman, banyak teman berkumpul dengan ide permainan yang bisa dimainkan bersama, begitu menyenangkan, seru, dan tentu aku dan teman – temanku jadi lebih akrab.
Bagaimana dengan anak – anak masa kini? Yang aku lihat Aya dan temannya kebanyakan asyik dengan gadget ( eh tapi ini juga hampir ga pernah sih.. karena Aya dan teman akrabnya yang dekat rumah itu gak pake hape, dan kalau main gadget lewat ipad dan itupun udah gak lagi, karena ipadnya rusak hahahaha..). Pernah sesekali Aya sama temannya main engklek, dan lompat tali, congklak, tapi itu hanya sesaat karena teman di sekitar perumahan gak banyak yang bergabung. Gak bisa disalahkan juga.. karena anak – anak zaman sekarang lebih kompetitif. Mereka udah sibuk dengan PR, kegiatan belajar di sekolah dari pagi sampai sore setiap hari, belum lagi kalau ada tambahan pelajaran atau les ini itu, hampir gak merasakan dunia bermain anak – anak. Berdasarkan pengalaman itu pernah tercetus aku dan papayaza ingin membuat taman bermain di depan rumah yang isinya permainan tradisional, gak perlu yang menyusahkan, cukup permainan kelereng, lompat tali, bola bekel, yang gak membutuhkan lahan yang luas. Kalau mau main seperti kasti atau benteng kan butuh lapangan yang agak luas, sedangkan lahan bermain sekarang udah gak ada, kalah dengan bangunan dan lalu lalang kendaraan. Tapi sayangnya itu belum terealisasi karena jumlah anak yang kurang banyak. Agak susah kumpul anak – anak tetangga supaya bisa bermain bersama, karena seperti yang aku ceritakan diatas, anak – anak sekarang harus bisa lebih kompetitif menguasai beberapa pelajaran, plus skill seperti les music, balet, bahasa, dan lain – lain. kecuali kalau ada moment 17 Agustus, atau karena kegiatan ngaji (tapi ini juga Cuma sebentar, karena jadwal istirahatnya kan gak lama).

Melihat fenomena itulah kadang Aya jadi suka nanya tentang permainan – permainan zaman papa – mamanya masih kecil, jadi dengan semangat aku dan papayaza cerita, gimana gak semangat coba??? Karena merasakan dalam permainan itu banyak kenangan menyenangkan bermain dan tertawa bersama teman. Kalau boleh berpendapat, aku mengalami dunia anak – anak yang lebih beruntung daripada zaman anak – anak sekarang, aku masih lebih bebas mengalami dunia anak – anak. Dunia sibukku harus kompetitif dalam pelajaran dan les ini itu, dimulai kelas 5 SD. Jadi Dari usia TK sampai kelas 4 SD, aku masih lebih banyak mengalami bermain ramai – ramai bersama teman.

Untuk menyeimbangkan itu semua, aku selalu tawarkan Aya bermain bersama temannya. Dia yang kerumah temannya (yang dekat dengan rumah), atau temannya yang bermain ke rumah, tentunya dengan waktu tertentu. Gak bisa dipungkiri memang karena harus mengejar tugas – tugas sekolah yang kadang banyak, harus segera diselesaikan.

Zaman udah berubah, masing – masing ada kelebihan dan kekurangan. Berharap suatu saat ada tempat bermain atau taman yang aman dan nyaman dimana anak – anak bisa berkumpul bersama sambil bermain permainan tradisional yang dulu dimainkan hampir seluruh anak. Dunia anak adalah dunia bermain, dan sebenarnya dari bermain itulah mereka juga belajar. Belajar kebersamaan, kerja sama, sportif, saling menghargai, terjalin komunikasi dan keakraban yang lebih baik.

mama-calvin-&-bunda-salfa-giveaway

Tulisan ini diikutkan Giveaway permainan masa kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa.

Hadiah Terbaik


Tiada beban bagiku setelah memberikan hadiah terbaik untuk mama, yaitu kejujuran.

Aku ingin bermain ke rumah temanku, tapi siapa yang bisa menemaniku? Dengan jarak yang gak dekat dari rumah, aku gak yakin mama mengizinkan aku kerumah temanku. Kebetulan waktu itu ada supir yang biasa antar jemput sekolah, dia bersedia mengantarkan aku ke rumah temanku. Akhirnya dia menyarankan untuk pergi diam – diam aja, kalau ditanya mama, jawab aja “ belajar bersama” demikian sarannya waktu itu. Tanpa beban apapun akupun mengikuti sarannya. Setelah pulang sekolah aku langsung ke rumah temanku itu diantar oleh pak supir. Dan selanjutnya apa??? aku berhasil! Yeaayy.. ! siapa yang gak senang bisa main dan kumpul dengan teman sebangku di sekolah?, dan yang paling penting pertemuan kami bukan di sekolah dan diluar jam belajar!, ini hebat menurutku.

Supir baik hati yang telah mengantarkan aku itupun bersedia menunggu aku sampai aku selesai bermain. Temanku mengajak aku makan siang bersama, main bersama, dan yang paling aku ingat saat itu adalah adik dari temanku itu lumpuh, terkulai lemah di tempat tidur tanpa bisa berbuat bebas semaunya karena sakit, hatiku terenyuh saat itu.

Tidak terasa waktu menunjukkan sore hari, pak supirpun menyarankan aku supaya cepat pulang, bak ketakutan kekuatan sihir ibu peri akan segera hilang, aku pun pamit pulang dengan hati bahagia tapi gak enak hati. Mama gak pernah tau kalau aku udah pernah bermain jauh dari rumah, bahkan sampai berjam – jam. Akupun gak ada usaha ngasih tau mama, tapi apa yang terjadi??? Berhari – hari gak tenang, harusnya aku bicara. Tapi aku lebih memilih diam.

Kejadian dua puluh tujuh tahun yang lalu itu telah mempertemukan aku dengan kejujuran yang sebenarnya. Diam dalam kebohongan selama tiga minggu bagi anak SD adalah kegelisahan yang luar biasa, kecamuk dalam hati karena berbohong, mungkin ini cara yang kurang tepat.

Akhirnya kejujuran itu meluncur dari mulutku sendiri, dan kemarahan mama yang aku pikirkan selama ini gak pernah terjadi, mama malah tersenyum. Pengalaman ini sangat melekat di dalam hati.

Tulisan ini tidak bermaksud menyalahkan siapapun
Karena kejujuran yang tulus adalah dari hati.

Mama juga telah menyentuh hatiku untuk berhijab. Kejujuran berikutnya untuk aku sebagai wanita muslim adalah berhijab. Sebelum aku berhijab justru mama sering membeli majalah muslimah yang disarankan untuk berhijab. Waktu itu gak sedikitpun aku tersentuh pengen berhijab, memang waktu masih SMP udah pengen berhijab tapi itu hanya angin lalu. Dari majalah – majalah pemberian mama pelan – pelan hatiku mulai terbuka. Gak pernah sedikitpun ada paksaan atau sekedar ikut – ikutan, justru kata perkata dari majalah yang mengajariku tentang hijab. Secara tidak langsung mama telah mengajarkan aku tentang kejujuran seorang wanita muslimah yang bangga dengan identitasnya yaitu dengan berhijab. Akhirnya aku berhijab karena kejujuran dan rasa syukur. Bagiku ini merupakan hadiah terbaik untuk diriku, mama, dan keluarga.

Me & Mom

Tulisan ini adalah pengalaman yang sebenarnya oleh penulis yang disertakan dalam lomba Moxy. Aku ngerti kalau hadiah terbaik untuk mama gak tergantikan dengan apapun, karena pengorbanannya udah mengandung selama 9 bulan dengan penuh kasih sayang. Tetapi lewat kata – kata sederhana ini setidaknya aku ingin melihat mama tersenyum.

Ikuti Quiznya Berhadiah Voucher Belanja Ratusan Ribu Rupiah.

Saat ini yang namanya belanja online sangat – sangat – sangat menggoda iman dan dompet ya, hihihi.. Pengennya dibeli semua, karena emang butuh atau karena lapar mata aja. Ngaku kan kalau kamu juga termasuk salah satunya ? Hahaha.. Ya lah.. aku pun kadang – kadang gak kuat pengen nge klik – klik tombol di gadget atau leppy buat beli barang yang disukai di toko online. Apalagi kalau barang yang ditemukan itu udah diidam – idamkan sejak lama, pokoknya harus punya, harus beli, harus dapat! hahahahaha.. Tapi suka sedih kalau udah akhir bulan uang di dompet makin tipis, tapi barang yang diidamkan udah manggil – manggil.. duh gimana dong kakak??? kayaknya kalau cari barang yang sama tapi bisa diskon kan lumayan juga yaa.. Ngarep banget ceritanya hahahaha..

Namanya juga usaha :p, harapan itu pasti bikin kita untuk terus usaha cari tau kan?, akhirnya antara iseng dan ngarep, browsing – browsing deh dari mbah Google, informasi apa aja pokoknya yang bisa kasih aku sesuatu yang bikin belanja hemat dan smart gituuu.. Hari gini kayaknya berharga banget bisa dapat diskonan ya hehehe. #emakemakdoyandiskon :p. Eh ada yang tau gak sih barang – barang yang aku idam – idamkan itu apa? Tjentunya perabotan rumah tangga atau elektronik juga oke, pokoknya yang bisa bikin rumah jadi nyaman karena lengkap dengan perabotan cakepnya.

Pencarian itupun berakhir di website Flipit.com, karena ada quiznya . Lumayan juga ini semacam iseng – iseng berhadiah, ikutan quiznya gratis kok.. tapi kalau beruntung bisa dapat hadiah berupa voucher belanja IDR 500.000. Hmm… Hayoo makin godaan belanja onlineku ini terpengaruh lagi, tapi ini kan lucu kakak… ikutan quiz gak bikin rugi apa – apa, menang syukur dapat voucher belanja perabotan rumah tangga dan barang elektroniknya. Kalau gak menang, gak apa juga.. minimalkan udah dapat informasi tentang tempat atau wadah yang nyediain kupon diskon itu ada dimana? Ya kan? Ga tanggung – tanggung lhoo ini bisa belanja dari beberapa gerai online tenar dapat diskon dengan kupon kode dari Flipit Indonesia. Gerai onlinenya misalnya VIP Plaza, Sportdeca, Pegipegi, Blibli, Lazada Indonesia, Berrybenka, Zalora Indonesia, Bobobobo, Bilna, The Body Shop Indonesia, GoIndonesia, Hotels.com, MatahariMall, Luxola Indonesia, AirAsiaGo Indonesia, dan masih banyak lagi.

Nah.. sekarang kita coba ya quiznya, seru juga lhoo serasa main game the Sims, hahaha.. lebay..:p. Maksudnya karena quiznya milih – milih desain ruangan yang kita sukai, bikin kita jadi ngayal dikit hehe.. misalnya ruang tengah kesukaan kita desain yang seperti apa? di ruangan terbuka penuh dengan tanaman? atau di ruangan yang elegan nan artistik?. Lanjut ke ruang private seperti kamar mandi, misalnya, desainnya ada yang diruang penuh taman? atau di ruangan mewah bak ruang kerajaan? hahaha.. beneran asik deh.. coba cek disini : http://www.flipit.com/id/lazada. Nanti akan muncul gambar seperti ini :

imageklik bagian tulisan ikuti quiznya.

Kalau udah nanti akan ada jawabannya kita suka tipe rumah seperti apa. ( ini hasil aku share di Facebook). Contohnya seperti ini : IMG_20151103_233850Setelah ikutan quiz ini, nanti akan ada notifikasinya ke email kita kalau kita udah ikutan quiz.

Kalau udah ikutan quiznya, tunggu pengumumannya tanggal
16 November 2015, dan akan diumumkan di social media Flipit indonesia (FB dan Twitter). Tunggu apa lagi? buruan klik dan ikut Quiznya :), siapa tau dewi fortuna lagi menyertai, dapat deh voucher 500.000.

Facebook : Flipit.com
Twitter : @FlipitID

The Little Big Master tontonan mencerahkan hati di Celestial Movie

Nonton bareng

Bisa nonton bareng bareng blogger itu rasanya sesuatu, jarang – jarang bisa, apalagi ini weekend dan lokasinya familiar untukku, jadi langsung tunjuk tangan ketika diajak nonton bareng tanggal 17 Oktober lalu, jam 11.00 – 13.00. Ya kan mumpung ada bapaknya anak – anak bisalah aku dan Aya nonton. Kok Fa gak diajak? Maklum kan dia belum mau nonton di bioskop hehe.

Baru sampe di lokasi, kita semua harus daftar ulang dulu, plus ambil voucher snack dan minuman, lumayan dapat popcorn dan minuman gretongan hahaha.. Aya yang merasa seneng banget karena semua gratisan, dasar doyan gratisan juga yak? Hahahaha..

nobar4Ketemuan dengan Sarrah Ghina, reuni kecil dari Fun Blogging. (Foto Milik Sarrah Ghina)

Jilbab pengganti tissue

Jangan lupa ya sebelum nonton The Little Big Master, siapin tissue yang banyak, jangan kayak aku, kemarin nonton ga ada tissue di tas. Biasanya sedia, dan ga nyadar kalau tissue udah abis, jadilah ujungnya jilbab pengganti tissue menghapus air mata hahaha.. Tapi tau gak sih? Kebanyakkan nangisnya aku tahan, karena malu kalau keluar ruangan mataku bengkak hahahahahha.. Jadi nangisnya pake jaim juga, walo kadang kelepasan air mata ngucur deras hahahha.. Tapi lebih baik jangan ditahan ya nangis, karena tenggorokan jadi sakit nahan nangis :p.

Kisah nyata yang menyentuh hati.

Lui Wai Hung (diperankan oleh Miriam Yeung) sebelum mengajar di TK Yuen Tin, adalah kepala sekolah di sekolah anak berbakat yang ternama. Terkadang ia merasa tidak nyaman dengan kondisi di sekolah karena uang lebih berkuasa. Seperti contohnya, ketika salah satu muridnya stress karena terlalu ditekan kemauan orang tua, Hung sebenarnya udah menyarankan orang tuanya memindahkan anaknya di sekolah biasa, karena khawatir kondisinya makin menyedihkan. Orang tua murid tidak menerima keputusan Hung, akhirnya tetap memaksakan anak mereka sekolah ternama tersebut, karena orang tuanya menganggap punya uang untuk bisa mengatur sekolah dan anak – anak mereka. Tidak lama setelah kejadian ini, Hung menetapkan resign karena hati nuraninya menolak dengan gaya pendidikan semacam ini. Hung memutuskan akan jalan – jalan keliling dunia bersama suaminya, Dong (Louis Koo). Rencana boleh saja dilaksanakan, tetapi pada kenyataannya, ketika Hung sedang fitness, ia melihat berita tentang penutupan TK karena kekurangan murid. Jiwa kemanusiaannya tergugah, Seperti ada dorongan seorang pendidik untuk menolong 5 murid yang terancam putus sekolah tersebut. TK Yuen Tin membutuhkan tenaga guru sebagai kepala sekolah, dengan upah hanya 4500 HK$. Hung mengajukan diri sebagai kepala sekolah, walaupun banyak orang – orang penduduk disekitar mencibirnya, mereka yakin TK tersebut akan tutup secepatnya. Hung tetap pada pendiriannya, ia berniat menolong dengan ikhlas hati. Pada mulanya Hung dibantu Dong memperbaiki fasilitas sekolah, membersihkan halaman sekolah, membersihkan dan merapikan kelas hingga terasa lebih nyaman.

Berkenalan dengan 5 gadis kecil.

Kelima aktor cilik ini sangat bertalenta. Ucap Miriam Yeung dalam salah satu wawancaranya. Siapa saja pemeran gadis – gadis cilik dalam Little Big Master? mereka semua berakting sangat alami dan menggemaskan. Mereka terpilih diantara 400 anak dalam kasting terbuka.

Ho Yun Ying Winnie sebagai Siu Suet. Siu Suet menunggu ibunya begitu lama, karena ibunya masih menunggu visa di Cina daratan. Ia hanya tinggal berdua dengan ayahnya yang sudah tua dan sakit – sakitan. Siu Suet terkadang membantu ayahnya berjualan besi tua untuk mendapatkan uang. Selain itu, ia juga mengurus pekerjaan rumah tangga.

Keira Wang sebagai Tam Mei Chu (Chu Chu). Chu Chu takut pada hujan badai, dan menganggap monster guntur itulah yang menghilangkan orang tuanya karena kecelakaan ditengah badai. Chu Chu hidup sebatang kara yang diadopsi bibinya, bernama bibi Han.

Fu Shun Ying sebagai Lo Ka Ka (Ka Ka). Ka ka sangat dewasa diusianya yang terhitung masih kecil. Ia ketakutan orang tuanya berantem hebat, dan kehilangan mereka. Ka Ka tidak sekolah karena menjadi penengah agar orang tuanya berdamai.

Zaha Fathima & Khan Nayab sebagai Kitty Fathima & Jenny Fathima. Mereka adalah kakak beradik yang berada dalam tekanan keluarga. Ayahnya Menganggap pendidikan untuk anak perempuan tidak penting.

Lui Wai Hung, bagaikan guru yang baik hati yang dikirim dari Tuhan, ia benar – benar seorang pendidik yang mengayomi anak – anak didiknya. Bukan saja sebagai kepala sekolah dan guru, tetapi juga menolong murid – muridnya itu melalui pendekatan pada keluarga masing – masing, bahkan melalui perhatiannya itu keluarga mereka jadi semakin dekat dan saling perhatian. Salah satu adegan yang berkesan ketika Hung memberikan tugas untuk menuliskan impian – impian orang tua mereka. Walaupun para orang tua meremehkan tentang impian mereka, akhirnya mereka bercerita apa impian mereka masing – masing. Bibi Han misalnya, ingin menjadi miss Hongkong. Tuan Ho, ayah Siu Suet bermimpi ingin menjadi pilot. Sedangkan Lo Keung walau kakinya pincang, ia ingin menjadi atlet. Ibu dari Jenny dan Kiki, nyonya Lo, bermimpi ingin menjadi pemadam kebakaran. Sesaat terukir senyum pada wajah mereka setelah menceritakan impian mereka, anak – anak takjub dengan impian orang tuanya. Hung sendiri mempunyai impian agar bisa terus mengajar di TK Yuen Tin, penuh harap agar TK tidak ditutup.

Little Big Master - 7(sumber foto dari email Putri)

Hung sangat optimis bisa merekrut murid – murid baru, dibantu para orang tua dalam acara perekrutan murid. Para murid pun semangat akan mengadakan pertunjukkan tarian mereka dipanggung, untuk menyambut teman – teman baru. Namun apakah semua bisa direalisasikan ditengah kondisi Hung menderita tumor yang harus dioperasi? Apakah impian Hung akan terwujud?. Dapatkan jawabannya malam ini, 25 Oktober 2015, di Celestial Movie, jam 20.00.

nobar2Aya senang banget bisa nonton Little Big Master, ia sampe terbawa mimpi setelah nonton, ingin bertemu dengan 5 aktris cilik pemeran murid TK Yuen Tin, katanya :). Makasih mbak Putri yang udah menyediakan seat untuk Aya. 🙂

nobar1Bergaya dulu sebelum nonton. 😀

nobar3Pembukaan acara, dan pengarahan lomba Twitter dan Blog dari Kartika Putri Mentari.

Sutradara dan Produser yang cakap dan handal.

Sutradara Andrian Kwang & produser Benny Chan mengemas cantik film ini menjadi tontonan yang sangat menginspirasi. Andrian Kwang dikenal sebagai “sutradara Injil”, karena menyebarkan harapan dan nilai – nilai positif melalui film – filmnya. Contoh film lainnya seperti Life is a Miracle, if you care, who am I ?. Andrian Kwang yang juga penulis skenarionya, bersama Hanna Ceung, yaitu penasehat psikologi Senior. Mereka mengangkat kisah nyata ini ingin menyebarkan semangat cinta kasih, perduli dengan sesama.
Produser Benny Chan sendiri dianggap sebagai ikon dalam dunia perfilman aksi terbaru di Hongkong. Film – film Hongkong yang pernah di produksi adalah A moment of romance, yang dibintangi Andi Lau, dan beberapa filmnya lainnya yang dibintangi aktor – aktor terkenal HongKong.

Aksi kemanusiaan Hung sangat tulus hingga alam pun menolongnya untuk tetap mengajar di TK Yuen Tin. Jiwa kemanusiaan yang telah diajarkan Hung pasti telah menggelitik semua penontonnya, agar terus melakukan kebaikkan. Celestial Movie telah berhasil memberikan tontonan yang menggerakkan hati untuk saling tolong, dan yang terpenting penuh keikhlasan dan optimis.

Terima kasih Fun blogging dan Agrakom yang udah memberikan kesempatan kami nobar film bagus ini, terima kasih juga Celestial Movie yang bikin kita makin I Love HK Movies. :).

Negeri tape pengikat silahturahim

Sebenarnya cerita kali ini mau obrolin pas lebaran kemarin. Aih.. malu yaa.. telat amat ceritanya,hahahaha.. iya.. telat banget. Karena waktu itu Lovelyristin baru pindahan banget, masih bingung, jadilah cerita ini disimpan aja. Tapi.. sayang juga kalau disimpan sendiri, karena banyak kenangan indah (menurut aku) yang sayang kalau cuma dianggurin di pojokan. Apalagi mendadak aku terima email dari Indonesian foodblogger, yang temanya ternyata gak jauh – jauh seperti yang pengen aku ceritain ini. Tentang kuliner ketika mudik. Tapi ya maafkan ya kalau di cerita ini justru cerita kulinernya gak sepanjang posting, dikarenakan kisah lebaran gak melulu tentang makanan aja kan? Hehe.. Tapi tenang aja deh.. karena bukan suasana lebaran lagi, aku mau cerita sedikit di negeri tape yang udah sering aku kunjungi sejak kecil ini tentang kota dan sedikit kulinernya. Sayang amat disayang.. sampe saat ini sebenarnya aku pun belum terlalu menjelajah terlalu jauh tentang kota ini.

Negeri tape aku menyebutnya disini, karena sejauh yang aku tau Bondowoso ini penghasil tape yang uenak banget! Walopun ada di beberapa kota seperti Situbondo, Jember, dan Kuningan. Ini sejauh yang aku tau, mungkin ada yang bisa tambahkan. Di Bondowoso merk tape macam – macam, yaitu Tape 07, 82, 31, 66. Jangan tanyakan di musim lebaran tape – tape ini sulit ditemui, apalagi yang udah terkenal enak dengan nomor tertentu.

Di kota kecil inilah ditemukan juga patung yang terkenal dengan nama gerbong maut. Mungkin udah banyak yang tau tentang patung ini yaa.. Aku sendiri dengar kisah Gerbong Maut ini ketika masih SD, rasanya tidak perlu diperpanjang lebar kisah yang udah umum ini disini yaa.. karena dengernya juga ngilu hehehe..

Lebaran lalu kami sekeluarga besar mengadakan reuni keluarga atau semacam family gathering gitulah.. isinya juga lucu, selain makan – makan pastinya.. tukeran kado, hiburan, dan tentunya saling mengakrabkan diri pada generasi penerus di keluarga kami, intinya jangan sampai tali silahturahim ini terputus.

Menu makanan yang dihidangkan juga hidangan sederhana dan tradisional, seperti pisang goreng, singkong rebus, kacang rebus, dan lainnya. Sedangkan untuk makanan utamanya terdapat bakso, telur petis, mie goreng, dan lain – lain. Walau sederhana tapi terasa nikmat luar biasa. Jadi untuk sementara lebaran yang lalu menu lontong dan opor ayam tidak ada dulu, karena kami sedang kangen masakan khas daerah Bondowoso, terutama masakan yang Indonesia banget gitu lhoo hehehe..

Lebaran1

lebaran9Sayang yang hadir diacara reuni keluarga lebaran tahun ini kurang lengkap. Selain memang para sesepuh yang sudah mendahului kita (semoga arwah mereka tenang dan diberi kelapangan di sisi Allah, aamiin..), selain itu banyak yang berhalangan hadir.

Hal yang terbiasa aku dan keluargaku lakukan setelah acara kumpul berlangsung, kami ngepantai dulu dong ke Pasir Putih Situbondo, alasan utamanya kangen banget sama sate lalernya. Sate laler ini bentuknya imut – imut, tapi banjir bumbu kacang yang super endesss!! Sayangnya ketika kami kesana, kangen tak tersalurkan karena gak nemu yang jual sate laler, malahan pada main odong – odong.. huuahahahaha…

lebaran8Nah.. kan pada seru naik odong – odong ahahahahha…

lebaran7Aya dan Millie yang sibuk main pasir.

Libur lebaran bagiku adalah moment yang membahagiakan, tentunya selain moment memaafkan, tapi juga lagi penuh kuliner hehehe.. Apalagi kalau udah bisa mudik gini.. uhuy banget deh! siapin selalu perut walopun udah kenyang hahahaha.. Ya gimana bisa nahan coba ya? makanan enak – enak begini gak mungkin di tolak, contohnya nih.. makan bakso Larasati yang berlokasi di Besuki. Kampung halaman eyangku, orang tua dari papaku. Sungguh! ini Bakso bener – bener premium! enak banget! Belum nemu deh tipe bakso begini di daerah Jakarta – Bekasi, karena ini emang bener – bener kaldu, tanpa MSG, tanpa pengawet apapun.. dan pengunjungnya rame benerrr.. Jangan lupa kalau lagi nyasar ke Besuki – Jawa Timur, wajib kunjungi dulu Bakso Larasati yaa…

lebaran10penampilannya biasa banget… tapi jangan percaya hanya dari penampilan yaa.. kudu ini coba dulu hahaha..

Gak banyak berkunjung Kuliner pada saat di Besuki, karena tujuan utamanya juga kan sambung silahturahim, jadilah wara wiri kunjungan sana sini ke rumah pakde – budeku. Kulinernya tentu aja kue lebaran haahahha…

lebaran6

Kunjungan dan kulineran selama Lebaran kemarin terasa begitu cepat, singkat, dan padat. Perjalanan ke Surabaya sedikit – sedikit sih tetep masih ada kulinernya, yaitu roti butter merk Matahari dari Sidoarjo. Roti kesukaan sejak kecil. Terus Rawon Nguling yang udah terkenal pastinya yaa.. gak afdol kalau gak makan di Rawon legendaris itu. Tapi ada lucunya juga makan di Rawon Nguling ini, Karena beberapa kali datang kesana dihari libur lebaran, jadi sering mengalami keterlambatan pemesanan. Pernah sekali waktu entah di tahun berapa, tepatnya aku masih SMA mungkin, kita nunggu pesenan kita datang sampe sejam lebih. Selain pengunjung yang rame, ternyata tenaga pelayannya juga kurang banget. Alhasi.. kita – kita bantuin pelayannya ngangkatin pesenan kita supaya bisa cepat makan hahahahha..
Kejadian keterlambatan kemarin hampir terulang, tapi bisa diatasi, setidaknya gak sampe sejam lebihlah yaa.. haha..
Oya.. kita juga berniat kuliner bebek di Bangkalan, Madura. Bebek Sinjay yang terkenal uenak, katanyaa.. iyaaa.. aku masih belum bisa cerita banyak karena pada waktu mau makan, antriannya gak kuaaattt.. panjang bangetttt… Gak bisa deh kita ikutan antri, sayang banget kaann?? Kalau saja gak ingat jadwal penerbangan saat itu, rasanya pengen ikutan antri menikmati si Bebek Sinjay. Belum Rezeki… *sigh.

bebek sinjay5Sumber gambar dari sini

Sesampainya di Surabaya, gak terlalu banyak aktifitas, karena udah malam juga.. para balita udah lelah pengen cepat tidur, yoweslah.. lebih baik istirahat, karena papayaza lagi gak enak body,, alias kena wasir mendadak, bikin ketar ketir karena perjalanan masih harus berlanjut besok pagi, Semoga besok pagi udah baikkan, aku penuh harap.
Besok paginya Alhamdulillah deh papayaza udah baikkan, walau agak telat sarapan bareng, tapi udah legaaa banget.. setidaknya perjalanan pulang gak tersiksa kesakitan.

lebaran2Ikutan Aya dan Faeyza sarapan roti,dan aku tambahkan bubur ketan hitam. Tapi perutku ini Endonesia sekali, jadi tetep aja cari nasi setelah makan roti hehe..

lebaran5Gak nyangka Hotel I*is sediakan jamu untuk menu sarapan. Pas banget kalau gitu, biasanya aku kasih papayaza jamu untuk obatin wasirnya. Lumayanlah yaa.. kalau gitu.. minum jamu dulu deh mumpung ada, itung – itung pengobatan juga kan hehe..

lebaran3Jamu adalah salah satu minuman dan obat tradisional yang harus dipertahankan. Aku ikutan minum kunyit asem supaya sehat lah yaa… 😀

Perjalanan singkat penuh kesan ini bukan cuma bikin happy, tapi ajang pencarian kuliner itu selalu ngangenin, ya kan? walaupun belum tau kapan bisa icip lagi.. khususnya si Bebek Sinjay ini, bikin penasaran banget!. Tunggu ada kiriman dari Suramadu hehehe.. Jadi karena belum tau kapan bisa kesana lagi. Mampir – mampir ke tempat – tempat kuliner di Jakarta deh.. atau cari suasana pantai?? nah.. kan jadi inget lagi deh.. aku lagi kangen banget suasana pantai, apalagi kalau dapat kuliner enak disana ya?? bisa makan berdua aja gitu sama papayaza, berasa romantis, hahaha.. jadi ngayal! Udah ah.. kebanyakan ngayal.. mendingan langsung aja bikin strategi rayuan supaya papayaza mau diajak makan dipantai ya?? seru pastinya, dan pasti Aya dan Faeyza suka! 😀 hiihihihi…

Lovelyristin. Suatu hari dibalik kisah.

cerita di balik blog

Awalnya Lovelyristin ada karena masa adaptasi dan masa galauku berada ditengah – tengah relung hatiku *bahasanyagakuatya. Ya jujur aja ngeblog di dunia maya ini pertama kali bikin bingung, malah nulis – nulis gak jelas, dan belum tau gunanya blog juga bisa untuk cari teman. Siapa sih yang gak suka tulisan hasil sharingnya dibaca orang lain? Di komen? Seperti ada atensi tingkat tinggi yang bikin aku klepek –klepek, terharu awalnya beibeh.. karena mampir ke blogku tanpa ada komen aja udah bikin aku senangnya minta ampun, ditambah kalau ada yang komen baik – baik, blogwalking kesini, siapa yang gak suka? Aku merasa tersanjung dengan semua itu.

Oke, tutup dulu masa gede rasanya itu yaa.. karena nulis di Lovelyristin ini bermula karena masa resign yang disusul kehamilan anak kedua. Sungguh moment yang bikin kehilangan masa bahagia masa lalu, yaitu gak bisa sebebas dulu ketika anak masih satu, ada asisten rumah tangga yang telaten urus Aya, ditambah masih kerja kantoran, masih haha – hihi sama teman – teman, bebas pergi sana sini, bebas beli ini itu dari uang sendiri. Dan mendadak semua berubah dalam posisi di dua hati. Pilihan memang berada ditanganku, tapi mengalami posisi dua hati itu berlangsung lama bikinku gak mudah juga menghadapinya. Perubahan memang membutuhkan proses yang gak instan, banyak hal – hal menyenangkan masa lalu yang gak ingin rasanya pergi begitu aja, tapi inilah hidup.. harus memilih kan?. Lovelyristin bantu aku lewatin ini semua.

Lovelyristin bagian terapy aku melewati hari – hariku. Menjadi ibu rumah tangga ternyata pekerjaan yang lebih berat daripada yang aku rasakan selama ini. Asisten rumah tangga yang dulu bisa bantu harus resign juga karena menikah, insomnia, ditambah aku hamil pula, flek – flek yang panjang yang mengharuskan aku bedrest total, lahir bayi premature, dan menghadapi si kakak yang cemburu berat. Duh.. kalaulah Lovelyristin itu gak ada, rasanya berat jalani itu semua. Dengan berbagi kisah dan pengalaman di Lovelyristin ini aku merasa banyak menemukan teman senasib sepenanggungan. Jadi secara gak sadar, suka senyum – senyum sendiri dengan cerita pengalaman teman blogger yang lain.
Nah, setelah adiknya Aya lahir, tentunya makin banyak drama yang aku jalani untuk selesaikan postingan demi postingan, bahkan kadang jadi gak update postingan bisa sampe dua bulan hihihi.. yamaklum agak susah untuk update ditengah kesibukan urus bayi. Tapi ketika Faeyza udah usia diatas lima bulan, aku justru jadi susah banget tidur. Kadang malah takut untuk tidur. Bukan karena ngalamin mimpi buruk, tapi karena tubuhku yang gak sehat. Tulang rasanya mau patah kalau bangun tidur, sakitnya bukan main, makanya aku jadi suka malas tidur sampe hampir dua tahun. Alhasil.. karena aku susah tidur, larilah ke ngeblog, nulis – nulis gak jelas, kadang blogwalking juga, ditambah chatting dengan sahabat nun jauh dibenua seberang. Lumayan terhibur walopun besoknya malah jadi teler karena ngantuk hihihi..

Tau gak sih? Apa aja kegiatanku setelah punya Lovelyristin? Jadi suka cari – cari tema dikegiatan sehari – hari, ya seru aja kan berasa penting hahahaha.. masaklah di update, kegiatan anaklah di update, jalan – jalan juga ikutan di update, kulineran apalagi… bahan seru yang gak boleh dilewatkan begitu aja untuk di tulis di blog. Jadi setiap mau pergi, di tas isinya gak jauh dari gadget dan kamera, hahaha.. Majalah atau potongan artikel di Koran yang rasanya bagus untuk dijadikan bahan tulisan ikutan masuk deh di dalam tas hehe. Ya maklum demi update postingan :p, Kadang ada aja tema atau tulisan yang bisa diangkat tanpa harus copy paste tentunya. Nah.. buat yang copas – copas : be creative dong.. Ciptakan peluangmu, masih banyak kok tema menarik yang bisa digunakan untuk content blog. #okeedehkakak

WaktuberjalanWaktu berjalan begitu cepat. Gak terasa foto lama ini waktu Aya masih ompong, Fa masih 1 tahun lebih. Dari mereka ide Lovelyristin ini ada. 😀

Hmm.. apalagi ya kira – kira dibalik layarnya Lovelyristin??? Ho ya! Pernah suatu saat karena aku susah tidur, jadilah sering juga waktu itu dengar – dengar suara misteri. Dari mulai kursi yang mendadak geser sendiri, walo bentar. Terus suara orang ngobrol dengan suara keras tapi gak kenal bahasanya apa. Ya sudahlah yaa.. gak perlu keluar dari kamar kalau udah gitu hahahaha.. cukup dengar dari kamar sambil update tulisan.

Berhubung Lovelyristin ini isinya campur – campur, jadi kalau mau ambil bagian foto – foto bisa macam – macam cara. Pertama, kalau udah niat mau share resep masakan yang berhasil di eksekusi, jadilah hasil masakan di jeprat – jepret sambil bawa meja ke teras rumah kadang – kadang lhoo.. buat dapetin sinar yang maksimal hahahaha.. hasilnya padahal ya standar ya?? Tapi ya biarkan sajalah, yang penting happy dan ikut seneng bisa share pengalaman siapa tau bisa manfaat buat yang perlu kan?. Kalau foto – foto lagi jalan – jalan??? Gak perlu travelling yang udah berasa kayak traveler blogger sih.. jalan ke mall juga udah seru hahahaha.. jadilah papayaza kadang kena korban buat jadi juru kamera mamayaza ini, hihihi.. Malah kadang kudu muka tembok sok mau narsis atau sok kayak fotografer mahir aja hahaha..

Setelah semua foto terkumpul, biasanya sih aku pilih – pilih dulu mana yang kira – kira layak pajang. Abis tu di edit dulu dikit, biar sentuhannya keliatan lebih enak dilihat aja, gak terlalu banyak edit juga dibagian foto, karena gak pengen juga naturalnya jadi hilang.

Lovelyristin juga bantu aku nemuin teman – teman yang luar biasa, baik dari dalam dan luar negeri. Setidaknya saling sapa dan saling kenal dari blogwalking senengnya bukan main, Jadi gak pengen ninggalin ini semua. Udah terlanjur sayang sama Lovelyristin. Ya beginilah cerita dibalik layarnya Lovelyristin, yang lagi ikutan Giveaway Cerita di Balik Blog dari mbak Uniek Kaswarganti, dari sini. doakan aku menang ya .. :D.

Di Balik Ceritaku bersama Qwords

Mendengar kata Qwords untuk pertama kalinya aku gak gitu perduli, melihat kata Qwords pun masih penuh tanda tanya. Qwords ini sebenarnya apa sih? Maklum.. aku masih awam di dunia perhostingan, walaupun udah ngeblog dari tahun 2012, tapi ngeblog masih sekedar iseng aja, jadilah gak terlalu mikirin apa itu domain, hosting, SEO, Alexa, dan lainnya. Tapi lama – lama informasi seputar istilah dunia ngeblog itu makin merajalela di kepala, jadi sempat mikir juga sih pengen punya domain sendiri, tapi gimana caranya? Teuteup masih seputar angan – angan aja, hehe..

Satu tahun kemudian setelah penglihatanku sempat tertuju pada spanduk Qwords saat mengikuti Fun Blogging, rasanya mulai mendapatkan hidayah kalau Qwords ini penting peranannya kalau pengen punya domain sendiri, sekaligus meningkatkan personal branding. Keinginan pergantian pada domain pribadi pun semakin kuat. Akhirnya setelah menjelajah dan lewat bantuan teman blogger juga, kalau bisa beli hosting dan domain tersebut di Qwords. Setelah itulah baru aku mengerti Qwords yang selama ini aku pernah temui bisa bikin blogku terlihat kekinian #GedeRasaajagakapakan. Tapi sebelumnya aku cek dan ricek dulu beberapa hosting yang ada di Indonesia pada umumnya. Akhirnya tetap deh pilih Qwords, mungkin karena udah kenal dari awal. Seperti pepatahkan.. tak kenal maka tak sayang hehe.. Jadi pengen kenalan lebih jauh sama Qwords, yang pasti Qwords yang aku kenal pertama kali adalah pelayanannya cepat dan tanggap, juga sebagai wadah penyewaan space untuk meletakkan file website dan akses email di internet, selain itu juga ada layanan registrasi nama domain yang kita sukai, dengan syarat nama pilihan kita itu masih available.

Buat yang masih awam tentang model hosting – hosting begini kan pasti masih bingung, kayak aku nih contohnya, syukurlah ketemu teman blogger juga yang baik hati bernama Ryan, dia bantu aku kasih tutorial dari mulai pembelian domain dan hosting, sampe blog yang baru ini jadi hehehe.. Pertama kali sih.. agak takut juga mau beli domain, udah nyangka harganya gak kejangkau, tapi ternyata gak juga kok.. masih bisa lah merogoh kocek dari dompet, gak sampai makan tabungan banget heheh. Termasuk murah karena bayarnya pertahun, harganya juga cuma 100 ribu sekian, tapi karena aku juga pake domain sendiri, total sekitar 200an. Apalagi Qwords juga sering banget ada diskon – diskon harga, seperti beberapa hari yang lalu, aku baru aja upgrade kapasitas memory dengan harga diskon. Hmm.. Jadi buat yang pengen punya domain sendiri gak perlu takut dan ragu lagi deh sekarang.

Proses pembuatan domain juga gak lama, proses bayar selesai, nunggu sebentar, gak sampe sehari, kita udah punya domain sendiri, tapi maksudnya di hari kerja ya.. kalau hari libur, nunggu sampe hari kerja berlangsung. Setelah itu ngapain lagi??? Nah ini nih.. proses pemindahan blog lama ke blog baru yang perlu proses agak lama, soalnya waktu aku beli tuh menjelang lebaran, jadilah waktu export – import data, pembuatan email, pembuatan widget, import follower, pemilihan plugin yang ternyata gak boleh asal juga, belum lagi beberapa error yang terdapat pada plugin Askimet dan Jetpack, dan setting – setting lainnya, ngurusnya terpotong – potong sama jadwal dan kegiatan selama bulan Ramadhan dan mudik ketika Idul Fitri yang lalu. Jadi bisa fokus untuk semuanya setelah mudik selesai.
Masalah gak selesai gitu aja.. Error demi error dan beberapa istilah masih terus ketemu, dikarenakan aku yang gaptek ini kadang masih pengen punya tampilan ini itu.. coba ini itu.. jadilah ketemunya Error hahahahaha.. tapi banyak juga yang berhasil kok, tentunya dibantu Ryan juga kalau udah ketemu yang error – error hahahahaha.. makasih banyak nih untuk Ryan. Selain itu juga para mas – mas customer care Qwords yang selama 24 jam setia menjawab pertanyaanku selalu ramah ngejawab setiap pertanyaanku, salut deh sama mereka.

Mau tau error yang kudapat terakhir?? Aku gak bisa log in ke blog aku sendiri, bisa bayangin aku galaunya waktu itu?? Hahahahha.. lebay.. setelah tanya ke customer care Qwords, disarankan untuk kirim keluhan ke support ticket, kira – kira dua hari kemudian aku udah bisa login lagi seperti sediakala. Gak nyesel deh milih Qwords buat Web Hosting kita pribadi, karena udah terpercaya sampai saat ini udah 10 tahun menjadi salah satu Hosting terbaik di Indonesia.

error: Content is protected !!