Liburan belum bisa kemana – mana juga nih, karena papayaza yang masih menyelesaikan thesis, dan sekarang thesisnya udah selesai, sidang juga udah lewat, yang berarti bentar lagi bisa jalan – jalan dong.. Horeee… *eh.. Maksudnya udah lulus, Alhamdulillah… Hehehehhehe..

Selamat buat papayaza karena udah lulus… *hip..hip..horaaayyyy… :), tapi ternyata thesisnya masih harus revisi, gak apa lah.. yang penting udah lulus hehehe…

Sebelum acara jalan – jalannya belum tau kemana, aku mau cerita lagi kalau Aya sempat masak lagi setelah makaroni dagingnya kemarin itu, buat yang belum liat makaroninya gimana, bisa cek kesini yaa..

Awalnya, Aya dapat resep martabak tahu ini dari sekolah, jadi sempat masak bareng sama teman – teman dan ibu guru, mungkin terkesan dengan hasil karya masakan di sekolah atau memang suka masak.. Aya minta untuk bikin lagi martabak tahu ini di rumah, aku janjikan boleh masak martabak tahu pas liburan sekolah aja, karena kalau belum libur waktunya yang ga ada, pagi – pagi udah rempong urusan sekolah, fa, dan persiapan papayaza ke kantor, belum lagi urusan rumah tangga lainnya. *sok sibuk ceritanya, ehem!.

Dan sekarang udah masuk tahap liburan sekolah, langsung deh.. Salah satu resep andalan Aya yang tertunda ini pengen di coba.

Karena salah satu bahan untuk membuat martabak tahu ini butuh kulit lumpia, jadi aku yang minta supaya Aya ikut ke pasar untuk beli kulit lumpia, sekalian kan cuci mata.. Hahahahahhahaha…

Bekasi Timur-20130625-02037Belum mandi, dasarnya narsis juga jadi tetep gaya di pasar hahahahaha…

Aya Belanja” ini Apa ma?” tanya Aya sambil nunjuk kacang panjang.. hihihihi…

Bekasi Timur-20130625-02038Foto – foto di pasar ini aja deh.. abis jadi pusat perhatian deh aku hhahahaha.. di pasar aja foto – foto :p

Aya tuh.. Persiapkan banget lhoo.. Bikin martabak tahu ini, jadi sempat dia catat semua yang diperlukan untuk pembuatan martabak favoritnya itu, ini dia bentuk catatannya :

daftar belanja Aya

DSC01656Setelah pulang sekolah, setelah belajar masak, sampai di rumah, Aya langsung tulis resepnya, biar gak lupa ^ ^… dan Aya ngikutin resep ini pas mau masak martabak tahunya hehe..

Kebaca gak tulisan Aya? Kalau gak kebaca, ini dia tulisannya:

Resep Aya dan mama :

1. masukkan tahu ke mangkuk

2. dan setelah itu penyetkan tahu

3. setelah itu masukkan lada sedikit dan kita kasih garam 1 sendok

4. masukkan bawang putih dan merah

5. dan jangan lupa masukkan wortel dan daun seledri

6. dan bungkuskan dengan kulit lumpia

tahun 2013  toyd (bagian ini gak jelas tulisannya hahaha )

tanggal 26 bulan Juni

Karena aku dianggap bukan seorang chef yang bisa dihandalkan *menurut versi Aya, dan kayaknya ada benernya juga sih.. hahahahahhaha.. Jadi untuk masakan yang satu ini, aku gak ikut terlibat dalam pembuatannya, paling aku cuma liatin aya masak, plus foto – fotoin apa yang udah Aya lakukan ^ ^… Lagian memang kali ini aku lepasin aya masak sendiri, ga pake deh tu.. Aku instruksikan bahan dan resepnya apa, karena aya udah punya catatan lengkapnya. Jadi aku gak bantuin kupasin bawangnya dan gak bantuin ngulek bawangnya, Aya juga yang kerjain itu semua!, paling – paling di belakang Aya, aku senyum – senyum seneng sambil ngeliatin aksi dia masak, ada perasaan bahagia, lucu, dan bangga juga sih.. Hahahahahhaa…
Aku biarkan aya rempong sama kesibukannya, sedangkan aku lebih perhatian persiapan masakan untuk makan siang Fa.

DSC01657Aya lagi penyetin tahunya nih..

DSC01664” Aya, ini bawangnya gak kegedean? ntar makannya bisa keselek ( tersedak ) bawang lhoo..” komen ku hihihihihi.. jadi aku tawarkan dia ngulek bawangnya

DSC01667

DSC01668Eh, ternyata Aya mau lho ngulek bawangnya hahahaha.. padahal kan ya bisa aja di cincang atau di blender ya?? tapi ini bawang cuma dikit, ya udah biar aja  dia belajar ngulek hahahahahhaha…

DSC01660Sembari Aya masak, adek minta biskuit nih.. aku kasih deh biskuit, eh adek malah nawarin lagi hahahahaha…

DSC01666Eh.. secara tiba – tiba Aya malah kasih Fa topi -____- Ya ampuunn.. hihihihi..

DSC01669Taraaaa… ini dia tahu yang udah dibungkus kulit lumpia ^ ^ Aku kaget aja tiba – tiba udah dibungkus sama Aya dengan kulit lumpia, hasil praktek dari sekolah gak sia – sia yaa hehehe… ^ ^

DSC01671Begini deh penampakannya setelah matang ^ ^

Aku bikinin pure kentang untuk Fa, lanjutan makaroni kemarin tuh.. Cuma kali ini makaroninya diganti kentang. Boleh dong ya.. Share resepnya buat nambah – nambah menu makan buat batitanya, hehehe..

Pure kentang kukus keju

(ini judulnya ngarang – ngarang aja hihihi..)

Bahan :

2 kentang (atau boleh lebih, sesuai selera)
Ayam ( bagian dada ) cincang halus
Bawang putih, satu siung,cincang
2 butir telur, kocok.
Wortel atau bayam ( atau keduanya boleh campur)
Keju, secukupnya,diparut

Cara :
Kentang di rebus sampai matang
Kentang di haluskan, pake garpu sampai lembut
Letakkan kentang yang sudah lembut tersebut ke dalam loyang.

Tumis bawang putih dengan sedikit mentega, sampai wangi, oseng2 ayam sampai matang.

Tumisan ayam tadi letakkan diatas kentang di dalam loyang, ratakan. Kemudian letakkan wortel atau bayam yang sudah matang diatas
Ayam, ratakan.

Tuang telur yang sudah dikocok, campur ke dalam loyang, ratakan.. Taburkan, tutup lagi dengan kentang ( atau tidak ditutup kentang, sesuai selera), taburkan keju… kukus kira – kira 15 – 20 menit, sajikan.

DSC01673

Ooiya.. Balik cerita tentang martabak tahu, Aya tuh kalau udah selesai menggulung isi tahu ke dalam kulit lumpia pasti jadinya pake ada acara ngambeknya gitu.. Karena dia pengen hasil martabaknya bisa langsung ketauan rasanya, jadi dia minta di gorengin, maklum aja deh.. Aya belum berani goreng sendiri karena masih takut nyalain kompor dan kena minyak panas.. Hehehehe… Jadi bagian goreng Aya masih di bantu ^ ^. Masakan kedua udah… kira – kira besok masak apa lagi ya? Hmm…

0 People reacted on this

  1. Mamanya sekalian bantuin juga,,, promosi di blog… hihihi sapa tau nih Aya dpt obyekan ngisi snack ultah ,
    Deuh gemes ama si Aya, telaten yah!
    Enaknya jaman sekarang di sekolah ada praktek masak kaya’ gini yah

    1. Hahahaha.. Amin bgt klo tiba2 dpt pesenan gegara blog ya hihihi… Itu dia lg mau cha.. Kdg mood2an jg si aya nih.. Klo lg males masak, ya gak mau jg hahahahaha… Tp so far sih dia lbh byk setujunya klo diajak masak dibanding nolaknya hehehe… Iya asik bgt ya sekolah skrg nih ada pelajaran memasak gtu, pernah jg aya bljr bikin baso dari sekolahnya, belajarnya langsung ke warung basonya hahahahaha… Tp aya gak praktekkan ini, krn pas belajar cuma nyatuin adonan trus bulet2in baso nya aja.. Hehehehe…

  2. Ayaa,, masaknya skali2 d rumah wa dounk.. Hehehe. Mamaya pure nya kayanya enak yah.. Kapan mau bawain k rumah 🙂

    1. Aha.. Boleh tuh wa… Mending ksh tau aya jauh2 hari klo ke rmh wa masak bareng, tp kan selama ini dia ngerasa klo ke rmh wa tuh hari santai dia, jd biasanya ga mau masak hahahahahaha… Krn aya klo dah ke rmh wa bilangnya pengen santai2 hahahahaha.. Krn di kamar wa ada ac, tv.. Keenakkan dia :p pure kentangny emang bnr wa enak! Mamayaza icip dulu pas baru mateng, faeyza doyan juga.. Alhamdullilah 🙂

  3. Jadi ingat jaman SD dulu, paling seneng klo disekolah praktek masak. Tapi kok ya tiap tahun menunya sama, bikin bakwan, padahal udah naik kelas. Masih juga praktek masaknya bikin bakwan

    1. Hahahhahahaa… Ksh ide menu baru tuh harusnya mbak.. Masak bakwan terus? Gak bosen apa ya? Hihihi… Klo aya sebelum masak martabak tahu ini pernah jg rame2 daei sekolahnya bikin baso, langsung ke warung basonya hehehe…

Leave a Reply