Film Jadul selalu di hati

September 8, 2018

Pixabay

Gara – gara kemarin liat postingan status teman di Facebook tentang film Oshin, jadilah kenangan masa kecil seperti menari – nari di kepala. Film Oshin ini memang membekas di ingatan, tapi sebenarnya aku lupa jalan ceritanya secara detilnya gimana, aku cuma ingat Oshin masa kecilnya menderita, tapi dia tangguh dan kuat, di hari tua-nya dia sukses. Jadi aku ingetnya nonton Oshin itu banyak sedihnya, dan aku lupa dulu waktu aku nonton Oshin tuh banyak nangisnya apa gak ya? hehehe… Ceritanya gimana? Pasti sudah banyak yang tahu lah yaa.. terutama buat kelahiran zaman 80 – 90’an dulu, kalau kids zaman now sih pasti udah gak tahu hahaha..

Omong – omong soal film, sebenarnya ada beberapa film zaman aku kecil dulu yang sampe sekarang masih membekas banget diingatan, jadi tiati juga buat para orang tua yang suka ajak anak nonton di bioskop, liat – liat dulu film-nya cocok ga buat anak kecil? Soalnya beneran lhoo… namanya anak – anak ingatan dan daya tangkapnya masih bagus banget, jadi wajar aja kalau misalnya ada kejadian atau film yang diingat sampe gede. Kalau aku gak tahu kenapa sampe sekarang masih suka keinget film Empire of the Sun, duh.. ketauan banget kan angkatan berapa hahahaa.. eh tapi mungkin ada yang belum tahu, atau udah tahu tapi lupa sama film ini? Mungkin cuplikan ini bisa menyegarkan ingatan kamu yang udah pernah nonton, tapi mungkin juga buat yang belum nonton bisa browsing dan download film-nya, nonton deh!

Beneran ini film bagus banget! Aku nonton ini waktu kecil dan sampe sekarang masih suka keinget, karena kisahnya itu sedih banget, terpaksa terpisah dari orang tuanya.. Dulu, waktu nonton ini jadi bayangin ke diri sendiri, gimana kalau sampe terpisah dari orang tua ditengah perang kek gitu? Bercucuran deh air mata hihihihi… Apalagi si Jamie (pemeran utama dalam film ini, kalau gak salah nama asli pemainnya Christian Bale), bener ga?? Aku juga baru browsing.. ga hapal siapa nama pemainnya haha. Jamie ini orang kaya Expart yang tinggal di China, kagum sama pesawat – pesawat.. terus.. karena dia terpisah dari orang tuanya, akhirnya dia pasti cari orang tuanya lah yaa… pulang lah dia ke rumahnya, tapi hasilnya malah dia liat pembantu – pembantunya menjarah rumah dia dan nge-gampar Jamie. Kalau lagi perang jadi ga kenal tu tingkat status, mana majkan, mana pembantu. Yang lebih sedih lagi kalau cerita perang menyangkut cerita keluarga, gak kuat deh nontonnya, sedih..hahaha…

Singkat cerita, Jamie kehabisan makanan di rumahnya, akhirnya dia pergi ke kota dan sepatu dia diambil anak jalanan, Jamie yang tadinya ganteng lama – lama keliatan dekil hihihihi. Ditengah cerita, Jamie diselamatkan sesama Expart (Bassy), tapi si Bassy jahat juga ternyata, Jamie mau dijual, tapi Jamie gak kehabisan akal dia ngasih tahu rumah – rumah orang kaya yang udah lama gak ditinggalin pemiliknya, Bassy percaya, dan hasilnya habis deh si Bassy disiksa tentara Jepang.

Di film ini juga ada adegan kerja rodi (Romusha), jadi inget pelajaran sejarah yaa.. hehe.. Penyakit Kolera udah mewabah kemana – mana, banyak korban yang meninggal akibat kolera. Tentara USA lama – lama berhasil memborbardir tentara Jepang, dan bikin Jepang gak berkutik.

Karena keadaan, Jamie sempat liat cahaya di langit yang dia kira itu adalah jiwa Mrs. Victor ke surga, tapi akhirnya Jamie sadar kalau cahaya itu adalah ledakan bom atom Nagasaki. Jamie terpisah dari rombongannya, dia kembali ke camp pengungsian dan ketemu Pemuda Jepang yang gagal bunuh diri/kamikaze*. Pemuda Jepang itu udah kenal sama Jamie, dia nawarin makanan untuk Jamie, tapi gak lama kemudian pemuda Jepang itu dibunuh karena dikira mau membunuh Jamie ( ini bikin sedih juga deh… gara – gara perang jadi gak kenal mana teman, mana lawan ☹). Sepanjang film bikin sedih, dan bikin penasaran juga, kira – kira Jamie ketemu lagi gak sama orang tuanya? Film ini udah pernah sih tayang lagi beberapa kali di TV, tapi aku gak nonton lagi karena takut nangis lagi, hahaha…

“Kamikaze” dalam bahasa Inggris umumnya merujuk kepada serangan bunuh diri yang dilakukan awak pesawat Jepang pada akhir kampanye Pasifik Perang Dunia II terhadap kapal-kapal laut Sekutu sementara “kamikaze” dalam bahasa Jepang hanya merujuk kepada angin topan tersebut. (Wikipedia)

10 People reacted on this

    1. aku juga dulu ga gtu ngikutin banget mbak, makanya ga gtu tau cerita detailnya, cuma kdg2 dulu suka sekilas2 ikutan nonton, seingatku sih dulu gtu hahaha.. tp abis tu banyak main2 hihihi…

  1. aku belum pernah nonton mbak, tapi dari sinopsis yang mbak tulis berasa banget deh alur dramanya, apalagi zaman peperangan bom atom ya, setting sejarahnya ngena banget

Leave a Reply