Jadi emak cantik – Lanjutan I

November 4, 2012

Tadinya iseng bikin judul postingan ini, dikarenakan lagi ga ada ide, eh tapi setelah dipikir – pikir.. cerita emak cantik tuh banyak banget yang bisa di ceritain, misalnya.. uhhmm.. apa ya? desperate housewife! ya kan.. ya kan?? hehehe..

tapi kalau aku gak mau ya pake desperate segala ya.. :p tapi ‘cantik’… you know cantik?? hihihihi… yess.. bangga dong sebagai wanita yang berkarir sebagai apa aja ( catat : berbagai profesi yang dijalankan emak cantik) … termasuk sebagai emak juga karir lhoo.. dan intinya sebenarnya wanita itu gak ada yang nganggur.. walaupun dia ibu rumah tangga, tetep aja kerjaannya numpuk..puk..puk..puk.. tiap hari tanpa berhenti.
Anyway.. busway.. jadi emak cantik buat dua malaikat kecilku bikin hidup ini penuh warna.. Setelah postingan aku kemarin jadi emak cantik, baby fa yang sempat batuk, pilek.. eh giliran sekarang malah lagi buang – buang air.. jadi bingung deh.. abis takut salah kasih bubur susu yang selama ini aku kasih, ternyata setelah konsul dokter.. gak ada yang salah sih.. cuma emang tiap perut bayi itu beda – beda, ada yang sensitif ada yang gak. Setelah aku kasih tau ke dokter, kalau bubur susu buat baby fa itu pake tepung beras merah.. akhirnya dokter suruh ganti pakai tepung beras putih aja, karena perut baby fa lagi bermasalah, ditambah beras merah itu kan tinggi serat, jadi buat menghindar pup yang banyak kudu ganti dulu.. malah dokter kasih resep untuk bikin bubur preda.

Aku jadi ingat dulu Aya yang filia nya hilang itu, juga disuruh makan bubur preda, bedanya.. dulu ada bubur instannya, kalau sekarang kok susah di dapat ya? saya yang kurang tahu atau saya yang belum cari tahu banyak?? entah juga sih.. yang pasti jadi penasaran juga pengen bikin.

Si dokter rekomen dari temenku ini langsung aja sms isi resep preda itu ke hp ku.. isinya gini :

Bubur preda  ( 267 kalori, protein 10,2 gram ) :

tepung beras 15 gram/1,2 sdm,

tepung maizena 15 gram/1,2 sdm

daging ayam tanpa kulit50 gram/1 potong paha ( disarankan pilih bagian dada atau paha )

minyak kelapa 1 gram/0,5 sdm

minyak kacang/minyak jagung 1 gram/ 0,5 sdm

garam meja 0,35 gram

tambahan : vitamin B kompleks 1 tablet + vitamin C 25 mg
Cara :

rebus ayam sampai empuk dan potong kecil -kecil, daging  ayam dan kuahnya sebanyak 200 ml diblender bersama minyak kelapa dan minyak kacang.  Campuran ayam tersebut dibuat bubur bersama tepung beras dan tepung maizena sampai matang, tambahkan garam, kemudian angkat dari api.

Nilai gizi : energi 267,4 cal, protein 10,2 gram, lemak 14,6 gram, KH 24,3 gram

Untuk tambahan vitamin, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokternya ya mak.. hehe…  So.. setelah baca isi resep bubur, dan karena baru pertama kali juga mau bikin, kok malah bingung… ini minyak kelapa apa ya? kepikiran sih minyak kelapa VCO, dan kata dokter sih minyak keletik.. nah..nah.. minyak keletik sama minyak VCO yang dijual di apotik itu sama bukan ?? trus.. minyak jangung, alias corn oil?? minyak goreng?? kata dokter emang iyaaa.. minyak goreng – ___ – ciyusss ??? kok saya tidak yakin yaa ???  -_____ – . Karena saya merasa kurang yakin, jadi sementara baby fa masih buang – buang air, saya memutuskan untuk memberikan asi saja dulu, tanpa makan apa – apa, kecuali nanti jika udah gak mencri mencri lagi, baru deh mulai lagi dari awal makannya.

Kemarin. 7 Nov 2012

Panik!

baby fa masih saja mencrets. kemarin sore tanpa pikir – pikir lagi bawa baby fa ke dokter ( lagi ), udah lemes dia cing.. hiks.. akhirnya aku tanyakan lagi ke dokter, ternyata ada obat yang ketinggalan yang belum di beli, yaitu renalite.. itu justru oralitnya, itu justru yang dibutuhin buat diarenya hahahaha.. dasar dodol!!! aku juga gak ngeh! ( jitak! ) hahahaaha… lah.. kok bisa?? ternyata si dokter ga tulis di kertas resep, tapi di buku catatan kesehatan baby fa                 ( historical), yaaa… pada ga nyambung! aku sih yang gak nyambung – ________ -‘  , aku pikir itu udah di catat di kertas resep, jadi tenang – tenang aja. hehehe…

Nah.. berhubung ketemu dengan bu dokter lagi, aku pastikan lagi ternyata corn oil yang dimaksud itu memang minyak goreng, contoh merk-nya mazola… justru resep itu biasanya RSCM suka pakai, buat baby yang diare atau kurang gizi hehehe.. sekalian juga aku tanya, kenapa sekarang bubur instannya gak ada? ternyata yang dulu bikin.. udah meninggalkan dunia ini dan ia tidak mewariskan resep jitunya itu pada siapapun, sayang yaaa… padahal kalau di wariskan dan masih di produksi sampai saat ini, manfaatnya buat baby – baby yang lahir kedunia ini, dan itu termasuk pahala yang tidak terputus bukan? karena banyak memberikan manfaat buat orang lain, khususnya dalam hal ini baby.
Legggaaaaa…

Pagi ini.. baby fa sudah tidak mencret.. hihihi.. jadi pastikan ya emak – emak… oralit jangan lupa kalau baby-nya lagi diare, resep kuno.. dan udah tau sih resepnya pasti ngasih oralit, tapi jangan sampe kelupaan kayak emak yang satu ini, wakakaakakakakkk….

Giveaway

Aku lagi ikutan Giveaway perdananya dari blog tetangga… http://bebenyabubu.com/2012/10/21/giveaway-perdana/ ———– berharap banget bisa dapatin semua hadiahnya yang bikin ngences itu.. ( mau sekali saia be! ) hahahahaa.. walaupun harus sikut – sikuttan sama peserta lain, saya tetap saja maju… Semoga bebe cantik baca blog kerenku ini hihihihi… kasih nilai gede napa sih be.. coz di komen aku cuma dikasih point 3 saja sodara – sodara..hiks    ( usap pipi penuh air mata ) hahahaha… jangan lupa ya be… jadikan aku yang nomor satu… yang selalu setia membaca postinganmu.. yang lain beluuummm tentu… setiaaaaaaa… jadikan aku pemenangmu!        ( sambil nyanyi gaya KD ) wwwooohhhooo… hahahahahaa…

Photo : Dari Mr. Google

0 People reacted on this

Leave a Reply