Resep masakan praktis yang disukai Faeyza dan Aya

Udah lama pengen ngerangkum beberapa resep yang udah pernah aku coba dan disukai Aya dan Faeyza, maklum deh ya.. Walau sebenarnya ogah – ogahan ke dapur, tapi mau gak mau harus meluncur juga ke dapur, sambil cari ilmu baru dapetin resep – resep masakan yang kira – kira disukai Faeyza. Aya dulu juga susah banget makannya, tapi dia makin gede….. Tetep susah makan… Hahahahahahaa… Ada kemajuan sih, tapi dikiiitt…. Mulai mau makan walau kadang masih milih – milih, tapi better lah ya.. Daripada zaman Aya masih balita, sampe harus rajin ke dokter gizi karena aku juga parno sangking susahnya makan. Nah.. Giliran Faeyza sekarang nih.. Ampun DJ… Kadang – kadang sampe bikin malam sebelum tidur tu mikir, apa ya besok masakan yang praktis, bergizi, tapi masih disukai Faeyza?.

Liat deh hasil selfie diam – diamnya, aku sambil nyuapin Faeyza, tapi juga sambil nyambi lakukan kerjaan lain, tapi akhirnya banyakkan nunggu Fa sampe dia makan di titik maksimal hehe.. nih gayanya pake ngumpet – ngumpet segala lhoo hahaha…

20140922-230038.jpg

20140922-230115.jpg

20140922-230212.jpg

Setelah rajin nanya – nanya tanteku yang rajin bikin kue, aku rajin browsing juga nanya mr.google walau gak semua resep yang dicoba, tapi lumayanlah ada beberapa yang pernah aku coba dan Faeyza suka. Siapa tau ada juga pusing sepuluh keliling hadapi sikecilnya susah makan, don’t worry buibu.. You’re not alone, i’m here with you… Lho.. Kok jadi nyanyi hahaha… Jadi pengen juga nge share resepnya dan siapa tau kita bisa tukeran resep, demi sibuah hati hahaha…

1. Roti pizza

Bahan untuk bikin rotinya :

Tepung terigu protein rendah. ( contoh merk cakra ) = 25 gr
Air = 150 cc
Campur tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk di api kecil, sampai mengental kayak bubur ( ini disebut adonan thangzhong, sumber : dari sini

bahan dasar topping pizza

DSC02206

DSC02207

Adonan :
1. Tepung terigu tinggi protein ( contoh : merk cakra ) = 500 gr
2. Gula. = 75 gr
3. Susu full cream. = 50 gr
4. Ragi ( contoh : fermipan) = 1 bungkus
5. Mentega cair. = 65 gr

Satukan adonan sambil ulenin dengan menambahkan air sedikit demi sedikit, ( mentega cair dituang tahap pengulenan adonan ), ulenin sampai kalis.

Lalu satukan dengan adonan thangzhong, ulenin lagi, lalu campurkan mentega cair, ulenin sapai kalis. Setelah kalis, diamkan sesaat sampai mengembang.

Untuk toppingnya :
Saos pizza kan kadang suka susah carinya, atau mungkin ribet bikin lagi, hihihi… Jadilah aku pake saos spageti yang biasa dijual di supermarket, jadi simple banget kan hehe.. Dan gak pake lama, teus tinggal tambahin deh diatasnya daging, sosis, mozarella, brokoli, mushroom, dan lainnya sesuai selera. Setelah itu panggang kurang lebih 60 menit.

2. Roti goreng

Resep simplenya pernah dikasih tau sana tanteku secara sekilas, gak dicatat juga resepnya. Jadilah pas aku bikin berbekal ingatan dan juga hasil mengarang indah, kalau merasa cocok boleh disimak hihihi..

20140923-002825.jpg

Bahan :
Roti tawar, kira – kira 6 lembar
Keju parut
Ayam cincang atau daging sapi cincang
Wortel potong dadu sudah di rebus lebih dulu
Bawang putih, cincang, 2 atau 3 siung
Margarin untuk menumis
Garam
Lada
Telur kocok lepas
Tepung roti

Caranya :
Panaskan margarin 1,5 atau 2 sendok teh, masukkan bawang putih, panaskan hingga harum, masukkan cincangan ayam atau daging, masak hingga matang, tambahkan garam dan lada secukupnya. Potong jadi 4 bagian tiap roti tawar, beri isi cincangan ayam, wortel, keju parut ( atau tambahkan keju melt, juga oke biar lebih enak ), tutup dengan pasangan roti yang kita potong 4 sisi tadi, masukkan dalam telur kocok, ratakan, lalu balur dengan tepung roti agar merekat lebih kuat dan roti isi juga terasa lebih renyah, kemudian goreng hingga kekuningan. Sajikan hangat.

Isi roti goreng ini juga bisa di modif pake isi rogout ayam yang enak bingit, bikin kakak Aya juga doyan hihihi.. Alhamdulillah Faeyza suka, dia makan sampe merasa bosan hehehe…

3. Roti panggang keju susu

Nah, kalau resep ini bener – bener murni ngarang hahahaha… Sumbernya sih liat sana – sini terus mix and match aja.. Malu euy kasih taunya hahahaha.. Secara cuma ngarang sendiri aja,tapi boleh dicoba bagi yg mau hihihi.. Resep simple nan lezat ini hehehe… #narsis :p

20140923-121648.jpg

Bahan :

Roti tawar
Susu cair full cream
Keju parut
Mises coklat

Caranya :
Siapkan kurang lebih 200 – 400 ml susu cair full cream ( kira – kira segelas sampai dua gelas susu cair), sobek – sobek roti tawar, campurkan pada susu, lalu campurkan juga keju parut secukupnya. Kemudian panggang dalam oven sampai roti terlihat padat. Setelah matang, taburkan mises coklat dan keju sebagai topping, bisa juga topping ditambahkan pisang yang diiris tipis. Alhamdulillah.. Aya dan fa suka, dan so simple kan!? 😀 hehehe…

5. Bakpao

Lagi ngebahas bakpao yang masih berbahan dasar roti, maklum Aya dan Fa suka roti, jadilah aku lagi banyak resep yang roti gitu hehehe..

 

 

20140923-125640.jpg

 

Maaf ya kalau penampakan bakpao buatanku masih belum sempurna hihihi.. sebelumnya aku pernah bahas tentang resep bakpao di sini,

Jadilah aku ambil resep isiannya sesuai dengan resep di link tersebut, untuk roti bakpaonya aku bikin dengan metode thangzhong, karena menurut aku metode thangzhong ini praktis, buat yang pengen pake metode lain juga sah – sah aja hehe.. Aku tulis ulang bagian isiannya aja ya.. Untuk adonan roti-nya sama aja kayak adonan roti pizza yang udah aku tulis diatas, bedanya kalau bakpao di kukus.

 

Bahan isi bakpao :

250 gr ayam cincang
2 bh daun bawang seledri, diiris
100 gr bangkuang, potong dadu
1 sdt minyak wijen
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/2 vetsin
1/sdt lada
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan isi : tumis semua bahan dengan minyak goreng, masak hingga matang sisihkan.

 

6. Makaroni Ayam Keju

Aku sendiri tadinya nyebut makaroni ini ada tambahan carbonara segala hehe.. padahal ya konsep carbonara itu apa juga gak tau :p, karena yaa jujur aja.. resep yang satu ini juga hasil karya capcipcup ku sendiri, berdasar baca resep sana sini, jadilah aku padukan aja sesuai selera Faeyza dan Aya, seneng banget dibilang enak sama Aya  hihihi… Caranya juga gak pake susah kok dan yang penting juga cepat dan lezat hehe..

 

makaroni carbonara

Aku pake cara ini :

Makaroni rebus dulu , sampai matang, sambil ngerebus makaroni, siapkan bawang putih 3 atau 4 siung, dicincang, ayam cincang… lalu siapkan minyak atau margarin panas untuk menumis ayam cincang, dengan cara : masukkan bawang putih cincang tadi sampe harum, lalu masukkan ayam cincang… masak hingga matang, tambahkan garam dan lada secukupnya. oiya… waktu masak tumisan ayam ini aku tambahin daging asap.

Brokoli direbus, jangan overcook ya biar vitaminnya gak ilang. lalu campur jadi satu : rebusan makaroni, tumisan daging ayam dan daging asap, rebusan brokoli, aduk… tambahkan susu cair ( 1 gelas ) + keju parut, aduk lagi sampai rata, tambahkan lagi sedikit garam dan lada.

Setelah tercampur rata, pindahkan ke wadah alumunium, kukus, setelah di kukus bisa ditambahan keju parut lagi sebagai topping.

Alhamdulillah… Aya yang paling suka, kalau Faeyza suka tapi masih lebih semangat Aya yang makan hahahaha…

 

7. Nugget Ayam cocol Mayo + kentang goreng Ala KFC

Nah untuk dua resep ini, asli nyontek dari dapur umami untuk nugget ayam cocol mayo-nya. cuma untuk pembuatan nuggetnya aku bikin simple aja.. main campur – campur lagi deh haahahaha..

Caranya :

Cincang Ayam, 1 ekor. campurkan dengan : bawang putih cincang, roti tawar   ( aku pake 2 lembar, sobek kasar ), rebusan wortel yang dipotong dadu, kemudian garam dan lada. satukan.. bentuk jadi bola – bola, campurkan ke dalam telur kocok, kemudian taburkan tepung roti. Panaskan minyak goreng lalu masak nugget yang sudah dibalur tepung roti tadi sampai matang. Selesai… Simple, cepat, dan tanpa pengawet hehehe…

nugget cocol

Untuk kentang ala KFC nya, aku comot dari sini

 

8. Kracker Rogout

Faeyza suka makanan semacam gorengan, atau yang dimulut terdengar kayak kerupuk.. kresss… nah.. jadilah ide bikin dari biskuit kraker ini berlanjut. Untuk resepnya aku ambil dari sini.

Untuk penggorengannya, aku bikin sedikit beda… karena aku gak mau biskuitnya terlalu berminyak, jadilah tepung rotinya aku balurkan pada 4 sisi biskuit, untuk perekat saja. tengahnya aku balurkan dengan tepung terigu. Kira – kira penampakannya gini :

kracker rogout

Hmm.. segini dulu ya pembuatan resep buat Faeyza dan Aya, mudah – mudahan bisa menginspirasi. Lanjut lagi nanti yaa resep yang kira – kira bisa diaplikasikan buat Faeyza dan Aya.

Saat ini Faeyza udah umur 2 tahun (jalan) 5 bulan, Aya udah 7 tahun 10 bulan. Oya tadi siang lagi masak soto ayam + telur rebus.. itu juga favorit Fa dan Aya. Baiklah.. nanti lanjut lagi yaa resep yang kira – kira oke buat balita atau anak biar mau makan hehe… Biar tetep semangat masaknya sambil dikasih lagu ini yaaa… :p

 

 

 

 

 

 

 

 

0 comments / Add your comment below

    1. hahaha… ini krn kepaksa mbak… krn anak2ku susah bgt makan, ga mau makan nasi yg kecil, mau nya gorengan, roti2an, jadi ya cari resep yg berhubungan dgn roti2an dan gorengan.deh.hehehe…

Leave a Reply

error: Content is protected !!