Dalam tutorial ini, saya mendemonstrasikan beberapa dasar bahasa pemrograman JavaScript menggunakan konsol JavaScript browser web
Bahasa rahasia browser web
Peramban web adalah program komputer yang memungkinkan Anda untuk melihat halaman web dan mengikuti hyperlink dari satu halaman ke halaman berikutnya. Anda mungkin akrab dengan beberapa nama besar di kancah browser web. Safari, Google Chrome, Firefox, Edge. Peramban web tidak diragukan lagi adalah salah satu penemuan terpenting dalam sejarah terkini; . Kemungkinan Anda sedang menggunakan browser web sekarang untuk melihat tutorial ini sekarang
Browser web dirancang untuk menampilkan konten yang diformat dengan bahasa yang disebut HTML [HyperText Markup Language]. Hampir semua browser web juga memahami bahasa pemrograman yang disebut JavaScript. sebagai salah satu cara bersaing untuk menyematkan logika sederhana untuk verifikasi data dan interaktivitas di halaman web, JavaScript saat ini banyak digunakan oleh pemrogram dari semua lapisan, tidak hanya di browser web tetapi di server web, aplikasi desktop, video game, dan bahkan mikrokontroler
Untuk saat ini, kami akan fokus pada JavaScript di browser. Biasanya, Anda akan menulis JavaScript sebagai bagian dari situs web, sebagai file terpisah yang Anda unggah ke server web. Tetapi hampir semua browser memungkinkan Anda mengetik kode JavaScript langsung ke browser, menggunakan sesuatu yang disebut "console. Sebagian besar pemrogram menggunakan konsol sebagai alat untuk membantu mereka melakukan "debug" [mis. e. , selidiki dan perbaiki masalah dalam] kodenya, tetapi Anda juga dapat menggunakan konsol sebagai cara untuk bermain-main dengan JavaScript dan merasakan cara kerjanya. Untuk apa kita akan menggunakannya
Memunculkan konsol
Untuk memulai, buka browser web seperti Safari, Firefox, atau Chrome di komputer desktop [ini mungkin tidak berfungsi di perangkat seluler atau tablet]. Untuk mempermudah, kami ingin memasukkan URL berikut di bilah lokasi
about:blank
Ini akan menampilkan tab browser kosong [mis. e. , tidak ada konten yang terlihat]. Jika tidak berhasil, coba URL berikut, yang seharusnya memiliki efek yang sama
data:text/html,
_[Koma yang tertinggal itu penting. ] Setelah melakukannya, Anda harus membuka konsol web. Cara melakukannya berbeda dari satu browser ke browser lainnya, dan mungkin juga berbeda tergantung pada sistem operasi Anda. Saya menggunakan Firefox di macOS dan membuka konsol web dengan membuka
≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
8 [bukan "Browser console" yang, sayangnya, merupakan hal yang berbeda]. Di Google Chrome, buka ≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
_9; . Anda harus melihat sesuatu seperti iniSekali lagi, ini akan terlihat sedikit berbeda tergantung pada browser yang Anda gunakan, tetapi konsepnya sama. Anda melihat halaman web kosong dengan konsol JavaScript terbuka. Konsol ada di bagian bawah jendela; . Anda akan mengetik kode JavaScript di bagian bawah, yang juga akan menampilkan hasil evaluasi kode tersebut. Jika kode Anda membuat perubahan pada halaman web [yang sekarang kosong, tetapi Anda dapat mengubahnya dengan kode. ], mereka akan ditampilkan di panel di atas
Baca, evaluasi, cetak, ulangi
Mari kita mulai dengan deskripsi tingkat tinggi tentang cara kerja pemrograman komputer. Saat Anda menulis program komputer, Anda menjelaskan ke komputer apa yang Anda inginkan, dan kemudian meminta komputer untuk memikirkannya untuk Anda. Deskripsi Anda tentang apa yang Anda inginkan disebut ekspresi. Proses yang digunakan komputer untuk mengubah ekspresi Anda menjadi apa pun arti ekspresi itu disebut evaluasi
Pikirkan film fiksi ilmiah di mana seorang karakter bertanya kepada komputer, dengan lantang, "Berapa akar pangkat dua dari sembilan miliar?" . Proses yang digunakan komputer untuk mengubah ekspresi tersebut menjadi respons adalah evaluasi
Saat proses evaluasi selesai, Anda hanya memiliki satu "nilai". Pikirkan secara skematis seperti itu
Ekspresi → Evaluasi → Nilai
Apa yang membuat program komputer kuat adalah memungkinkan untuk menulis ekspresi yang sangat tepat dan canggih. Dan yang terpenting, Anda dapat menyematkan hasil evaluasi satu ekspresi di dalam ekspresi lain, atau menyimpan hasil evaluasi ekspresi untuk nanti di program Anda
Sayangnya, komputer tidak dapat memahami dan mengintuisi keinginan Anda hanya dari deskripsi verbal. Itu sebabnya kita membutuhkan bahasa pemrograman komputer. untuk memberi kami cara menulis ekspresi dengan cara yang dapat dipahami komputer. Karena bahasa pemrograman dirancang untuk tepat, mereka juga bisa gigih [dan membuat frustrasi]. Dan setiap bahasa pemrograman berbeda. Ini rumit, tapi sepadan
Ekspresi aritmatika
Mari kita mulai dengan ekspresi aritmatika sederhana. Cara Anda menulis ekspresi aritmatika dalam JavaScript sangat mirip dengan cara Anda menulis ekspresi aritmatika, katakanlah, aritmatika sekolah dasar, atau aljabar. Pada contoh di bawah ini,
≫ 10+20+30
⬅︎ 60
_1 adalah ekspresinya. Dalam interpreter interaktif, Anda dapat memberi tahu JavaScript untuk mengevaluasi ekspresi dan menampilkan nilainya hanya dengan mengetikkan ekspresi ke bagian input konsol≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_[Dalam dokumen ini, ekspresi yang Anda ketik mengikuti
≫ 10+20+30
⬅︎ 60
2 dan respons konsol, i. e. , nilai yang dihasilkan, mengikuti ≫ 10+20+30
⬅︎ 60
3. ]Untuk alasan historis, cara beberapa operator melihat dalam JavaScript [dan banyak bahasa pemrograman lainnya] sedikit berbeda dari notasi umumnya dalam aritmatika dan aljabar
OperationJavaScript operatoraddition≫ 10+20+30
⬅︎ 60
4subtraction≫ 10+20+30
⬅︎ 60
5multiplication≫ 10+20+30
⬅︎ 60
6division≫ 10+20+30
⬅︎ 60
7Ekspresi aritmatika dalam JavaScript bisa jauh lebih canggih dari ini, tentu saja. Kami tidak akan membahas semua detailnya sekarang, tetapi satu hal yang harus segera Anda ketahui adalah bahwa operasi aritmatika JavaScript dievaluasi menggunakan urutan operasi biasa, yang dapat Anda ganti dengan tanda kurung
≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
Anda dapat menulis ekspresi aritmatika dengan atau tanpa spasi di antara angka dan operator [namun biasanya dianggap gaya yang lebih baik untuk menyertakan spasi]
≫ 10+20+30
⬅︎ 60
_Ekspresi dalam JavaScript juga bisa sangat sederhana. Faktanya, angka itu sendiri adalah ekspresinya sendiri, yang dievaluasi JavaScript untuk angka itu sendiri
≫ 19
⬅︎ 19
Jika Anda menulis ekspresi yang tidak dimengerti JavaScript, Anda akan mendapatkan kesalahan. Inilah tampilannya
≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
Anda dapat menggunakan bilangan bulat dan angka dengan titik desimal [bilangan real, terkadang disebut angka floating-point]. Misalnya, membagi satu angka dengan angka lain menghasilkan angka tersebut
≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
Sebenarnya, setiap kali salah satu operan dalam ekspresi matematika adalah angka titik-mengambang, hasilnya akan menjadi angka titik-mengambang [dan JavaScript benar-benar mewakili kedua jenis angka dengan cara yang sama di bawah tenda]
≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
Ekspresi ketidaksetaraan
Anda juga dapat menanyakan JavaScript apakah dua ekspresi mengevaluasi ke nilai yang sama, atau jika satu ekspresi mengevaluasi ke nilai yang lebih besar dari ekspresi lainnya, menggunakan sintaks familiar serupa. Saat mengevaluasi ekspresi seperti itu, JavaScript akan mengembalikan salah satu dari dua nilai khusus. baik
≫ 10+20+30
⬅︎ 60
8 atau ≫ 10+20+30
⬅︎ 60
9Operator
≫ 19
⬅︎ 19
_0 membandingkan ekspresi di sisi kirinya dengan ekspresi di sisi kanannya. Dinilai menjadi ≫ 10+20+30
⬅︎ 60
_8 jika nilainya sama, dan ≫ 10+20+30
⬅︎ 60
9 jika nilainya tidak sama≫ 3 * 5 == 9 + 6
⬅︎ true
≫ 20 == 7 * 3
⬅︎ false
Operator
≫ 19
⬅︎ 19
_3 membandingkan ekspresi di sisi kirinya dengan ekspresi di sisi kanannya, mengevaluasi ke ≫ 10+20+30
⬅︎ 60
8 jika ekspresi sisi kiri lebih kecil dari ekspresi sisi kanan, ≫ 10+20+30
⬅︎ 60
9 sebaliknya. The ≫ 19
⬅︎ 19
_6 melakukan hal yang sama, kecuali memeriksa untuk melihat apakah ekspresi sisi kiri lebih besar dari ekspresi sisi kanandata:text/html,
_0Operator
≫ 19
⬅︎ 19
7 dan ≫ 19
⬅︎ 19
8 menerjemahkan masing-masing menjadi "lebih besar dari atau sama" dan "lebih kecil dari atau sama".data:text/html,
_1Pastikan untuk mendapatkan urutan braket sudut dan tanda sama dengan yang benar
data:text/html,
_2Fungsi bawaan. Matematika. acak[]
Tentu saja, JavaScript dapat melakukan lebih dari sekadar matematika kalkulator dasar. Bahasa dilengkapi dengan objek dan fungsi bawaan yang dapat Anda sertakan dalam kode Anda untuk melakukan tugas komputasi sederhana. Ini adalah beberapa alat yang diberikan JavaScript untuk membuat program yang bermanfaat. Kami akan membicarakan beberapa di bawah ini, tetapi Anda dapat melihat daftar lengkapnya di sini
"Fungsi" adalah sedikit kode yang telah ditulis sebelumnya yang melakukan beberapa tugas dan mengevaluasi ke suatu nilai. Untuk memanfaatkan suatu fungsi, Anda "memanggil" atau "menjalankan" dengan mengetikkan namanya, diikuti dengan sepasang tanda kurung, ke dalam kode Anda. Nanti, Anda akan belajar cara menulis fungsi Anda sendiri, tetapi untuk saat ini kami hanya akan menggunakan beberapa yang ditentukan JavaScript untuk kami
Fungsi bawaan Math. random[] mengevaluasi ke bilangan real acak antara nol dan satu. Sebut saja dengan mengetikkan namanya ke konsol
data:text/html,
_3[Tentu saja, Anda akan melihat nomor lain yang dipilih secara acak. ] Jalankan baris ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Cara mudah untuk mensimulasikan lemparan koin adalah dengan menanyakan JavaScript apakah hasil dari fungsi ini lebih besar dari 0. 5
data:text/html,
_4Separuh waktu, Anda akan mendapatkan
≫ 10+20+30
⬅︎ 60
_8 [kepala. ] dan separuh waktu ≫ 10+20+30
⬅︎ 60
_9 [ekor. ]Sebuah dadu bersisi enam dengan Matematika. lantai[]
Kita dapat menggunakan apa yang telah kita diskusikan sejauh ini untuk menulis beberapa kode guna mensimulasikan pengguliran. Yang ingin kami lakukan adalah menulis ekspresi yang mengevaluasi, secara acak, ke angka antara satu dan enam [inklusif]. Kita sudah mengetahui tentang fungsi
≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
_1, yang mengembalikan bilangan real acak antara nol dan satu. Untuk mendapatkan angka acak yang berkisar hingga enam, kita cukup mengalikan nilai ≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
1 dengan enamdata:text/html,
_5Jalankan ini beberapa kali untuk mengetahui rentang nilai yang dikembalikannya. Ini adalah langkah pertama yang bagus, tetapi ini tidak seperti yang kita inginkan, simulasi gulungan dadu bersisi enam], karena memiliki bagian pecahan. Juga, jika Anda menjalankan fungsi cukup sering, Anda akan melihat bahwa angka sebelum bagian pecahan bervariasi dari nol hingga lima, tetapi tidak pernah mencapai enam. [Pikirkan sejenak mengapa ini terjadi. ]
Jadi, kami memiliki dua masalah untuk dipecahkan dalam implementasi simulasi dadu enam sisi kami. Yang pertama adalah ekspresi seperti yang telah kami tulis mencakup bagian pecahan. Yang kedua adalah kisarannya tidak tepat. kita ingin angka dari satu sampai enam, tetapi ekspresi sekarang memberi kita nol sampai lima
Untuk memperbaiki masalah pertama, kita perlu mencari cara untuk menghilangkan bagian pecahan dari sebuah angka. Saya akan memberi tahu Anda cara melakukan ini, tetapi jika saya tidak ada saat Anda mengalami masalah seperti ini lagi, Anda dapat beralih ke pencarian web; . Biasanya Anda akan menemukan utas seperti ini dengan beberapa petunjuk dan mudah-mudahan beberapa kode contoh
JavaScript sebenarnya dilengkapi dengan fungsi bawaan untuk menghapus bagian pecahan dari angka [mis. e. , dibulatkan ke bawah]. Fungsi ini disebut
≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
_4. Fungsi ini bekerja sedikit berbeda dari ≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
1 karena tidak hanya muncul dengan nomor entah dari mana, tetapi melakukan operasi pada nomor. Terminologi untuk ini adalah bahwa fungsi mengambil argumen atau parameter. Saat fungsi mengambil parameter, Anda meletakkan ekspresi yang hasilnya harus dioperasikan oleh fungsi tersebut di antara tanda kurung, seperti itudata:text/html,
_6Seperti yang Anda lihat, saat Anda meletakkan ekspresi di antara tanda kurung, JavaScript mengevaluasi ekspresi tersebut dan kemudian menyediakannya ke fungsi sebagai parameter. Fungsi kemudian mengevaluasi hasil operasi yang dirancang untuk dilakukannya
Ingatlah bahwa nilai itu sendiri adalah ekspresi yang mengevaluasi nilai tersebut, Anda dapat menggunakan
≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
4 untuk menemukan persamaan yang dibulatkan ke bawah dari bilangan arbitrerdata:text/html,
_7Sekarang, bagian yang sulit. bagaimana kita mengambil angka acak yang dikembalikan dari
≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
7 dan menemukan persamaan yang dibulatkan ke bawah? . letakkan seluruh ekspresi di dalam tanda kurung ≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
4data:text/html,
_8Hei, bagus. Kami hampir sampai di sana. Jalankan fungsi ini beberapa kali untuk melihat seperti apa hasilnya. [Di sebagian besar browser, Anda dapat menekan tombol "atas" untuk "menggulir" ekspresi sebelumnya. Lakukan ini untuk menghemat pengetikan. ]
Anda akan melihat bahwa nilainya masih berkisar dari nol hingga lima. Untuk memperbaiki masalah ini, kami akan mengambil seluruh ekspresi dan menambahkan satu ke dalamnya
data:text/html,
_9LATIHAN. Cari tahu mengapa bagian
_9 dari ungkapan ini harus berada di dalam tanda kurung, dan mengapa≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
0 harus berada di luar. Jika Anda kesulitan memikirkan hal ini, coba tuliskan di selembar kertas dan kerjakan langkah-langkah yang harus diambil JavaScript untuk mengevaluasi ekspresi ini≫ 17 / 2 ⬅︎ 8.5
Belajar tentang pemrograman
Omong-omong, tidak ada alasan Anda seharusnya mengetahui bahwa ada fungsi yang disebut
≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
4 yang melakukan operasi yang dilakukan oleh fungsi khusus ini. Tidak jelas dari prinsip pertama bahwa fungsi seperti itu harus ada. Tugas mempelajari bagaimana memprogram komputer sebenarnya adalah tugas belajar tentang seperti apa bahasa pemrograman tertentu dan fasilitas apa yang disediakannya. Jadi jangan khawatir jika sesuatu seperti ≫ 20 19 + SyntaxError: missing ; before statement
4 tampak tidak jelas, karena memang demikianBahkan pemrogram ahli tidak memiliki pengetahuan ensiklopedis tentang bahasa pemrograman yang mereka gunakan;
Peringatan
Fungsi tidak selalu mengevaluasi ke nilai yang berguna. Beberapa fungsi hanya ada untuk melakukan tugas tertentu. Fungsi
≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
_3 adalah salah satunya. Coba ketikkan yang berikut ke konsol≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_0Ini akan menampilkan kotak dialog modal yang mengundang Anda untuk mengklik "OK" [atau yang serupa; persis seperti apa jendela ini tergantung pada browser Anda]. Membuat jendela ini muncul adalah tujuan dari fungsi
≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
3. Ketika Anda mengklik "OK," Anda akan melihat bahwa kata ≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
5 muncul di konsol. Nilai ≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
5 adalah nilai khusus dalam JavaScript yang berarti "tidak ada yang khusus", yang dievaluasi oleh fungsi ≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
3Omong-omong, ekspresi di antara tanda kurung
≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
3 pada contoh di atas—dimulai dan diakhiri dengan tanda kutip ganda—disebut string literal. Literal string adalah salah satu cara untuk mendefinisikan sejenis nilai yang disebut string, yang digunakan dalam JavaScript [dan banyak bahasa pemrograman lainnya] untuk merepresentasikan teks. [Program komputer terbuat dari teks, tetapi juga sering bekerja pada teks, sama seperti kalkulator bekerja pada angka. Literal string adalah cara memberi tahu JavaScript bahwa beberapa teks dalam ekspresi Anda adalah data, dan bukan bagian dari kode ekspresi. ]Fungsi
≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
_3 juga akan membantu mengambil nilai yang bukan string sebagai parameter. Misalnya, untuk menampilkan jendela pop-up dengan hasil simulasi dadu enam sisi kami≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_1Variabel
Anda dapat menyimpan hasil evaluasi ekspresi untuk nanti menggunakan operator
≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
0 [disebut "operator penugasan"] dan kata kunci ≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
1. Di sisi kiri ≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
_0, tulis kata yang ingin Anda gunakan untuk merujuk pada nilai ekspresi, dan di sisi kanan, tulis ekspresi itu sendiri. Setelah Anda menetapkan nilai seperti ini, setiap kali Anda memasukkan kata itu ke dalam kode JavaScript Anda, itu akan dievaluasi ke nilai yang Anda tetapkan sebelumnya. Seperti itu≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_2Dalam hal ini, hasil evaluasi ekspresi
≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
3 ditugaskan ke variabel ≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
4. Sekarang, setiap kali Anda menggunakan variabel x dalam program Anda, itu "bergantian" untuk hasil ekspresi yang Anda tetapkan padanyaPerhatikan bahwa baris dengan
≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
_1 dan ≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
0 itu sendiri merupakan ekspresi, tetapi ekspresi pemberian nilai ke variabel selalu bernilai ≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
5. [Jika kalimat itu tidak masuk akal, jangan khawatir—itu poin yang sangat halus. Anda bisa mengabaikan ≫ 17 / 2
⬅︎ 8.5
_5 hasil dari operator penugasan. ] Pada ekspresi kedua, kami hanya mengetik ≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
4 ke konsol. Ini sama dengan menanyakan JavaScript, “Hei, ingat ketika saya memberi tahu Anda tentang variabel bernama ≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
4? CATATAN. Kata kunci
_1 terkadang digunakan sebagai pengganti≫ 3 * 5 == 9 + 6 ⬅︎ true ≫ 20 == 7 * 3 ⬅︎ false
1. Untuk tujuan kita, keduanya identik, meski ada perbedaan penting. Untuk saat ini, jika Anda melihat tutorial pemrograman lain dan Anda melihat≫ 8 * 2.1 ⬅︎ 16.8
1, ketahuilah bahwa Anda hampir pasti dapat menggunakan kata kunci≫ 3 * 5 == 9 + 6 ⬅︎ true ≫ 20 == 7 * 3 ⬅︎ false
1 alih-alih≫ 8 * 2.1 ⬅︎ 16.8
1 tanpa memengaruhi cara kerja program Anda secara negatif≫ 3 * 5 == 9 + 6 ⬅︎ true ≫ 20 == 7 * 3 ⬅︎ false
Sekarang, setiap kali Anda menggunakan variabel x dalam program Anda, itu "bergantian" untuk hasil ekspresi yang Anda tetapkan padanya
≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_3Anda dapat membuat variabel sebanyak yang Anda inginkan
≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_4Nama variabel harus dimulai dengan huruf, garis bawah, atau tanda dolar [
≫ 3 * 5 == 9 + 6
⬅︎ true
≫ 20 == 7 * 3
⬅︎ false
6]; . Nama variabel peka huruf besar-kecil [mis. e. , ≫ 3 * 5 == 9 + 6
⬅︎ true
≫ 20 == 7 * 3
⬅︎ false
_7 adalah nama variabel yang berbeda dari ≫ 3 * 5 == 9 + 6
⬅︎ true
≫ 20 == 7 * 3
⬅︎ false
8]. Di sebagian besar browser, Anda juga dapat menggunakan karakter non-ASCII [mis. e. , huruf dan simbol yang tidak umum digunakan dalam bahasa Inggris] dalam nama variabel. Dokumen ini memiliki detail, tetapi misalnya, ini berfungsi dengan baik≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_5atau
≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_6Jika Anda mencoba menggunakan nama variabel yang belum Anda tentukan di buku catatan, JavaScript akan memunculkan kesalahan
≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_7Jika Anda menetapkan nilai ke variabel, dan kemudian menetapkan nilai lagi, nilai variabel sebelumnya akan ditimpa. Namun, jika Anda mencoba menggunakan kata kunci
≫ 8 * 2.1
⬅︎ 16.8
_1 dua kali dengan nama variabel yang sama, JavaScript menunjukkan kesalahan≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_8Untuk apa variabel genap?
Pada awalnya tidak sepenuhnya jelas mengapa Anda membutuhkan variabel. Mengapa memberi tahu JavaScript untuk menyimpan nilai untuk nanti, alih-alih hanya menulis ekspresi yang lebih panjang? . Katakanlah Anda memiliki sejumlah harga barang dalam dolar AS dan Anda ingin mengonversi semuanya menjadi Euro. Untuk ini, Anda dapat menentukan tingkat konversi [0. 84 pada tulisan ini] dalam satu variabel, dan menggunakannya dalam semua perhitungan berikutnya. Saat tingkat konversi berubah, Anda hanya perlu memperbarui nilai yang sesuai di satu tempat, bukan di setiap tempat terjadinya
≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_9Alasan lain penggunaan variabel adalah untuk mempermudah membaca dan memahami ekspresi yang panjang dan kompleks. Misalnya, ekspresi yang kami tulis sebelumnya untuk menampilkan dialog modal dengan die roll enam sisi yang disimulasikan cukup rumit
≫ 3 + 5
⬅︎ 8
_1Kita bisa memecah ini menjadi urutan penugasan variabel untuk membuatnya sedikit lebih mudah dibaca
≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
1Salin dan tempel seluruh rangkaian ekspresi tersebut ke dalam konsol dan jalankan. Anda akan melihat hasil yang sama seperti yang Anda lihat dengan versi ekspresi tunggal. Saya akan menyerahkan kepada Anda untuk memutuskan apakah ini lebih mudah dibaca atau tidak daripada versi di mana semuanya terjadi dalam ekspresi yang sama. Tetapi beberapa pemrogram lebih suka membuat setiap langkah dari proses menjadi eksplisit dan menamai nilai yang dihasilkan
Program komputer
Omong-omong, urutan ekspresi yang ditulis pada contoh terakhir adalah contoh program komputer. daftar hal-hal yang harus dilakukan komputer. Secara teknis, sebuah "program" dapat terdiri dari satu ekspresi, tetapi sebagian besar program komputer terdiri dari beberapa [dan terkadang ribuan atau bahkan jutaan]
Saat JavaScript menemukan daftar seperti itu, JavaScript melihat item pertama dalam daftar, mengevaluasinya, dan melanjutkan hingga mencapai item terakhir. Proses ini disebut “menjalankan” atau “mengeksekusi” program. [Ada beberapa cara untuk melewatkan JavaScript dalam eksekusi, yang sangat membantu dan akan kita bahas nanti]. Instruksi individu dalam daftar, seperti menetapkan nilai ke variabel, disebut pernyataan
Pada contoh di atas, program hanyalah daftar baris kode yang Anda tempelkan ke konsol. Namun, biasanya program komputer disimpan dalam file terpisah [program JavaScript biasanya memiliki ekstensi file
data:text/html,
00] yang dimuat ke browser melalui berbagai mekanisme, seperti tag HTML data:text/html,
01Hal lain yang perlu diperhatikan dalam contoh di atas. setiap baris program diakhiri dengan titik koma [
data:text/html,
02]. Apa yang terjadi dengan itu? . Namun, secara teknis dimungkinkan untuk memiliki dua pernyataan pada baris yang sama, dipisahkan oleh titik koma, seperti itu≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
2Tanda titik koma ke JavaScript bahwa baris tersebut bukan hanya satu ekspresi besar; . Dengan konvensi, pemrogram JavaScript menyertakan titik koma di akhir baris meskipun hanya ada satu pernyataan di baris. Ada alasan bagus untuk melakukan ini, tetapi kebanyakan hanya dilakukan karena tradisi. [Banyak bahasa pemrograman yang menjadi dasar desain JavaScript, seperti C dan Java sebenarnya membutuhkan titik koma di akhir setiap baris. ]
Variabel dan properti bawaan
JavaScript juga menyediakan beberapa variabel bawaan. Variabel ini selalu tersedia untuk Anda; . Variabel bawaan akan berbeda tergantung di mana Anda menjalankan JavaScript [mis. g. , di browser, di baris perintah, di kerangka kerja tertentu, dll. ;
CATATAN. Secara teknis ini adalah "properti" dari "objek" bawaan, tetapi saya merasa tidak masalah menyebutnya "variabel" untuk tujuan tutorial ini
Misalnya, ada variabel bawaan
data:text/html,
03 yang memberi Anda informasi tentang browser yang Anda gunakan≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
_3Dan variabel bawaan
data:text/html,
_04 dan data:text/html,
05 memberi tahu Anda berapa lebar piksel jendela browser Anda [masing-masing]≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
_4Perhatikan bahwa browser Anda akan selalu memperbarui variabel ini. coba ubah ukuran jendela browser Anda dan periksa kembali nilai variabel tersebut
Beberapa variabel ini dapat ditimpa [mis. e. , Anda dapat menetapkan nilai baru untuk mereka]. Khususnya, variabel
data:text/html,
06 sesuai dengan teks yang terlihat di badan dokumen di jendela. Dokumen di jendela kami kosong [karena kami secara khusus memilih untuk memuat dokumen kosong saat memulai tutorial ini. ]. Tetapi Anda dapat memasukkan beberapa teks ke dalam badan dokumen dengan memberikan nilai pada variabel ini≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
5Teks dokumen harus berubah menjadi
data:text/html,
_07 segera setelah Anda melaksanakan tugas iniBeberapa variabel bawaan yang menyenangkan.
data:text/html,
_08 mengatur ukuran font yang menampilkan teks di badan dokumen. Anda dapat menyetelnya dengan menetapkan nilai string dengan [misalnya] angka diikuti dengan data:text/html,
09 [ini menyetel ukuran font yang diukur dalam piksel]≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
6Format
data:text/html,
_10 adalah nilai panjang CSS. Jika Anda terbiasa dengan CSS, Anda akan mengenali pengidentifikasi data:text/html,
11 mirip dengan properti CSS data:text/html,
12, dan bahkan browser web memudahkan untuk mengubah gaya CSS elemen HTML di badan dokumen. Sebagai contoh lain, variabel data:text/html,
_13 memungkinkan Anda mengatur latar belakang badan dokumen. Mari gunakan gif anak kucing ini≫ 4 + 5 * 6
⬅︎ 34
≫ [4 + 5] * 6
⬅︎ 54
7Setelah menjalankan semua pernyataan ini, jendela browser Anda akan terlihat seperti ini
Langkah selanjutnya
Tutorial ini dirancang untuk membuat Anda sedikit terbiasa dengan JavaScript sambil menunjukkan kepada Anda cara menggunakan konsol JavaScript yang tersedia gratis di hampir semua browser. Menjadi akrab dengan konsol itu penting bukan hanya karena ini adalah alat yang berguna untuk debugging dan eksperimen, tetapi karena banyak tutorial pemrograman tingkat lanjut mengasumsikan keakraban dengan konsep antarmuka gaya read-eval-print-loop
Tapi Anda tidak mungkin melakukan banyak pekerjaan sebenarnya di konsol JavaScript; . Sebagian besar waktu, aplikasi JavaScript berbasis browser menggunakan file mandiri yang menyertai halaman web. Tutorial dasar-dasar JavaScript dari MDN ini membawa Anda melalui proses bekerja dengan penyiapan seperti itu
Pengembangan JavaScript yang lebih serius biasanya dilakukan dengan bantuan kerangka kerja, yang merupakan kumpulan fungsi yang telah ditentukan sebelumnya dan potongan kode lain yang dirancang untuk membuat tugas tertentu lebih mudah. React adalah framework populer untuk membangun antarmuka web; . js adalah framework populer untuk membuat visualisasi data. Kerangka yang digunakan dalam sisa tutorial di situs ini adalah p5. js, yang memudahkan pembuatan aplikasi visual interaktif. Berikut sebagian daftar framework dan library JavaScript menarik lainnya
Mempelajari sesuatu yang baru selalu melibatkan pendekatan topik dari berbagai sudut. Pemrograman tidak berbeda. Bahkan pakar pemrograman terus mempelajari hal-hal baru tentang keahlian mereka sendiri. Apa yang jelas dan sederhana bagi satu programmer adalah aneh dan canggih bagi programmer berikutnya. Dengan demikian, jika Anda ingin menjadi programmer yang terampil dan terpelajar, sebaiknya Anda tidak hanya berfokus pada satu tutorial atau satu tugas pemrograman. Berikut adalah beberapa tutorial lain yang mungkin menarik bagi Anda