Makalah bentuk kesetaraan dalam perbedaan sosial di masyarakat

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

The preview shows page 2 - 4 out of 10 pages.

MAKALAH SOSIOLOGIKESETARAAN DALAM KERAGAMAN MASYARAKATDISUSUNOLEH:KELOMPOK IIIFEBRIYANTIULFIANIOLVINPURWADIZAID AKBARCANDRASMA N 4 PALUTAHUN AJARAN 2016/2017BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang

ISBD bukanlah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri, melainkan hanyalah suatu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang berbudaya, dan masalah-masalah yang terwujud daripadanya. Memberikan landasan dan wawasan yang luas, serta menumbuhkan sikap kritis, peka, dan arif untuk memahami keragaman, kesetaraan, dan kemartabatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku individu dan makhluk sosial yang beradab serta bertanggungjawab terhadap sumber daya dan lingkungannya.Setiap manusia dilahirkan setara, meskipun dengan keragaman identitas yang disandang. Kesetaraan merupakan hal yang inheren yang dimiliki manusia sejak lahir. Setiap individu memiliki hak-hak dasar yang sama yang melekat pada dirinya sejak dilahirkan atau yang disebut dengan hak asasi manusia. Kesetaraan dalam derajat kemanusiaan dapat terwujud dalam praktik nyata dengan adanya pranata-pranata sosial, terutama pranata hukum, yang merupakan mekanisme kontrol yang secara ketat dan adil mendukung dan mendorong terwujudnya prinsip-prinsip kesetaraan dalam kehidupan nyata.Kebudayaan Indonesia dapat didefinisikan sebagai seluruh kebudayaan Indonesia yang telah ada sebelum terbentuknya negara Indonesia pada tahun 1945. Keberagaman menjamin kehormatan antarmanusia di atas perbedaan, dari seluruh prinsip ilmu pengetahuan yang berkembang di dunia, baik ilmu ekonomi, politik, hukum, dan sosial. Pancasila yang digali dan dirumuskan para pendiri bangsa ini adalah sebuah rasionalitas yang telah teruji. Pancasila adalah rasionalitas kita sebagai sebuah bangsa yang majemuk, yang multi agama, multi bahasa, multi budaya, dan multi ras yang bernama Indonesia

BAB IIPEMBAHASANA.Pengertian kesataraan.Kesetaraan manusia bermakna bahwa manusia sebagai makhluk Tuhan memiliki tingkatan atau kedudukan yang sama. Tingkatan atau kedudukan yang sama bersumber dari pandangan bahwa semua manusia tanpa dibedakan adalah diciptakan dengan kedudukan yang sama yaitu sebagai makhluk mulia dan tinggi derajatnya dibanding makhluk lain. Dihadapan Tuhan semua manusia memiliki derajat, kedudukan atau tingkatan yang sama , yang membedakannya adalah ketaqwaan manusia tersebut terhadap Tuhan.Kesederajatan merupakan suatu kondisi dimana dalam perbedaan dan keragaman yang ada, manusia tetap memiliki suatu kedudukan yang sama dalam satu tingkatan hierarki. Kesederajatann adalah persamaan harkat, nilai, harga dan taraf yang membedakan makhluk yang satu dengan yang lainnya. Kesederajatan dalam masyarakatadalah suatu keadaan yang menunjukkan adanya pemeliharaan kerukunan dan kedamaian yang saling menjaga harkat dan martabat masyarakatnya.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 10 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Sosiologi makalah kesetaraan sosial

SOSIOLOGI KESETARAAN DALAM KEBERAGAMAN

A. LATAR BELAKANG

Bab ini tentang Manusia, Keragaman dan Kesetaraan yakni dapat menyadarkan kepada manusia bahwa keragaman merupakan keniscayaan hidup manusia, termasuk di Indonesia. Dalam paham multikulturalisme, kesederajadan, dan atau kesetaraan sangat dihargai untuk semua budaya yang ada dalam masyarakat. Paham ini sebetulnya merupakan bentuk akomodasi dari budaya arus utama [besar] terhadap munculnya budaya-budaya kecil yang datang dari berbagai kelompok. Itulah sebabnya, penting sekarang ini membahas keragaman dan kesetaraan dalam hidup manusia. Untuk konteks Indonesia sebagai masyarakat majemuk, sehubungan dengan pentingnya ketiga hal tersebut : manusia, keragaman, dan kesetaraan, tatkala berbicara tentang keragaman, hal itu mesthi dikaitkan dengan kesetaraan. Mengapa? Karena keragaman tanpa kesetaraan akan memunculkan diskriminasi : kelompok etnis yang satu bisa memperoleh lebih dibanding yang lain; atau kelompok umur tertentu bisa mempunyai hak-hak khusus atas yang lainnya. Keragaman yang didasarkan pada kesetaraan akan mampu mendorong munculnya kreativitas, persaingan yang sehat dan terbuka, dan pada akhirnya akan memacu kesaling-mengertian. Perkembangan pembangunan yang terjadi dalam dua dekade terakhir di Indonesia menjadikan pertemuan antar orang dari berbagai kelompok suku dan budaya sangat mudah terjadi. Hal itu tentu saja akan menimbulkan banyak goncangan dan persoalan. Karena itu sebelum menjadi sebuah konflik yang keras, Indonesia sudah selayaknya mempersiapkan masyarakatnya mengenai adanya keragaman. Keragaman itu supaya menghasilkan manfaat besar harus diletakkan dalam bingkai kebersamaan dan kesetaraan. Namun, sebelum membahas mengenai bagaimana memahami keragaman dan kesetaraan dan juga bagaimana mengelola keragaman yang ada dengan segala persoalan dan tantangannya, pembahasan akan dimulai dengan memusatkan perhatian pada manusia itu sendiri. Dalam perkembangan konteks kehidupan bermasyarakat yang terjadi secara cepat dan dramatis seringkali muncul ketegangan antara individualitas dan sosialitas. Bagaimana seorang manusia yang senantiasa berusaha mencari identitas diri harus melakukan akomodasi terhadap masyarakatnya yang juga terus berubah. Manusia baik sebagai pribadi maupun sebagai bagian dari masyarakat dikitari oleh berbagai hal yang menjadikannya selalu berada dalam ketegangan antara diri sendiri dan orang lain. Praktis komunikasi, sejarah yang melingkupinya, keberadaan orang lain, konsep mengenai masalalu, mas kini, dan mas depan juga merupakan hal-hal yang terus perlu dipertimbangkan ketika manusia menjalani hidupnya, baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari sebuah masyarakat.

B. RUMUSAN MASALAH

1. Bagaimana manusia dan kedudukannya?2. Bagaimana hakekat keragaman dan kesetaraan manusia?3. Bagaimana hubungan keragaman dalam dinamika sosial dan budaya?4. Bagaimanakah hubungan manusia, keragaman, dan kesetaraan di Imdonesia?

C. TUJUAN

Tujuan instruksional pokok bahasan ini adalah mengantar kita pada kompetensi yang berwawasan sosial-budaya, yang dengan hal ini ketika berkarya dalam masyarakat, diharapkan mampu berpikir kritis, kreatif, luas, sistemik-ilmiah, peka dan empatik secara sosial-budaya, demokratis, beradab, serta terampil dan arif dalam mencari solusi pemecahan masalah sosial-budaya. Sesuai dengan urutan bahasan yaitu :1. Menjelaskan manusia dan kedudukannya2. Menganalisis hakekat keragaman dan kesetaraan manusia3. Menjelaskan keragaman dalam dinamika sosial dan budaya4. Mengkaji manusia, keragaman, dan kesetaraan di Indonesia

STRUKTUR SOSIAL

1. Pengertian struktur sosialStruktur sosial berasal dari kata structum yang berarti menyusun, membangun untuk sebuah gedung dan lebih umum dipakai istilah konstruksi yang berari kerangka. Kata konstruksi memang tidak lazim untuk bangunan masyarakat, sebagai istilah ilmiah dipakai kata struktur sosial.

a. Pengertian struktur sosial menurut pendapat para ahli. Soerjono Soekanto: struktur sosial diartikan sebagai hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan peranan-peranan sosial. E. R. Lanch: cita-cita tentang distribusi kekuasaan diantara individu dan kelompok sosial. Raymond Flirth: pergaulan hidup manusia meliputi berbagai tipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan meliputi pula lembaga-lembaga di mana orang banyak tersebut ambil bagian.

Dari definisi tersebut diatas disimpulkan bahwa struktur sosial merupakan tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat, yang di dalamnya terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan yang mengacu pada suatu keteraturan perilaku di dalam masyarakat

2. Ciri-ciri struktur social1] Ciri-ciri struktur sosial secara umum: Bersifat abstrak, artinya tidak dapat dilihat dan tidak dapat diraba. Struktur sosial disini merupakan hierarki kedudukan dari tingkatan yang tertinggi sampai yang terendah, berfungsi sebagai saluran kekuasaan dan pengaturan pemenuhan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh. Terdapat dimensi vertikal dan horizontal, struktur sosial pada dimensi vertikal adalah hierarki status-status sosial dengan segala peranannya sehingga menjadi satu sistem yang tidak dapat dipisahkan dari struktur status yang tertinggi hingga struktur status yang terendah. Sedangkan pada struktur sosial yang memiliki dimensi harizontal, seluruh masyarakat berdasarkan karakteristiknya terbagi-bagi dalam kelompok-kelompok sosial yang memiliki karakter sama. Sebagai landasan sebuah proses sosial suatu masyarakat, artinya proses sosial yang terjadi dalam suatu struktur sosial termasuk cepat lambatnya proses itu sendiri sangat dipengaruhi oleh bagaimana bentuk struktur sosialnya. Merupakan bagian dari sistem pengaturan tata kelakuan dan pola hubungan masyarakat, artinya struktur sosial yang dimiliki suatu masyarakat berfungsi untuk mengatur berbagai bentuk hubungan antarindividu di dalam masyarakat tersebut. Struktur sosial selalu berkembang dan dapat berubah, struktur sosial merupakan tahapan perubahan dan perkembangan masyarakat yang mengandung dua pengertian, yaitu dalam struktur sosial terdapat peranan yang bersifat empiris dalam proses perubahan dan perkembangan, serta dalam setiap perubahan dan perkembangan tersebut terdapat tahap perhentian stabilitas, keteraturan, dan integrasi sosial yang berkesinambungan, sebelum terancam proses

ketidakpuasan dalam tubuh masyarakat. Pada ciri yang kelima ini dalam sosiologi sering digunakan untuk melukiskan keteraturan sosial atau keteraturan elemen-elemen dalam kehidupan masyarakat.

2] Tiga bentuk masyarakat berdasarkan ciri-ciri struktur sosial.Berikut ini adalah tiga bentuk masyarakat berdasarkan ciri-ciri struktur sosial dan budayanya seperti yang dikemukukan oleh Selo Soermardjan

a. Masyarakat sederhana, ciri-ciri struktur sosial dan budaya pada masyarakat sederhana adalah sebagai berikut:1] Ikatan keluarga dan masyarakatnya sangat kuat.2] Organisasi sosial berdasarkan tradisi turun-temurun.3] Memiliki kepercayaan yang kuat terhadap kekuatan gaib.4] Tidak memiliki lembaga-lembaga khusus, seperti lembaga pendidikan.5] Hukum yang berlaku tidak tertulis.6] Sebagain besar produksi hanya untuk keperluan keluarga sendiri atau untuk pasaran dalam skala kecil.7] Kegiatan ekonomi dan sosial dilakukan secara gotong royong.Masyarakata madya,

b. ciri-ciri struktur sosial dan budaya pada masyarakat madya adalah sebagai berikut:1] Ikatan keluarga masih kuat, tetapi hubungan dengan masyarakat setempat sudah mengendor.2] Adat istiadat masih dihormati, tetapi mulai terbuka dengan pengaruh luar.3] Timbulnya rasionalitas dalam cara berpikir sehingga kepercayaan-kepercayaan pada kekuasaan kekuatan gaib baru timbul apabila orang mulai kehabisan akal untuk menanggulangi suatu masalah.4] Timbulnya lembaga-lembaga pendidikan formal sampai tingkat lanjutan.5] Hukum tertulis mulai mendampingi hukum tidak tertulis.6] Memberi kesempatan pada produksi pasar sehingga muncul diferensiasi dalam struktur masyarakat.7] Gotong royong hanya untuk keperluan di kalangan tetangga dan kerabat, sedangkan kegiatam ekonomi dilakukan atas dasar uang.

c. Masyarakat modern, ciri-ciri struktur sosial dan budaya masyarakat modern adalah sbegaia berikut ini:1] Hubungan sosial didasarkan atas kepentingan pribadi.2] Hubungan dengan masyarakat lainnya sudah terbuka dan salingmempengaruhi.3] Kepercayaan terhadap ilmu kengatahuan dan teknologi sangat kuat.4] Terdapat stratifikasi sosial atas dasar keahlian.5] Tingkat pendidikan formal tinggi.6] Hukum yang berlaku sudah hukum tertulis.7] Ekonomi hampir seluruhnya merupakan ekonomi pasar yang didasarkan atas penggunaan uang dan alat pembayaran lain.

FAKTOR PEMBENTUK KETIDAKSAMAAN SOSIAL

Terjadinya proses stratifikasi sosial menurut Astrid S. Susanto terjadi karena semakin meluasnya masyarakat, yang mengakitbatkan terjadinya pembagian kerja. Jadi, masyarakat modern akan memperlihatkan kecenderungan menuju ke arah stratifikasi yang lebih banyak karena dasar dari stratifikasi adalah pembagian kerja

Adapun menurut Soerjono Soekanto, hal hal yang dianggap sebagai pembentuk terjadinya stratifikasi adalah sebagai berikut :

I. Sistem sosial berpokok pada sistem pertentangan dalam masyarakat. Sistem demikian hanya mempunyai arti yang khusus bagi masyarakat tertentu.II. Sistem stratifikasi dapat dianalisis dalam ruang lingkup unsur unsur, yaitu sebagai berikut : a] Distribusi hak hak istimewa yang objektif, misalnya penghasilan dan kekayaanb] Sistem bertetangga yang diciptakan warga masyarakat, seperti prestise dan penghargaanc] Kriteria sistem pertentangan, yaitu apakah didapatkan berdasarkan kualitas pribadi, keanggotaan kelompok kekerabatan tertentu, milik, wewenang, atau kekuasaand] Lambang kedudukan, seperti tingkah laku hidup, cara berpakaian, perumahan, dan keanggotaan dalam suatu organisasie] Mudah atau sukartnya be

Video yang berhubungan

Bài mới nhất

Chủ Đề