Masih harus #dirumahaja masak bakpao ayam suwir aja yuk!

April 27, 2020

LovelyRistin

Kegiatan #dirumahaja karena masih urusan pandemi yang belum selesai ini membuat beberapa orang jadi mencari kegiatan yang menghasilkan, ada juga dijadikan kesempatan untuk menyalurkan hobi, atau malah melakukan hal – hal gila yang banyak tersebar di sosmed, contohnya kangen travelling jadi ada aja kreativitas orang – orang yang halu, di rumah tapi halu lagi ada di pesawat hahaha, atau sekedar menghibur diri main tiktok. Ada juga yang rapiin rumah, rapiin rumah terus gak selesai – selesai hahaha… Tapi apapun lah yaa.. asal bisa menghibur hati dengan kegiatan positif pasti nyenengin.

Kali ini aku coba entah yang udah keberapa kali hahaha.. dengan berganti – ganti resep, bikin bakpao.. yepss.. bakpao again hahaha… ya begimane dong??? pan anak – anak di rumah suka sama bakpao jadi emaknya cari aman aja bikin cemilan yang disukai, dan cepat juga habisnya, jadi pan masak gak sia – sia hihihi… Nah, sekarang nih lagi coba resep bakpao dari Mbak Endang JTT, dan emang mantul banget resep – resep mbak Endang ini yaa… ada yang mau coba juga? Aku rewrite disini yaa hihihi… izin post ya mbak Endang ^ ^. Oh yaa.. kadang iseng aku tulis resep di blog, rata – rata sih resep yang udah pernah aku praktekkan, kalau berhasil aku posting, maksud hati buat dokumentasi diri sendiri aja, tapi maklum yaa… akhir – akhir ini memang lagi jarang banget masak, udah ada sih beberapa list yang pengen segera di eksekusi, tapi please lah atuh.. kadang mager nya itu minta dijitak hihihi.. atau hari gini bikin rempong juga mau ke TBK (Toko bahan kue) beli bahan – bahannya, ada tempat langganan soalnya jadi males kalau beli online kecuali kepepet hehe.. Nanti deh.. segera eksekusi lagi yang udah masuk list, sekarang kita coba posting ini dulu aja ya :).

Resep Bakpao ayam suwir
Sumber : Mbak Endang – JTT

Untuk 10 buah bakpau diameter 8 cm

Bahan dan isi :

1/2 ekor ayam. Rebus sampai matang, kemudian dagingnya disuwir – suwir.
1 bawang bombay, belah dua, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang.
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis
5 sendok makan saus sambal botol
4 sendok makan saos tomat botol
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan gula pasir
Cabai rawit (sesuai selera untuk tingkat level pedasnya)
1 sendok makan minyak untuk tumis

Bahan roti:

Bahan biang (A):

100 ml susu cair hangat, atau air biasa ( aku pilih menggunakan susu )
2 sendok teh ragi instant ( aku pakai fermipan, pastikan belum expired)
130 gram tepung terigu protein rendah ( aku pakai tepung cakra)

Bahan untuk adonan roti (B):

360 gram tepung terigu protein rendah
3 sendok makan tepung tapioka/tepung sagu ( aku pakai sagu, tapi hasil gak ngaruh sih mau pakai sagu atau tapioka)
100 gram gula pasir
2 sendok teh baking powder (aku pakai double acting BP).
3 sendok makan mentega/butter, atau margarine putih (aku pakai butter yang unsalted, pernah pakai mentega, lembutnya sama aja, tapi kalau pakai mentega hasil bakpao lebih kuning, kalau pakai butter lebih gurih menurut aku)
1/4 sendok teh garam
100 – 115 ml susu cair atau air biasa (aku pakai susu)

LovelyRistin

Cara membuat isian bakpao :

Untuk isi bakpao sebenarnya sesuai selera, bisa diisi pakai coklat dari mises untuk roti yang mungkin lebih sering tersedia di rumah, tapi kali ini aku ikuti resep banget, hanya saja suwir ayam aku bikin tidak pedas, karena anak – anak gak suka pedas.

Step bikin ayam suwir dengan bumbunya :

Panaskan minyak. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga bawang kecoklatan. Campur jadi satu saus tiram, kecap manis, saus tomat, saus sambal, gula pasir, merica dan garam, aduk rata, masak dengan api kecil hingga mendidih. Bisa tambahkan cabai rawit jika ingin pedas.

Masukkan ayam suwir yang sudah dimasak tadi ke dalam saus yang sudah kita masak tadi, masak hingga saus mengental dan kuah mengering. Sebaiknya saus kuah masak sampai mengering, supaya tidak kesulitan ketika proses isi kedalam adonan bakpao.

Cara membuat roti (bakpao) :

Masukkan susu dengan suhu hangat kuku, kemudian masukkan ragi instant, aduk rata sampai ragi larut.

Note: Pastikan susu hangat, tidak panas, supaya ragi tidak mati.

Masukkan tepung terigu, aduk rata, nantinya akan membentuk adonan kasar.
Tutup dengan kain dan biarkan selama 15 – 20 menit. Atau hingga biang mengembang dan ketika ‘disibak’ dengan spatula tampak membentuk lubang-lubang seperti sarang.

Membuat adonan

Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka yang telah diayak.
Masukkan gula pasir, baking powder dan garam. Aduk rata.
Masukkan adonan A (biang saat ini terlihat mengembang dan ketika di buka adonan terlihat berongga).

Tambahkan mentega dan susu cair, perlahan – lahan sambil diaduk dan uleni sampai bahan tercampur rata. Tambahkan susu cair lagi sedikit demi sedikit hingga adonan terasa lembab dan nyaman diuleni. Susu di campurkan sedikit demi sedikit supaya mendapatkan level adonan yang kalisnya tepat. Bisa dibantu dengan taburan tepung yang DItaburkan diatas meja ulenan, kegiatan ulenin ini menghabiskan waktu kurang lebih 20 menit, atau sampai adonan tidak lagi lengket di tangan, dan lentur. Setelah itu tutup adonan sebentar dengan kain lap bersih yang lembab. Adonan akan mengembang. Kempeskan adonan untuk menghilangkan gas di dalamnya, kemudian adonan siap untuk diisi.

Siapkan daun pisang atau kertas roti untuk alas adonan yang sudah diisi ayam suwir. Masukkan kedalam panci kukusan, tutup dengan lap bersih pada tutup kukusan, supaya uap air ketika mengukus tidak menetes pada adonan bakpao guna mendapatkan hasil kulit bakpao yang mulus.

LovelyRistin

Karena hasilnya banyak banget, jadi sebagian bisa simpan di freezer, tinggal kukus lagi kalau mau dimakan. Adonan bakpao ini tetap lembut walaupun udah dingin, mantap deh pokoknya! Cobain yuk!

36 People reacted on this

  1. Wah, dari kemarin aku mikir bikin apa ya makanan yang pakai tapioka (punya tapioka nganggur) dan nggak butuh oven. Kok nggak kepikiran ya bikin bakpao aja. Anak-anak sih sepanjang roi-rotian gitu selalu suka.

    Aku nyontek resepnya ya, Mbak. Isian ayam dipedesin kayaknya enak banget.

    1. Wah kebetulan ya mbak, iya anakku juga karena suka roti2an gitu, dah gitu bakpao lumayan buat cemilan sehat di rumah. Aku kebetulan kemarin bikin ayamnya gak pedes, tapi emang enaknya sih pedes, kalau aku karena ikutin selera anak di rumah hehe…

    1. Kemarin aku coba simpen di freezer 2 minggu udah abis gak sampe sebulan hahahaa.. tapi masih bagus sih, jadi gak tau nih bisa sampe sbulan apa ga bagusnya, soalnya dah abis duluan hihihihi… tp keknya bagus sebulan kok klo simpan di freezer

  2. Humm enak banget nih Mbaa.. tapi koq aku minder duluan liat daftar bahan-bahannya ya.. haha.. suka grogi duluan kalau daftar bahan2nya panjang gitu…

    Mengumpulkan keberanian dulu buat praktek nih..
    Kalau beli di kang bakpao setelah dingin keras ya..

    1. Bhahahaha… bahan2nya lumayan byk yaa 😀 aku tu sampe nyimpen kertas roti banyak banget gegara coba2 masak bakpao hahahaha… iya kalau resep ini tetep lembut walopun udah ga hangat, kudu cobain hihihi…

  3. Waaaa.. hasilnya banyak juga ya mbak?
    Asal bisa disimpan di freezer sih, aman2 ajah ya kalai jadinua banyak. Bisa dimakan dilain waktu, krn udah ada yg ready stock

    1. Aku juga beberapa kali bikin bakpao seringnya adonan mengeras kalau udah dingin setelah di kukus, nah pas coba pakai resep ini… masih lembut walopun udah dingin, dikukus lagi malah tambah enak 😀

  4. Wah saya juga penggemar berat mbak Endang, keren dia, pulang kerja masih rajin ngeblog
    Ngeblognyapun nggak mudah, bikin resep sekaligus step by stepnya
    Kemarin saya bikin chewy cookiesnya, dan sekarang blogging sambil ngemil 😀

    1. Aku tu salut sama mbak Endang, dia sibuk tp bikin blog masak memasak, lengkap juga.. hebat banget! aku pembaca setia dia kalau mau masak2 hahahaha… dah beberapa resep sih aku dah coba dari blog nya dan banyak yg bilang enak, padahal aslinya aku gak bisa masak, tapi jadi semangat masak karena blognya 🙂 aku termasuk silent reader dia hihihi… btw chewy cookies aku belum pernah bikin, jadi pen coba bikin juga 🙂

  5. OMG bikin ngiler…haha. Setiap bikin bakpao saya nggak pernah bikin isian ayam atau daging sapi gitu. Palingan pakai yang simpel-simpel kayak coklat. Kayaknya mesti coba deh yang isian ayam. Anak-anak di rumah sukaa banget soalnya makan bakpao. Thanks mbak resepnya 🙂

    1. Kalau aku bakpao lebih suka yg isi ayam gini sih mbak.. makanya seringnya bikin bakpao yg isinya ayam, tp pernah juga isi coklat kalau lagi mager masak isian ayam hihihi..

    1. Bikinnya lumayan sih memang hahahaa… apalagi supaya adonan bisa kalis butuh tenaga extra ngebanting bahan, kalau aku minta tolong paksu buat bantu ulenin adonan, jadi lebih cepat kalisnya 😀

  6. Saya seneng baca-baca resep kayak gini, seneng lagi kalau lihat hasil jadinya.
    Tapi kalau untuk praktek, kok belum ada niat ya.
    Hahaha… jadinya kebanyakan nyimpan resep aja, entah kapan bakal dieksekusi

    1. Sama, aku juga sebenarnya untuk eksekusi banyak mager nya, haha.. tapi kalau udah niat biasanya aku tulis bahannya di kertas, terus ke pasar beli bahan. Kalau dah ada bahan, aku nekat harus jadi, soalnya sayang bahan dah dibeli hahahaha…

  7. Saya tuh suka baca dan nyimpan resep-resep kayak gini. Apalagi kalau ada foto hasil masakannya. Tapi untuk mempraktekkan, kok masih belum ada niat ya

    1. Wah seru kalau anak – anak dah bisa masak, ibunya tinggal makan aja.. hahha.. iya mbak, silahkan, resepnya dah terbukti banyak yg berhasil ini, aku tinggal ngikutin aja 😀

  8. Bakpoo nyaa cantikkk banget mbaak menul menull gtuu, duh jd pengeen bikin jugaa. Aku simpen dulu resepnyaa ya mbaak semoga terealisasi buat bikin takjil bakpao ayam suwir hehehe 😁

Leave a Reply