Negeri tape pengikat silahturahim

September 29, 2015

Sebenarnya cerita kali ini mau obrolin pas lebaran kemarin. Aih.. malu yaa.. telat amat ceritanya,hahahaha.. iya.. telat banget. Karena waktu itu Lovelyristin baru pindahan banget, masih bingung, jadilah cerita ini disimpan aja. Tapi.. sayang juga kalau disimpan sendiri, karena banyak kenangan indah (menurut aku) yang sayang kalau cuma dianggurin di pojokan. Apalagi mendadak aku terima email dari Indonesian foodblogger, yang temanya ternyata gak jauh – jauh seperti yang pengen aku ceritain ini. Tentang kuliner ketika mudik. Tapi ya maafkan ya kalau di cerita ini justru cerita kulinernya gak sepanjang posting, dikarenakan kisah lebaran gak melulu tentang makanan aja kan? Hehe.. Tapi tenang aja deh.. karena bukan suasana lebaran lagi, aku mau cerita sedikit di negeri tape yang udah sering aku kunjungi sejak kecil ini tentang kota dan sedikit kulinernya. Sayang amat disayang.. sampe saat ini sebenarnya aku pun belum terlalu menjelajah terlalu jauh tentang kota ini.

Negeri tape aku menyebutnya disini, karena sejauh yang aku tau Bondowoso ini penghasil tape yang uenak banget! Walopun ada di beberapa kota seperti Situbondo, Jember, dan Kuningan. Ini sejauh yang aku tau, mungkin ada yang bisa tambahkan. Di Bondowoso merk tape macam – macam, yaitu Tape 07, 82, 31, 66. Jangan tanyakan di musim lebaran tape – tape ini sulit ditemui, apalagi yang udah terkenal enak dengan nomor tertentu.

Di kota kecil inilah ditemukan juga patung yang terkenal dengan nama gerbong maut. Mungkin udah banyak yang tau tentang patung ini yaa.. Aku sendiri dengar kisah Gerbong Maut ini ketika masih SD, rasanya tidak perlu diperpanjang lebar kisah yang udah umum ini disini yaa.. karena dengernya juga ngilu hehehe..

Lebaran lalu kami sekeluarga besar mengadakan reuni keluarga atau semacam family gathering gitulah.. isinya juga lucu, selain makan – makan pastinya.. tukeran kado, hiburan, dan tentunya saling mengakrabkan diri pada generasi penerus di keluarga kami, intinya jangan sampai tali silahturahim ini terputus.

Menu makanan yang dihidangkan juga hidangan sederhana dan tradisional, seperti pisang goreng, singkong rebus, kacang rebus, dan lainnya. Sedangkan untuk makanan utamanya terdapat bakso, telur petis, mie goreng, dan lain – lain. Walau sederhana tapi terasa nikmat luar biasa. Jadi untuk sementara lebaran yang lalu menu lontong dan opor ayam tidak ada dulu, karena kami sedang kangen masakan khas daerah Bondowoso, terutama masakan yang Indonesia banget gitu lhoo hehehe..

Lebaran1

lebaran9Sayang yang hadir diacara reuni keluarga lebaran tahun ini kurang lengkap. Selain memang para sesepuh yang sudah mendahului kita (semoga arwah mereka tenang dan diberi kelapangan di sisi Allah, aamiin..), selain itu banyak yang berhalangan hadir.

Hal yang terbiasa aku dan keluargaku lakukan setelah acara kumpul berlangsung, kami ngepantai dulu dong ke Pasir Putih Situbondo, alasan utamanya kangen banget sama sate lalernya. Sate laler ini bentuknya imut – imut, tapi banjir bumbu kacang yang super endesss!! Sayangnya ketika kami kesana, kangen tak tersalurkan karena gak nemu yang jual sate laler, malahan pada main odong – odong.. huuahahahaha…

lebaran8Nah.. kan pada seru naik odong – odong ahahahahha…

lebaran7Aya dan Millie yang sibuk main pasir.

Libur lebaran bagiku adalah moment yang membahagiakan, tentunya selain moment memaafkan, tapi juga lagi penuh kuliner hehehe.. Apalagi kalau udah bisa mudik gini.. uhuy banget deh! siapin selalu perut walopun udah kenyang hahahaha.. Ya gimana bisa nahan coba ya? makanan enak – enak begini gak mungkin di tolak, contohnya nih.. makan bakso Larasati yang berlokasi di Besuki. Kampung halaman eyangku, orang tua dari papaku. Sungguh! ini Bakso bener – bener premium! enak banget! Belum nemu deh tipe bakso begini di daerah Jakarta – Bekasi, karena ini emang bener – bener kaldu, tanpa MSG, tanpa pengawet apapun.. dan pengunjungnya rame benerrr.. Jangan lupa kalau lagi nyasar ke Besuki – Jawa Timur, wajib kunjungi dulu Bakso Larasati yaa…

lebaran10penampilannya biasa banget… tapi jangan percaya hanya dari penampilan yaa.. kudu ini coba dulu hahaha..

Gak banyak berkunjung Kuliner pada saat di Besuki, karena tujuan utamanya juga kan sambung silahturahim, jadilah wara wiri kunjungan sana sini ke rumah pakde – budeku. Kulinernya tentu aja kue lebaran haahahha…

lebaran6

Kunjungan dan kulineran selama Lebaran kemarin terasa begitu cepat, singkat, dan padat. Perjalanan ke Surabaya sedikit – sedikit sih tetep masih ada kulinernya, yaitu roti butter merk Matahari dari Sidoarjo. Roti kesukaan sejak kecil. Terus Rawon Nguling yang udah terkenal pastinya yaa.. gak afdol kalau gak makan di Rawon legendaris itu. Tapi ada lucunya juga makan di Rawon Nguling ini, Karena beberapa kali datang kesana dihari libur lebaran, jadi sering mengalami keterlambatan pemesanan. Pernah sekali waktu entah di tahun berapa, tepatnya aku masih SMA mungkin, kita nunggu pesenan kita datang sampe sejam lebih. Selain pengunjung yang rame, ternyata tenaga pelayannya juga kurang banget. Alhasi.. kita – kita bantuin pelayannya ngangkatin pesenan kita supaya bisa cepat makan hahahahha..
Kejadian keterlambatan kemarin hampir terulang, tapi bisa diatasi, setidaknya gak sampe sejam lebihlah yaa.. haha..
Oya.. kita juga berniat kuliner bebek di Bangkalan, Madura. Bebek Sinjay yang terkenal uenak, katanyaa.. iyaaa.. aku masih belum bisa cerita banyak karena pada waktu mau makan, antriannya gak kuaaattt.. panjang bangetttt… Gak bisa deh kita ikutan antri, sayang banget kaann?? Kalau saja gak ingat jadwal penerbangan saat itu, rasanya pengen ikutan antri menikmati si Bebek Sinjay. Belum Rezeki… *sigh.

bebek sinjay5Sumber gambar dari sini

Sesampainya di Surabaya, gak terlalu banyak aktifitas, karena udah malam juga.. para balita udah lelah pengen cepat tidur, yoweslah.. lebih baik istirahat, karena papayaza lagi gak enak body,, alias kena wasir mendadak, bikin ketar ketir karena perjalanan masih harus berlanjut besok pagi, Semoga besok pagi udah baikkan, aku penuh harap.
Besok paginya Alhamdulillah deh papayaza udah baikkan, walau agak telat sarapan bareng, tapi udah legaaa banget.. setidaknya perjalanan pulang gak tersiksa kesakitan.

lebaran2Ikutan Aya dan Faeyza sarapan roti,dan aku tambahkan bubur ketan hitam. Tapi perutku ini Endonesia sekali, jadi tetep aja cari nasi setelah makan roti hehe..

lebaran5Gak nyangka Hotel I*is sediakan jamu untuk menu sarapan. Pas banget kalau gitu, biasanya aku kasih papayaza jamu untuk obatin wasirnya. Lumayanlah yaa.. kalau gitu.. minum jamu dulu deh mumpung ada, itung – itung pengobatan juga kan hehe..

lebaran3Jamu adalah salah satu minuman dan obat tradisional yang harus dipertahankan. Aku ikutan minum kunyit asem supaya sehat lah yaa… πŸ˜€

Perjalanan singkat penuh kesan ini bukan cuma bikin happy, tapi ajang pencarian kuliner itu selalu ngangenin, ya kan? walaupun belum tau kapan bisa icip lagi.. khususnya si Bebek Sinjay ini, bikin penasaran banget!. Tunggu ada kiriman dari Suramadu hehehe.. Jadi karena belum tau kapan bisa kesana lagi. Mampir – mampir ke tempat – tempat kuliner di Jakarta deh.. atau cari suasana pantai?? nah.. kan jadi inget lagi deh.. aku lagi kangen banget suasana pantai, apalagi kalau dapat kuliner enak disana ya?? bisa makan berdua aja gitu sama papayaza, berasa romantis, hahaha.. jadi ngayal! Udah ah.. kebanyakan ngayal.. mendingan langsung aja bikin strategi rayuan supaya papayaza mau diajak makan dipantai ya?? seru pastinya, dan pasti Aya dan Faeyza suka! πŸ˜€ hiihihihi…

15 People reacted on this

    1. Eh ini Kakek Oni ya?? sampe pangling hahaha.. iya makanannya yg reuni lalu itu gak gitu byk macam, tapi kayak cemilan, pisang goreng, singkong, kue2, kacang rebus itu banyak juga sih.. cuma gak difoto aja. Kalau dibilang enak mana sama yg thn waktu di Ijen? enakkan pas di Ijen siih.. lbh byk ragam acaranya, yg kmrin cuma joget2, nyanyi2 doang. Abisnya jagoan Jogetnya (kakek Yudit) gak dateng sih.. trus yg berani maju di panggung (Helen) juga gak dateng sih hehe..

    1. Ryan, aku suka jamu kunyit sama kencur, jahe.. klo yg lain mikir2 mau mnm hehe.. iyaaa.. kmrin itu error. Harus ada yg di nonaktifkan plugin nya, tp bingungnya plugin yg mana? katanya hrs disable. Duh masih gak jelas.. bsk mau tny lg sm si mas qwords aah.. hahahaha… malam ini baru bs buka leppi dah malem bgt, dah ngantuk euy hehehe…

    1. Dedep… Wa dan BBm nya kenapa?? aku japri ga nyambung2. Baksonya emang muantap b g t Dep, coba bisa aku kirim yaa.. hahahahaha.. hihihihi.. aaaiihh.. makaci mama Jo.. ini jg ganti jadi dot.com gapteknya masih aja hahahahaha..

Leave a Reply