Niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu adalah arti dari lafal

Analisis yang mendasari argumentasi Husein Jayadiningrat dalam mendukung teori persia adalah…​

Selain seni bina candi, kerajaan angkor turut dikenali dengan senibina dalam bidang pertanian dan perkapalan.Terang secara ringkas tentang kedua-dua s … eni bina tersebut​

8. Teori Gujarat yang baru, menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 dan pembawaanya berasal dari Arab langsung bukan dari India, bukt … i dari teori ini adalah ….a. Samudra Pasai bermazhab Syafiib. kaligrafi pada batu nisan di Trowulanc.perkampungan islam khas Dinasti Tangd. penulisan angka tahun menggunakan saka india pada batu nisane.kota islam yaitu perlak di Aceh9. Berikut yang bukan merupakan pengaruh ajaran agama dan kebudayaan Hindu bagi masyarakat Indonesia adalah….a.dikenalnya system kasta pada masyarakat Budhab. berkembangnya teknologi pembuatan candic. dikenalnya system kasta pada masyarakat Hindud . mulai dikenalnya aksara dan kesusastraane. mulai dikenalnya konsep raja dan kerajaan10. Kutai merupakan salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan ini berada di daerah Kutai Kalimantan Timur, hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur berada dalam kekuasaannya, manakah yang merupakan hasil dari pengaruh dari ajaran Hindu dalam pemerintahan kerajaan Kutai ….a. Perekonomian berpusat pada hasil lautb. Mata pencaharian masyarakat adalah berlayarc. Sistem pemerintahan yang dipimpin oleh rajad. mampu menguasaiseluruh perdagangan di Nusantarae. mengenalnya seni budaya barat​

khulafaur rasidin merupakan masa pemerintah islam stelab wafatnya nabi saw. secara bahasa khulafaur rasidin mengandung arti​

Perhatikan fakta- fakta sejarah berikut! 1. Adanya semangat penaklukan [reconquista]2.jatuhnyaKontantinopel ibu kota Imperium ke tangan Dinasti Turki … Utsmani 3.keinginan mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam semesta, keadaan geografi, dan bangsa- bangsa di belahan bumi 4.kepentingan mendapatkan rempah - rempah 5. kisah Macopolo 6. Adabnya teori Copernicus dan Galileo Galilei bahwa bumi bulat.faktor perkemkambangan yang mendorong ilmu pengetahuan kedatangan bangsa bansa eropa ke indonesia ditunjukan pada pilihan berikutA. 1, 3, dan 4 C. 3,5, dan 6 E. 5, 6 dan 1B. 2, 4, dan 6 D. 4, 5, dan 6​

5. Pernyataan benar yang menggambarkan perkembangan politik pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara adalahPenyerangan terhadap Batavia dilakuk … ansebanyak dua kali pada masa pemerintahan Sultan Aamngkurat I dari MataramC. Serangan kerajaan Demak ke Malaka untuk mengusir Portugis dipimpin Raden PatahE. Untuk mencapai kebesaran Kerajaan Aceh, Sultan Iskandar Tani meneruskan perjuangan dengan menyerang Portugis dan KerajaanJohor di Semenanjung MalayaB. Politik adu domba Belanda memporak porandakan hubungan antara kerajaan Gowa dengan MakasarD. Samudra Pasai pada masa Sultan Malik as- Shalihberhasil menjalin diplomasi dengan kekaisaran Cina6. Bukti-bukti peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara yang masih ada sampai sekarang adalaha. Cerita Hikayat dari kerajaan Makasarb. Mesjid Agung Atap Tumpang dari Demakc. Makam Sultan Malik Al Shaleh di Bantend. Kapal Pinisi dari Acehe.Kapal Lombo dari kerajaan Banjarmasin​

Kerajaan Ternate tumbuh menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam perniagaan internasional pada jamannya. Adapun keunggulan geostrategis dari kerajaa … n tersebut adalaha. Letaknya diantara kerajaan Samudra Pasai dengan Demakb. Tanahnya subur untuk penanaman jenis rempah seperti palac.Memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang menakjubkand. Penduduknya ramah dan terbuka kepada para pendatang dari Eropae. Memiliki armada laut yang tangguh mampu berlayar hingga laut Tengah​

Pernyataan benar yang mengambarkan hasil kebudayaan dengan daerah temuannya adalaha.Bustanus Salatin merupakan peninnggalan sejarah dari Acehb. Kitab … sastra gending merupakan karya sastra adiluhung dari Makasarc. Mesjid Tumpang Lima yang bersejarah berasal dari kerajaan Demakd. Mesjid atap tumpang menunjukkan bentuk akulturasi budaya di Bantene. Lombo adalah kapal khas dari kerajaan Islam Tidore Maluku​

Kekuatan dari pendapat yang dikemukakan oleh Hamka terkait masuk dan berkemban- gnya agama Islam di Nusantara sehingga diterima oleh beberapa ahli ada … lah mempo- sisikan ...a. Gujarat sebagai pusat peradaban Islam yang disegani olehwilayah Timurb. Cina sebagai peradaban yang memiliki keterbukaan kepada Islam.c. Menempatkan Mekah yang menjadi kota pelabuhan besar di abad ke-7d.Persia sebagai Negara yang memuliakan peradaban Islame. MenempatkanKonstantinopel sebagai ibu kota Romawi Timur​

Masalah yang sulit dan sering dilupakan dalam pembelajaran sejarah yakni dalam ... a. Menjelaskan masalah- masalah dalam pembelajaran secara faktual b … . Membelajarkan konsep- konsep utama dalam sejarah c. Membelajarkan materi sejarah secara kronologis dan tematis d. Menganalisis materi metakognitif e. Membelajarkan nilai dalam setiap peristiwa sejarah ​

  • Berita Utama
  • Terkini
  • Populer
  • Rekomendasi

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

11. Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat [derajat] orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Arivaie Rahman [penulis]

Tulisan ini berupaya menafsirkan surah al-Mujahadah [58]: 11 berbicara tentang kedudukan orang yang berilmu di sisi Allah sebagaimana yang disitir melalui ayat al-Qur’an.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan [QS. al-Mujadalah [l58]: 11].

Fokus penafsiran ayat di atas adalah tentang derajat orang yang beriman dan berilmu yang diangkat serta ditinggikan oleh Allah, “yarfaʼillahu alladzin amanū minkum walladzina ūtū al-ilma darajāt”. Penulis mengutip beberapa tafsir untuk menjelaskan maksud potongan ayat tersebut, di antaranya: Tafsir Mafatih al-Ghaib, Tafsir al-Qurthubi, Tafsir al-Maraghi, Tafsir al-Munir, dan Tafsir Fath al-Qadir.

Fakhruddin al-Razi menerangkan, bahwa Allah mengangkat derajat orang beriman yang taat kepada Rasul-Nya dan orang-orang yang berilmu di antara mereka dengan derajat yang spesial. Lalu apa maksud dari diangkat derajatnya itu? Pertama, pendapat klasik mengatakan: diangkat kedudukannya sebagaimana orang yang pernah semajlis dengan Rasulullah. Kedua, pendapat yang populer: akan diberikan pahala, dan marabat yang diridhai Allah [Tafsir Mafatih al-Ghaib, 1420: 29/496]. Pendapat pertama dan kedua merupakan pendapat yang menerangkan kedudukan kemuliaan bagi orang yang beriman dan berilmu.

Menurut imam al-Qurthubi, Allah akan memberikan pahala di akhirat dan kemuliaan ketika di dunia, maka diangkat derajat orang beriman atas orang yang tidak beriman, dan diangkat derajat orang berilmu atas orang yang tidak berilmu. Kata Ibn Mas’ud, melalui ayat ini Allah memuji kedudukan orang berilmu. Sedangkan derajat orang yang berilmu atas orang beriman yang tidak berilmu adalah derajat agama apabila mereka melakukan amal berdasarkan ilmu. Sumpulan secara umum, pada ayat ini Allah mengangkat derajat seseorang karena keimanannya, kedua karena ilmunya [Tafsir al-Qurthubi, 1964: 17/299-230]. Jadi yang diangkat derajatnya itu adalah orang berilmu yang telah beriman. Diangkat derajatnya karena keimanan, kemudian derajat kerena ilmu yang mereka miliki. Mereka ini akan mendapat kemuliaan di dunia dan balasan pahala di akhirat.

Al-Maraghi menegaskan bahwa Allah mengangkat derajat orang beriman adalah dengan menaikkan status mereka pada Hari Kiamat. Dan mengangkat derajat orang berilmu dengan derajat yang spesial, derajat dalam soal kemuliaan dan matartabat yang tinggi [Tafsir al-Maraghi, 1365, 15/28]. Wahbah al-Zuhaili menambahkan, Allah mengangkat derajat secara spesial berupa kemuliaan dan martabat yang tinggi bagi mereka yang memadukan antara ilmu dan amal, karena ilmu dan matabat yang tinggi menghendaki amaliyah dan peningkatan [Tafsir al-Munir, 1418: 28/38]. Sampai di sini kita pahami bahwa kedudukan orang yang berilmu sangatlah mulia, kemuliaan tersebut tidak hanya mereka dapatkan ketika di dunia tatapi juga di akhirat, tetapi dengan catatan mereka mengaplikasikan ilmunya.

Al-Syaukani menjelaskan, ayat ini secara umum untuk setiap orang beriman dan orang yang berilmu agama, tidak ada pengkhususan bagi umat tertentu, ayat ini merupakan kemuliaan besar bagi orang yang berilmu, bahkan tentang kemuliaannya telah disebutkan dalam al-Qur’an maupun hadits Nabi. [Tafsir Fath al-Qadir, 1414: 5/226]. Di antara hadits-hadits yang banyak dikutip oleh para mufasir terkait dengan kedudukan dan derajat orang yang berilmu antara lain, sebagimana yang terdapat dalam Tafsir al-Qurthubi:

وَرُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: [بَيْنَ الْعَالِمِ وَالْعَابِدِ مِائَةُ دَرَجَةٍ بَيْنَ كُلِّ دَرَجَتَيْنِ حَضْرُ الْجَوَادِ الْمُضَمَّرِ سَبْعِينَ سَنَةً]. وَعَنْهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: [فَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ]. وَعَنْهُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: [يَشْفَعُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثَلَاثَةٌ الْأَنْبِيَاءُ ثُمَّ الْعُلَمَاءُ ثُمَّ الشُّهَدَاءُ] فَأَعْظِمْ بِمَنْزِلَةٍ هِيَ وَاسِطَةٌ بَيْنَ النُّبُوَّةِ وَالشَّهَادَةِ بِشَهَادَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Diriwayatkan dari Nabi Saw, sesunggunya ia bersabda: “Jarak antara orang yang berilmu dan seorang budak adalah seratus derajat, jarak antara dua derajatnya seperti tujuh puluh tahun perjalanan kuda”. Dan dari Nabi Saw, “Keutamaan orang berilmu atas seorang budak adalah laksana bulan purnama ketika malam atas sekalian bintang-gemintang”. Dan dari Nabi Saw: “Pada hari kiamat akada ada tiga golongan yang memberi syafaat: para nabi, para ulama, dan para syuhada”, maka tempat yang paling mulia adalah di pertengahan antara kenabian dan kesaksian Rasulullah [Tafsir al-Qurthubi, 1964: 17/ 300].

Video yang berhubungan

Bài mới nhất

Chủ Đề