Paham kerajaan allah yang berciri pada pandangan para rabi adalah

Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK materi Yesus Mewartakan dan Memperjuangkan Kerajaan Allah lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:

  1. Jelaskan beberapa paham Kerajaan Allah, yang dihayati oleh kelompok- kelompok orang Yahudi zaman Yesus!
  2. Jelaskan Gambaran Kerajaan Allah pada jaman Yesus!
  3. Sebut dan jelaskan tiga pelanggaran serius yang dilakukan Yesus, menurut para pemimpin agama Yahudi!
  4. Apa makna peristiwa wafat Yesus?
  5. Mengapa Kristus turun ke Tempat Penantian?
  6. Jelaskan 3 unsur pokok dalam penampakan Yesus!
  7. Mengapa Kristus harus bangkit?
Kunci Jawaban:

1. Beberapa paham Kerajaan Allah, yang dihayati oleh kelompok-kelompok orang Yahudi zaman Yesus yaitu:

a. Paham Kerajaan Allah bersifat nasionalistis.

Mereka memahami bahwa Kerajaan Allah akan terwujud bila bangsa Israel bisa terbebas dari penjajahan bangsa asing. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka harus melakukan perlawanan agar mampu mengusir penjajah dari tanah air mereka. Untuk itu dibutuhkan seorang Mesias yang berperan sebagai pemimpin perang melawan penjajah. Paham Kerajaan Nasionalis sangat kuat di kalangan Kaum Zelot.

b. Paham Kerajaan Allah bersifat apokaliptik.

Kelompok ini memahami bahwa Kerajaan Allah akan dinyatakan pada akhir zaman. Pada saat itulah Mesias akan datang untuk melakukan pengadilan kepada manusia. Mereka yang hidupnya jahat dan berdosa akan mendapat penghukuman; sementara mereka yang hidupnya berkenan kepada Allah akan memperoleh ganjaran hidup kekal. Setelah pengadilan itu terjadi, Allah akan membangun peradaban baru atau bumi baru yang lebih baik dari sebelumnya.

c. Paham Kerajaan Allah bersifat legalistik

Paham ini sangat kuat berkembang di kalangan para rabi [para Pengajar/ guru agama Yahudi]. Menurut mereka saat ini Allah sudah meraja, dan bangsa Israel adalah warga Kerajaan-Nya akan tegak kembali bila penjajah bisa dihalau dari negeri mereka. Cara yang paling tepat untuk mencapai itu, bukan dengan cara mengangkat senjata, melainkan menjalankan kembali Hukum Taurat dengan setia.

2. Gambaran Kerajaan Allah pada jaman Yesus adalah adalah situasi di mana Allah meraja dalam hati manusia, sehingga hati manusia digerakkan oleh Allah, sehingga lahirlah keselamatan. Indikasi dari perwujudan Kerajaan Allah adalah terwujudnya perdamaian dan keadilan, kebahagiaan dan kesejahteraan, persaudaraan dan kesetiaan, kelestarian lingkungan hidup, yang dirindukan oleh setiap orang dari pelbagai agama dan kepercayaan.

3. Tiga pelanggaran serius yang dilakukan Yesus, menurut para pemimpin agama Yahudi yaitu:

a. Masalah pelanggaran hukum Taurat

1] Yesus mempersalahkan sikap mereka yang mengutamakan adat istiadat, tapi melalaikan kehendak Allah [bdk. Mrk. 7:8].

2] Yesus membiarkan para murid-Nya memetik gandum pada hari Sabat.

3] Contoh lain dapat dilihat dalam pemahaman tentang halal- najisnya makanan yang oleh Yesus ingin diperbaharui cara pandangnya:"Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.

Kata-Nya lagi: "Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan” [Mrk. 7:18⎯21].

b. Ancaman terhadap Bait Allah

Yesus pada saat mengusir para pedagang di halaman Bait Allah: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."[Yoh. 2:19].

c. Tindakan Yesus makan bersama para pemungut cukai dan para pendosa [bdk. Luk. 7:36; 11:37; 14:1] bagi mereka merupakan tindakan yang salah, sebab selama ini mereka mengimani bahwa orang berdosa itu najis yang perlu dijauhi. Siapa saja yang bergaul dengan orang berdosa sama artinya dengan menajiskan diri.

4. Makna peristiwa wafat Yesus adalah:

  • Wafat Yesus sebagai bukti ketaatan Yesus kepada Bapa. Tindakan penyerahan diri Yesus secara total kepada Allah itu, ditegaskan oleh Santo Paulus kepada umat di Filipi: “Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib” [Fil. 2:8]
  • Wafat Yesus adalah wujud solidaritas Allah pada manusia. Dalam diri Yesus yang tersalib, Allah tidak hanya peduli terhadap manusia berdosa dan ingin menyelamatkannya, tetapi juga benar-benar mengalami sendiri penghinaan dan pengucilan seperti biasa dialami manusia berdosa, “Yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri , dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia” [Fil. 2:6⎯7].

5. Mengapa Kristus turun ke Tempat Penantian:

  • Agar Kristus dapat mengambil seluruh dosa. Akibat dosa adalah kematian⎯yaitu keterpisahan antara tubuh dan jiwa – manusia terputus dari kuasa Allah, tidak dapat naik ke sorga namun berada dalam tempat penantian [bdk. Mzm. 88: 4⎯5].
  • Dengan turun ke tempat penantian Yesus Kristus menjumpai orang- orang yang sudah meninggal sebelum Kristus, yang selama hidup mereka menantikan kedatangan Mesias, sehingga semua orang yang meninggal lebih dahulu sebelum Yesus itu juga mengalami kebangkitan bersama Kristus.
  • Untuk mengalahkan iblis secara total. Selama hidup-Nya Yesus sudah menunjukkan kuasa-Nya untuk mengalahkan kuasa iblis.
  • Tempat penantian bukan neraka terkutuk. Kompendium Katekismus Gereja Katolik 125 memberikan ringkasan sebagai berikut: “Tempat penantian ini berbeda dengan neraka terkutuk. Ini adalah situasi semua manusia, baik yang benar maupun jahat, yang mati sebelum Kristus.

6. 3 unsur pokok dalam penampakan Yesus yaitu:

a. Unsur Prakarsa

Inisiatif datang dari Yesus. Yesus sendiri yang memprakarsai penampakan. Yesus “menampakkan diri” atau “memperlihatkan diri”. Istilah ini menunjukkan dua hal:

1] Pertama, sesuatu yang biasanya tidak kelihatan, kini kelihatan. Setelah bangkit, Yesus tidak termasuk lagi pada dunia yang kelihatan. Agar dapat dilihat oleh murid-murid-Nya, Yesus harus menjadikan diri-Nya kelihatan.

2] Kedua, penglihatan para murid yang “melihat Tuhan” setelah kebangkitan-Nya bukanlah penglihatan biasa.

b. Unsur Pengakuan

Yesus dikenal dan diakui sebagai Kristus dan Tuhan. Dia yang menampakkan diri-Nya tidak lain dan tidak bukan adalah Yesus dari Nazareth yang wafat di kayu salib. Dia kini hidup dalam kemuliaan. Pengakuan ini diungkapkan, “Yesus bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga” [Luk. 24:46].

c. Unsur Kesaksian

Para rasul menerima tugas dari Tuhan untuk memaklumkan ke- Tuhanan-Nya. Salah satu hal yang mencolok dalam cerita tentang penampakan ialah para murid mula-mula tidak mengenal Yesus. Mereka membutuhkan waktu untuk mengenal Yesus kembali. Unsur yang cukup mencolok ini mempunyai dua arti, yakni:

1] Membuktikan bahwa penglihatan mengenai Yesus yang bangkit tidaklah diciptakan oleh daya khayal para murid sendiri, tetapi mendatangi mereka dari luar.

2] Menunjukkan betapa Yesus diperbaharui oleh kebangkitan-Nya. Ia tidak lagi persis sama seperti sebelum wafat dan bangkit.

7. St. Thomas Aquinas menjelaskan bahwa ada lima alasan mengapa Kristus bangkit.

  • Untuk menyatakan keadilan Allah. Kristus yang rela taat pada kehendak Allah, menderita dan wafat sudah selayaknya ditinggikan dengan kebangkitan-Nya yang mulia.
  • Untuk memperkuat iman kita. Rasul Paulus menuliskan, “Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.” [1Kor. 15:14] .
  • Untuk memperkuat pengharapan. Kebangkitan Yesus Kristus dari alam maut serta merta membawa orang-orang kudus ikut serta bangkit bersama dengan-Nya. Dengan begitu, kita pun bisa berharap kelak dibangkitkan oleh Allah berkat jasa Yesus Kristus.
  • Agar kita dapat hidup baik. St. Thomas menegaskan bahwa pada saat pembaptisan kita sudah menerima rahmat turut dikuburkan bersama Kristus, dan karenanya kita boleh berharap ikut dibangkitkan dari antara orang mati. Tetapi hal itu hanya mungkin kita peroleh bila pembaptisan disertai dengan pembaharuan hidup kita sendiri yang semakin baik seturut teladan hidup Yesus, “Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.” Roma 6:4.
  • Untuk menuntaskan karya keselamatan Allah. Karya keselamatan Allah tidak berakhir pada kematian Kristus di kayu salib, namun disempurnakan oleh kemenangan Kristus atas maut, yaitu dengan kebangkitan-Nya.


A.    Situasi Sosial Bangsa Israel dan Kerinduan Mereka pada Mesias dan Kerajaan Allah

Selama enam abad sebelum kedatangan Yesus, bangsa Israel selalu dijajah oleh bangsa lain, yaitu bangsa Persia, bangsa Yunani, dan terakhir bangsa Romawi. Selain ditindas oleh para penjajah itu, bangsa Israel juga ditindas oleh pemimpin­-pemimpin bangsanya sendiri, yaitu raja-raja boneka yang diangkat oleh para penjajah.

Dalam situasi tertindas seperti itu, bangsa Israel selalu memimpikan ke­datangan Mesias dan Kerajaan Allah. Unhik mengerti dengan baik impian bangsa Israel tentang Kerajaan Allah dan pewartaan Yesus tentang Kerajaan Allah, maka secara berlurut-turut kita akan mendalami tentang situasi sosial masyarakat Yahudi pada waktu itu, paham-pahamnya tentang Kerajaan Allah, dan pewartaan Yesus tentang Keraiaan Allah.

1.      Situasi Sosial Bangsa Israel

a.      Situasi Sosial-Politik

Setelah masa pembuangan bangsa Israel di Babilonia, enam abad sebelum Yesus, Palestina tunduk kepada Kerajaan Persia, Yunani, dan Kekaisaran Romawi. Secara internal, masyarakat Palestina dikuasai oleh raja-raja dan pejabat boneka yang ditunjuk oleh penguasa Roma. Selain pejabat-pejabat boneka, masih ada kelas pemilik tanah yang kaya raya dan kaum rohaniwan kelas tinggi yang suka menindas rakyat demi kepentingan dan kedudukan mereka. Golongan-golongan ini sering memihak penjajah supaya mereka tidak kehilangan hak istimewa atau nama baik di depan penjajah, kareria Roma mempunyai kekuasaan mencabut hak milik seseorang.

Puncak kekuasaan politik adalah procurator Yudea. Ia harus seorang Romawi. Ia berwenang menunjuk raja dan Imam Agung. Di Yudea, Imam Agung berperan di bidang politik sebagai raja selain sebagai pemimpin agama. Di Galilea kekuasaan dipegang oleh raja Herodes Antipas.

Dominasi rimiliter terlihat dengan kehadiran tentara Romawi di mana-mana. Mereka diambil dari Siria atau Palestina, tetapi tidak dari kalangan Yahudi.

Situasi yang menekan kadang-kadang tidak tertahankan, sehingga timbul pemberantakan yang umumnya digerakkan oleh kaum Zelot yang benmarkas di Galilea. Namun, pemberontakan kaum Zelot ini selalu dapat dipadamkan/ditum­pas. Penumpasan kaum pemberontak [Zelot] ini biasanya membawa korban nyawa yang tidak sedikit.

b.      Situasi Sosio-Ekonomi

Penduduk desa biasanya hanya memiliki lahan-lahan kecil untuk usaha per­tanian. Sebagian besar tanah dikuasai oleh para tuan tanah yang kaya dan mereka tinggal di kota-kota. Lahan-lahan luas yang dikuasai oleh para tuan tanah itu di­gunakan untuk menanam jagung dan peternakan besar. Para tuan tanah yang tinggal di kota-kota itu praktis menjadi pengemudi roda ekonomi kota dan perdagangan internasional. Rakyat kebanyakan biasanya hanya menj adi penggarap tanah [buruh tam] atau pengembala ternak milik tuan-tuan tanah itu.

Kondisi ekonomi sebagian besar penduduk [rakyat] hanya pas-pasan, bahkan kurang untuk mencukupi kebutuhan keluarga karena penghasilan mereka terlalu kecil. Dalam sihiasi yang parah seperti itu, rakyat masih dibebani berbagai macam pajak dan pungutan untuk pemerintah, untuk Bait Allah, dan sebagainya. Konon, pajak dan pungutan-pungutan tersebut dapat mencapai 40% dari penghasilan rakyat.

c.       Situasi Sosial-Kemasyarakatan

Masyarakat Palestina terbagi dalam kelas-kelas. Di daerah pedesaan terdapat kelas-kelas atau kelompok sosial, yaitu tuan tanah besar, pemilik tanah kecil, perajin, kaum buruh, dan budak.

Di daerah perkotaan terdapat beberapa lapisan kelas sosial. Lapisan kelas sosial tertinggi adalah kaum aristokrat, imam-imam, pedagang-pedagang besar, dan pejabat-pejabat tinggi. Lapisan kelas sosial menengah bawah adalah para perajin, pejabat-pejabat rendah, awam, dan kaum Lewi. Lapisan kelas sosial pa­ling bawah adalah kaum buruh yang pada umumnya bekerja di sekitar Bait Allah. Di samping itu, terdapat juga kaum proletar marginal yang tidak terintegrasi dalam kegiatan ekonomi, yang terdiri atas orang-orang yang dikucilkan oleh ma­syarakat karena suatu hal [bukan karena kondisi ekonomi]. Misalnya: para pendosa publik seperti pelacur dan pemungut bea cukai, penderita kusta yang menurut keyakinan Yahudi disebabkan oleh dosa si penderita atau dosa orang tuanya.

Menurut orang Yahudi, dosa itu dapat berjangkit seperti kuman penyakit. Oleh sebab itu, orang baik-baik tidak boleh bergaul dengan orang-orang berdosa.

Selain adanya kelompok-kelompok berdasarkan kelas sosial tersebut di atas, terdapat juga berbagai bentuk diskriminasi, misalnya diskriminasi rasial, seksual, pekerjaan, dan sebagainya.

d.     Situasi Sosio-Religius

Hukum Taurat sangat mewarnai hidup religius orang-orang Yahudi. Kaum Farisi berusaha menjaga warisan dan jati diri Yahudi berdasarkan hukum Taurat. Mereka menyoroti ketaatan pada setiap pasal hukum Taurat. Bagi mereka, menjadi rakyat Tuhan berarti taat pada setiap pasal hukum Taurat. Mereka berusaha me­nerapkan hukum Taurat pada setiap segi kehidupan. Tetapi, mereka sendiri sangat memilih-milih dalam ketaatan mereka.

Menaati hukum Tuhan berarti menaati secara ketat terhadap setiap pasal hukum Taurat. Orang-orang Farisi gemar memperluas tuntutan-tuntutan kebersihan yang berlaku untuk para imam bagi seluruh masyarakat Israel. Mereka menafsirkan dan kadang-kadang memanipulasi hukum Taurat demi kepentingan mereka sendiri, sehingga sering mendatangkan beban yang tidak tertahankan bagi rakyat kecil.

Singkatnya, rakyat kebanyakan di Palestina sangat tertindas pada saat Yesus muncul. Mereka ditindas secara politis, ekonomis, sosial, bahkan religius.

2.      Paham-Paham Tentang Kerajaan Allah

Dalam situasi tertindas, bangsa Israel sangat merindukan kedatangan Mesias dan Kerajaan Allah. Namun, paham mengenai Kerajaan Allah di kalangan bangsa Israel dipahami secara berbeda-beda.

a.      Paham Kerajaan Allah yang Berciri Nasionalistis

Paham ini dihayati oleh kaum Zelot. Kegiatan mereka bertujuan membebas­kan bangsa Israel dari kuasa politik penjajah kafir. Kaum Zelot berjihad untuk mengusir kaum kafir. Mereka berharap dengan kebangkitan nasionalisme, keme­nangan bangsa Israel dapat tercapai dan Kerajaan Allah tercipta.

b.      Kerajaan Allah Menurut Pandangan para Apokaliptis

Aliran ini percaya akan datangnya penghakiman Allah, karena dunia ini sudah jahat dan akan digantikan oleh dunia barn. Dalam dunia barn itu, yang balk akan dianugerahi kebakaan dan yang jahat akan dihukum.

Menurut pandangan aliran ini, Kerajaan Allah adalah sebuah kenyataan pada akhir zaman. Dunia ini atau zaman ini sudah terlalu jahat dan jelek. Setelah zaman yang jahat ini hilang lenyap dibinasakan oleh Allah, maka Kerajaan Allah akan menjadi kenyataan di bumi baru dan langit baru yang dijadikan Allah.

c.       Kerajaan Allah Menurut Pandangan para Rabi

Allah sekarang sudah meraja secara hukum, sedangkan di akhir zaman Allah menyatakan kekuasaan-Nya sebagai Raja semesta alam dengan menghakimi dan menyatakan kepada sekalian bangsa. Bangsa Israel yang dikuasai oleh orang-orang kafir [karena dijajah oleh bangsa Romawi yang dianggap kafir] merupakan akibat dari dosa-dosanya. Jika bangsa Israel melakukan hukum Taurat, maka penjajah akan dipatahkan. Karena itu, mereka yang sekarang taat pada hukum Taurat sudah menajdi warga Kerajaan Allah. Tetapi, jika tidak melakukan hukum Taurat, maka bangsa Israel akan terus dijajah dan diperintah oleh kaum kafir.

B.     Gambaran Kerajaan Allah Dalam Terang

1.      Arti dan Makna Kerajaan Allah dalam Injil Matius 25:31-45.

Bacalah kutipan Injil di bawah ini, kemudian dalamilah makna Kerajaan Allah bagi hidupmu, sesuai dengan isi perikop bacaan Matius 25: 39 – 45

2.      Kerajaan Allah yang Diwartakan Yesus

Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus lebih mirip dengan pandangan para rabi dan para nabi. Allah mulai meraja, terutama dalam diri Yesus, dan akan mencapai kepenuhan-Nya pada akhir zaman. Ketika Yesus berkeliling di Palestina untuk mewartakan Kabar Baik dan melakukan berbagai perbuatan baik, termasuk mukjizat-mukjizat-Nya, menjadi nyata bahwa Kerajaan Allah sebenarnya mulai dibangun di tengah umat yang percaya.

Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus secara singkat dapat dikatakan sebagai berikut:

·         Kerajaan Allah adalah Allah yang meraja atau memerintah. Oleh karena itu, manusia harus mengakui kekuasaan Allah dan menyerahkan diri [percaya] kepada-Nya, sehingga terciptalah kebenaran, keadilan, kesejahteraan, dan kedamaian.

·         Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus akan mencapai kepenuhannya pada akhir zaman. Di akhir zaman itulah, Allah benar-benar akan meraja. Dalam rangka ini, Kerajaan Allah terkait dengan penghakiman terakhir dan ukuran penghakiman adalah tindakan kasih. Mereka yang melaksanakan tindakan kasih masuk ke dalam Kerajaan Allah [bdk. Mat 25:31-45].

·         Kerajaan Allah yang mencapai kepenuhannya pada akhir zaman itu kini sudah dekat, bahkan sudah datang dalam sabda dan karya Yesus. Oleh karena itu, orang harus menanggapinya dengan bertobat dan percaya kepada warta yang dibawa oleh Yesus.

·         Kerajaan Allah adalah kabar mengenai masa depan dunia, di mana yang mis­kin tidak lagi miskin, yang lapar akan dipuaskan, yang tertindas tidak akan menderita lagi, yang tertawan akan dibebaskan. Namun, untuk mencapai masa depan yang demikian perlu perjuangan. Itulah sebabnya,Yesus terus-menerus berjuang supaya hal itu benar-benar terwujud. Selama hidup-Nya, Yesus terus-menerus berjuang supaya hal itu benar-benar terwujud. Seluruh hidup Yesus sampai la mengor­bankan hidup-Nya di kayu salib adalah untuk mewujudkan Kerajaan Allah, se­hingga orang benar-benar meng­alami damai sejahtera, sukacita, keadilan, dan kebenaran.

·         Perjuangan Yesus itu belum selesai, Yesus memberi tu­gas kepada para pengikut­Nya untuk melanjutkan per­juangan itu, agar Allah sungguh-sungguh meraja.

Video yang berhubungan

Bài Viết Liên Quan

Bài mới nhất

Chủ Đề