Versi minimal php yang dipakai untuk menulis program dengan konsep pbo/oop yaitu

#Java #OOP

OOP merupakan hal yang harus dipelajari untuk memahami Java lebih dalam. Karena Java sendiri merupakan bahasa yang didesain untuk OOP.

Buktinya:

Saat kita membuat program pertama, kita diwajibkan menggunakan class.

class Hello {
    public static void main[String[] args]{
        System.out.println["Hello World!"];
    }
}

OOP dikenal sebagai teknik pemrograman modern yang lebih efisien dan banyak digunakan pada Framework.

Jika kamu ingin memahami Framework, pelajari dulu konsep OOP

Jadi tidak ada alasan untuk tidak belajar OOP.

Apa saja yang akan kita pelajari pada artikel ini?

  1. Mengapa Harus Belajar OOP?
  2. Apa itu OOP?
  3. Objek dan Class
  4. Class Diagram

Mari kita mulai…

Mengapa Sih Harus Belajar OOP?

Mengapa sih OOP itu penting?

Bukannya kita bisa bikin program dengan prosedural saja?

Ya memang bisa…

Tapi masalahnya nanti kalau programnya sudah semakin besar dan kompleks.

Kode program akan sulit di-maintenance.

Pada pemrograman prosedural, kita biasanya memecah program menjadi beberapa prosedur.

Lalu membuat variabel global dan lokal untuk menyimpan data.

Semakin besar programnya, semakin banyak pula variabel dan prosedur yang harus dibuat.

Lama-kelamaan, kode program akan sulit dimodifikasi.. karena sudah terlalu kompleks.

Di sinilah kita harus menggunakan OOP.

Jadi..

Apa itu OOP?

OOP [Object Oriented Programming] atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan pemrograman berorientasikan objek [PBO] merupakan sebuah paradigma atau teknik pemrograman yang berorientesikan Objek.

Pada OOP, Fungsi dan variabel dibungkus dalam sebuah objek atau class yang dapat saling brinteraksi, sehingga membentuk sebuah program.

Dengan demikian, tidak akan ada lagi kode yang “berantakan.”

Semua akan kita bungkus dalam objek.

Tapi sebelum membuat objek, kita harus membuat class dulu…

Class dan Object

Class sebenarnya bertugas untuk mengumpulkan prosedur/fungsi dan variabel dalam satu tempat.

Contoh:

Kita ingin membuat game sederhana, di dalamnya ada kucing dan makanan.

Dengan class, kita bisa menentukan.. mana variabel dan prosedur untuk kucing dan makanan.

Class ini nanti yang akan kita pakai untuk membuat objek.

Jadi…

Class adalah rancangan atau blue print dari sebuah objek.

Sedangkan objek adalah sebuah variabel yang merupakan instance atau perwujudan dari Class.

Instance bisa diartikan sebagai wujud dari class.

Class berisi definisi variabel dan fungsi yang menggambarkan sebuah objek.

Dalam OOP:

  • Variabel disebut atribut atau properti;
  • Fungsi disebut method.

Contoh Class:

class NamaClass {
    String atribut1;
    String atribut2;

    void namaMethod[]{ ... }
    void namaMethodLain[]{ ... }
}

Lalu, Kita biasanya membuat objek [instance] seperti ini:

NamaClass namaObj = new NamaClass[];

Kata kunci new berfungsi untuk membuat objek baru dari class tertentu.

Setelah membuat objek, kita bisa mengakses atribut dan method dari objek tersebut.

Contoh:

namaObj.namaMethod[];
namaObj.atribut1;

Tanda titik [.] berfungsi untuk mengakses atribut dan method.

Contoh Program OOP

Kita akan menggunakan Netbeans, silahkan buat project baru.

Isi nama project-nya dengan “BelajarOOP” dan jangan centang “Create Main Class”.

Setelah itu, silahkan buat package baru. Klik kanan pada , lalu pilih New->Java Package.

Isi nama package dengan “dasar”:

Setelah itu, di dalam package dasar, silahkan buat class baru bernama Player.java.

Klik kanan pada package dasar lalu pilih New->Java Class. Setelah itu, isi namanya dengan Player.java.

Silahkan tulis kode pada Player.java seperti ini:

package dasar;

public class Player {
    
    // definisi atribut
    String name;
    int speed;
    int healthPoin;

    // definisi method run
    void run[]{
        System.out.println[name +" is running..."];
        System.out.println["Speed: "+ speed];
    }

    // definisi method isDead untuk mengecek nilai kesehatan [healthPoin]
    boolean isDead[]{
        if[healthPoin  10]{
            // terbang berarti nilai ketinggian bertambah
            ketinggian++;
            System.out.println["Dorne terbang..."];
        } else {
            System.out.println["Energi lemah: Drone nggak bisa terbang"];
        }
    }

    void matikanMesin[]{
        if[ketinggian > 0]{
            System.out.println["Mesin tidak bisa dimatikan karena sedang terbang"];
        } else {
            System.out.println["Mesin dimatikan..."];
        }
    }

    void turun[]{
        // ketinggian berkurang, karena turun
        ketinggian--;
        energi--;
        System.out.println["Drone turun"];
    }

    void belok[]{
        energi--;
        System.out.println["Drone belok"];
        // belok ke mana? perlu dicek :]
    }

    void maju[]{
        energi--;
        System.out.println["Drone maju ke depan"];
        kecepatan++;
    }

    void mundur[]{
        energi--;
        System.out.println["Drone mundur"];
        kecepatan++;
    }
}

Bagaimana Menentukan Atribut dan Method dari Objek?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal. Objek memiliki data [atribut] dan operasi [fungsi].

Kuncinya:

  • Atribut itu seperti ciri-ciri dari objek.
  • Method itu seperti tingkah laku atau operasi.

Contoh:

Misalkan kita ingin membuat class dari Senjata.

Apa ciri-ciri dari senjata atau data yang bisa dijadikan atribut?

  • jumlah peluru
  • jenis
  • nama senjata
  • berat
  • warna
  • dll

Lalu apa tingkah laku atau operasi [fungsi] yang bisa dilakukan?

  • tembak[]
  • lempar[]
  • kurangiPeluru[]
  • reload[]
  • dll.

Maka class-nya bisa dibuat seperti ini:

class Senjata {
    // atribut
    String nama;
    int jumlahPeluru;
    
    // method
    void tembak[]{
        //..
        // setelah nembak, kurangi peluru
        jumlahPeluru--;
    }

    void reload[]{
        //..
        // kalau di-reload maka jumlah peluru diisi ulang
        jumlahPeluru = 300;
    }
}

Mudah bukan…

Mengenal Class Diagram

Class Diagram adalah sebuah diagram yang menggambarkan hubungan antar class. Class Diagram dapat kita buat dengan aplikasi perancangan [CASE], seperti StarUML.

Sebauh class digambarkan dengan sebuah tabel 1 kolom dan 3 baris.

Baris pertama berisi nama class; Baris kedua berisi atribut; dan Baris ketiga berisi method.

Selain itu, terdapat garis yang menggambarkan hubungan antar class.

Class Diagram biasanya digunakan oleh software engineer untuk merancang software dengan paradigma OOP.

Sebagai programmer, kita hanya perlu tahu cara membaca dan menuliskannya ke dalam kode.

Jika kamu tertarik dengan class diagram, bisa membaca buku-buku tentang UML.

Akhir Kata…

Buat yang baru pertama belajar OOP, mungkin akan merasa kesulitan. Karena banyak hal baru yang belum dipahami.

Namun tenang saja…

Itu adalah proses belajar.

Silahkan banyak-banyak latihan dan pahami hakikat dari class, atribut, method, dll.

Selamat belajar.

Apa itu OOP di PHP?

Object Oriented Programming [OOP] merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada obyek. Semua data dan fungsi pada paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau obyek-obyek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur, setiap obyek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke obyek ...

Bahasa pemrograman apa saja yang mendukung pemrograman berbasis objek OOP ]?

Berikut ini adalah Bahasa pemrograman yang mendukung OOP antara lain seperti:.
Visual Foxpro..
Pascal [bahasa pemrograman].
SIMULA..
Smalltalk..
Python..

Apa nama lain dari PBO?

RADARSEMARANG.ID, PBO atau kepanjangan dari Pemrograman Berorientasi Objek merupakan metode yang berorientasi terhadap objek. Metode ini biasa dikenal dengan istilah OOP atau Objek Oriented Programming, di mana semua data maupun fungsi didefinisikan ke dalam beberapa kelas atau objek yang tujuannya yaitu saling bekerja ...

Apa itu OOP dan contohnya?

OOP adalah singkatan dari Object Oriented Programming. Metode pemrograman yang satu ini sangat berorientasi pada objek. Dalam bahasa Indonesia, padanan istilah untuk OOP adalah PBO [Pemrograman Berorientasi Objek]. Tujuan OOP adalah untuk dapat memudahkan pengembangan suatu program aplikasi.

Bài mới nhất

Chủ Đề