Watak karakter calon istri pada penggalan dialog di atas adalah

31. Berikut ini termasuk persiapan pementasan drama, kecuali.... a. menghafal teks b. memahami cerita c. bloking dan eks

Views 322 Downloads 32 File size 104KB

Report DMCA / Copyright

DOWNLOAD FILE

31. Berikut ini termasuk persiapan pementasan drama, kecuali.... a. menghafal teks b. memahami cerita c. bloking dan ekspresi d. latihan vokal e. meditasi dan mediasi Jawaban: e 32. Kalimat dalam teks drama yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan diaktingkan disebut... a. monolog b. pantomim c. prolog d. wawancang e. kramagung Jawaban: e 33. Salah satu alasan perlunya berlatih pernapasan dalam memerankan drama adalah.... a. membantu pengaturan dan pertahanan vokal selama pentas berlangsung b. membantu pengaturan dan pertahanan nada selama pentas berlangsung c. memperlancar dialog antarpemain d. memperjelas ekspresi dan gerak anggota tubuh dalam mendukung peran e. mempermudah pembedaan karakter dan sifat dasar pemeranan Jawaban: a 34. Watak atau karakter tokoh dalam drama dapat ditampilkan mellaui beberapa hal berikut, kecuali... a. gerak b. bloking c. dialog d. ekspresi e. mimik Jawaban: b 35. Sifat dasar yang harus diperankan pemain dalam drama sehingga memungkinkan untuk bertentangan dengan sifat yang dimiliki disebut.... a. akting b. laku c. perwatakan d. ekspresi e. alur Jawaban: a 36. Berikut ini termasuk unsur yang harus ada dalam pementasan drama, kecuali... a. panggung b. pemain c. penonton d. naskah e. sutradara Jawaban: c 37. Setting sebuah drama mengandung unsur... a. tempat terjadinya peristiwa b. waktu peristiwa bergulir c. suasana cerita d. tempat dan waktu cerita e. tempat, waktu, dan suasana cerita Jawaban: e 38. Pada tahap persiapan pementasan drama, seorang sutradra melakukan seleksi untuk memilih pemeran yang sesuai dengan peran aka dimainkan. Tahapan ini disebut... a. akting b. casting c. bloking d. editing e. lighting Jawaban: b 39. Agar terlihat bermuka jahat, pemeran antagonis memerlukan jasa.... a. seni tata rias b. seni tata busana c. seni lukis d. seni vokal e. seni tata lampu Jawaban: a 40. Romeo : Petunjuk cinta yang gaib telah mempersatukan aku ke hadapanmu. Dan untuk cinta  yang kudapatkan akan kutaruhkan segalanya. Tapi......aku seorang Montague..... Juliet : Dan aku seorang Capulet. Mengapa kita punya nama? Biarlah aku menjadi bukan Capulet dan kau bukan Montague, Romeo! Tema yang tersirat dari penggalan drama di atas adalah.... a. kepercayaan b. persahabatan c. permusuhan d. percintaan e. pertentangan keluarga Jawaban: d 41. Dahlan:    Kamis malam Jumat. Jumat apa? Rosana    : Malam Jumat Kliwon, Pak! Bukankah hari kelahiran ibu juga jatuh pada hari Jumat Kliwon? Dahlan    : Ya, beutl! Ibumu waktu mau meninggal kurang satu minggu sudah ada tandatanda.....nasihat-nasihat berharga. Masa hidupnya banyak meninggalkan kesan teladan. Tetapi....juga ada kelemahannya. Rosana    : Kelamahan? Memang manusia tidak ada yang sempurna Dahlan    : Ya, jangan sampai menurun pada anak cucu. Ibumu dahulu sakit-sakitan karena banyak pikiran. Ikut-ikutan orang jual-beli perhiasan. Barangnya hilang, ibumu gigit jari menanggung hutang. Siapa lagi kalau bukan Bapak yang turun tangan? Rosana    : Bukankah pada diri Bapak juga ada kelemahannya? Dahlan    : Apa? Bapak rasa tidak ada! [Tongkat terjatuh, kemudian dipungut lagi] Rosana    : Maaf, Pak.. ibu bertambah sakit akibat Bapak dahulu sering mabuk judi, bukan? Ros masih ingat barang-barang rumah dilelang. Habis terjual! Dahlan    : Ya...., itu akibat perbuatan ibumu, tahu! [keras]. Serakah dan mau menang sendiri. Mudah-mudahan pengalaman pahit, miskin, tidak terulang lagi! Pesan atau amanat yang terkandung dalam penggalan drama di atas adalah.... a. sifat serakah dan suka berjudi membuat orang hancur b. nasib manusia ditentukan oleh Tuhan c. sifat buruk menurun pada anak d. manusia berusaha untuk sempurna e. anak harus patuh pada orang tua Jawaban: a 42. Sukro : Sudahlah, Min! Suatu saat pasti berhasil. Jangan mudah putus asa! Jasmin : Tapi, saya sudah keluar modal banyak. Kapan sepeda motorku bisa kembali? Penggalan dialog di atas menggambarkan watak tokoh secara... a. mutlak b. lengkap c. lahir d. batin e. langsung Jawaban: d 43. Waktu itu sudah hampir jam satu. Sekolahsudah usai. Bahwa Yanti belum pulang itulah yang menyebabkan Asdiarti terkejut. Asdiarti    : Kau masih ada di sini, Yanti. Belum pulang? Yanti    :  [Tidak menjawab. Ia hanya menggeleng dan terus melanjutkan membaca.] Penggalan drama tersebut memuat latar.... a. tempat b. waktu c. suasana d. alat e. tempat, waktu, suasana, dan alat Jawaban: b 44. Fenita : Kamu harus menentukan sikap. Pilih aku atau dia, sekarang juga! Verri : Beri aku kesempatan sekali lagi.... Fenita : Tidak perlu basa-basi, kalau tidak aku yang memutuskan, titik! Penggalan dialog di atas menunjukkan drama sampai pada bagian.... a. pemaparan b. konflik c. klimaks d. resolusi e. penyelesaian Jawaban: b 45. Satilawati : Pengecut! Sedikit diserang kritik orang, engkau hendak melarikan diri. Untuk menjaga nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum. Ishak : [Sambil menunjuk ke luar] Pergi daripadaku. Engkau boleh memusuhi aku. Untuk citacita aku bersedia mengorbankan segalanya juga cintaku. Watak tokoh Ishak dalam penggalan drama di atas adalah.... a. pemarah b. pembual c. pemberani d. sombong e. tidak bertanggung jawab Jawaban: a 46. Gambaran tempat, ruang, waktu, dan suasana cerita disebut.... a. setting b. plot c. bloking d. panggung e. layar Jawaban: a 47. Kesenian berikut yang tidak termasuk drama tradisional adalah.... a. opera b. ketoprak c. lenong d. ludruk e. wayang orang Jawaban: a 48. Bagian alur yang ditandai dengan pertentangan antartokoh dikenal dengan istilah.... a. eksposisi b. pelukisan awal c. konflik d. klimaks e. resolusi Jawaban: c 49. Bagian eksposisi suatu alur berisi hal-hal berikut, kecuali.... a. penggambaran setting b. kehadiran tokoh c. tokoh mulai berakting d. tokoh-tokoh mulai berdialog e. pertentangan antartokoh Jawaban: a 50. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan pada saat menyusun teks drama, kecuali.... a. menentukan tema b. merancang alur dan setting c. menyusun ringkasan cerita d. mengatur akting pelaku e. mencantumkan petunjuk pementasan Jawaban: d 51. Tina    : Hei, semua berhenti! [Sambil menggberka meja] Anwar    : Tidak usah ikut campur! Bagian yang ditulis dalam kurung penggalan dialog di atas disebut.... a. epilog b. prolog c. petunjuk pementasan d. kramagung e. wacanang Jawaban: d 52. Pokok persoalan yang dikembangkan dalam suatu drama disebut.... a. tema b. amanat c. pesan d. konflik e. ringkasan cerita Jawaban: a 53. Perempuan    : Aneh! Penyair    : Kedengarannya memang aneh, akan tetapi begitulah. Perempuan    : Lalu apa yang Bung kagumi? Penyair        : ...... Perempuan    : Aku tidak mengerti, coba jelaskan yang aneh padaku itu! Penyair        : Maksudku, pernyataan yang mana? Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang penggalan drama di atas adalah.... a. kecantikan Saudari itu b. Ya, keanehan karya sastra itu c. Itulah yagn aku kagumi d. Bahwa Bung selamat selama ini. e. Pernyataan Saudari tadi. Jawaban: e 54. Peristiwa mulai terjadinya permasalahan antartokoh sampai pada puncaknya disebut bagian....dalam alur drama. a. pengenalan b. komplikasi c. klimaks d. katastrof e. ending Jawaban: c 55. Seperti halnya karya sastra bentuk lain, sebuah drama memiliki unsur estetis... Estetis artinya... a. merupakan karya rekaan b. mengupas masalah sosial c. mengandung unsur keindahan d. memiliki nilai moral e. mengandung unsur budaya Jawaban: c Untuk soal nomor 56 dan 57, perhatikan penggalan drama berikut! Ayu    : Sudah malam lo Sis, kita harus segera pulang Siska    : Sudahlah Yu, tenang saja toh ini baru jam sembilan lebih sedikit. Jalanan masih ramai Ayu    : Ih, sudah malam begini kok tenang. Kan kita perempuan, masak pulang sampai larut malam. Tidak enak kan dengan tentangga. Nanti mereka mengira kita suka keluyuran malam. Siska    : [Dengan sikap tenang] Sudah, nanti saya antar kamu. Memang repot, kita ini perempuan tidak wajar kalau pulang terlalu malam. Kita pun tidak berani melanggar aturan tidak tertulis di masyarakat kita ini. 56. Penggalan drama di atas mengandung nilai... a. agama b. pendidikan c. sosial d. budaya e. moral Jawaban: d 57.Tokoh Siska dalam penggalan drama di atas berperan sebagai tokoh.... a. antagonis b. protagonis c. tritagonis d. figuran e. pembantu Jawaban: a Untuk soal nomor 58 sampai dengan 60, perhatikan penggalan drama berikut! Samin    : Fred, jangan cepat-cepat bahaya! Fredi    : Alaa, malam begini sepi, tak apa! [Samin menyusul dan menariknya mundur.] Samin    : Kita berhenti dulu! Fredi    : Ah! Lebih cepat sampai ke alamatnya kan lebih baik! Samin    : Ingat yang aku bawa surat penting! Fredi    : Justru itu! Samin    : Pokoknya berhenti, Fred!Aku tidak mau ambil risiko tertangkap Belanda. Fredi    : Baik, Min! Kau yagn pegang komando. 58. Konflik yang terdapat dalam penggalan drama di atas adalah.... a. terjadinya pertengkaran antara Sarmin dan Fredi b. Keinginan berhenti untuk beristirahat c. perebutan pemegang komando tugas d. kekhawatiran aka keselamatan surat penting e. ketakutan berjalan di malam hari Jawaban: d 59. Tokoh Samin pada penggala drama di atas adalah bersifat.... a. penyabar b. ambisius c. semangat d. hati-hati e. tanggung jawab Jawaban: e 60. Suasana yang tergambar dalam drama di atas adalah.... a. sepi b. tegang c. terburu-buru d. takut e. gelisah Jawaban: b 1. Bacalah penggalan drama berikut! Ibu : [Tidak menoleh benar] Malam lebaran Narto, dengarlah tabuh itu bersahut-sahutan. Pada malam lebaran seperti ini dia pergi, pergi dengan tidak meninggalkan kata. Gunarto : [Agak kesal] Ayah …? Ibu : keesokan harinya, hari lebaran, sesudah sembahyang aku memaafkan dosanya. Gunarto : Kenapa ibu ingat juga waktu yang lampau, mengingat kepada orang yang tak pernah lagi mengingat kita. Ibu : [Memandang Gunarto] Aku merasa ia masih ingat kita Gunarto. Yang tergambar dalam penggalan drama di atas adalah konflik …. a. Social b. Fisik c. Batin d. Budaya e. Alam 2. Bacalah penggalan drama berikut! Satilawati : [berasa kasihan] Maafkanlah segala perkataanku yang kemarin itu, Kartili. Jangan dimasukkan ke dalam hati. Kartili : [Tersenyum] Tentu tidak, Satilawati. Aku mengerti keadaanmu kemarin itu. Sekarang aku memuji kesetiaanmu terhadap Ishak. Sungguhpun telah engkau ketahui, bahwa ia …. Satilawati : Gila, ya. Tapi ada sesuatu, suara halusku mengatakan, bahwa ia akan baik lagi. Baik buat selama-lamanya. Kartili : itu yang kuhargakan tinggi, Satilawati: kepercayaanmu kepada diri sendiri. Satilawati : dan biarpun ia tidak baik kembali, aku tidak juga dapat mengikatkan diriku kepada orang lain. Kejahatan Membalas Dendam, Idrus Watak tokoh Satilawati berdasarkan kutipan drama di atas …. a. Baik hati, belas kasih, egois b. Setia, penuh keyakinan, percaya diri c. Keras kepala, cepat tersinggung, baik d. Pemarah, setia, keras kepala e. Baik, egois, baik 3. Bacalah penggalan drama berikut! Ibu : Pak Gi ini benar-benar seorang pejuang yang tak pernah melupakan cita-citanya. Anak : Cita-cita yang mana, Bu? Ibu : Bahwa yang tak kalah penting dengan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Lha ini semua kan bukti keberhasilan beliau melawan kemiskinan? Anak : Ibu sendiri kenapa tidak mengikuti jejak Pak Gi? Ibu : Sebagai mantan bagian dapur umum, saya tetap berjuang terus, lho! Melawan kelaparan …” Kado Istimewa, Jujur Prananto Penggambaran watak Pak Gi yang diungkapkan pengarang pada penggalan di atas melalui …. a. Ciri-ciri fisik tokoh b. Lingkungan sekitar tokoh c. Perbincangan tokoh lain d. Prasaan tokoh e. Reaksi tokoh-tokoh lain 4. Ketegangan di dalam cerita rekaan atau drama disebut …. a. Peristiwa b. Tokoh c. Watak d. Konflik e. Dialog 5. Bacalah penggalan drama berikut! [a] Nuniek : Bagaimana, Tien, Tonymu? Apa dia dating dari Jakarta? [b]Hastien : datang sih sudah! Tapi dasar lelaki, bosan aku berurusan dengan dia. Lagi orang tuanya yang bawel itu, malah menyalahkan saya. [c]Nuniek : Lho! Emangnya yang salah siapa? [d]Hastien : Ya, jelas dong. Kalau aku enggak dikasih itu kan nggak begini jadinya. [e]Nuniek : Kalau kamu nggak mau diajak itu, pasti nggak begitu! [f]Hastien : Kau juga menyalahkan aku? Berdasarkan kutipan drama di atas, dialog yang menonjolkan watak tokoh Hastien adalah …. a. [a] dan [b] b. [b] dan [d] c. [c]  dan [e] d. [a] dan [d] e. [d] dan [e] 6. Berdasarkan drama pada soal di atas penyebab konflik adalah …. a. Hastien b. Nuniek c. Hastien dan orang tuanya d. Hastien dan Tony e. Tony 7. Bacalah penggalan drama berikut! Calon suami : Kalau kita menikah nanti maukah kau menyumbangkan sebgaian gajimu untuk anak                           saya? Calon istri : Apakah tujuanmu menikahi saya semata-mata untuk kepentingan anakmu, bukan untuk  keluarga yang bahagia dan sejahtera? Watak karakter calon istri pada penggalan dialog di atas adalah …. a. Cengeng b. Kejam c. Pemberani d. Pemarah e. Peramah 8. Adegan Ponirah dan Marni dengan menggendong bakul dan mengenakan topi caping. Marni   : Pon ... Ponirah! Ponirah : Ada apa? Marni   : Aku melihat sepintas bayangan orang di sana! Ponirah : Tenang saja! Marni   : Tenang . . . tenang? Tenang bagaimana? Kalau musuh? PoniraH : Musuh? Marni, kita ini jualan buah dan tidak punya musuh. Kita harus yakin, yang

berani bergerak di malam hari hanya TNI. Ayo jalan! Marni    : Tapi bulu kudukku berdiri. Ponirah  : Maka jangan di sini, ayo terus jalan! Keduanya berjalan dengan sesekali menoleh ke belakang. Topi caping di tangan kiri. Tangan kanan di balik seakan memegang senjata. Situasi yang dilukiskan dalam penggalan drama itu adalah.... a.  mencekam b.  mengerikan c. mengerikan d. menjengkelkan e. menggelisahkan 9. Gadis  : Aku tidak mengemis nyawa pada Tuan! Van Dijk : Akan kita lihat nanti .... Hei kau Ibu! Siapkan dirimu! Kini giliranmu! Ibu          : Tidak! Tidak! Biarkan aku pulang. Demi kemanusiaan. Aku punya anak dua orang, masih                    kecil-kecil. Mereka terkunci. Jika aku harus mati buat mereka aku akan menerima dengan                    senang hati. Kesimpulan dari penggalan dialog di atas yang paling tepat adalah .... a. Seorang gadis desa dan seorang ibu melawan perintah Van Dijk sehingga mereka mendapat siksaan. b. Seorang ibu lebih rela mati untuk anak-anaknya daripada harus menurut perintah Van Dijk. c. Van Dijk marah-marah kepada seorang gadis dan seorang ibu, karena tidak mau melayani perintahnya. d. Seorang ibu tidak mau menurut terhadap perintah atasannya. e. Seorang gadis dan seorang ibu disiksa oleh Van Dijk karena mereka bermasalah. 10.  Bacalah penggalan drama berikut! Asdiarti : Kenapa? Yanti      : Sangat ruwet! Asdiarti : Kau dipaksa kawin oleh orang tuamu? Yanti      : Antara lain itu. Tapi banyak lagi soalnya. Asdiarti : Apa? Yanti      : Ah, sudahlah. Sebaiknya kau tak usah memaksaku merigatakannya. Sulit. Terlalu sulit. Asdiarti : Yah, aku tahu kau kerasan di rumah. Yanti      : [memandang] Asdiarti : Itu persoalan yang banyak kita rasakan bersama. Yanti      : Kau juga mengalami seperti itu? Asdiarti : Memang, cuma persoalanku tidak seberat persoalanmu. Bagian dialog yang mendukung watak tokoh [Yanti] yang tertekan karena banyak masalah adalah .... a. [memandang] b. Kau juga mengalami seperti itu? c. Sangat ruwet! d. Ah, sudah. e. Terlalu sulit.

Video yang berhubungan

Bài Viết Liên Quan

Bài mới nhất

Chủ Đề