Carilah apa saja aspek aspek perangkat lunak?

Rekayasa Perangkat Lunak atau biasa disingkat dengan RPL adalah salah satu bidang profesi dan juga mata pelajaran yang mempelajari tentang pengembangan perangkat-perangkat lunak termasuk dalam hal pembuatannya, pemeliharaan hingga manajemen organisasi dan manajemen kualitasnya. Bisa dikatakan RPL ini merupakan sebuah perubahan yang terjadi pada perangkat lunak guna melakukan pengembangan, pemeliharaan, dan pembangunan kembali dengan menerapkan prinsip rekayasa sehingga memperoleh perangkat lunak yang bisa bekerja secara lebih efisien dan efektif pada user nantinya.

Perangkat lunak sendiri merupakan sekumpulan data yang tersimpan dan terprogram oleh sistem komputer, istilah ini cukup umum dengan sebutan software. Merupakan elemen dari komputer, software menjadi elemen yang tidak tampak secara fisik. Ia berisi instruksi-instruksi yang diprogram dan bisa berada di perangkat keras manapun, software pada mulanya adalah sebuah kode mesin atau machine code yang dibuat oleh seorang ilmuwan. Berisi angka-angka biner yang dapat dikenali oleh komputer, terkhusus prosesor. Software bekerja dengan membuat instruksi tertentu dalam melakukan perhitungan, logika, input-output, dan aritmatika pada prosesor.

Di Indonesia RPL sudah dipelajari sejak tingkat Sekolah Menengah Kejuruan hingga ke perguruan tinggi, di tingkat SMK terdapat jurusan tersendiri untuk mempelajari dan menerapkan rekayasa perangkat lunak. Sedangkan pada perguruan tinggi biasanya terdapat pada jurusan yang terkait dan perl untuk memahami RPL seperti pada jurusan komputer. Materi-materi yang dipelajari biasanya seperti bahasa pemrograman, desain web, pengetahuan terkait Undang-Undang ITE dan HAKI, namun tergantung kepada sekolah dan kurikulum pada tiap tahunnya.

Daftar Isi

  • 1 Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
    • 1.1 Stephen R.Schach
    • 1.2 Fritz Bauer
    • 1.3 Institute of Electrical and Electronics Engineers 610.12
  • 2 Tujuan dan Penerapan Rekayasa Perangkat Lunak
    • 2.1 Mengembangkan Perangkat Lunak
    • 2.2 Memperbarui Fungsi
    • 2.3 Menciptakan User Friendly
    • 2.4 Meng-integrasi Peralatan Mekanikal
    • 2.5 Melakukan Perawatan
  • 3 Prospek Kerja Rekayasa Perangkat Lunak
    • 3.1 Developer IT
    • 3.2 Programmer
    • 3.3 IT Konsultan
    • 3.4 System Analyst
    • 3.5 Database Engineer
    • 3.6 Web Engineer
    • 3.7 Intelligent System Developer
    • 3.8 Software Tester
  • 4 Kesimpulan dan Penutup

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

 

Beberapa ahli memberikan penjelasan yang sedikit berbeda satu dengan lainnya, teori ini jugalah yang digunakan oleh dunia pendidikan untuk diberikan sebagai pemahaman kepada pelajarnya.

  • Stephen R.Schach

    RPL adalah sebuah disiplin ilmu yang mana dibuat untuk kepentingan menghasilkan perangkat lunak yang bebas dari kesalahan, pengiriman yang tepat waktu, dan memuaskan keinginan pemakainya.

  • Fritz Bauer

    Ia mengartikan RPL sebagai pengembangan dan penggunaan prinsip rekayasa dalam rangka memperoleh perangkat lunak yang bisa dipercaya dan bekerja secara efisien dan dilakukan pada mesin nyata.

  • Institute of Electrical and Electronics Engineers 610.12

    Sedangkan menurut IEEE, adalah sebuah studi dan aplikasi dengan menggunakan pendekatan yang bersifat kuantifiabel, disiplin, dan sistematis kepada pengembangnya, memiliki operasi dan pemeliharaan perangkat lunak yang merupakan aplikasi.

Baca Juga  :   Rekomendasi Situs Belajar Coding [Developer] untuk Pemula dan Gratis

Tujuan dan Penerapan Rekayasa Perangkat Lunak

Mempelajari ilmu RPL ini dianggap perlu karena pada dasarnya memungkinkan Anda untuk membangun sistem yang lebih kompleks, efektif serta efisien dalam jangka waktu yang panjang dan tentu saja harus memiliki kualitas yang tinggi. Sehingga tujuan dari rekayasa perangkat lunak ini adalah berikut.

  • Mengembangkan Perangkat Lunak

    Mengembangkan perangkat lunak yang bisa berfungsi dan berguna bagi penggunanya menjadi tujuan utama dari seseorang mempelajari RPL, tentunya perangkat lunak harus memiliki fungsi dan kegunaan yang spesifik agar bisa digunakan oleh penggunanya.

  • Memperbarui Fungsi

    Fungsi yang ada pada perangkat lunak terkadang membutuhkan pembaruan, dikarenakan fungsi yang sudah ada sebelumnya mengalami pengurangan sehingga berkurang jugalah fungsi nya bekerja. Dengan mempelajari perangkat lunak secara mendalam, perangkat lunak yang sudah ada bisa menjadi sebuah sistem yang lebih baik kedepannya dan lebih berguna bagi pengguna.

  • Menciptakan User Friendly

    Perangkat lunak yang user friendly setidaknya memiliki tampilan yang menarik, fungsional serta mudah untuk digunakan, pemahaman lebih tentu dimiliki oleh orang yang mempelajari rekayasa perangkat lunak. Sehingga ia bisa menggunakan ilmunya untuk memperbaiki, mengembang, dan menciptakan perangkat lunak yang user friendly tersebut.

  • Meng-integrasi Peralatan Mekanikal

    Beberapa peralatan mekanikal yang ada biasanya memerlukan integrasi dengan perangkat lunak, agar sistemnya dapat bekerja dengan lebih optimal. Sebuah peralatan yang membutuhkan integrasi dengan perangkat lunak bisa menjadi sebuah masalah, namun mereka yang mempelajarinya tentu bisa menyelesaikan masalah tersebut. Dengan begitu, kegiatan operasionalnya mendukung untuk penggunaan alat tersebut.

  • Melakukan Perawatan

    Mempelajari RPL tidak membuat Anda terpaku dengan pembuatan dan pengembangan sistem perangkat lunak yang ada, tetapi juga pada perawatan atau maintenance perangkat lunak yang ada. Perawatan dibutuhkan jika perangkat lunak tersebut mengalami kendala atau gangguan, agar sistem tetap bagus maka diperlukannya perawatan berkala.

Secara khusus, tujuan mempelajari rekayasa perangkat lunak adalah biaya produksi dan perawatan perangkat lunak yang lebih rendah, menghasilkan perangkat lunak yang yang mampu bekerja pada semua jenis platform dengan baik, serta mampu menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya handal dan tepat waktu. Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam sebuah perusahaan, seperti pembuatan aplikasi yang mampu mencatat data kecelakaan, aplikasi pembuatan kamera untuk driver dan lain sebagainya.

Baca Juga  :   Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Informatika Terbaik di Indonesia

Prospek Kerja Rekayasa Perangkat Lunak

 

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak sudah banyak ditemukan baik jenjang sekolah menengah juga pada perguruan tinggi, menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja cukup besar dan beragam, berikut ulasannya.

  1. Developer IT

    Pekerjaan ini mengembangkan software-software sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari klien, seperti pada software game, atau software untuk kebutuhan bisnis. Kisaran gaji yang dimiliki oleh pekerja developer IT ini sebesar Rp 5.000.000.

  2. Programmer

    Adalah orang yang bekerja membuat program atau software komputer tertentu dengan tujuan memudahkan pekerjaan dari klien yang membutuhkan, hampir seluruh perusahaan membutuhkan pekerja ini dengan kisaran gaji yang didapatkannya sebesar Rp 6.000.000.

  3. IT Konsultan

    Salah satu pekerjaan yang juga memiliki banyak peluang, peran dari pekerjaan ini adalah sebagai perancangan dari awal hingga evaluasi suatu penerapan IT pada sebuah perusahaan, untuk kisaran gajinya sekitar Rp 9.000.000.

  4. System Analyst

    Bekerja sebagai penganalisa yang menganalisis suatu sistem, hasil dari pekerjaannya akan digunakan oleh programmer. Seorang system analyst harus mampu membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sistem yang hendak dirancangnya, kisaran gaji orang yang bekerja sebagai system analyst sebesar Rp 5.000.000.

  5. Database Engineer

    Tugasnya sebagai pembuat desain serta memonitoring suatu database yang cukup kompleks, kisaran gaji yang didapatkan oleh database engineer sebesar Rp 5.000.000.

  6. Web Engineer

    Orang yang bertugas merancang dan membangun website, bertanggung jawab atas layanan dan kemudahan dari website tersebut dengan kisaran gaji yang dimiliki oleh web engineer ini sebesar Rp 5.000.000.

  7. Intelligent System Developer

    Software-software yang dikembangkan oleh pekerjaan ini berhubungan dengan intelijen seperti image recognizer, kisaran gaji dari pekerjaan ini senilai Rp 6.000.000.

  8. Software Tester

    Bidang pekerjaan yang memiliki peran khusus dalam menguji sebuah software atau perangkat lunak, kisaran gajinya mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000.

Baca Juga   :   Jurusan Ilmu Komputer : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

Kesimpulan dan Penutup

Bidang ilmu satu ini terdapat pada jenjang perkuliahan dan juga pada sekolah menengah, jurusan ini belakangan menjadi salah satu program studi favorit yang diminati banyak pelajar. Dengan peluang kerja yang besar dan beragam, hingga gaji yang cukup besar. Banyak kampus negeri maupun swasta yang menyediakan mata kuliah ini, juga banyak dari sekolah kejuruan yang membuka jurusan RPL untuk siswanya. Jika Anda ingin sekolah ataupun menemukan jurusan yang mempelajari ilmu ini, Anda bisa mendapatkan referensi dan mempelajarinya secara sendiri.

Teknik Informatika salah satu jurusan yang mempelajari RPL, bagi Anda yang tertarik dengan ilmu ini bisa mempertimbangkan untuk mencoba mengambil jurusan ini. Prospek kerjanya sama dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya, jurusan ini bisa jadi pertimbangan sebab prospek kerja yang bagus dan gaji yang tidak main-main. Anda perlu memilih jurusan sesuai dengan passion agar tidak berhenti di tengah jalan, sehingga kedepannya Anda juga bisa menjadi pekerja yang sesuai dengan yang diimpikan. Pastikan dan pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambilnya.

Apa saja aspek perangkat lunak?

ASPEK REKAYASA PERANGKAT LUNAK DALAM MEDIA PEMBELAJARAN.
Efektif dan Efisien dalam Pengembangan Maupun Penggunaan Media Pembelajaran. ... .
Reliabilitas [Kehandalan] ... .
Maintainabilitas [Dapat Dipelihara/Dikelola dengan Mudah] ... .
Usabilitas [Mudah Digunakan dan Sederhana dalam Pengoperasiannya].

Sebutkan apa saja 5 komponen perangkat lunak?

Jawaban.
Sistem Operasi. Perangkat lunak pertama kali yang akan dibaca oleh komputer pada saat menjalankan booting sebagai dasar pengoperasian komputer sekaligus menjadi komponen utama dalam sebuah system software. ... .
Program tambahan/Program bantu [Utility] ... .
Bahasa Computer [Bahasa Pemograman] ... .
Program Aplikasi..

Apa saja jenis jenis perangkat lunak?

Secara umum, perangkat lunak [software] dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.

Apa saja yang termasuk dalam perangkat lunak aplikasi?

Abiword..
Apple iWork- Pages..
Corel WordPerfect..
Google Docs..
Microsoft Word..

Bài mới nhất

Chủ Đề