Karakter topeng Panji pada pementasan tari topeng Cirebon mewakili karakter

Karakter Dalam Tari Topeng Cirebon

Stefan William | October 18, 2021 | Pusaka Budaya | No Comments

Kesenian tari topeng merupakan satu dari sekian banyak kesenian adat yang saat ini masih eksis di Cirebon. Tari topeng menjadi kesenian juga digunakan sebagai media dakwah penyebaran ajaran islam pada masa Sunan Gunung Jati. Maka dari itu karakter – karakter dalam tari topeng memiliki arti konotasinya tersendiri yang menggambarkan fase – fase kehidupan manusia serta mengandung hikmah lain yang menjadi tontonan menghibur dan mendidik untuk masyarakat.

Masing – masing karakter membawa peranan tersendiri dalam tarian topeng. Selain itu artinya pun sangat dalam dengan warna dan ukiran topengnya yang menggambarkan arti masing – masing karakternya. Tari topeng masih eksis hingga saat ini sebagai tarian tradisional Cirebon yang indah. Anda bisa melihat pertunjukan tari topeng di berbagai upacara adat hingga teater yang sering diadakan di Cirebon. berikut ini adalah beberapa karakter beserta artinya dari tari topeng Cirebon yang bisa anda ketahui.

Sebutkan 5 siklus karakter pada pementasan tari topeng Cirebon [ cerita Panji ]​

JENIS SEJARAH KARAKTER TARI TOPENG CIREBON

12 Agu 2016
admin
0
jenis 5 tari topeng cireon, karakter topeng cirebon, kelana, panji, rumyang, samba, tumenggung

JENIS SEJARAH KARAKTER TARI TOPENG CIREBON – Sebagai orang cirebon setidaknya mengenal salah satu budaya atau kesenian Cirebon salah satunya yaitu Tari Topeng , oleh karena itu untuk kesempatan artikel kali ini akan membahas Supatar Tari Topeng Cirebon .

Tari topeng Cirebon adalah salah satu tarian di wilayah kesultanan Cirebon. Tari Topeng Cirebon, kesenian ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Subang, Indramayu, Jatibarang, Majalengka, Losari, dan Brebes. Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Pada pementasan Tari Topeng Cirebon, penarinya disebut sebagai dalang, dikarenakan mereka memainkan karakter topeng-topeng tersebut.

Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh satu penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.

Tari Topeng Cirebon pada zaman dahulu biasanya dipentaskan menggunakan tempat pagelaran yang terbuka berbentuk setengah lingkaran, misalnya di halaman rumah, di blandongan [bahasa Indonesia : tenda pesta] atau di bale [bahasa Indonesia : panggung] dengan obor sebagai penerangannya, namun dengan berkembangnya zaman dan teknologi, tari Topeng Cirebon pada masa modern juga dipertunjukan didalam gedung dengan lampu listrik sebagai tata cahayanya.
Tujuan pagelaran

Tujuan diselenggarakan suatu pagelaran tari Topeng Cirebon secara garis besar dibagi kedalam tiga tujuan utama yaitu ;

Pagelaran komunal, merupakan acara pagelaran yang dilaksanakan untuk kepentingan bersama masyarakat, sehingga hampir seluruh masyarakat ditempat tersebut berpartisipasi dalam pagelaran ini, acara yang dipertunjukan pun sangat spektakuler dengan adanya arak-arakan dalang, atraksi seni dan sebagainya serta digelar lebih dari satu malam, contoh dari pagelaran komunal diantaranya adalah hajatan desa, ngarot kasinoman [acara kepemudaan], ngunjungan [ziarah kubur]
Pagelaran individual, merupakan acara pagelaran yang dilaksanakan untuk memeriahkan hajatan perorangan, contohnya adalah pernikahan, khitanan atau khaulan [bahasa Indonesia : melaksanakan nazar atau janji]

Pagelaran bebarangan, merupakan acara pagelaran keliling kampung yang inisiatifnya datang dari dalang topeng itu sendiri, bebarangan biasanya dilakukan oleh dalang topeng ke wilayah-wilayah desa yang sudah panen, wilayah desa yang ramai atau datang ke berkeliling di kota dikarenakan desanya belum panen, sedang mengalami kekeringan atau sedang sepi penduduknya.

Struktur pagelaran

Struktur pagelaran dalam tari Topeng Cirebon bergantung pada kemampuan rombogan, fasilitas gong yang tersedia, jenis penyajian topeng dan lakon [bahasa Indonesia : cerita] yang dibawakannya. Secara umum, struktur pertunjukan tari Topeng Cirebon dapat dibedakan kedalam dua jenis yaitu ;

Topeng alit, memiliki struktur yang minimalis baik dari segi dalang, peralatan, kru dan sajiannya. Jumlah rata-rata kru dalam struktur pagelaran topeng alit biasanya hanya terdiri dari lima sampai tujuh orang yang kesemuanya bersifat multi peran, dalam artian tidak hanya seorang dalang Topeng saja yang membawakan babak topeng, namun para wiyaganya juga ikut membantu dengan memberikan guyonan-guyonan ringan. Dialog dalam topeng alit dilakukan secara spontan berdasarkan situasi yang ada.
Topeng gede, memiliki struktur yang lebih besar dan baku jika dibandingkan dari penyajian topeng alit. Hal tersebut dikarenakan topeng gede merupakan bentuk penyempurnaan dari topeng alit, struktur topeng besar diantaranya, adanya musik pengiring [bahasa Cirebon : tetaluan] yang lengkap, adanya lima babak tarian yang berurutan seperti panji, samba, rumyang, tumenggung dan klana, adanya lakonan serta jantuk [bahasa Indonesia : nasihat] yang diberikan pada akhir pagelaran topeng gede[1]

5 Jenis dan Karakter TAri Topeng Cirebon

Salah satu jenis lainnya dari tari topeng ini adalah tari topeng kelana kencana wungu merupakan rangkaian tari topeng gaya Parahyangan yang menceritakan ratu Kencana wungu yang dikejar-kejar oleh prabu Minakjingga yang tergila-tergila padanya. Pada dasarnya masing-masing topeng yang mewakili masing-masing karakter menggambarkan perwatakan manusia. Kencana Wungu, dengan topeng warna biru, mewakili karakter yang lincah namun anggun. Minakjingga [disebut juga kelana], dengan topeng warna merah mewakili karakter yang berangasan, tempramental dan tidak sabaran. Tari ini karya Nugraha Soeradiredja.

Gaya tarian

Pada tari Topeng Cirebon terdapat beberapa gaya tarian yang secara yang telah diakui secara adat[3][4], gaya-gaya ini berasal dari desa-desa asli tempat di mana tari Topeng Cirebon lahir dan juga dari desa lainnya yang menciptakan gaya baru yang secara adat telah diakui lepas dari gaya lainnya. Endo Suanda seorang peneliti tari Cirebon melihat perbedaan gaya tari Topeng Cirebon antar daerah tersebut dikarenakan adanya penyesuaian selera penonton dengan nilai estetika gerak tarian di atas panggung, berikut beberapa gaya tari Topeng Cirebon ;

Tari Topeng Cirebon gaya Beber

Dalang Sendi Setiyawan sedang menggayakan tari Topeng Cirebon gaya Beber dengan pakaian klasik dalang tari Topeng Cirebon yang dipinjam dari ISBI Bandung oleh Ki dalang Panji Surono

Tari Topeng Cirebon gaya Beber adalah salah satu gaya tari Topeng Cirebon yang lahir di desa Beber, kecamatan Ligung, kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Sejak abad ke 17, awalnya tari Topeng yang ada di desa Beber dibawa oleh seorang seniman dari Gegesik, Cirebon yang bernama Setian, namun menurut para ahli Dalang Topeng Cirebon gaya Beber seperti mimi Yayah dan Ki Dalang Kardama yang pertama kali membawa tarian Topeng ke desa Beber dan menjadi tari Topeng Cirebon gaya Beber adalah mimi Sonten dan Surawarcita yang masih berasal dari Gegesik sejak itu menurunkan beberapa generasi para seniman.
Babak tarian

Pembagian babak pada tari topeng Cirebon gaya Beber menurut Ki Andet Suanda dilakukan dengan berdasar para interpretasi tentang sifat dan kesadaran manusia.

Topeng Panji, merupakan sebuah penggambaran dari sebuah jiwa yang halus
Topeng Samba, merupakan sebuah penggambaran dari sebuah jiwa yang sedang tumbuh
Topeng Temenggung, merupakan sebuah penggambaran dari sebuah jiwa yang sudah dewasa
Topeng Jinggananom + Temenggung, merupakan sebuah penggambaran dari pertarungan antara jiwa yang memiliki nafsu baik dan nafsu jahat
Topeng Klana, merupakan sebuah penggambaran dari jiwa manusia yang penuh dengan hawa nafsu dan emosi
Topeng Rumyang, merupakan sebuah penggambaran dari jiwa manusia yang sudah melepaskan nafsu duniawinya dan menjadi manusia yang harum.

Babak Rumyang pada tari Topeng Cirebon gaya Beber dipentaskan di akhir pagelaran, menurut Ki Pandi Surono [budayawan Cirebon sekaligus maestro tari Topeng Cirebon gaya Beber] pada masa lalu pagelaran tari Topeng Cirebon terutama gaya Beber dilakukan pada malam hari dan babak Rumyang dipentaskan mendekati terbitnya matahari saat sinar matahari terlihat samar-samar [bahasa Cirebon : ramyang-ramyang] dari kata ramyang inilah kemudian babak ini dinamakan, keterangan lebih lanjut tentang filosofi babak rumyang yang dipentaskan diahkhir setelah babak Topeng Klana yang merupakan proyeksi dari jiwa yang penuh nafsu dan emosi dijelaskan oleh Ki Waryo [budayawan Cirebon sekaligus dalang Wayang Kulit Cirebon gaya Kidulan [Palimanan] dan seorang ahli pembuat Topeng Cirebon] putera dari Ki Empek. Ki Waryo menjelaskan bahwa filosofi dari Rumyang terkait dengan sebuah proyeksi jiwa manusia yang sudah meninggalkan nafsu duniawinya dan menjadi manusia yang utuh [manusia harum] karena sudah tidak terbelenggu lagi dengan nafsu duniawi. Rumyang diartikan kedalam dua buah kata yaitu arum [bahasa Indonesia : harum] dan yang [bahasa Indonesia : manusia / orang] sehingga Rumyang diartikan secara harafiah menjadi manusia yang harum.

Published By : Arif/Disbudparpora Kab. Cirebon

Daftar isi

  • 1 Tempat pagelaran
  • 2 Tujuan pagelaran
  • 3 Struktur pagelaran
  • 4 Jenis
  • 5 Gaya tarian
    • 5.1 Tari Topeng Cirebon gaya Beber
      • 5.1.1 Babak tarian
      • 5.1.2 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Beber
      • 5.1.3 Sanggar tari
    • 5.2 Tari Topeng Cirebon gaya Brebes
      • 5.2.1 Babak tarian
    • 5.3 Tari Topeng Cirebon gaya Celeng
      • 5.3.1 Musik pengiring
      • 5.3.2 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Celeng
    • 5.4 Tari Topeng Cirebon gaya Cibereng
      • 5.4.1 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Cibereng
    • 5.5 Tari Topeng Cirebon gaya Cipunegara
      • 5.5.1 Musik pengiring
      • 5.5.2 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Cipunegara
    • 5.6 Tari Topeng Cirebon gaya Gegesik
      • 5.6.1 Musik pengiring
      • 5.6.2 Gerakan tari
      • 5.6.3 Babak tarian
      • 5.6.4 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Gegesik
      • 5.6.5 Sanggar tari
    • 5.7 Tari Topeng Cirebon gaya Gujeg
      • 5.7.1 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Gujeg
    • 5.8 Tari Topeng Cirebon gaya Kalianyar
      • 5.8.1 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Kalianyar
    • 5.9 Tari Topeng Cirebon gaya Kreyo
      • 5.9.1 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Kreyo
    • 5.10 Tari Topeng Cirebon gaya Losarang
    • 5.11 Tari Topeng Cirebon gaya Losari
      • 5.11.1 Pakaian penari
      • 5.11.2 Musik pengiring
      • 5.11.3 Gerakan tari
      • 5.11.4 Babak tarian
      • 5.11.5 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Losari
      • 5.11.6 Sanggar tari
    • 5.12 Tari Topeng Cirebon gaya Palimanan
      • 5.12.1 Musik pengiring
      • 5.12.2 Babak tarian
      • 5.12.3 Gerakan tari
      • 5.12.4 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Palimanan
      • 5.12.5 Sanggar seni
      • 5.12.6 Galeri gerak Tari Topeng Cirebon gaya Palimanan
    • 5.13 Tari Topeng Cirebon gaya Pekandangan
      • 5.13.1 Babak tarian
      • 5.13.2 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Pekandangan
    • 5.14 Tari Topeng Cirebon gaya Randegan
      • 5.14.1 Babak tarian
      • 5.14.2 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Randegan
    • 5.15 Tari Topeng Cirebon gaya Slangit
      • 5.15.1 Musik pengiring
      • 5.15.2 Babak tarian
      • 5.15.3 Gerakan tari
      • 5.15.4 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Slangit
      • 5.15.5 Sanggar tari
    • 5.16 Tari Topeng Cirebon gaya Sinar Rancang
    • 5.17 Tari Topeng Cirebon gaya Tambi
      • 5.17.1 Pakaian Penari
      • 5.17.2 Musik pengiring
      • 5.17.3 Gerakan tari
      • 5.17.4 Babak tarian
      • 5.17.5 Dalang tari Topeng Cirebon gaya Tambi
      • 5.17.6 Sanggar tari
  • 6 Topeng pelengkap
  • 7 Pewarisan keahlian
  • 8 Perkembangan
  • 9 Galeri
  • 10 Lihat pula
  • 11 Referensi

Pementasan tari topeng Cirebon terdapat salah satu tari topeng yg mengisahkan cerita Panji dalam lima siklus karakter yg masing² yg diwakilkan oleh topeng² yg berbeda, sesuai dengan karakternya. Yaitu topeng Panji yg mewakili tahap A. Kedudukan dalam masyarakat
B. Kanak - Kanak
C. Kelahiran
D. Dewasa

Jawaban: 2
Buka kunci jawaban

Video liên quan

Bài Viết Liên Quan

Bài mới nhất

Chủ Đề