Kita dapat menulis pelajaran dengan mudah merupakan dampak positif penemuan

ilustrasi Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6: Tema 3 Subtema 2 - Penemuan Komputer [Halaman 99 - 100]

TRIBUNNEWS.COM - Simak kunci jawaban kelas 6 tema 3 Subtema 2 tentang Penemuan Komputer halaman 99 sampai halaman 100.

Tema 2 dalam buku ini untuk kelas 6 SD/MI mengusung judul mengenai pelajaran penemuan teknologi.

Siswa Sekolah Dasar diajak untuk belajar mengenai sejarah dan cerita dari temuan teknologi.

Berikut pembahasan mengenai materi buku tematik tema 3 kelas 6 SD/MI yang mengusung topik teknologi komputer.

ilustrasi Belajar dari Rumah [Freepik]

Baca: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD Halaman 27 28 29 30 31 Subtema 1 Pembelajaran 4 Buku Tematik Terpadu

Baca: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 29, 30, 31, 32, 34, dan 35 Subtema 1 Buku Tematik Terpadu

Ayo Membaca

Pada halaman 98, disajikan sebuah teks tentang penemuan komputer.

Teman-teman diminta membaca teks tersebut untuk menambah pengetahuan.

Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya

Penemu komputer adalah
Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan komputer. Mesin penghitung yang ia temukan [1791-1871] adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer. Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung.

Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.

Sumber :

Pada zaman dahulu menggunakan papan tulis hitam untuk menjelaskan materi pelajaran. Sekarang, guru menggunakan perangkat elektronik berupa laptop, komputer, dan internet untuk menjelaskan materi pelajaran. Materi pelajaran yang dijelaskan menjadi lebih nyata dan mudah dipahami oleh siswa. Hal tersebut merupakan contoh perubahan dari pengaruh IPTEK dalam bidang …. 

Mau dijawab kurang dari 3 menit? Coba roboguru plus!

Ilustrasi Dampak Ditemukan Komputer Dalam Bidang Pendidikan. Foto: Proeves

Komputer saat ini menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sebab, perangkat yang dapat digunakan untuk olah data, olah gambar, dan mampu menyajikan suara dan animasi ini banyak membantu manusia menjalankan tugasnya.

Misalnya untuk keperluan pekerjaan dan pendidikan. Penetrasi komputer telah banyak mengubah tatanan pendidikan ke arah yang lebih baik. Berikut adalah beberapa contoh dampak positif dan negatif ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan.

  • Komputer memudahkan tenaga pendidik mempercepat proses administrasi sekolah. Misalnya membuat jadwal pelajaran, kurikulum, daftar nilai, dan lain-lain.

  • Setelah ada komputer dan internet, siswa dapat menggali informasi lebih banyak. Guru dan buku pelajaran bukan lagi satu-satunya sumber pengetahuan. Siswa akan lebih mudah mengerjakan tugas-tugas sekolah.

  • Mempermudah pelaksanaan ujian, dari yang menggunakan kertas kini menjadi Ujian Nasional Berbasis Komputer [UNBK].

  • Komputer menciptakan suasana belajar yang menyenangka. Sebab, siswa dapat mengendalikan kecepatan belajar sesuai dengan kemampuannya. Animasi yang muncul juga membuat siswa tidak cepat bosan. Ini berbeda dengan metode belajar satu arah yang disampaikan dengan penjelasan yang cenderung membosankan dan seringkali tanpa ilustrasi, sehingga sulit dipahami.

Dikutip dari jurnal Pemanfaatan Software Komputer Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi [EQ] Anak oleh Deni Hardianto, berikut adalah beberapa tantangan penggunaan komputer di bidang pendidikan.

  • Jika siswa sering berlama-lama di depan komputer, perkembangan gerak motorikya menjadi terbatas. Sebab, waktu yang seharusnya dipakai untuk melakukan kegiatan fisik lainnya banyak dihabiskan di depan komputer.

  • Kemampuan bersosialisasi dengan manusia lainnya menjadi terganggu. Oleh sebab itu, diperlukan desain pembelajaran berbasis komputer yang juga melibatkan interaksi sosial dan keterampilan emosional.

Di abad 21 sekarang, manusia tak bisa jauh dengan adanya teknologi. Ini tidak bisa dipungkiri lagi betapa teknologi mampu mempermudah segala sesuatu hal dalam aktivitas sehari-hari. Dan teknologi, khususnya gadget, pastilah membutuhkan suatu jaringan internet sebagai barang komplementernya supaya bisa menjangkau segala hal secara universal.

Tak kecuali dalam bidang pendidikan, internet juga memiliki manfaat seperti penjelasan berikut ini.

Pixabay.com/StartupStockPhotos

Dengan adanya teknologi yang disertai jaringan internet, maka lahirlah perangkat lunak sebagai aplikasi untuk mempermudah berkomunikasi. Begitu pun bagi murid dan mahasiswa, dengan adanya aplikasi ini, mereka pun dengan mudah berkomunikasi secara online dan cepat.

Dampak positif komunikasi online dalam dunia pendidikan ini tidak bisa dianggap remeh. Informasi dengan mudah bisa disebarkan secara dinamis dengan cara membuat grup kelas, di situ mereka mampu menginformasikan hal-hal yang sangat penting dan mendesak. Dan guru atau dosen pun bisa memberi informasi dan berkomunikasi secara mudah dengan para muridnya.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Internet Indonesia Lambat dan Mahal, Kapan Berubahnya?

Pixabay.com/27707

Zaman dulu, pihak sekolah atau universitas, khususnya swasta, melakukan promosi dengan membuat baliho-baliho di berbagai tempat yang strategis. Akan tetapi di zaman sekarang, pihak sekolah mampu memanfaatkan teknologi dan jaringan internet dengan cara membuat laman website pribadi.

Dengan membuat laman website sendiri, pihak sekolah atau universitas bisa dengan leluasa mempromosikan diri dengan menyertakan prestasi dan visi-misi sekolah atau universitas untuk menarik para pendaftar. 

Baca Juga: Mencerdaskan Bangsa, Ini 8 Startup yang Bergerak di Bidang Pendidikan

Baca Artikel Selengkapnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Video yang berhubungan

Bài Viết Liên Quan

Bài mới nhất

Chủ Đề