Prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalah

teen gets licked and fingered by her moms milf friend.directoryporno francais
directoryindian fuck
free sex

error: Content is protected !!

Pemrograman Berorientasi Obyek [Object Oriented Programming – OOP] adalah programming paradigm yang menggunakan obyek dan interaksinya untuk merancang aplikasi dan program komputer. OOP tidak banyak digunakan sebelum awal tahun 1990an. Tapi sekarang menjadi sesuatu yang sudah lumrah digunakan. Bahasa-bahasa pemrograman seperti keluarga dotNet dari Microsoft [Visual Basic.Net, Visual C#, dan Visual J], Borland Delphi, Java, Phyton, PHP versi 5 ke atas, C++ dan banyak lainnya merupakan bahasa pemrograman yang mendukung konsep OOP.

Apakah obyek itu? Semua benda yang ada didunia ini dapat kita sebut sebagai obyek. Guru mata pelajaran RPL kalian adalah suatu obyek. Buku yang kalian pegang ini juga suatu obyek. Bahkan mata pelajaran RPL adalah juga sebuah obyek. Setiap obyek akan mempunyai karakteristik dan tingkah laku

tertentu. Karakteristik disebut attribute dan tingkah laku disebut sebagai behavior atau method.

Dalam difinisi pemrograman berorientasi obyek dikenal adanya kelas dan obyek. Class atau kelas mendefinisikan karakteristik abstrak dari sesuatu termasuk atribut atau sifat-sifat dari sesuatu dan apa yang dapat dikerjakan oleh sesuatu [method]. Sebagai contoh, mobil adalah sebuah kelas yang memiliki

attribut warna, merek, tipe dan lain-lain. Mobil juga punya method antara lain, maju, mundur dan berhenti.

Obyek adalah contoh dari kelas yang sudah didefinisikan. Atribut dan method dari kelas secara otomatis akan menurun pada obyek namun dengan kekhususan. Sebagai ilustrasi kita perhatikan gambar diatas. Pada gambar tersebut, kita bisa identifikasi kelasnya adalah mobil dengan atribut dan methodnya. Obyeknya adalah sebuah mobil sedan dengan merk Toyota, dan warnanya adalah merah. Sedan itu juga memiliki method maju, mundur dan berhenti. Pada kasus ini mobil sedan disebut sebagai instance atau turunan dari kelas mobil.

Ada beberapa konsep penting yang kalian harus pahami dalam pemrograman berorientasi yaitu, abstraksi, enkapsulasi, inheritance dan polymorphism.

Abstraction atau disebut juga composition merupakan prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya.

Prinsip encapsulation adalah prinsip penyembunyian detil dari sebuah kelas terhadap obyek yang berinteraksi terhadapnya. Sebagai contoh ketika kita menjalankan mobil, sebenarnya kita sedang berinteraksi dan kita meminta kepada mobil untuk menjalankan methodnya seperti maju, mundur atau berhenti.

Inheritance atau pewarisan adalah prinsip pewarisan sifat dari orang tua ke anak atau turunannya yang diterapkan pada kelas. Orang tua memiliki atribut dan method yang lebih umum dibandingkan dengan anak atau turunannya.

Polymorphism mungkin merupakan konsep pemrograman beroerientasi obyek yang paling sulit dimengerti. Arti dari polymorphism adalah kemampuan dari suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk. Atau dalam pengertian lain adalah kita dapat menerapkan sesuatu hal yang berbeda melalui suatu cara yang sama. Sebagai contoh kalau ada empat ekor hewan berbeda yaitu burung, ular, katak, dan singa kemudian kita minta untuk bergerak, maka burung akan terbang, ular akan melata, katak melompat, singa mungkin akan berlari.

Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut menggunakan versi yang dinamakan Oak. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji [kopi tubruk]. Saat ini Java berada dibawah lisensi Sun Microsystems.

Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat luinak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Orang orang yang berkecimpung dalam dunia pemrograman lebih suka menyebut Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional.

Untuk membuat program Java paling tidak harus tersedia dua buah software yaitu:

Perangkat lunak ini merupakan yang akan kita gunakan untuk mengkompilasi kode program Java yang kita buat. Selain itu pada perangkat lunak ini tersedia kelas-kelas yang dapat kita gunakan untuk membangun aplikasi desktop, grafis, keamanan, konektivitas basis data dan jaringan. Perangkat lunak ini dapat di-download gratis di situs Sun Microsystem. Setelah itu perangkat lunak ini harus diinstal pada system operasi yang kita pakai.

Perangkat lunak ini berfungsi untuk menuliskan kode-kode program. Notepad, Vi, Gedit, merupakan contoh-contoh teks editor yang dapat digunakan. Namun menggunakan teks editor agak menyulitkan karena tidak tersedia fasilitas bantu yang memudahkan dalam menuliskan kode program. Saat ini beberapa IDE tersedia gratis di internet. IDE tersebut telah menyediakan banyak fasilitas seperti syntax coloring, auto completion, dan template untuk memudahkan membuat aplikasi berbasis Java. NetBeans

[www.netbeans.org] dan Eclipse [www.eclipse.org] merupakan dua buah IDE yang sangat terkenal dan sangat kuat.

Ada 8 tipe data dasar pada Java yaitu boolean [untuk bentuk logika], char [untuk bentuk tekstual], byte, short, int, long [integral], double and float [floating point]. Tabel berikut menunjukkan penjelasan tentang tipe data tersebut.

Tipe Data

Penjelasan

logika [boolean]

diwakili oleh dua pernyataan : true dan false

tekstual [char]

harus memiliki ciri berada dalam tanda single quotes[’ ’]

Integral [byte, short, int & long]

Tipe data bilangan bulat, default tipe data yaitu int.

byte = 8 bits dengan range -27 s/d 27-1

short = 16 bits dengan range -215 s/d 215-1

int = 32 bits dengan range -231 s/d 231-1

long = 64 bits dengan range -263 s/d 263-1

Floating Point [float dan double]

Tipe data bilangan asli [boleh ada pecahan]. Default tipe datanya adalah double.

float = 32 bits dengan range -231 s/d 231-1

double= 64 bits dengan range -263 s/d 263-1


Page 2


1. Abstraksi dari sesuatu yang mewakili dunia nyata adalah pengertian...
A. Abstaksi
B. class
C. Objek
D. Atribut
E. Method
2.  Kumpulan dari obyek-obyek dengan karakteristik yang sama adalah pengertian...
A. Abstraksi
B. class
C. Obyek
D. Atribut
E. Method
3. Nilai atau elemen-elemen data yang dimiliki obyek dalam kelas obyek dan merupakan ciri dari sebuah obyek adalah...
A. Abstraksi
B. Atribut
C. Obyek
D. Method
E. Class
4.  Yang bukan konsep penting dalam pemrograman berorientasi obyek adalah...
A. Abstraksi
B. Enkapsulasi
C. Inheritance
D. Properties
E. Polymorphism
5. Suatu kelas dapat diturunkan dari kelas yang lain, dimana atribut dari kelas semula dapat diwariskan ke kelas yang baru adalah prinsip...
A. Abstraksi
B. Enkapsulasi
C. Inheritance
D. Polymorphism
E. Properties
6. Prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya adalah.....
A. Abstraksi
B. Enkapsulasi
C. Inheritance
D. Polymorphism
E. Properties

7. Kumpulan dari beberapa method yang belum terdapat operasi di dalam method tersebut disebut ...

a. Abstract class

b.  Inheritance

c.  Interface

d.  Method abstract

e.   Implements

8.  Nama lain dari kata pewarisan dalam java adalah ...

A. Inheritance

B. Interface

C. Overriding

D. Overloading

E. Implements

9.  Class dalam java yang mempunyai  satu abstract metode disebut …

A. Abstract class

B. Class

C. Multiple interface

D. Implementasi

E. Interface

10. Class dalam javayang digunakan menggunakan array dan character disebut …

A. Class math

B. Class string

C. Class string buffer

D. Class wrapper

E. Class procces

11. Method pada java yang menghasilkan nilai mutlak adalah ...

A. Publik static double max [double p, q]

B. Publik static double cell [double a]

C. Publik static double abs [double a]

D. Publik static double floor [double a]

E. Publik static double log [double a]

12. Berikut ini yang bukan merupakan tipe data wrapper adalah ...

A. Boolean

B. Byte

C. Character

D. Double

E. int

13. Class dalam java yang menyediakan beberapa flied dan method bermanfaat disebut ...

A. Class system

B. Class math

C. Class string

D. Class wrapper

E. Boolean

14. Keyword penting dalam program java dalam hal exception handing adalah ...

A. Try

B. Catch

C. Finally

D. Throw

E. Objek

15. Di dalam pemrograman berontasi objek yang merupakan Super class tertinggi adalah ...

A. Class throwable

B. Php

C. Metode

D. Throw

E. Catch

16. Keyword pada java yang digunakan dalam suatu block program adalah ...

A. Finally

B. Throw

C. Throws

D. Catch

E. Try

17. Method pada java yang bersifat static berarti…

A. Diambil dengan cara membuat sebuah object dari class tersebut

B. Mampu mengakses anggota static dan non static dari class

C. Dapat menunjuk pada this dan super

D. Dapat diambil tanpa membuat sebuah object dari class tersebut

E. Mengambl data dari class

18.  File yang berekstensi class [nama_file.class] pada pemrograman java, 

berisikan:

A. Statement program

B. Logika program

C. Instruksi program

D. Bytecode program

E. Analisis sistem

19. Operator pada java yang terdapat pada kurung berikut [ %= ] adalah operator yang digunakan untuk….

A.  Penjumlahan

B.  sisa pembagian

C.  pembagian

D. Perkalian

E. Pengurangan

int PQ = 40, RS = 12;

System.out.println ["PQ | RS = " + [ PQ | RS ]];

20. Jika program tersebut dijalankan maka akan menghasilkan tampilan sebagai berikut:

A.  52

B.  42

C.  12

D.  40

E.  44

21. Berikut ini pernyataan yang benar adalah:

A. if[srt1 == “budi”] {System.out.println[“budi”];}

B.  if[srt1 == ‘budi’] {System.out.println[“budi”];}

C.  if[srt1.equals[“budi”]] {System.out.println[“budi”];}

D. if[srt1.equals[‘budi’]] {System.out.println[“budi”];}

E.  if[srt1.equals[“budi”]] {System.out.println[“budi”]}

22. Variabel-variabel dalam java yang menyatakan karakteristik suatu objek disebut..

A. Data member

B. Member function

C. Tipe data

D. Class

E. Data objek

23. Mengelompokkan class - class yang saling berelasi menggunakan perintah java yaitu…

A.  Private

B. Package

C. Import

D. Public

E.  interface

24. Kesatuan antara data dan fungsi, disebut..

A.  class

B.  fungsi

C.  variabel

D.  Objek

E. Method

25. Dalam Pemrograman java telah memiliki 2 kategori tipe data, yaitu :

A.  Primitive, Reference

B.  Variabel, Contructor

C.  Double, int

D.  Variabel, double

E. Primitive , int

26. Untuk mengurutkan isi array dalam java secara ascending, bisa menggunakan…

A. System.sort[]

B.  Arrays.sort[]

C.  Array.Sort[]

D.  System.sorting[]

E.  Array.sort

27.  Method pada java yang memiliki nama yang sama dengan nama classnya disebut dengan…

A. Overriding

B.  Constructor

C.  Polymorphism

D.  Overloading

E. Inheritence

28.  Keyword pada java yang digunakan untuk mengaplikasikan konsep pewarisan adalah…

A. This

B.  Super

C.  Dinamic

D. Static

E. Extends

29.  Kemampuan suatu subkelas untuk memodifikasi data dan method dari kelas induknya disebut dengan …

A. Overriding

B.  Inheritance

C.  Polymorphism

D.  Encapsulation

E. Overloading

30.  Modifier final pada kelas berarti…

A.  Kelas tersebut adalah konstanta

B.  Kelas tersebut tidak dapat dioverride oleh kelas lain

C.  Kelas tersebut tidak dapat diturunkan menjadi subkelas

D.  Kelas tersebut tidak dapat diakses oleh kelas lain

E.  Kelas tersebut tidak dapat di akses oleh objek

31. Istilah untuk melindungi data dari usaha modofikasi, perusakan dan penggandaan data oleh pihak yang tidak berwenang adalah ...

A. Inheritance

B.  Polymorphisme

C.  Constructor

D. Overloading

E.  Encapsulation

32. Untuk menyimpan data nim mahasiswa, tipe data yang paling tepat digunakan adalah...

A. int

B.  short

C.  char

D. float

E.  String

33. Suatu method yang dapat dijalankan otomatis pada saat object dari class dibuat, dikenal dengan ...

A.  Constructor

B.  Initializer

C.  Garbage Collector

D.  Inheritance

E. Polymorphisme

34.  Pernyataan yang benar berhubungan dengan method dalam java, yaitu...

A. Parameter [argument] method dapat berupa object dari suatu class

B.  Semua method dalam java harus memiliki return type

C.  Method dengan tipe double berarti method akan menghasilkan nilai bilangan bulat

D.  Method dengan tipe void merupakan method yang tidak menampilkan dan

mengeluarkan apa pun

E. Method dalam java tidak memiliki return type

35. Berikut merupakan pernyataan yang benar dalam java mengenai tipe data reference, yaitu…

A.  Menyimpan data dalam memori yang sebenarnya

B.  Berisi nilai tunggal dengan format dan ukuran yang sesuai tipenya

C. Menyimpan alamat dalam lokasi memori yang menunjuk ke dalam lokasi memori dimana data sebenarnya berada

D.  Sebuah tipe data yang berjenis metode yang memiliki class.

E. Menyimpan data dalam class yang berbeda

36. Modifier yang hanya dikenal oleh dirinya dan kelas turunannya adalah…

A.  Class

B.  private

C.  public

D.  Final

E. Protected

37.  Modifier yang digunakan bila suatu unsure [kelas/metode/variable] memiliki nilai yang tetap adalah…

A.  protected

B.  private

C.  public

D.  Final

E. Class

38. Untuk mengunci metode info agar tidak dapat di override jika dipanggil pada kelas lain adalah dengan syntax…..

A.  protected void info[ ]

B.  final void info[ ]

C.  public void info[ ]

D.  private void info[ ]

E. Final void[]

39. Berikut adalah cara untuk mendeklarasikan sebuah package, yaitu...

A.  package.;

B.  package

C.  package .

D.  package .*

E. package ;[]

40. Pada pemrograman java, file yang berekstensi class [nama_file.class] sebenarnya berisikan:

A. Statement program

B.  Logika program

C.  Instruksi program

D.  Alur program

E.  Bytecode program

1. Jelaskan secara singkat pengertian method.

2. Apakah fungsi dari reference this?

3. Sebutkan properti construktor?

4. Jelaskan yang dimaksud dengan class math?

5. Bagaimanakah cara mengetahui elemen suatu array?

Video yang berhubungan

Bài Viết Liên Quan

Bài mới nhất

Chủ Đề