Tuliskan hal-hal yang harus dipahami ketika membuat naskah teater kontemporer

Ilustrasi naskah lakon. Foto: Pexels.com

Penyusunan naskah lakon merupakan penuangan ide cerita ke dalam alur cerita dan susunan lakon. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, lakon adalah peristiwa atau karangan yang disampaikan kembali dengan tindakan melalui benda perantara hidup [manusia] atau suatu benda [boneka, wayang] sebagai pemainnya.

Penyusunan naskah lakon dibuat berdasarkan apa yang dilihat, dialami, dan dibaca atau diceritakan kepada seseorang oleh orang lain. Lantas, apa saja hal yang perlu disiapkan dalam penyusunan naskah lakon? Untuk memahaminya, simak penjelasan di bawah ini.

Menyadur dari buku Seni Teater Jilid II oleh Eko Santosa, dkk., langkah-langkah di bawah ini dapat dijadikan acuan untuk penyusunan naskah lakon.

Tema merupakan ide cerita yang akan disampaikan oleh pengarang kepada penonton.

Persoalan atau konflik merupakan inti dari suatu naskah lakon. Titik awal konflik harus diciptakan dan disesuaikan dengan tema yang ditentukan.

Sinopsis adalah ringkasan cerita dari awal hingga akhir. Sinopsis digunakan dalam proses menulis lakon agar alur cerita tidak melebar.

4. Menentukan kerangka cerita

Kerangka ini membagi jalan cerita mulai dari pemaparan, konflik, klimaks, hingga penyelesaian. Dengan kerangka cerita penulis akan mempunyai batasan yang jelas, sehingga cerita tidak bertele-tele.

Dengan menentukan tokoh protagonis, maka tokoh lainnya mudah ditemukan. Misalnya, mengenai sifat licik, tokoh protagonis dapat diwujudkan sebagi orang yang rajin dan jujur. Semakin detail sifat atau karakter protagonis, semakin jelas karakter tokoh antagonis.

6. Menentukan cara penyelesaian

Dalam beberapa lakon ada cerita yang diakhiri dengan baik dan ada pula yang diakhiri secara tergesa-gesa. Penonton lebih suka akhir cerita yang mengesankan. Oleh karena itu tentukan akhir cerita dengan baik, logis, dan tidak tergesa-gesa.

Bila semua hal di atas telah disiapkan, proses berikutnya adalah menulis.

Ilustrasi pementasan seni lakon. Foto: Pexels.com

Berikut adalah jenis lakon yang dikutip dari Seni Teater Jilid II oleh Eko Santosa, dkk.

Drama merupakan salah satu jenis lakon serius yang berisi segala rangkaian peristiwa yang nampak hidup, mengandung emosi, konflik, daya tarik memikat, dan akhir yang mencolok. Contoh lakon-lakon drama adalah Hedda Gabler, Musuh Masyarakat, Boneka Mainan, Tiang-Tiang Masyarakat, dan lainnya.

Lakon tragedi menurut Aristoteles adalah lakon yang isinya meniru aksi seorang tokoh besar menggunakan bahasa yang menyenangkan agar para penonton merasa belas kasih dan ngeri. Tokoh dalam lakon tragedi biasanya tokoh terpandang, seperti raja, kesatria, atau tokoh yang memiliki pengaruh di masyarakat.

Lakon komedi menyajikan kelemahan sifat manusia dengan cara yang lucu, sehingga para penonton lebih menghayati kenyataan hidupnya. Lakon komedi harus mampu membuka mata penonton kepada realita kehidupan sehari-hari yang lebih dalam. Tokoh lakon komedi adalah orang-orang yang lemah, tertindas, bodoh, dan lugu.

Lakon satir ini mengemas kebodohan, perlakuan kejam, kelemahan seseorang untuk mengecam, mengejek bahkan menertawakan suatu keadaan dengan maksud membawa sebuah perbaikan. Tujuannya tidak hanya sebagai humor biasa, tetapi bisa sebagai kritik terhadap seseorang atau kelompok masyarakat dengan cara yang cerdik.

Lakon ini membahas suka duka kehidupan dengan cara yang menimbulkan rasa haru kepada penonton. Tokoh pada melodrama adalah tokoh biasa dan tidak ternama serta bersifat stereotip. Bila seorang tokoh jahat, seterusnya akan jahat dan tidak ada sisi baiknya.

Lihat Foto

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Pementasan The Indonesian Opera Drama Wayang Swargaloka dengan lakon Sumpah Abimanyu di Gedung Kesenian Jakarta [GKJ], Selasa [30/4/2013]. The Indonesian Opera Drama Wayang Swargaloka menyajikan seni tradisional dalam kemasan baru yang merupakan perpaduan antara wayang orang, wayang kulit, seni musik, seni rupa, dan teater modern.

KOMPAS.com - Teater kontemporer merupakan salah satu dari jenis seni teater yang mengandung unsur kekinian. 

Pertunjukan seni teater kontemporer merupakan salah satu bagian dari seni teater yang tak banyak muncul dipermukaan.

Dikutip dari jurnal Estetika Struktur dan Estetika Tekstur Pertunjukan Teater Wayang Padang [2015] karya Wisran Hadi, teater kontemporer atau teater modern terkini adalah teater yang banyak mengadakan pencarian-pencarian bentuk yang berbeda dengan teater sebelumnya.

Banyaknya perbandingan, pengalaman dan pengetahuan dalam teater, baik teater tradisi, teater barat ataupun teater Asia. Para teaterawan yang kreatif mencoba mencari dan menggali “jiwa” atau “esensi” teater itu sendiri.

Hampir serupa dengan jalur kedua, namun lebih banyak melakukan pencarian bentuk dan pengungkapannya juga baru sama sekali, sehingga pencapaian kreatifnya semakin tinggi.

Kadang-kadang teater menjadi “asing” dan sulit dimengerti oleh masyarakat banyak. Seperti halnya cabang seni lainnya, teater kontemporer merupakan inovasi dari teater modem yang berkiblat pada teater klasik yang mapan dan dianggap statis.

Pemikiran teater kontemporer berangkat dari permasalahan yang ada pada masyarakat kebanyakan.

Baca juga: Penjelasan dan Sejarah Seni Teater Nusantara 

Tema yang sering muncul adalah tema tentang kepedulian terhadap masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat.

Teater kontemporer merupakan konsep aktualisasi diri manusia dan penghargaan atas manusia lebih dari sekedar obyek kehidupan agar dapat kembali berdaya secara kreatif dan lebih cerdas.

Sehingga dari pementasan teater kontemporer diharapkan dapat menjadi alat refleksi dari perkembangan masyarakat yang sedang berlangsung.

Dikutip dari buku Apresiasi Sastra Indonesia [2015] karya Dina Gasong, teater kontemporer Indonesia mengalami perkembangan yang sangat membanggakan.

Sejak munculnya eksponen 70 dalam seni teater, kemungkinan ekspresi artistik di kembangkan gaya khas seniman masing-masing.

Baca juga: Seni Teater: Pengertian, Sejarah, Unsur dan Jenisnya

Ciri teater kontemporer 

Melansir Jacob Sumarjo [1992] dalam buku Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia, teater kontemporer di Indonesia mempunyai ciri sebagai berikut:

  • Bercirikan pada teater puitis yang dinamik, energik, bebas, dan tidak mempunyai bentuk yang baku
  • Unsur humor yang menonjol
  • Masuknya unsur-unsur teater rakyat tradisional etnik
  • Berdasarkan pada pendapat Sapardi Djoko Damono bahwa latar belakang yang diambil kebanyakan adalah kehidupan para kaum gelandangan atau kaum underdog yang diperlakukan sebagai intelektual
  • Bersifat simbolik dari keseluruhan pentas
  • Dominasi sutradara yang paling menonjol dan bukan aktor
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Video yang berhubungan

Bài mới nhất

Chủ Đề