Film Fantasi Terbaik – Bicara tentang film, tentunya kalian juga sadar jika sampai saat ini sudah banyak genre film yang bisa disaksikan. Salah satu genre film yang laris di pasaran adalah fantasi. Jika dilihat dari segi perkembangan, sampai saat ini film fantasi yang dibuat sudah memiliki efek visual yang begitu menakjubkan.

Kemajuan teknologi, talenta pemain, alur cerita dan beberapa hal lainnya menjadi pendukung terbentuknya sebuah film fantasi yang cukup apik untuk disaksikan. Bahkan beberapa film fantasi terbaik juga pernah memborong penghargaan di ajang perfilman bergengsi.

Mungkin kalian juga pernah menyaksikan beberapa film fantasi di bioskop maupun melalui saluran TV lokal. Sebab beberapa film dengan genre fantasi memang pernah ditampilkan di saluran TV lokal.

Agar kalian juga semakin tahu deretan film fantasi terbaik yang bisa dimasukkan ke dalam list tontonan film menarik. Berikut merupakan beberapa film fantasi terbaik yang bisa kalian saksikan.

  • Rekomendasi Film Fantasi Terbaik
    • 1. Lord of the Ring (2001-2003)
    • 2. Harry Potter (2001-2011)
    • 3. The Chronicles of Narnia (2005-2010)
    • 4. Jumanji (1995)
    • 5. Beauty and The Beast (2017)
    • 6. The Jungle Book (2016)
    • 7. Fantastic Beast (2016)
    • 8. The Hobbit (2012)
    • 9. Avatar (2009)
    • 10. Pirates of Caribbean (2003)
    • 11. Star Wars (1977-2019)
    • 12. Avengers: Endgame (2019)
      • Buku Best Seller Rekomendasi
      • Artikel Terkait Rekomendasi Film dan Drama

1. Lord of the Ring (2001-2003)

IMDb

Film fantasi terbaik yang pertama adalah Lord of the Ring. Dimana film ini diadaptasi dari novel karya J.R.R Tolkien. Dimana dari segi film maupun novel sama-sama menyuguhkan sebuah karya yang begitu menakjubkan.

Film Lord of the Ring sendiri menceritakan tang petualangan yang dilakukan oleh Hobbit bersama dengan White Wizard, Gandalf untuk bisa menuju ke Mount Doom. Tujuan akhir dari petualangan tersebut adalah untuk menghancurkan cincin jahat milik Sauron.

Secara keseluruhan film Lord of the Ring sendiri terdiri dari tiga bagian atau trilogy seperti The Lord of The Rings: The Fellowship of the Ring, The Lord of the Rings: The Two Tower dan The Lord of the Rings: The Return of the King.

Bukan hanya menawarkan alur cerita dan latar belakangan bak negeri dongen saja. Namun film The Lord of The Rings juga memberikan aksi pertempuran yang begitu memukau. Efek visual yang ditunjukkan dari film tersebut juga tak kalah dengan film fantasi lain pada zamannya.

Bahkan film The Lord of The Rings juga mampu memborong 17 Piala Oscar. Melihat dari pencapaian tersebut bisa disimpulkan jika keseluruhan cerita yang ditampilkan oleh film The Lord of The Rings trilogy begitu mampu mencuri perhatian dunia.

Film The Lord of The Rings disutradarai oleh Peter Jackson dan dimainkan oleh para pemain terkenal seperti Elijah Wood, Ian mckellen, Liv Tyler.

Grameds juga bisa membaca buku The Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring (Sembilan Pembawa Cincin) dengan klik link berikut ini.

2. Harry Potter (2001-2011)

One Health

Bicara tentang film fantasi rasanya tidak lengkap jika tidak memasukkan film Harry Potter di dalamnya. Bisa dibilang jika setiap seri film Harry Potter selalu mampu menjadi salah satu film fantasi terbaik yang pernah ada.

Film Harry Potter sendiri diadaptasi dari novel populer karya J.K Rowling. Film ini menceritakan tentang petualangan yang dilakukan oleh Harry Potter bersama dengan sahabatnya Hermione dan Ron Weasley di sekolah sihir Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry.

Banyak adegan sihir dengan efek visual yang begitu menakjubkan menjadikan film Harry Potter begitu berbeda dari film lainnya. Bahkan jika kalian menyaksikan setiap seri dari film Harry Potter mungkin akan terbawa imajinasi bersama dengan karakter yang ada di dalam film tersebut.

Film Harry Potter sendiri dibagi menjadi beberapa seri seperti yang ada di bawah ini.

  1. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone
  2. Harry Potter and the Chamber of Secrets
  3. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban
  4. Harry Potter and the Goblet of Fire
  5. Harry Potter and the Order of Phoenix
  6. Harry Potter and the Half-Blood Prince
  7. Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1
  8. Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2.

Film Harry Potter disutradarai oleh Chris Columbus, Alfonso Cuarón, Mike Newell, David Yates dan dibintangi oleh beberapa pemain populer seperti Daniel Radcliffe, Rupert Grint, Emma Watson.

Buku Harry Potter dan Batu Bertuah juga bisa kamu dapatkan di Gramedia.com dengan klik link berikut.

3. The Chronicles of Narnia (2005-2010)

Jika ingin menyaksikan film fantasi terbaik bersama keluarga., maka film The Chronicles of Narnia bisa kalian jadikan tontonan yang paling tepat. Film The Chronicles of Narnia diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya C.S Lewis.

The Chronicles of Narnia sendiri menceritakan tentang 4 saudara yang melakukan petualangan dunia yang mereka sebut dengan nama Narnia. Pertualangan tersebut menjadi semakin seru ketika 4 saudara bertemu dengan seekor singa bernama Aslan. Dalam petualangan tersebut mereka juga akan melakukan pertarungan dengan para pemberontak yang ingin menguasai dunia para makhluk dongen tersebut tinggal.

Film The Chronicles of Narnia juga dibagi menjadi tiga seri seperti The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch, and the Wardrobe, The Chronicles of Narnia: Prince Caspian dan The Chronicles of Narnia: The Voyage of Dawn Treader.

Film ini disutradarai oleh Andrew Adamson, Michael Apted dan dibintangi oleh beberapa pemain terkenal seperti Georgie Henley, Skandar Keynes, William Moseley, Anna Popplewell.

4. Jumanji (1995)

Meski tergolong film lama, namun film Jumanji yang dirilis pada tahun 1995 ini bisa jadi tontonan menarik bagi kalian. Perlu diketahui jika film Jumanji dibuat dari hasil adaptasi novel karya Chris Van Allsburg.

Film Jumanji menceritakan tentang sebuah permainan misterius yang mana ketika dimainkan akan ada hal-hal tak terduga di luar logika manusia. Setiap langkah yang ada di dalam permainan tersebut mampu menghadirkan hal aneh yang ternyata langsung berdampak terhadap pemainnya.

Awalnya dua saudara Judy dan Peter Shepherd menemukan sebuah permainan papan dadu misterius. Permainan tersebut temukan di dalam loteng rumah baru mereka. Ketika mereka berdua memutuskan untuk memainkan permainan dadu tersebut. Ternyata ada hal aneh dan berbahaya yang selalu menanti di depannya.

Film Jumanji yang dirilis pada tahun 1995 ini cukup sukses hingga pada tahun 2017 lalu film tersebut dibuat kembali dengan pemain-pemain yang begitu bertalenta dan tentunya efek visual yang diberikan juga lebih modern dari versi pendahulunya. Film ini dibintangi oleh Robin Williams, Kirsten Dunst, David Alan Grier.

5. Beauty and The Beast (2017)

Mungkin judul film Beauty and The Beast tidak begitu asing bagi kalian. Ya film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Beauty and The Beast mampu menjadi salah satu film fantasi terbaik. Film Beauty and The Beast yang dirilis tahun 2017 ini juga merupakan hasil remake dari film animasi Beauty and The Beast tahun 1991.

Memiliki alur cerita yang tak banyak diubah namun diberikan sentuhan efek-efek visual yang begitu bagus menjadikan film Beauty and The Beast tahun 2017 ini begitu banyak peminatnya.

Beauty and The Beast merupakan sebuah film yang menceritakan tentang seorang pangeran tampan. Meski tampan, namun pangeran tersebut memiliki perilaku yang buruk hingga menjadikannya mendapatkan sebuah kutukan sebagai monster buruk rupa.

Kutukan tersebut hanya bisa hilang ketika ada seorang wanita yang bener-benar tulus mencintainya. Di sisi lain ada waktu yang menjadi penentu apakah kutukan tersebut bisa berhasil hilang atau malah sebaliknya. Waktu tersebut ditunjukkan dalam bentuk kelopak bunga mawar terakhir yang akan gugur.

Suatu ketika ada seorang gadis cantik bernama Belle tak sengaja masuk ke dalam sebuah istana ketika mencari ayahnya yang hilang di hutan. Siapa sangka jika kehadiran Belle mampu mengubah segalanya menjadi lebih baik.

Film Beauty and The Beast yang dirilis tahun 2017 ini disutradarai oleh Bill Condon dan dibintangi oleh para pemain terkenal seperti Emma Watson, Dan Stevens, Luke Evans.

6. The Jungle Book (2016)

Berikutnya ada film The Jungle Book yang juga bisa kalian saksikan. Film The Jungle Book adalah salah satu film fantasi terbaik yang layak ditonton bersama keluarga. Film ini telah dibuat dalam banyak versi. agar para penonton bisa menyaksikan petualangan Mowgli.

The Jungle Book adalah sebuah film yang menceritakan tentang seorang anak manusia bernama Mowgli yang hidup di hutan dan dibesarkan oleh serigala betina. Mowgli juga memiliki kemampuan untuk berbicara dengan hewan-hewan yang ada di dalam hutan tersebut. Lambat laun, Mowgli mulai mencari jadi dirinya yang sebenarnya.

Film The Jungle Book yang dirilis pada tahun 2016 ini disutradarai oleh Jon Favreau dan ada beberapa bintang yang melakukan pengisian suara setiap karakter yang ada seperti Bill Murray, Ben Kingsley, Idris Elba, Lupita Nyong’o.

7. Fantastic Beast (2016)

Fantastic Beast juga merupakan salah satu film yang diadaptasi dari novel J.K Rowling. Bisa dibilang jika film Fantastic Beast adalah spin off dari film Harry Potter.

Film Fantastic Beast menceritakan tentang Newt Scamander. Yang mana dirinya merupakan salah satu ahli sihir yang memiliki kemampuan untuk menangani makhluk magis yang berada di dunia sihir. Berbagai petualangan penuh dengan efek visual yang begitu memukau selalu ditampilkan di dalam film Fantastic Beast.

Film Fantastic Beast dirilis pada tahun 2016 dan disutradarai oleh David Yates. Selain itu film ini juga dibintangi oleh banyak pemain populer seperti Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Dan Fogler.

8. The Hobbit (2012)

The Hobbit merupakan prekuel dari film The Lord of the Ring. Namun film ini mengisahkan tentang Bilbo Baggins yang merupakan kakek dari Frodo Baggins yang ada di dalam seri The Lord of the Ring.

Banyak sekali petualangan menarik yang disuguhkan dalam film The Hobbit. Selain itu ada juga pertarungan yang akan dilakukan oleh Bilbo Baggins yang penuh akan efek visual dan fantasi yang begitu unik.

Film The Hobbit yang rilis pada tahun 2012 ini disutradarai oleh Peter Jackson dan diperankan oleh beberapa pemain populer seperti Ian mckellen, Martin Freeman, Richard Armitage.

9. Avatar (2009)

IMDb

Film Avatar mungkin sudah tidak begitu asing bagi kalian. Beberapa kali film ini mungkin juga sudah pernah ditayangkan di saluran TV lokal. Film yang dirilis pada tahun 2009 lalu ini memiliki efek visual yang begitu menakjubkan. Adanya hal tersebut juga membuat film Avatar menjadi salah satu film yang begitu menyita perhatian penonton pada zamannya.

Film Avatar sendiri menceritakan tentang krisis energi yang ada di bumi. Energi tersebut juga menjadi salah satu faktor penopang kehidupan manusia pada masa tersebut. Karena adanya kondisi tersebut menjadikan para ilmuan mencari sumber daya dari planet lain yang memiliki nama Pandora. Pada planet tersebut terdapat energi besar yang bernama Unobtanium.

Untuk bisa mendapatkan energi tersebut tidak semudah yang dipikirkan. Akan ada udara yang mengandung racun bagi manusia. Namun bagi makhluk hidup bernama Na’Vi yang ada di planet tersebut tidak akan terpengaruh dengan udara beracun tersebut. Akhirnya Dr. Grace mencoba menggunakan tubuh Na’Vi yang sudah diprogram terlebih dahulu sebelumnya untuk melakukan misi mendapatkan energi Unobtanium.

Film Avatar yang dirilis pada tahun 2009 ini disutradarai oleh James Cameron dan dibintangi oleh beberapa pemain populer seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang.

10. Pirates of Caribbean (2003)

IMDb

Pirates of Caribbean juga menjadi salah satu film yang begitu menyita perhatian penonton. Mulai dari alur, efek visual, kemampuan para pemain dan beberapa hal lainnya mampu menjadikan film Pirates of Caribbean sebagai salah satu film fantasi terbaik.

Film Pirates of Caribbean sendiri menceritakan tentang petualangan kapten bajak laut yang bernama Jack Sparrow. Karakter Jack Sparrow diperankan oleh Johnny Depp dan tentunya ia berhasil menghidupkan karakter tersebut dengan begitu apik.

Tentunya film Pirates of Caribbean sangat cocok ditonton bagi kalian yang memang suka sekali dengan film fantasi petualangan. Film Pirates of Caribbean yang dirilis tahun 2003 ini disutradarai oleh Gore Verbinski, Rob Marshall , Espen Sandberg, Joachim Rønning.

Johnny Depp, Geoffrey Rush, Orlando Bloom adalah beberapa pemain yang turut andil dalam film Pirates of Caribbean.

11. Star Wars (1977-2019)

Youtube

Membahas tentang film fantasi terbaik rasanya kurang lengkap jika tidak menyebutkan film Star Wars. Ya film Star Wars sendiri sampai sekarang masih begitu populer. Alur cerita yang begitu menarik dan karakter yang ada di dalamnya menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh film Star Wars.

Film Star Wars mengambil latar belakang tentang kehidupan manusia, robot dan alien di luar angkasa. Semuanya mencoba untuk hidup berdampingan.

Sampai saat ini film Star Wars dibagi menjadi beberapa seri seperti yang ada di bawah ini.

  1. Star Wars Episode I – The Phantom Menace
  2. Star Wars Episode II – Attack of the Clones
  3. Star Wars Episode III – Revenge of the Sith
  4. Star Wars Episode IV – A New Hope
  5. Star Wars Episode V – The Empire Strikes Back
  6. Star Wars Episode VI – Return of the Jedi
  7. Star Wars Episode VII – The Force Awakens
  8. Star Wars Episode VIII – The Last Jedi
  9. Star Wars Episode IX – The Rise of Skywalker.

12. Avengers: Endgame (2019)

IMDb

Jika kalian ingin menonton film superhero begitu hebat. Maka film Avengers: Endgame yang rilis tahun 2019 adalah pilihan yang paling tepat. Film Avengers: Endgame sendiri menceritakan tentang sekelompok superhero seperti ri Captain America, Black Widow, Ironman, Thor, dan superhero lainnya. Sekelompok superhero tersebut ingin melindungi bumi dari serangan musuh yang ada seperti Thanos.

Alur cerita yang begitu seru, kehebatan setiap aktor yang memerankan karakternya, efek visual yang begitu mendukung adalah beberapa hal yang akan bisa kalian dapatkan ketika menyaksikan film Avengers: Endgame.

Grameds juga bisa mendapatkan buku Marvel Avengers Ultimate Facility Collection dengan klik link berikut.

Itulah beberapa rekomendasi film fantasi terbaik yang wajib kamu tonton. Grameds bisa mendapatkan buku-buku terkait film fantasi dengan mengunjungi Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA: