Peradangan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh Anda "menggunakan" peradangan untuk melawan penyakit dan menyembuhkan cedera. Namun, peradangan kronis jangka panjang bisa berbahaya.

Peradangan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker dan meningkatkan resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes. Dilansir di laman Insider pada Kamis (10/3/2022), membatasi makanan ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Berikut adalah empat jenis makanan umum yang menimbulkan peradangan di dalam tubuh:

1. Makanan manis

Makanan yang tinggi gula seperti soda dan makanan yang dipanggang dapat memicu peradangan dalam dua cara. Gula merangsang produksi asam lemak di hati Anda. Ketika tubuh mencerna asam lemak ini, senyawa yang dihasilkan dapat memicu proses inflamasi. 

Mengonsumsi makanan manis menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon insulin, yang pada gilirannya dapat meningkatkan lemak tubuh.  Ini adalah masalah karena sel lemak dapat menghasilkan bahan kimia dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Membatasi jumlah makanan tinggi gula seperti kue, kue kering, permen, dan soda dapat membantu menjaga persentase lemak tubuh yang sehat dan mengurangi risiko peradangan.

2. Daging merah dan daging olahan

Daging olahan adalah daging yang telah dimodifikasi melalui pengawetan, pengasinan, pengasapan, atau penambahan bahan kimia pengawet. Beberapa contoh daging olahan adalah dendeng sapi dan nugget ayam.

Daging olahan dan daging merah cenderung tinggi lemak jenuh. Studi telah menemukan bahwa makan daging olahan berlemak dan daging merah dapat menyebabkan penambahan berat badan dan peradangan.

3. Beberapa minyak goreng

Banyak minyak goreng yang umum mengandung sejenis lemak yang disebut asam lemak omega 6. Lemak omega 6 tidak selalu buruk tubuh Anda menggunakannya untuk energi dan pertumbuhan normal.

Tapi lemak omega 6 Anda harus seimbang dengan lemak omega 3 yang bisa Anda dapatkan dari makanan seperti salmon, makerel, dan biji rami. Jika Anda makan terlalu banyak lemak omega 6, itu bisa menghilangkan keseimbangan ini yang memicu peradangan.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng seperti nugget ayam, donat, dan kentang goreng adalah penyebab peradangan besar karena beberapa alasan termasuk makanan yang digoreng cenderung memiliki kadar asam lemak omega 6 yang tinggi.

Mereka sering mengandung lemak trans. Makanan yang digoreng menghasilkan senyawa dalam tubuh yang disebut produk akhir glikasi lanjutan, juga dikenal sebagai AGEs. Senyawa ini secara langsung merangsang peradangan dalam tubuh.

Bisnis.com, JAKARTA - Peradangan bisa berdampak baik dan buruk bagi kesehatan Anda. Ini bisa menjadi respons tubuh Anda untuk melawan infeksi dan cedera atau bisa menjadi alasan kenaikan berat badan dan penyakit autoimun lainnya.
Peradangan berperan dalam proses penyembuhan sel dan jaringan.

Setiap kali tubuh kita mendeteksi patogen asing, ia meluncurkan respons biologis untuk menyingkirkannya, sebelum menyerang organ apa pun dan menyebabkan kerusakan. Hal ini menyebabkan peradangan di tubuh atau area tempat kuman atau bakteri memasuki sistem kita.

Tetapi dalam beberapa kasus, tubuh kita secara keliru menganggap sel atau jaringannya berbahaya, sebagian besar karena tingkat kekebalan yang rendah. Kerusakan ini dapat menyebabkan peradangan terus-menerus atau berulang yang menyebabkan penyakit autoimun dan sindrom metabolik seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas.

Ada beberapa cara untuk mengatasi peradangan dalam tubuh dan salah satu yang paling mudah adalah dengan menambahkan makanan anti-inflamasi ke dalam makanan Anda. Makanan anti-inflamasi kaya akan asam lemak omega-3, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan rempah-rempah. Di sini kami telah membuat daftar makanan anti-inflamasi umum yang dapat Anda masukkan ke dalam makanan Anda.

1. Berries

Semua jenis berry-strawberry, blueberry, raspberry atau blackberry, memiliki sifat anti inflamasi. Buah beri dikemas dengan antioksidan yang disebut antosianin. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu tubuh Anda memproduksi sel pembunuh alami (sel NK) dan membuat Anda aman dari kondisi kesehatan kronis.

Dua studi berbeda yang dilakukan untuk mengevaluasi dampak menambahkan beri dalam makanan pada tingkat peradangan di tubuh menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi blueberry setiap hari menghasilkan lebih banyak sel NK dibandingkan dengan orang lain dan mereka yang mengonsumsi stroberi memiliki tingkat peradangan tertentu yang lebih rendah.

2. Lemak Ikan

Tidak salah menyebut ikan sebagai makanan super. Ini adalah salah satu makanan tersehat yang bisa Anda tambahkan ke piring Anda. Kaya akan protein dan asam lemak omega-3 rantai panjang EPA dan DHA, ikan dapat membantu melindungi Anda dari berbagai penyakit autoimun dan metabolisme.

Tubuh kita memetabolisme asam lemak yang ada dalam ikan berlemak menjadi senyawa yang disebut resolvin dan protektin, yang memiliki efek anti-inflamasi. Untuk kesehatan yang baik cobalah makan ikan setidaknya dua kali seminggu. Salmon, sarden, dan mackerel adalah beberapa sumber asam lemak terbaik.

3. Sayuran silangan

Brokoli, kubis, kembang kol, dan kangkung, semuanya termasuk dalam famili sawi (Brassicaceae). Umumnya dikenal sebagai sayuran silangan, sayuran hijau ini kaya akan nutrisi seperti folat, vitamin K, dan serat. Selain itu juga mengandung antioksidan yang mungkin memiliki efek anti inflamasi pada tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan sayuran kersen dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

4. Teh hijau

Teh terkenal yang dikenal dengan sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi dapat menjadi tambahan yang bagus untuk daftar ini. Menyeruput teh hijau setiap hari tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan tetapi juga dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Ini adalah salah satu minuman tersehat yang dapat Anda minum untuk melindungi diri Anda dari penyakit jantung, kanker, penyakit Alzheimer, obesitas, dan kondisi lainnya. Manfaat potensial teh hijau pada dasarnya karena zat yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

5. Tomat

Makan sehat tidak harus mahal. Kadang-kadang bahkan makanan umum yang ada di dapur Anda dapat membantu melindungi penyakit Anda, asalkan Anda memakannya dengan cara yang benar. Tomat biasanya digunakan untuk menyiapkan kari di rumah tangga India, tetapi hanya sedikit orang yang tahu betapa bergizi. Buah merah kaya akan vitamin C, kalium, dan likopen, yang memiliki antioksidan dengan sifat anti-inflamasi yang kuat. Senyawa ini dapat mengurangi senyawa pro inflamasi yang sering dikaitkan dengan berbagai jenis kanker.

6. Minyak zaitun dan minyak kelapa

Sumber lemak sehat seperti minyak zaitun dan minyak kelapa juga memiliki beberapa sifat anti-inflamasi. Penggunaan dapat menambahkan keduanya ke dalam diet Anda tergantung pada jenis hidangan yang Anda siapkan. Minyak zaitun adalah bagian penting dari makanan Mediterania, yang dianggap sebagai makanan paling sehat dari semuanya. Bahkan dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung, kanker otak, dan kondisi kesehatan serius lainnya. Menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan dapat mengurangi penanda stres oksidatif dan peradangan. Minyak kelapa murni dan minyak zaitun mengandung antioksidan tertinggi.

7. Kunyit

Bumbu kuning yang ditambahkan di sebagian besar makanan India dikenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya yang kuat. Dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh artritis, diabetes, serta penyakit metabolik dan autoimun. Manfaat kunyit yang potensial karena adanya senyawa yang disebut kurkumin. Menggabungkan kurkumin dengan piperine (senyawa yang ditemukan dalam lada hitam) dapat meningkatkan penyerapan kurkumin hingga 2.000 persen. Tetapi sulit untuk mendapatkan cukup kurkumin dari bubuk kunyit, sehingga kebanyakan orang memilih suplemen kurkumin. Jika Anda juga ingin menambahkan suplemen kurkumin ke dalam makanan Anda, konsultasikan dengan dokter Anda.

8. Lada

Ketika Anda berbicara tentang makanan anti-inflamasi, sulit untuk melewatkan paprika dan cabai. Dua di antaranya sarat dengan vitamin C dan antioksidan yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda dengan lebih dari satu cara. Paprika mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang dipercaya dapat mengurangi penanda kerusakan oksidatif pada orang yang menderita sarkoidosis, sedangkan cabai mengandung asam sinapat dan asam ferulic yang dapat mengurangi peradangan dan memperlambat penuaan.

9.Cokelat hitam dan coklat

Cokelat hitam dan kakao juga dikemas dengan antioksidan yang mengurangi peradangan. Mereka bahkan merupakan sumber seng yang kaya yang dapat membantu meningkatkan kekebalan. Cokelat mengandung flavanol, senyawa yang memiliki efek anti-inflamasi dan menjaga lapisan arteri Anda tetap sehat. Setiap kali membeli cokelat, pastikan mengandung setidaknya 70 persen kakao untuk mendapatkan manfaat dari sifat anti-peradangannya.

10. Kacang-kacangan

Segenggam kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik. Kacang juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang almond, kenari, kacang mete adalah kacang paling sehat untuk dimakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :


Editor : Mia Chitra Dinisari

Konten Premium Nikmati Konten Premium Untuk Informasi Yang Lebih Dalam

Makanan apa saja yang menyebabkan radang?

Berikut berbagai contoh makanan yang dapat menyebabkan peradangan dan harus Anda batasi asupannya..
Makanan tinggi gula. Setelah Anda mencerna makanan, kadar gula darah akan meningkat. ... .
Makanan mengandung lemak trans. ... .
Karbohidrat olahan (karbohidrat rafinasi) ... .
4. Daging olahan. ... .
Minyak nabati. ... .
6. Makanan lain..

Apa penyebab peradangan dalam tubuh?

Peradangan terjadi saat sistem imun mencoba melindungi organ dari infeksi dan cedera. Tujuannya adalah melokalisasikan dan menghilangkan jaringan yang rusak sehingga tubuh bisa mulai menyembuhkan diri.

Adakah obat alami untuk menyembuhkan peradangan?

Banyak penelitian menunjukkan bahwa beberapa herbal, seperti kunyit dan jahe, dapat membantu mengurangi peradangan.

Apa tanda tanda peradangan?

Tanda-tanda klasik dari peradangan ini termasuk kelelahan, demam, serta nyeri sendi dan otot. Peradangan juga diketahui menyebabkan gejala yang dianggap atipikal. Ini dapat mencakup hal-hal seperti masalah keseimbangan, resistensi insulin, kelemahan otot, masalah mata, masalah kulit, dan banyak lagi.

Anda mungkin telah mendengar istilah "peradangan" berkali -kali. & Nbsp;

Peradangan jangka panjang merugikan kesehatan Anda dan meningkatkan risiko penyakit kronis. & NBSP;

Berita baiknya adalah Anda dapat melakukan hal -hal untuk mengurangi jenis peradangan negatif ini, seperti menghindari makanan yang dapat menyebabkan peradangan.

Apa itu Peradangan?

Peradangan adalah proses di mana sistem kekebalan tubuh Anda melepaskan sel darah putih untuk menangkal potensi penjajah berbahaya. Peradangan terjadi sebagai respons terhadap bakteri, virus, racun, dan banyak lagi. Ini bisa akut (jangka pendek) atau kronis. & Nbsp;

Peradangan penting untuk menjaga Anda tetap sehat dan memungkinkan Anda untuk sembuh dari penyakit dan cedera. Namun, peradangan kronis dapat menjadi masalah dan menyebabkan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kondisi kesehatan lainnya.

Beberapa gejala potensial peradangan meliputi:

  • Kemerahan
  • Sendi bengkak; mungkin hangat saat disentuh
  • Nyeri atau kekakuan sendi
  • Sendi yang tidak berhasil sebaik seharusnya
  • Demam
  • Panas dingin
  • Kelelahan/kehilangan energi
  • Sakit kepala
  • Kehilangan selera makan
  • Kekakuan otot

Darah dan cairan yang mengandung sel darah putih bergegas ke tempat cedera atau infeksi untuk membantu tubuh Anda sembuh. Itulah sebabnya peradangan menyebabkan pembengkakan. & Nbsp;

Peradangan juga merupakan gejala gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis, di mana tubuh secara keliru memandang bagian -bagian sehat tubuh Anda sebagai penjajah dan menyerangnya.

Dapatkan rencana diet kesehatan mata gratis Anda

  • Sembilan vitamin terpenting untuk kesehatan mata
  • Bagaimana cara melindungi dan meningkatkan kesehatan mata Anda seiring bertambahnya usia Anda
  • Dikembangkan secara eksklusif oleh dokter medis kami

Gaya hidup Anda dapat berperan dalam peradangan. Salah satu aspek penting dari mengendalikan atau mempromosikan peradangan adalah diet Anda. & NBSP;

Meskipun tidak ada makanan yang bertanggung jawab untuk menyebabkan peradangan terbuka, secara teratur makan makanan pro-inflamasi dapat meningkatkan peradangan dari waktu ke waktu. Untuk menghindari peradangan kronis, cobalah untuk menghindari makan makanan ini secara teratur dalam jumlah besar.

1. Alkohol

Konsumsi alkohol sedang didefinisikan sebagai minum tidak lebih dari satu minuman per hari untuk wanita dan tidak lebih dari dua minuman per hari untuk pria. & Nbsp;

Alkohol dalam jumlah sedang mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan. Tapi, minum alkohol dalam jumlah besar, termasuk pesta minuman keras, memiliki efek sebaliknya.

Penggunaan alkohol kronis dapat menghambat kemampuan tubuh Anda untuk mengendalikan peradangan melalui hati dan usus Anda. Peradangan kronis terkait dengan banyak kondisi medis terkait alkohol. & NBSP;

2. Makanan goreng

Makanan yang dimasak pada suhu tinggi menciptakan senyawa yang disebut produk akhir glikasi canggih, atau usia. Usia terbentuk ketika lemak dan protein bergabung dengan gula dalam aliran darah Anda. & Nbsp;

Tingkat usia yang rendah biasanya tidak berbahaya, dan tingkat usia meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, jumlah usia yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan peradangan. & NBSP;

Diet adalah kontributor utama usia. Menghindari makanan yang digoreng dapat membantu Anda mengurangi jumlah usia yang Anda konsumsi.

3. Daging olahan

Daging daging dan daging olahan seperti hot dog sangat tinggi dalam produk akhir glikasi canggih. Frankfurters yang dipanggang mengandung lebih dari 10.000 kilounit usia per porsi dibandingkan dengan ayam rebus yang memiliki sekitar 800 kilounit usia per porsi.

Bagaimana Anda memasak daging olahan berdampak pada tingkat usia. Frankfurters yang dipanggang lebih tinggi lebih tinggi daripada frankfurters rebus, dan ayam goreng lebih tinggi lebih tinggi daripada memanggang, perburuan, pemanggangan, dan metode memasak suhu rendah lainnya.

4. Makanan dengan lemak trans

Lemak trans dilarang di Amerika Serikat pada tahun 2018 karena efek kesehatannya yang berbahaya. Namun, makanan yang diproduksi sebelum larangan masih diizinkan untuk didistribusikan hingga 2021. Lemak trans tidak dilarang di Inggris dan banyak negara lain.

Lemak trans terkait dengan peningkatan peradangan, kejadian penyakit jantung, resistensi insulin, dan kematian mendadak.

Sumber utama lemak trans adalah minyak terhidrogenasi sebagian. Minyak terhidrogenasi sebagian membantu meningkatkan umur simpan dan hadir dalam makanan olahan seperti pemendekan, beberapa margarin, makanan yang dipanggang, krim kopi non-susu, dan kerak pai.

5. Gluten (gandum, gandum hitam, dan gandum)

Gluten adalah protein utama dalam gandum, gandum hitam, dan gandum. Jika Anda sensitif terhadap gluten atau memiliki penyakit celiac, gluten dapat menyebabkan peradangan di saluran pencernaan Anda. & NBSP;

Penyakit celiac adalah gangguan autoimun di mana tubuh menyerang sel -sel ususnya di hadapan gluten. Ini berdampak kurang dari 2% dari populasi dunia. Orang dengan penyakit celiac harus mengikuti diet bebas gluten untuk mengelola penyakit dan gejala mereka.

Studi tidak menunjukkan hubungan antara gluten dan peradangan pada orang tanpa penyakit celiac. Namun, beberapa orang mengklaim mereka merasa lebih baik saat menghindari gluten, jadi ada beberapa bukti anekdotal bahwa gluten dapat membantu mengurangi perasaan peradangan pada orang -orang itu.

6. Minuman Sugary

Minuman manis seperti soda, minuman beraroma buah, kopi manis, dan teh manis sarat dengan tambahan gula. Gula yang ditambahkan adalah mereka yang tidak terjadi secara alami dalam makanan dan ditambahkan ke dalamnya untuk rasa.

Contoh gula tambahan termasuk sukrosa (gula meja), madu, dan sirup jagung fruktosa tinggi, di antara banyak lainnya. Asupan gula dikaitkan dengan peningkatan penanda peradangan seperti protein C-reaktif.

Ganti minuman manis dengan air, air yang diinfus buah, air soda, atau teh tanpa pemanis.

7. Pemanis buatan

Pemanis buatan populer di dalam makanan dan minuman bebas gula dan gula. Sucralose adalah salah satu pemanis buatan paling populer. & Nbsp;

Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi sukralosa pada setara dengan jumlah manusia yang dapat diterima meningkatkan risiko peradangan dengan berdampak negatif bakteri usus yang menguntungkan.

Belum ada penelitian tentang manusia tentang pemanis buatan dan peradangan, tetapi penelitian pada hewan dapat menunjukkan bahwa manusia mungkin memiliki respons yang sama.

8. Daging Merah

Asupan daging merah, baik yang diproses maupun yang tidak diproses, dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung serta risiko kanker yang lebih tinggi dan kematian secara keseluruhan. Daging merah tinggi lemak jenuh, yang dianggap berperan dalam peradangan.

Memilih daging merah tanpa lemak dapat membantu mengurangi peradangan. Lebih baik-memilih makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, dan protein nabati seperti kacang-kacangan. & Nbsp;

Daging merah terbatas pada diet Mediterania yang berhubungan dengan risiko lebih rendah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. & NBSP;

Diet Mediterania kaya akan makanan anti-inflamasi yang kaya antioksidan (seperti buah-buahan dan sayuran) dan asam lemak omega 3 anti-inflamasi.

9. Minyak jagung

Minyak jagung dan produk sampingan jagung lazim di banyak makanan olahan. Ini kaya akan asam lemak omega 6 yang memiliki efek proinflamasi. & NBSP;

Makan beberapa lemak omega 6 baik-baik saja, tetapi Anda harus menyeimbangkannya dengan lemak omega 3 anti-inflamasi dari salmon dan makanan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.

The Arthritis Foundation merekomendasikan membatasi makanan radang seperti minyak kaya omega 6, termasuk minyak sayur, minyak kedelai, bunga matahari, dan minyak safflower. Minyak yang lebih sehat untuk dimasukkan dalam makanan Anda termasuk minyak kenari, zaitun, canola, dan alpukat.

10. Biji -bijian olahan

Biji -bijian halus seperti roti putih, pasta, dan nasi rendah serat dan nutrisi. Menurut Yayasan Arthritis, butiran olahan dikaitkan dengan peningkatan penanda peradangan. & NBSP;

Pilih lebih sering biji-bijian, yang tidak terkait dengan peradangan dan jauh lebih padat nutrisi.

Kesimpulan

Diet Anda memainkan peran besar dalam kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk peradangan. Beberapa makanan cenderung menyebabkan peradangan alih -alih melawan peradangan. & Nbsp;

Mengurangi peradangan dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

Selain menghindari makanan yang menyebabkan peradangan, ikuti diet anti radang seperti diet Mediterania. Diet Mediterania kaya akan makanan anti-inflamasi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan berlemak. & Nbsp;

Aktivitas fisik juga merupakan aspek penting dari gaya hidup Mediterania dan dapat membantu mengurangi peradangan juga.

Selanjutnya

7 Makanan terbaik untuk secara alami mengurangi peradangan.

Sumber

  1. Standridge JB, Zylstra RG, Adams SM. Konsumsi alkohol: Tinjauan manfaat dan risiko. South Med J. 2004. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15301124/https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15301124/
  2. Wang HJ, Zakhari S, Jung MK. Alkohol, peradangan, dan interaksi usus-otak-otak dalam kerusakan jaringan dan perkembangan penyakit. World J Gastroenterol. 2010. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20238396/https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20238396/
  3. Uribarri J, Cai W, Peppa M, Goodman S, Ferrucci L, Striker G, Vlassara H. Sirkulasi glikotoksin dan produk akhir glikasi lanjutan diet: dua hubungan dengan respons inflamasi, stres oksidatif, dan penuaan. J Gerontol A Biol Sci Med Sci. 2007. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17452738/https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17452738/
  4. Uribarri J, Woodruff S, Goodman S, dkk. Produk akhir glikasi lanjutan dalam makanan dan panduan praktis untuk pengurangan diet mereka. J am Assoc. 2010. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/pmc3704564/J Am Diet Assoc. 2010. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3704564/
  5. Mozaffarian D. Asam lemak trans - Efek pada peradangan sistemik dan fungsi endotel. Suppler Atheroscler. 2006. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16713393/https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16713393/
  6. Bian X, Chi L, Gao B, Tu P, Ru H, Lu K. Gut microbiome respons terhadap sucralose dan peran potensial dalam menginduksi peradangan hati pada tikus. Fisiol depan. 2017. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28790923/https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28790923/
  7. Wang X, Lin X, Ouyang YY, Liu J, Zhao G, Pan A, Hu FB. Konsumsi dan mortalitas daging merah dan olahan: meta-analisis dosis-respons dari studi kohort prospektif. Nutr Kesehatan Masyarakat. 2016. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26143683/ic Health Nutr. 2016. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26143683/
  8. Romagnolo DF, Selmin oi. Diet Mediterania dan Pencegahan Penyakit Kronis. Nutr hari ini. 2017. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/pmc5625964/.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5625964/.

Produk teratas


Ikuti kami di:

Informasi

Apa 10 makanan paling radang?

Makanan apa yang menyebabkan peradangan?.
Daging merah dan daging olahan, termasuk bacon, hot dog, daging makan siang dan daging yang disembuhkan ..
Biji -bijian olahan, termasuk roti putih, nasi putih, pasta dan sereal sarapan ..
Makanan makanan ringan, termasuk keripik, kue, kerupuk dan kue -kue ..
Soda dan minuman manis lainnya ..
Gorengan..

Apa makanan peradangan nomor 1?

Makanan yang menyebabkan peradangan karbohidrat olahan, seperti roti putih dan kue kering.Kentang goreng dan makanan goreng lainnya.Soda dan minuman yang dimaniskan gula lainnya.Daging merah (burger, steak) dan daging olahan (hot dog, sosis)

Apa cara tercepat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh?

Untuk mengurangi peradangan dengan cepat, batasi asupan gula dan makanan olahan Anda.Mungkin, yang lebih penting, bagaimanapun, mengejar olahraga, perilaku mengurangi stres, tidur malam yang nyenyak, dan diet penuh dengan makanan berwarna-warni, anti-inflamasi.limit your intake of sugar and processed foods. Perhaps, more importantly, though, pursue exercise, stress-reducing behaviors, a good night's sleep, and a diet full of colorful, anti-inflammatory foods.

Apa 5 Anti

Saat Anda berjalan di sekeliling itu, waspadai lima makanan anti-inflamasi teratas ini untuk ditambahkan ke diet Anda hari ini:..
Ikan.Ikan tertentu seperti salmon, tuna, sarden, ikan teri, dan ikan air dingin lainnya kaya akan asam lemak omega-3.....
Beri.....
Sayuran.....
Tergila-gila.....
Avocados..