Apa fungsi gerabah yang dibuat di Pulau Madura?

PORTAL JEMBER - Organ Gerak Hewan dan Manusia merupakan judul dari buku tematik tema 1 kelas 5 SD dan MI, terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017.

Pada subtema 3 akan mempelajari tentang Lingkungan dan Manfaatnya.

Sekarang adik-adik akan mempelajari tentang ide pokok pembuatan gerabah.

Sebaiknya adik-adik mengerjakan terlebih dahulu, kemudian bisa meminta bantuan kepada orang tua masing-masing untuk mengoreksi pekerjaan adik-adik menggunakan artikel ini.

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 SD Halaman 14 tentang Soal Cerita

Dikutip PORTAL JEMBER dari alumnus Universitas Negeri Jember, Rinda Purwanti, S.Pd, berikut kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD dan MI halaman 123, 127, 128, 129.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 123

Ayo Mengamati

Amatilah ilustrasi gambar pada halaman sebelumnya. Buatlah sebuah cerita berdasarkan gambar-gambar tersebut.

Namun, sebelumnya kamu harus menentukan ide pokok tiap-tiap paragrafnya terlebih dulu.

Alternatif Jawaban:

Ide Pokok: Bahan dasar pembuatan gerabah yaitu tanah liat.

Paragraf 1

Bahan dasar pembuatan gerabah yaitu tanah liat. Tanah liat pada umumnya dapat ditemukan di daerah persawahan. Tanah liat yang dapat digunakan untuk kerajinan gerabah yaitu tanah yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.

Ide Pokok: Pembuatan gerabah dapat dibentuk menggunakan tangan.

Paragraf 2

Pembuatan gerabah dapat dibentuk menggunakan tangan. Bentuk gerabah dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Ide Pokok: Bentuk gerabah juga dapat disesuaikan dengan fungsinya.

Paragraf 3

Bentuk gerabah juga dapat disesuaikan dengan fungsinya. Pada umumnya gerabah digunakan sebagai tempat air minum, gelas, vas bunga. Dengan demikian bentuknya akan menyesuaikan fungsi dari gerabah.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD MI Halaman 60, 61, 62, 63 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 127 dan 128

Berdasarkan bacaan diatas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.

Ide pokok merupakan sebuah topik yang akan diulas dalam suatu paragraf.

Ide pokok dalam suatu paragraf ada 3 macam.

1. Paragraf deduktif: Ide pokok terletak pada awal kalimat.

2. Paragraf Induktif: Ide pokok terletak di akhir tulisan dalam suatu paragraf.

3. Paragraf campuran: Ide pokok yang terletak di awal dan akhir kalimat.

Alternatif Jawaban

Ide Pokok Paragraf 1: Salah satu warisan karya budaya yang sangat tua, luas persebarannya, dan mampu bertahan hingga sekarang adalah gerabah, yakni barang pecah belah dari tanah bakar yang dibuat secara tradisional.

Ide Pokok Paragraf 2: Pada situs-situs kebudayaan dan purbakala, banyak dijumpai gerabah atau tembikar yang difungsikan sebagai peralatan atau perkakas rumah tangga dan untuk keperluan peribadahan serta penguburan mayat.

Ide Pokok Paragraf 3: Tidak terkecuali di Pulau Madura, gerabah dibuat untuk difungsikan sebagai peralatan sehari-hari masyarakat setempat, yang dilakukan secara tradisional seperti apa yang dilakukan oleh para pendahulunya.

Ide Pokok Paragraf 4: Gerabah-gerabah yang dihasilkan oleh para pengrajin di Madura adalah gerabah yang dibuat dari tanah liat yang berwarna kuning dengan pasir halus.

Ide Pokok Paragraf 5: Beberapa daerah di Madura menjadi penghasil gerabah, seperti Mandala Andulyang, Duko Ru Baru, Yangkatan Kyangean, Baragung, Pademawa, Dalpenyang Pakaporan, dan Blega Bangkalan.

Ide Pokok Paragraf 6: Memang tidak semua daerah di Madura menghasilkan gerabah.

Ide Pokok Paragraf 7: Di antara daerah-daerah penghasil gerabah tersebut ada semacam perjanjian kerja untuk membuat barang-barang yang sudah ditentukan secara turun-temurun atau spesialisasi.

Ide Pokok Paragraf 8: Peralatan pengrajin gerabah Madura adalah alat-alat tradisional yang tidak jauh bedanya dengan yang sudah digunakan pada zaman prasejarah.

Ide Pokok Paragraf 9: Adapun proses pembutan gerabah dilakukan dengan tahapan-tahapan yang harus dilakukan secara berurutan.

Ide Pokok Paragraf 10: Keberadaan pengrajin gerabah di Madura ini telah banyak memberikan manfaat, baik untuk pengrajin, pemakai, maupun untuk masyarakat umum.

Ide Pokok Paragraf 11: Meski gerabah masih tetap diproduksi, tetapi dalam perkembangannya dihadapkan pada produk-produk modern.

Baca Juga: Mengapa Kita Merasa Nyaman saat Berada di Bawah Pohon Rindang? Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 SD MI Halaman 51

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 129

Ayo Berlatih

Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Alternatif Jawaban:

Ide Pokok: Tanah liat banyak kegunaannya.

Tanah liat banyak kegunaannya. Salah satunya sebagai bahan baku dalam pembuatan gerabah. Tanah liat dapat dibentuk menjadi sebuah kerajinan gerabah sesuai dengan fungsinya.

Ide Pokok: Proses pembuatan gerabah

Proses pembuatan gerabah dilakukan dengan tahapan-tahapan. Pertama harus menyiapkan bahan utama berupa tanah liat. Kemudian tanah liat tersebut dicampurkan dengan air hingga menghasilkan adonan yang bisa diubah bentuk menjadi gerabah sesuai yang diinginkan.

Ide Pokok: Macam-macam peralatan yang terbuat dari tanah liat.

Berbagai macam peralatan rumah tangga yang terbuat dari tanah liat. Peralatan dengan bahan tanah liat merupakan peralatan tradisional yang banyak digunakan pada zaman dulu. Contohnya tempat minum, gelas, tungku dan lainnya.

Itulah kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD dan MI halaman 123, 127, 128, 129.***

Disclaimer:
1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Video

Advertising